Analisis Data

Posted on

Analisis Data – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menyampaikan materi tentang Elastisitas Permintaan. Maka pada kesempatan kali ini kembali akan contohsoal.co.id sampaikan materi makalah pembahasan mengenai Analisis Data – Pengertian, Teknik, Metode, dan Contoh. Nah penasaran bukan.! Baik untuk lebih jelasnya simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Analisis Data

Analisis Data
Analisis Data

Apa yang dimaksud dengan analisis data? yakni merupakan suatu cara yang dilakukan mengolah sejumah data yang disusun agar menjadi informasi supaya karakteristik data tersebut akan menjadi sangat mudah untuk dipahami dan bermanfaat untuk dijadikan sebagai solusi dari sebauh permasalahan, terutama hal yang berkaitan dengan penelitian.

Selain itu Analisiis data dapat didefinisikan sebagai suatu aktifitas yang diilakukan untuk perubahan sbeuah data yang diperoleh dari hasil penelitian yang kemudian dikemas dengan sedemikian rupa agar dapat menjadi informasi yang nantinya bisa dipakai untuk mengambil kesimpulan.

Kemudian Analiisis data juga merupakan salah satu bagian yang sangat penting, sebab dengan dilakukannya sebuah analisiis pada suatu data bisa diberi makna yang berguna untuk masalah penelitian.

Dari sejumlah data yang sudah dikumpulkan oleh peneliti tidak akan ada gunanya jika tidak dianalisis terlebih dahulu.

Sejumlah tujuan dari diadakannya analisiis data yang diantaranya ialah untuk mendeskripsikan data sehingga dapat dengan sangat mudah untuk dipahami, kemudian untuk membuat suatu kesimpulan atau menarik kesimpulan tentang karakteristik populasi yang sesuai dengan berdasarkan data yang diperoleh dari sampel, yang mana biasanya dibentuk dengan berdasarkan adanya praduga dan pengujian hipotesis.

Pengertian Analisis Data Menurut Para Ahli

Di bawah ini terdapat keterangan mengenai pengertian dari analisiis data berdasarkan pendapat sejumlah para ahli, yang diantaranya ialah sebagai berikut.

1. Taylor (1975)

Menurut pendapat yang disampaikan oleh Taylor (1975) mengenai analiisis data ialah merupakan suatu proses yang mengulas mengenai suatu rincian usaha secara formal guna menentukan tema dan kemudian merumuskan suatu hipotesis seperti apa yang disarankan dan sebagai sebuah bentuk usaha untuk memberikan bantuan dan tema pada hipotesis.

2. Lexy J. Moleong (2002)

Kemudian menurut pendapat yang dismpaikan oleh Lexy J. Meloeng (2002) bahwa analisiis data ialah merupakan suatu proses dalam mengatur sejumlah urutan data, kemudian mengelompokannya kedalam suatu pola, yang merupakan kategori dan satuan uraian dasar.

Jenis – Jenis Analisis Data

Analisis Data
Analisis Data

Setelah kalian memahami sepenuhnya mengenai pengertian analisiis data yang telah disampaikan diatas, maka berikut ini kalian juga harus mengetahui mengenai dua jenis analisiis data yang berdasarkan dengan metode dan caranya yakni analisiis data secara deskriptif dan juga analisiis data secara inferensial.

Baca Juga :  Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan

Dari kedua jenis tersebut akan contohsoal.co.id sajikan ulasannya seperti berikut :

1. Analisis Data Secara Deskriptif

Apa itu Analisiis data secara deskrptif ? yakni merupakan suatu teknik analiisis yang dipakai dalam melakukan analisis sebuah data dengan cara menggambarkan sejumlah data yang sudah dikumpulkan tanpa harus membuat generalisasi dari hasil penelitian tersebut.

Nah di bawah ini merupakan yang termasuk dalam penyajian data secara deskriptif yakni sebagai berikut :

  • Grafik
  • Tabel
  • Presentasi
  • Frekuensi
  • Diagram
  • dan lain sebagainya

2. Analisis Data Secara Inferensial

Apa yang dimaksud dengan Analiisis data secara inferensial? yakni merupakan suatu teknik analisiis data dengan menggunakan statistik, dimana penggunaan teknik tersebut dilakukan dengan cara membuat kesimpulan yang bisa diberlakukan secara umum.

Pada umumnya analisiis inferensial ini dapat memakai sebuah rumus statistik tertentu yang mana dari hasil dalam perhitungan rumus nantinya dapat diajdikan sebagai dasar dalam generalisasi yang sampel terhadap populasi.

Maka dapat disimpulkan bahwa analisis inferensial ini mempunyai peranan untuk membentuk generalisasi dari hasil penelitian sampel untuk populasi.

Langkah – Langkah dan Prosedur Analisis Data

  • Pada fase pertama, yakni dengan cara pengumpulan data yang akan dianalisis.
  • Pada fase kedua, editing. Dimana pada tahapan ini harus terlebih dahulu mengenai kejelasan ataupun kelengkapan
    dalam pengisian instrumen dalam pengumpulan data.
  • Pada fase ketiga ialah koding. yakni sebuah dimana harus melakukan proses identifikasi dan juga proses
    klasifikasi dari masing-masing penjelasan yang ada pada instrumen pengumpulan data yang sesuai dengan didasarkan variabel yang sedang diteliti.
  • Pada Fase keempat ialah tabulasi. Yakni merupakan sebuah fase dimana melakukan pencatatan maupun entri data kedalam tebel­
    tabel induk penelitian.
  • Pada fase yang kelima, yakni tahap pengujian. Dimana pada tahap ini pada data akan diuji kualitasnya yakni menguji validitas ataupun realiabilitas instrumen dari pengumpulan data.
  • Pada fase keenam, yakni merupakan suatu fse mendeskripsikan data. Dalam hal ini disajikan dalam bentuk tabel frekuensi maupun diagram dalam beberapa jenis ukuran tendensi sentral ataupun ukuran dispersi. Yang memiliki tujuan agar dapat memahami karakteristik data sampel dari penelitian.
  • Pada fase jyang ketujuh, yakni merupakan sebuah tahap pengujian hipotesis. Merupakan sebuah tahapan pengujian terhadap proposisi apakah bisa diterima apa justru malah akan ditolak dan mempunyai makna atau tidak. Berdasarkan hipotesis inilah nantinya hasil dari keputusan akan dibuat.

