Batang Monokotil

Posted on

Batang Monokotil – Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id telah menerangkan materi tentang Dinding Sel Maka dipertemuan kali ini akan ContohSoal.co.id jabarkan secara lengkap materi pembahasan tentang Batang Monokotil mulai dari pengertian, struktur, jaringan penyusun dan fungsinya. Nah untuk melangkapi tema pembahasan kita kali ini , maka, yuk kita simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Batang Monokotil

Batang Monokotil

Apa yang dimaksud dengan batang monokotil? ialah merupakan sebuah struktur yang ada pada tumbuhan monokotil. Ciri khas utama dari batang monokotil yakni adanya bundel pembuluh darah yang tersebar di seluruh batang.

Pada umumnya, bundel pembuluh darah terdiri dari xilem dan floem. Dalam batang monokotil, setiap bundel pembuluh darah dikelilingi oleh bundel yang terbuat dari sel sclerenchyma. Maka oleh sebab itu, bundel vaskular pada batang monokotil yakni konjoin, kolateral, dan tertutup.

Namun Selain itu, pada batang monokotil mempunyai beberapa fitur signifikan termasuk kurangnya trikoma (rambut epidermis), sinar meduler, korteks atau empulur, dan prasasti. Juga, hipodermis dari batang monokotil terdiri dari sel sclerenchyma.

Perbadaan Batang Dikotil Dan Monokotil

Batang dikotil
Berkas pengangkut letaknya beraturan membentuk lingkaran. Xilem disebelah dalam floem. Terdapat kambium pembelahan . Kambium keluar membentuk floem sekunder dan kearah dalam membentuk xilem sekunder, sebab aktivitas kambium ini, batang dikotil bertambah besar
Batang Monokotil
Namun sedangkan pada batang pembuluhyang mana tersebar dengan tidak teratur sebab ia tidak mempunyai kambium, dan pada batang monokotilnya juga tidak dapat bertambah besar.

Fungsi Batang

Batang memiliki beberapa fungsi sebagai berikut.
  • Tempat lintasan makanan dan air
  • Penyokong tumbuhan
  • Penyimpan sebagian hasil fotosintesis
  • Pembentuk tubuh tumbuhan seperti daun, tunas dan bunga
  • Alat reproduksi vegetatif
  • Memberikan bantuk tubuh tumbuhan

Persamaan Batang Monokotil dan Dikotil

  • Ini adalah dua struktur batang pada tumbuhan berbunga.
  • Lapisan tebal kutikula hadir di kedua batang.
  • Juga, kedua batang mengandung epidermis berlapis tunggal.
  • Selanjutnya, mereka mengandung hipodermis.
  • Selain itu, kedua batang mengandung sel-sel chlorenchyma fotosintesis.
  • Dan, sebagian besar jaringan tanah terdiri dari sel parenkim.
  • Selain itu, xilem dan floemnya disusun menjadi bundel pembuluh darah.
  • Bundel vaskular ini bersifat kolateral, dikelilingi oleh parenkim.
  • Xilem mereka terdiri dari protoxylem dan metaxylem.
  • Fungsi utama kedua batang adalah menahan daun, memfasilitasi fotosintesis dan konduksi air dan nutrisi ke seluruh tubuh tumbuhan.
Baca Juga :  Fungsi Hati

Struktur Anatomi Batang Monokotil

Pada bagian meristem apikal ditumbuhan yang termasuk jenis monokotiil dan mempunyai ukuran yang relatif lebih kecil daripada bagian meristem ditumbuhan yang berjenis dikotil.

Pada bagian meristem ini akan mengalami sebuah proses pembentukan menjadi tunas aksiler, bakal daun, dan juga epidermis . Kemudian didalam bagian bawah meristem apikal juga, terdapat bagian meristem perifer.

Definisi dari meristem perifer ialah meristem primer yang mengalami proses pelebaran dan penebalan di area sekitar bagian meristem apikal.

Meristem perifer akan berkembang membentuk bagian-bagian utama dari batang yang di dalamnya terdapat suatu ikatan pembuluh.

  • Epidermis

Kemudian pada jaringan epidermis terdapat dibagian batang tumbuhan yang termasuk jenis monokotiil dan mempunyai bagian dinding sel yang cenderung lebih tebal jika dibandingkan dengan tumbuhan yang tergolong dikotil.

  • Korteks

Selanjutnya pada jenis Korteks yang merupakan bagian batang tumbuhan tergolong jenis monokotiil dengan berupa jaringanjaringan yang ada di bagian bawah epidermis.

  • Stele

Stele bagian batang pada tumbuhan yang tergolong monokotil ialah jaringan-jaringan yang terdapat di bagian bawah korteks. Secara umum  biasanya batas yang ada di antara stele dan juga korteks tidak terlihat jelas.

Floem berada di area dahi, sedangkan xilem dibagi menjadi empat pembuluh yakni dua mata, hidung dan juga mulut. Kemudian terdapat beberapa Tipe pada berkas vaskuler tumbuhan dan tergolong jenis tumbuahn monokotiil berupa kolateral tertutup.

Hal ini menandakan bahwa antara floem dan juga xilem tidak terkandung kambium di dalamnya.Dengan demikian, tumbuhan yang tergolong monokotiil tidak akan terjadi proses pertumbuhan sekunder.

Pada umumnya tumbuhan yang tegolong monokotil hanya mengalami proses pertumbuhan primer secara memanjang. Kemudian pada saat terjadinya proses pembesaran pada batang dilakukan melalui suatu mekanisme pembentukan rongga-rongga.

Yang mana pada bagian rongga ini mengalami suatu pembentukan sebab hilangnya bagian empulur, namun yang bukan tergolong empulur yakni , terdapat pada bagian buku-buku batang.

Dalam hal ini ia sangat bertolak belakang dengan jenis tumbuhan yang tergolong dikotil, misalnya pada struktur anatomi yang ada pada batang yang tergolong monokottil dari mulai muda sampai tua yang mana dalam prosesnya hampir sama persis.

Demikianlah materi pemabahasan kali ini mengenai batang monokotil, semoga artikel  ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.
Artikel Lainnya :