Alat Pernapasan Burung

Posted on

Alat Pernapasan Burung – Setelah sebelum contohsoal.co.id mebahas materi tentang Fungsi Trakea Maka dipertemuan kali ini akan contohsoal.co.id paparkan secara lengkap materi tentang alat pernapasan burung, mulai dari pengertian, fungsi, organ dan gambarnya. Nah untuk lebih jelasnya sobat bisa simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Alat Pernapasan Burung

Apa yang dimaksud dengan Burung? ialah merupakan salah satu hewan yang habitat nya hidup didarat dan sering terbang berpindah tempat dengan menggunakan sayapnya.

Serta brung juga merupakan sekolompok hewan dengan julukan vertebrata atau suatu hewan yang mempunyai tulang belakang.

Selanjutnya ukuran paru-paru yang dimiliki oleh burung relatif kecil jika dibandingkan dengan ukuran pada fisiknya.

Adapun organ pernapasannya hampir menyerupai dengan hewan mamalia lainnya, hanya saja didalam tubuh burung terdapat sembilan kantong udara atau dalam istilah lainnya saccuss pneumatikuss

Adapun kegunaan dari kantong tersebut ialah untuk memperluas sistem kerja paru paru pada saat menghirup udara yang diperolehnya. Namun pada saat terjadi pertukaran gas masih harus diberlakukan yang bekerja di dalam paru-paru.

Letak Sembilan kantong udara Pada Burung?

Kemudian dalam penempatan kantung udara tersebut yakni terdapat dibeberapa titik:

  • Ada 2buah terletak dibagian leher
  • Ada satu buah terletak ditengah
  • Kemudian dua buah didada bagian depan
  • Dan Dua buah terletak dibelakang dada
  • Selanjutnya dua buah terletak didalam perut.

Fungsi Kantong Udara?

Dibawah ini beberapa fungsi dari kantong yang terdapat pada burung:

  • Pada saat burung terbang, maka disinilah kantong berperan dalam membantu untuk memberikan udara ketika burung bernapas. menyimpan cadangan udara,
  • Membantu mengeraskan suara saat berkicau,
  • Membantu menjaga suhu organ dalam dari pengaruh suhu dingin lingkungan,
  • Membantu mengatur berat jenis badan saat burung berenang dan terbang.

Alat Pernapasan Pada Burung

Lubang Hidung

Berdsasarkan fungsinya Lubang yang terdapat pada hidung ialah suatu “garda” terdepan tempat berlangsungnya masuk dan keluarnya udara.

Celah Tekak

Celah tekak terdapat pada faring dan menghubungkan trakea.

Baca Juga :  Fungsi Vakuola

Trakea

Trakea berbentuk seperti pipa yang disusun oleh tulang-tulang rawan yang berbentuk cincin.

Pada ujung trakea dapat ditemuakan terdapat 2 cabang yang disebuat bifurkasi yakni bronkus kiri dan juga kanan serta langsung tersambung antar siring dengan paru.

Siring (alat suara)

Siring merupakan alat suara yang terdapat pada bifurkasi trakea yang tersusun dari otot sterno trakealis dan otot siringalis.

Adapun kegunaan dari sterno ialah untuk dapat mengaitkan antara tulang trakea dan tulang dada.

Kemudian fungsi dari sterno ialah untuk salaing mengaitkan tulang yang ada pada dada ke trakea agar tetap terhubung selanjutnya pada otot siringalis yang berguna dalam menyatukan antara siring dan dinding trakea dalam.

Paru-paru

Pada burung struktur Paru-paru terletak antara organ dalam pada dada yang tertutupi dengan suatu lapisan yang disebut lapisan pleura

Paru-paru burung tersusun atas bronkus primer dan mesobronkus yang saling berhubungan.

Mesobronkus merupakan bronkiolus yang paling besar dimana memiliki dua cabang yakni dua set bronkus sekunder anterior (ventrobronkus) dan bronkus sekunder.

Selanjutnya yang dapat menyatukan atas 2 bronkus tersebut yakni oleh parabronkus dengan jumlah bisa sekitar 1000 buah dengan garis tengah kurang lebih 0,5 mm. Selain itu paru-paru juga berhubungan dengan kantong-kantong udara.

Mekanisme Pernapasan Pada Burung

Burung merupakan hewan yang tingkat metabolismenya cukup tinggi, karena secara umum mobilisasi burung dilakukan dengan cara terbang. Oleh sebab itulah, kebutuhan oksigennya sangat besar.

Sehingga ada perbedaan ketika terbang dan istirahat dalam hal mekanisme pernapasannya.

Jadi, mekanisme pernapasannya bisa dibedakan menjadi 2, berikut ini adalah penjelasannya:

  • Pernapasan Ketika Istirahat

Burung tidak mempunyai diafragma yang membantu kontraksi otot. Sebagai gantinya otot tulang rusuk akan berkontraksi.

Ketika otot tulang rusuk berkontraksi yakni pada saat tulang rusuk bergerak ke depan menyebabkan rongga dada membesar.

  • Inspirasi : Pada saat tulang rusuk berkontraksi, rongga dada akan membesar sehingga udara dari luar akan masuk melalui hidung, menuju trakea, bronkus,  serta bagian kecil udara masuk ke paru-paru dan yang sebagian besar masuk ke kantong udara bagian posterior. Udara yang berada di dalam kantong udara bagian belakang tadi akan mengalirkan sisa udara ke paru-paru sehingga pertukaran udara berlangsung dengan efisien.
  • Ekspirasi : Terjadinya ekspirasi yakni pada saat tulang rusuk relaksasi maka rongga dada mengecil, paru-paru mengempis dan menjadikan kantong udara pada bagian depan (anterior) terisi udara yang berasal dari paru-paru selanjutnya dikeluarkan seiring kantong udara bagian depan (anterior) tersebut mengempis – udara langsung melalui bronkus – trakea – hidung.
Baca Juga :  Paleolitikum

Pernapasan Ketika Terbang

Sada saat terbang, burung mengepakkan kedua sayapnya ke atas dan ke bawah dengan mengunakan otot dada dan rusuknya, yang mana otot ini juga digunakan untuk membantu pernapasan ketika burung beristirahat (pernapasan ketika istirahat).

Sehingga pernapasan ketika terbang akan dibantu oleh kantong udara yang bertindak seperti ventilasi atau menghembuskan udara ke paru-paru agar kebutuhan oksigen terpenuhi dan menghembuskan udara keluar dari paru-paru.

  • Inspirasi : Ketika burung mengangkat sayap, kantong udara pada bagian ketiak atau pangkal lengan mengembang diisi oleh udara dari luar dan juga mengalir masuk ke kantong udara perut (abdomen) dan sebagian kecilnya masuk ke paru-paru. Kantong udara tersebut kemudian akan mengempis sehingga udara segar tadi di alirkan ke paru-paru untuk proses difusi.
  • Ekspirasi : Ketika sayap diturunkan, kantong udara pada bagian ketiak terjepit, udara dari paru-paru yang mengisi kantong udara bagian anterior  tadi dikeluarkan dengan cara dihembuskan saat kantong tersebut terjepit. Udara kotor mengalir melalui bronkus – trakea- kemudian akan keluar melewati hidung.
Dimanakah Letak Kantong

Ada 2buah terletak dibagian leher
Ada satu buah terletak ditengah
Kemudian dua buah didada bagian depan
Dan Dua buah terletak dibelakang dada
Selanjutnya dua buah terletak didalam perut.

Sebutkan Fungsi Kantong Udara pada Burung?

Membantu mengeraskan suara saat berkicau,
Membantu menjaga suhu organ dalam dari pengaruh suhu dingin lingkungan,

Burung Dapat dikelompokan Sebagai Hewan?

Vertebrata atau Hewan yang memiliki Tulang Belakang

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai alat pernapasan burung, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :