Bauran Pemasaran

Posted on

Bauran Pemasaran – Setelah sebelumnya kami telah menyampaikan materi tentang Analisis Kredit. Maka pada pertemuan kali ini kembali akan kami sampaikan kembali materi tentang Bauran Pemasaran – Pengertian, 7P, 4P, Jasa, Strategi dan Contoh. Nah untuk lebih jelasnya sobat bisa simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Bauran Pemasaran

Bauran Pemasaran
Bauran Pemasaran

Apa yang dimaksud dengan Bauran pemasaran ? yakni merupakan sebuah istilah yang biasa dipakai dalam sebuah bisnis yang mana seorang eksekutif bisnis ialah merupakan salah seorang yang memiliki peran sebagai mixer of ingredient atau sebagai pengoplos sejumlah bahan.

Dimana pada mulanya Istilah ini diperkenalkan sejak pada tahun 1964 oleh salah seseorang yang berinisial Neil Borden yang mana di dalam artikelnya yang diterbitkan pada tahun serupa.

Berdasarkan pendapat yang dikemukanakan oleh Borden, dimana menurutnya dalam sebuah bisnis terdapat berbagai komponen yang terdapat di dalamnya.

Nah dari sejumlah komponen ini lah yang harus disortir atau dipilih dan kemudian dicampurkan dengan tepat supaya menghasilakan suatu bisnis yang sangat berkualitas.

Dimana di indonesia, Bauran pemasaran ini biasa disebut dengan strategi ketika akan melakukan penjualan atau strategi dalam guna melakukan suatu promosi beserta strategi dalam menentukan harga yang harus dilakukan dengan cara yang unik agar dapat menghasilkan sebuah transaksi yang bisa sesuai dengan yang diinginkan dalam sebuah bisnis.

Bauran Pemasaran 7P

Bauran Pemasaran
Bauran Pemasaran

Selain itu Bauran pemasaran 7P ini ialah merupakan suatu konsep Bauran dalam sebuah pemasaran yang menerapkan 7 elemen.

Dimana Konsep ini adalah sebuah konsep hasil peningkatan dari konsep 4P yang sebelumnya juga dipakai dalam dunia pemasaran.

Kemudian hal yang harus kalian pahami bahwa pada konsep pemasaran 4P ini mulanya sudah pernah dipakai sekitar tahun 1968.

Dimana Konsep ini di diungkapkan oleh Jarome McCarthy. seperti yang tertuang dalam konsep 4P ini terdapat 4 elemen yang dipakai yakni:

Bauran Pemasaran 4P

1. Product
Yang pertama ialah produk yang mana dalam elemen ini terdapat sangat banyak hal yang disusun/diatur.

Dimulai dari bentuk produk, lalu pelayanan yang ditawarkan dalam produk, tentang ketersediaan dari adanya sebuah garansi dan juga sejumlah hal yang berkaitan dengan suatu pengembalian produk.

Kemudian di dalam elemen ini terangkan juga mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan produk.

2. Price
Yang kedua ialah price : Yang mana dalam elemen ini terdapat prinsip tentang strategi dalam menentukan harga produk.

Dimana dalam memberikan harga produk juga harus di atur dan disesuaikan dengan strategi baik dalam harga net, tentang adanya diskon, lalu pembayaran dan juga sejumlah hal lainnya yang berkaitan dengan strategi dalam meberikan harga

Baca Juga :  Emiten Adalah

3. Promotion
Yang ketiga ialah Promotion : Nah yang mana dalam hal ini promosi bisa berhunungan dengan strategi dalam penawaran/penjualan, contohnya seperti perihal tentang pengiklanan, lalu tentang promosi dalam penjualan, kemudian personal selling, direct marketing bahkan hingga penjualan pada personal.

4. Place
Yang keempat ialah : Nah dimana yang dimaksud dengan place disini yakni tentang masalah distribusi. Maknanya ialah sebuah strategi tentang cakupan distribusi, tentang fasilitas penyimpanan, lalu transportasi dan juga sejumlah hal lainnya.

Pada bauran pemasaran 4P ini merupakan sebuah strategi yang sangat baik dan hal tersebut sudah terbukti dapat membantu dalam m,enyukseskan dari sekian banyak perusahaan.

Namun Bauran pemasaran ini masih terbilang mempunyai suatu kekurangan dan memperoleh banyak kritis sehingga akhirnya membuat banyak para pakar dalam dunia pemasaran .

Melakukan berbagai macam percobaan dalam menemukan solusi baru untuk membentuk bauran pemasaran yang dianggap lebih kuat. Nah misalnya saja seperti Bauran pemasaran 7P.

Dimana pada bauran pemasaran 7P ini ialah merupakan sebuah hasil dari percobaan penyempurnaan dari Bauran pemasaran 4P yang sebelumnya.

