1 Liter Berapa ml

Posted on

1 Liter Berapa ml – Setelah sebelumnya kita membahas tentang Tekanan Hidrostatis Maka Materi pembahasan kali ini mengenai 1 liter berapa ml. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya sebagai berikut.

Pengertian Liter(L)

1 Liter Berapa ml

Liter ialah merupakan satuan unit pengukur volume. Namun bukan menjadi salah satu dari unit SI, namun telah disenaraikan sebagai salah satu dari “unit di luar SI yang diterima penggunaanya dengan SI”. Unit SI untuk volume ialah meter kubik (m³).

Pengertian ml

Milimeter atau ml ialah merupakan satuan unit SI untuk panjang yang besarnya 1/1000 meter. Sama halnya dengan unit lainnya, yang mana awalan mili digunakan untuk mengalikan unit dasar (dalam hal ini meter) dengan 1/1000.

Satuan milimeter (atau kadang-kadang sentimeter) juga dipakai di kalangan meteorologi sebagai ukuran curah hujan (presipitasi cair). Munculnya satuan ini yakni dari hasil penyederhanaan untuk liter per meter persegi. Satu liter ialah sama dengan 106 milimeter kubik sedangkan satu meter persegi ialah 106 milimeter persegi. Oleh sebab itu, milimeter dengan liter per meter persegi ialah identik.

Besaran volume (isi) benda bisa dinyatakan di dalam berbagai satuan volume seperti misalnya meter kubik, liter, kaki kubik, gallon, dan lain sebagainya.

Satuan volume di dalam sistem internasional (SI) yaitu meter kubik. Memahami tentang satuan volume bisa dapat membantu memperkirakan jumlah volume benda di dalam suatu ruang ataupun suatu wadah. Kita dapat lebih mudah membayangkan seberapa banyak 1 liter daripada membayangkan banyak air 1 gayung.

Meskipun satuan liter bukan satuan SI tetapi amat populer dan banyak dipakai sebagai satuan volume. Satuan liter mempunyai kesetaraan langsung dengan satuan SI yaitu 1 liter = 1 decimeter kubik. Satuan liter umumnya lebih populer dipakai untuk menyatakan volume benda cair, benda gas, dan benda padat dalam sebuah bentuk butiran (beras, jagung, pupuk, dsb).

1Liter Berapa ml ?

Air adalah senyawa yang sering terlihat dan jumlahnya amat melimpah di bumi. Dikarenakan sifatnya yang amat mudah berubah bentuk dan mudah dijumpai, konversi satuan pada air sangat dibutuhkan untuk memudahkan manusia di dalam menghitung dan menganalisa air. berikut adalah satuan air yang umum dipakai beserta konversinya kebentuk lain.

Baca Juga :  Volume Tabung
Satuan Liter
Konversi Lainya
1 liter1 dm3
1 liter1000 cc
1 liter1000 ml
1000 liter1 m3
1 ml1000 mm3
1 liter1 kg
1000 liter1 m3
0,1 liter100 gram
1 liter1 dm3

Konversi Satuan Volume Liter

tangga konversi satuan liter

SatuanKepanjangan
klkilo liter
hlhekto liter
daldeka liter
liter
dldesi liter
clcenti liter
mlmili liter

 

Tabel diatas merupakan tabel konversi untuk satuan liter.

Setiap turun satu anak tangga maka nilainya akan dikali 10 dan setiap naik satu anak tangga nilainya akan dibagi 10.

  • 1 L =10cmx10cmx10cm.
  • 1meterkubik =100cmx100cm x100 cm.
  • 1 meter kubik = 1000 liter.

Konversi satuan yaitu mengubah dari satuan kepada satuan lainnya. Terdapat beberapa satuan volume yang berbeda berbasis liter. Jika kita membeli bahan bakar minyak misalnya minyak solar maka volumenya dinyatakan di dalam satuan liter.

Obat-obat cair misalnya sirup obat batuk maka dinyatakan di dalam satuan milliliter. Kemudian untuk Mengubah dari satuan dari liter ke milliliter atau sebaliknya disebut konversi satuan.

Konversi satuan umumnya dilakukan untuk menyederhanakan satuan, contohnya angka yang besar disederhanakan dengan memakai satuan yang lebih besar.

Contohnya menyederhanakan dari 2.000 liter air menjadi 2 kiloliter air. Konversi satuan dilakukan untuk mengikuti satuan standar. Misalnya orang dapat lebih mudah membayangkan sejumlah 1/2 liter air daripada 50 deciliter air padahal volumenya tetap sama.

Manfaat Tangga Konversi Satuan Liter

Tangga konversi satuan liter dapat membantu untuk mempermudah pemahaman mengenai satuan satuan volume yang berbasis liter. Dibawah ini terdapat beberapa manfaat tangga konversi satuan liter yakni.

  1.  Mengarah pada nama yang berbasis liter
  2.  Mengarah pada urutan satuan volume yang berbasis liter
  3.  mengarah faktor konversi satuan volume yang berbasis liter
  4.  Menjadi rujukan pada konversi satuan volume yang berbasis liter

Contoh Soal Konversi Liter

Contoh Soal 1

Pada sebuah truk tangki dapat mengangkut hingga 5 kiloliter minyak solar. Maka berapa literkah minyak solar yang dapat diangkut oleh truk tangki tersebut?
Jawab:Konversi1 kl sama dengan 1.000 liter
5 kl sama dengan 5 x 1.000 liter
Maka minyak solar yang diangkut truk tangki tersebut ialah 5.000 liter

Baca Juga :  Rumus Kelajuan Dan Kecepatan

Contoh Soal 2

Apabila diketahui 1 botol air mineral terdapat isi 600 ml. Maka berapakah volume air mineral di dalam botol itu dalam liter?
Jawab:

Konversi
konversi mililiter ke liter

1 ml sama dengan 1:1.000 ml
600 ml sama dengan 600:1.000 l
= 0,6 liter
Maka volume air mineral di dalam botol ialah 0,6 liter

Contoh Soal 3

Jika diketahui sebuah kaleng cat mempunyai isi 2,5 liter. Berapakah ml volume cat di dalam kaleng ?
Jawab:

Konversi
Konversi

 

1 l sama dengan 1.000 ml
2,5 l sama dengan 2,5 x 1.000 ml
= 2.500 ml
Maka volume cat dalam kaleng ialah 2.500 ml

 

 

Demiikianlah materi pembahasan kali ini mengenai 1 liter berapa ml, semoga bermanfaat.

Artikel ContohSoal.co.id Lainnya: