Analisis SWOT

Posted on

Analisis Swot – Setelah sebelumnya kami telah menyampaikan materi tentang Analisis Kredit. Maka pada perjumpaan kali ini kembali akan kami sampai materi pembahasan tentang Analisis Swot – Pengertian, Cara Membuat, Manfaat dan Contoh. Nah untuk lebih jelasnya simak saja serangkaian pembahasan yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT
Analisis SWOT

Apa yang diamskud dengan analisis SWOT ? yakni merupakan salah satu metode yang dilakukan dalam sebuah perencanaan strategis yang biasanya kerpap dipakai guna mengevaluasi kemampuan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan adanay ancaman (threats) yang berlaku di dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.

Dari Keempat faktor tersebut yang nantinya akan membantu dalam membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).

Selain Analisis SWOT ? ialah merupakan salah satu bentuk dari analisis yang dipakai oleh sebuah manajemen di dalam perusahaan atau organisasi yang sistematis dan bisa membantu dalam upaya pembentukan suatu rencana yang masak guna menggapai tujuan perusahaan atau organisasi tersebut.

SWOT adalah sebuah singkatan yang terdiri dari :

  • S  : Strength (Kekuatan)
  • W : Weaknesses (Kelemahan)
  • O : Opportunities (Peluang)
  • T : Threats (Hambatan)

Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

1. Sondang P. Siagian

Menurutnya bahwa Analisis SWOT ialah merupakan salah satu instrumen analisis yang sangat ampuh apabila dipakai dengan tepat. Sudah dipahami juga secara luas bahwa “SWOT” ialah merupakan salah satu akronim untuk kata-kata “Strengths”(kekuatan), “Weaknesses” (kelemahan),“Oportunities’ (peluang) dan “Threats” (ancaman).

Komponen Dasar Analisis SWOT

  • Strength (Kekuatan) biasa disingkat dengan simbol“S”, merupakan sebuah karakteristik dari suatu kelompok maupun proyek yang memberikan suatu keuntungan daripada dengan yang lainnya.
  • Weakness (Kelemahan) biasa disingkat dengan bersimbolkan “W”, merupakan suatu karakteristik yang berhungan mengenai kelemahan yang terdapat pada kelompokj maupun proyek daripada dengan yang lainnya.
  • Opportunities (Peluang) biasa disingkat dengan simbol “O”, merupakan sebuah peluang yang bisa dimanfaatkan terutama untuk organisasi maupun proyek guna bisa berkembang di waktu yang akan datang.
  • Threats (Ancaman) biasa disingkat dengan menggunakan simbol “T”, merupakan suatu ancaman yang harus dihadapi oleh kelompok meupun proyek yang bisa memperlambat jalannya perkembangannya.

Manfaat Analisi SWOT

  • Kemampuan atau strengths yang ada di dalam aplikasinya tentang bagaimana dayanya mampu meraup keuntungan dari sebuah peluang atau opportunities yang ada.
  • Pada Analisis ini pula mampu bekerja dan mengarahkan tentang bagaimana cara guna mengatasi adanya suatu kelemahan atau weaknesses yang dapat mengurangi keuntungan terhadap sebuah perusahaan.
  • Kemudian Kekutan atau strengths juga tiba dan mampu guna menjangkau dan menangani berbagai ancaman atau threats yang akan terjadi.
  • Kemudian Analisis ini pula tiba untuk memberikan arahan agar dengan adanya kekuatan mampu mengatasi sebuah ancaman yang ada bagi perusahaan.
Baca Juga :  Aktiva Tetap

Faktor yang Mempengaruhui Analisis SWOT

1. Faktor Internal ialah merupakan strength dan weakness atau suatu kemampuan dan kelemahan yang akan hadir dari lingkungan internal dalam suatu organisasi atau bidang bisnis.

Potensial Kekuatan Internal :

  • Keterangan atas sumberdaya keuangan
  • Keterangan atas nama yang sudah dikenal
  • Memperoleh Peringkat 1 dalam perindustriannya
  • Dalam Skala ekonomi
  • Properti Teknologi
  • Proses yang paten
  • Harga yang sangat terjangkau dalam bentuk (bahan mentah atau proses)
  • Dengan kepercayaan serta respek pada sebuah perusahaan, produk atau brand image.
  • Mempunyai talenta manajemen
  • Memiliki keahlian dalam pemasaran yang lebih baik
  • Memiliki Kualitas produk yang superior
  • Memiliki Aliansi dengan perusahaan lain.
  • Memiliki Kemampuan distribusi yang baik
  • Karyawan yang berkomitmen

Potensial Kelemahan Internal :

  • Minimnya rancangan strategi
  • Minimnya sumberdaya finansial
  • Kecilnya anggaran dalam pemasaran dan promosi
  • Minimnya garis produk
  • Keterbatasan dalam distribusi
  • Tingginya Biaya (Bahan Mentah atau Proses)
  • Perlengkapan Teknologi yang ketinggalan jaman.
  • Problem proses operasi internal
  • Image pasar yang lemah
  • Kemahiran pemasaran yang kurang baik
  • Kurang kerjasamanya terhadap perusahaan lain
  • Karyawan yang kurang berpengalaman

2. Faktor Eksternal 

Potensial Peluang Eksternal :

