Amonium Hidroksida

Posted on

Amonium Hidroksida – Setelah sebelumnya kita telah membahas materi tentang Kloroform Maka dipertemuan kali ini akan ContohSoal.co.id paparkan materi tentang amonium hidroksida secara lengkap mulai dari pengertian, bahaya, reaksi dan rumusnya. Nah penasaran bukan.! yuk langsung aja kita simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Amonium Hidroksida

Amonium Hidroksida

Amoniium hidroksida, dikenal pula sebagai larutan amonia, air amonia, larutan amoniakal, amonia encer, akua amonia, amonia berair, atau secara sederhana hanya disebut sebagai amonia, adalah larutan amonia dalam air.

Senyawa ini disimbolkan sebagai NH3(aq). Walaupun sebutan dari nama amonium hidroksida menunjukkan suatu alkali dengan komposisi [NH4+][OH−], sebenarnya sangat sulit untuk mengisolasi sampel NH4OH, sebab ion ini tidak terdiri dari bagian yang signifikan dari jumlah total amonia kecuali dalam larutan yang sangat encer

Pada (NH4OH) ialah merupakan suatu senyawa basa bentuk dari amonia(NH3) yang terionisasi dan terlarut dalam air. Amonia bereaksi secara reversibel dengan air menghasilkan ion amonium (NH4+) dan ion hidroksida (OH).

Amonium hidroksida digunakan di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang menerapkan All Volatile Treatment sebagai pengatur pH air baku pada kisaran 9,1 – 9,4 agar peralatan terjaga dari korosi dan juga untuk menghindari kondiktivitas melebihi 0,2 µS/cm agar tidak terjadi scalling.

Terdapat unit Condensate Polisher yang berfungsi sebagai proteksi apabila Condenser mengalami kebocoran. Di dalamnya terjadi proses ion exchange oleh resin kation-anion untuk menukar ion NH4+, Na+, Cl,SO42-.

Seiring waktu resin tersebut akan jenuh, sehingga dilakukan proses regenerasi. Limbah regenerasi ini mengandung ion NH4dalam senyawa (NH4)2SO4 yang selanjutnya akan diproses di Ammonia Recovery Plant (ARP) untuk direcovery menjadi NH4OH.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetehui pengaruh pH (8, 9, 10, 11, 12) dan temperatur (52⁰C, 57⁰C, 62⁰C, 67⁰C, 72⁰C) terhadap recovery NH4OH dari limbah regenerasi Condensate Polisher.

Baca Juga :  Katabolisme Adalah

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat distilasi skala laboratorium pada tekanan vakum 40 kPa selama 120 menit dan analisanya menggunakan metode Spektrofotometri.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa recovery NH4OH dengan hasil paling besar adalah pada kondisi pH 12 dan tempratur 62⁰C yaitu dengan persen recovery sebesar 61,08 %.

Sifat Amonium Hidroksida

Berdasarkan data, sifat Amoniium Hidroksida ini tidak berwarna, mudah menguap dengan bau yang tajam. Konsentrasi dari amonia bervariasi sampai dengan 30%.

Kemudian pada hasil uap ammonia dari larutan amonium hidroksida ini dapat memberi rasa perih di mata. Bahan ini bersifat racun. Zat ini terdapat pada banyak produk industri dan pembersih. Amonium hidroksida dapat melepaskan gas amonia ke udara.

Rumus KimiaNH4OH
Massa Molekul Relatif (Mr)35.04 g/mol
WujudCairan tidak berwarna
BauSangat menyengat
Densitas0.91 g/cm3 (25 % w/w)
0.88 g/cm3 (35 % w/w)
Titik lebur−57.5 °C (−71.5 °F; 215.7 K) (25% w/w)
−91.5 °C (35% w/w)
Titiik Didih27°C(81°F;300K)(25%w/w)
Kelarutan dalam airlarut

Sifat Fisis Amonium Hidroksida

  • Massa Molar : 35.05 g/mol.
  • Kelarutan : Dapat larut di air
  • Titik Didih : Berkisar antara 38°C – 100°C sesuai dengan konsentrasinya.
  • Titik Lebur : Mencari pada −57.5°C (untuk konsentrasi 25%).
  • Densitas – Massa Jenisnya 0.91 g/cm3 (untuk konsentrasi 25 %).

Kegunaan Amonium Hidroksida NH4OH

Kegunaan amonium sangat luas, meliputi dari dua kategori yaitu kegunaan dalam proses industri dan pada produk sehari-hari.

Kegunaan Dalam Industri

  • Sebagai agen bleaching
  • Sebagai agen pengoksidasi atau pereduksi
  • Pencegah pengaratan pada logam
  • Senyawa pelarut dalam proses industri
  • Sebagai agen dalam proses reaksi pertukaran ion
  • Digunakan dalam memproses produk tekstil

Kegunaan Dalam Produk Sehari-hari

  • Digunakan dalam produk kebersihan
  • Pelarut pada tinta cat dan produk pewarna
  • Digunakan sebagai zat aditif makanan untuk mengontrol pH
  • Digunakan pada produk kertas
  • Digunakan sebagai pengontrol pH air di lingkungan

 

 

 

 

Demikianlah materi pembahasan kali ini megenai amonium hidroksida, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Baca Juga :  NH4NO3 (Amonium Nitrat)

Artikel Lainnya :