Manfaat Analisis Data

Di bawah ini terdapat sejumlah keuntungan atau manfaat untuk menganalisiis data untuk studi. Berikut penjelasannya :

Baca Juga :  Analisis Kredit
  • Memperoleh suatu hasil dari pengukuran yang lebih jelas.
  • Merupakan sebuah Proses identifikasi yang lebih andal.
  • Dapat Memungkinkan untuk melakukan identifikasi berbgai hal yang penting.
  • Bisa dilihat dengan secara visual sehingga akan membantu dalam menetapkan suatu keputusan dengan cepat dan tepat.
  • Dalam segala aktifitas bisnis, ini akan sangat membantu dalam proses mengidentifikasi sejumlah perkara yang membutuhkan sutau tindakan atau keputusan.
  • Mempunyai kesadaran yang lebih baik mengenai potensi pelanggan.

Contoh Teknik Analisis Data

Pada penulisan teknik pengumpulan data biasa diletakan dalam Bab 3 dalam sebuah karya ilmiah, baik itu skripsi, karya tulis ilmiah, thesis, ataupun laporan penelitian. Hal ini disebabkan lantaran bebarangan dengan metode penelitian yang dipergunakan.

Contoh Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitataif

Dalam menuliskan sejumlah tahapan teknik analisIis data kuantitataif dimana dalam hal ini tidak terlepas dari sejumlah metode yang dapat digunakan, seperti misalnya dalam menentukan sampel dari penelitian yang sesuai dengan jumlah populasi yang ada.

Dalam penulisan setelah metode mengumpulkan sejumlah data, maka hal ini juga berlaku terhadap setiap model karya ilmiah, misalnya dalam pembuatan skripsi, maupun proposal penelitian.

Contoh Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitataif
Di bawah ini merupakan tahap yang dilakukan dalam menganaliisis data penelitian kuantitataif, yakni sebgai berikut ;.

Pemeriksaan kembali hasil kuesioner, yakni dengan memeriksa kelengkapan data dari kuesioner

Tally, yakni merupakan proses menghitung jumlah frekuensi dari jawaban pada kuesioner

Penghitungan jawaban responden menjadi bentuk persentase dengan melalui tabel tunggal dengan cara mendistribusikan frekuensi dan persentase

Contoh Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif

Selanjutnya mengenai Penelitian kualitataif ? yakni merupakan suatu model penelitian yang dipakai dalam berbagai data deskriptif atau dalam sebuah tinjauan pusaka.

Dimana penerpan penulisan yang dilakukan tentusaja hal ini ditempatkan berada di Bab 3, kondisi ini juga sangat berlaku pada sejumlah model-model karya tulis ilmiah.

Contoh Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif
AnalisiIs data dilakukan dalam model penelitian ini, melalui beberapa cara. Antara lain;

Langkah yang diambil yakni dengan cara kualitatif, yang merupakan sebuah yang dilakukan pada saat berlangsungnya proses pengumpulan data dan sesudah proses pengumpulan dalam dalam suatu periode waktu tertentu.

Kemudian di dalam sebuah karya tulis ilmiah yang mana hal ini juga dilakukan proses reduksi data dengan cara melewati serangkaian proses pengamatan dengan berdsarkan sejumlah peluang usaha dan persiapan dalam menghadapi sejumlah permasalahan yang saat ini ada.

Lalu selanjutnya dilakukan analisiis data dari sejumlah sajian data yang telah di dapat pada saat berlangsungnya proses pengumpulan data.

Maka Setelah proses analisis sudah didapat selanjutnya mengenai penarikan kesimpulan akan konsep wirausaha dalam menghadapi banyaknya masalah pengangguran yang terdapat di Indonesia.
Apa yang dimaksud dengan analisis data? 

yakni merupakan suatu cara yang dilakukan mengolah sejumah data yang disusun agar menjadi informasi supaya karakteristik data tersebut akan menjadi sangat mudah untuk dipahami dan bermanfaat untuk dijadikan sebagai solusi dari sebauh permasalahan, terutama hal yang berkaitan dengan penelitian.

Apa yang dimaksud dengan Analisis data secara inferensial?

yakni merupakan suatu teknik analisis data dengan menggunakan statistik, dimana penggunaan teknik tersebut dilakukan dengan cara membuat kesimpulan yang bisa diberlakukan secara umum.

Apa itu Analisis data secara deskrptif ?

yakni merupakan suatu teknik analisis yang dipakai dalam melakukan analisis sebuah data dengan cara menggambarkan sejumlah data yang sudah dikumpulkan tanpa harus membuat generalisasi dari hasil penelitian tersebut.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai Analiisis Data – Pengertian, Teknik, Metode, dan Contohnya, semoga serangkai ulasan yang telah contohsoal.co.id sajikan kali ini bisa memberikan sejumlah manfaat yang efektif. Sekian Dari Kami.

Baca Juga :