  • Perkembangan pasar yang kian terus berkembang
  • Para pesaing yang merasa puas akan diri
  • Tingkat keperluan yang diinginkan konsumen berubah
  • Adanya jalan pemasaran dari luar negri
  • Terjadi suatu Kecelakaan di perusahaan pesaing
  • Di dapatkannya produk baru
  • Adanya suatu Perubahan terhadap Peraturan pemerintah
  • Adanya Teknologi baru
  • Peningkatan dalam Ekonomi
  • Terjadinya Pergantian demografi
  • Yang mencari aliansi ada perusahaan lain
  • Adanya suatu pertentangan akan subtisusi produk
  • Adanya suatu Perubahan metode distribusi

Potensial Ancaman Eksternal :

  • Mulai dimasuki oleh kompetitor asing
  • Berbagai Pengenalan akan sejumlah produk subtitusi baru
  • Daur hidup produk ketika adanya penolakan
  • Terjadinya suatu Perubahan akan keperluan konsumen
  • Tingkat Kepercayaan Konsumen mulai berkurang
  • Para Perusahaan pesaing menggunakan dan mengambil strategi baru
  • adanya perubahan dalam peraturan pemerintah
  • Terjadi penurunan dalam Ekonomi
  • Teknologi baru
  • Adanya Perubahan demografi
  • Adanya hambatan perdagangan asing
  • Lemahnya kinerja perusahaan aliansi

Cara Menggunakan atau Membuat Analisis SWOT

1. Strength (Kekuatan)

  • Apa saja keutamaan yang dimiliki oleh suatu organsiasi ?
  • Apa saja yang bisa membuat sebuah organisasi dikatakan lebih baik dibadingkan organisasi lainnya?
  • Apa nilai yang dimiliki oleh suatu organisasi ?
  • Apa yang mengakibatkian kita memperoleh suatu penjualan ?
  • Apa yang dapat dinilai atau dianggap oleh semua konsumen kita sebagai suatu kelebihan ?

2. Weakness (Kelemahan)

  • Apa saja yang bisa dikembangkan dalam suatu organisasi ?
  • Apa saja yang musti dianalisis oleh sebuah organisasi ?
  • Faktor apakah yang dapat mengakibatkan terjadi kehilangan terhadap sebuah penjualan ?
  • Apa saja yang dipandang atau dinilai oleh semua konsumen kita dianggap sebagai suatu kelemahan pada organisasi kita ?
  • Apa saja yang harus dikerjakan oleh para pesaing sehingga mereka bisa sangat terampildibandingkan organisasi kita ?
Baca Juga :  Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan

3. Opportunities (Peluang)

  • Apa Kesempatan yang bisa kita lihat ?
  • Apa saja Perkembangan mengenai tren yang sejalan dan sesuai dengan organisasi kita ?

4. Threats (Ancaman)

  • Apa saja hambatan saat ini yang bisa kita hadapi ?
  • Apa saja yang harus dilakukan oleh para pesaing dari suatu organisasi ?
  • Perkembangan apa saja berkaitan dengan Teknologi yang dapat mengaqkibatkan ancaman bagi suatu organisasi ?
  • Perubahan apa saja dalam pemerintahan yang dapat menjadi ancaman terhadap perkembangan suatu organisasi ?

Contoh Analisis SWOT

Di bawah ini terdapat Contoh analisis ini yang didasarkan dari suatu bisnis jualan sepatu wanita dengan secara online.

1.  Strength (Kekuatan)

  • Mengenai Konsep terhadap suatu gaya yang ditawarkan yang merupakan trend terkini.
  • Mengnai harga yang bisa terjangkau atau merakyat terhadapa semua kalangan, tentunya mengutamakan kualitas bahan yang baik.
  • Mengenai Lokasi dapat dengan mudah diakses dan dijangkau dan lokasi tempat harus strategis dan nyaman.
  • Mempunyai situs website dan forum yang berlogo pribadi juga dengan disertai kontak delivery order.
  • Harus diutamakan model yang terbaru dan yang sedang trend dimasanya.
  • Adanya jaminan dan juga penyampaian terhadap suatu barang yang ditawarkan.

2. Weakness (Kelemahan)

  • Minimnya kesanggup untuk bisa menyediakan barang (ready stock) yang mana konsumen harus dibuat menunggu untuk mendapatkan barang yang diinginkan.
  • Minim Modal yang akan dipakai dalam perkembangan mengembangkan usaha.
  • Modal yang cukup besar yang digunakan untuk membeli barang.
  • Kurangnya kemampuan dalam memproduksi hasil produk sepatu sendiri sebagai brand unggulan.

3. Opportunity (Kesempatan)

  • Sejumlah pesanan pasar yang kian hari terus menerus musti tersedia , dengan didukung oleh sejumlah tren dari sepatu untuk para wanita yang terus berkembang.
  • Masih terbatasnya toko online sepatu yang mana di dalamnya menyediakan suatu forum yang difungsikan untuk saling berbagi satu sama lainnya.
  • Dengan menggunakan Social media merupakan media pemasaran yang paling jitu dan membantu dengan didukung sejumlah influencer yang dinilai memang sesuai untuk target market (wanita muda).

4. Threat (Ancaman)

  • Banyaknya berbagai penawaran sepatu online yang terus bermunculan, yang mana daru sebagian terkadang menawarkan dengan harga yang jauh lebih murah.
  • Terjadinya peningkatan masalah Harga dari supplierdengan diiringi terjadinya peraturan pajak oleh pemerintah.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai Analisis Swot – Pengertian, Cara Membuat, Manfaat dan Contoh, semoga bermanfaat.

Baca Juga :