Lantas apa saja yang terdapat di dalam Bauran pemasaran 7P ini? Nha di bawah ini ini terdapat penjelasannya.

Bauran Pemasaran 7P

1. Produk
Yang pertama ialah : Nah dalam hal ini masih tentang produk. Sebab pokok Utama dari Bauran pemasaran 7P ini yakni masih berupa suatu produk.

Dimana dalam strategi ini produk harus dibuat agar dapat memberikan manfaat. Kemudian selain itu terdapat juga hal lain yang di bentuk dalam penyusunan produk misalnya saja seperti pada Bauran pemasaran 4P seperti pembahasan tentang variasi produk, garansi, retur dan hal-hal lainnya.

2. Price
Kemudian yang kedua ialah : masih mengenai Harga sebab pada bagian ini masih menjadi hal yang sangat penting dalam Baurran pemasaran 7P.

Yang mana dalam menentukan harga dibutuhkan strategi yang sesuai dan tepat yang berkaitan dengan sasaran pasar dan juga sejumlah hal lainnya yang berkaitan tentang aturan transaksi seperti misalnya aturan pembayaran dan lain sebagainya.

3. Promotion
Kemudian yang ketiga ialah Strategi promosi dimana dalam ini masih merupakan hal yang harus diatur dalam Bauran pemassaran 7P.

4. Place
Kemudian yang keempat ialah : masih memiliki kesamaan seperti Bauran pemassaran 4P, dimana place masih berkaitan dengan strategi distribusi yang dipakai di dalam sebuah perusahaan.

5. People
Kemudian yang kelima memiliki tambahan yakni strategi Bauran pemasaran 7P seperti people.

Baca Juga :  Analisis Data

Makna dari istilah people disini ialah merupakan sumber daya manusia yang dipakai .

Dimana dalam strategi Bauran pemasarann 4P yang harus lebuh diperhatikan adalah strategi yang berkaitang langsung dengan jalinan antara perusahaan dengan konsumen tanpa harus memperdulikan bagaimana strategi pengelolaan dalam perusahaan.

6. Process
Melangkah ketahapan selanjutnya selain pengelolaan sumber daya manusianya, namun pengelolaan akan proses bisnis yang terdapat di dalam perusahaan juga menjadi hal yang sangat penting yang harus diperhatikan dalam sebuah bisnis.

Maka oleh sebab itu strategi Baurran pemasaran 7P ini harus menerapkan hal yang berhubungan dengan proses bisnis di dalamnya.

7. Physical Evidence
Kemudian Tambahan yang terakhir yang mana dalam strategi Bauran pemassaran 7P ini ialah tentang bukti fisik.

Pada saat kalian hendak membangun sebuah perusahaan, maka bukti fisik dengan berupa keberadaan dari bangunan perusahaan ialah merupakan bagian hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Dimana bukan hanya wajib berdiri namun juga terdapat syarat dan sejumlah ketentuannya yang diatur dalam strategi Bauran pemasaran 7P ini.

Pemasaran Sebagai Upaya Memenangkan Pasar Produk dan Jasa

Yang menjadi tantangan dalam setiap jenis bisnis dan perusahaan ialah meraih kesuksesan dalamn persaingan supaya bisa selalu menjaga kelangsungan hidupnya.

Namun Diantara fungsi perusahaan yang tersusun atas operasi, keuangan, SDM, fungsi pemasaran yang berkaitan secara langsung dengan masyarakat yang dijadikan sebagai target pasarnya.

Kemudian semua perusahaan dituntut harus lebih teliti dalam memperhatikan perubahan pasar sehingga semua produk yang diperjualkan selalu bisa diterima.

  • Mengembangkan penjualan (selling).
  • Membuat merek (branding)
  • Menghadirkan dan meningkatkan pangsa pasar (expand market share).
  • Membentuk dan menciptakan produk atau layanan baru (inovasi).
  • Menargetkan pelanggan baru.
  • Dapat memasukan ke pasar baru berskala internasional atau lokal.
  • Merajut hubungan stakeholder  / terhadap sejumlah pihak yang terkait dengan perusahaan.
  • Meningkatkan jalinan antar pelanggan (customer relationship)
  • Memperbaiki komunikasi internal.
  • Meningkatkan keuntungan (profit).

Kemudian Pemasaran tidak cuna hanya sebatas menjual produk terhadap konsumen saja , namun mencakup lebih luas dari itu.

Sebab apabila produk yang terjual saat ini terasa laris, akan tetapi belum tentu mendatangkan totalitas manfaat yang sesungguhnya yang diperlukan oleh perusahaan. Dalam pemasaran kita bukan hanya membicarakan mengenai keuntungan jangka pendek, akan tetapi manfaat jangka panjang yang bisa secara terus menerus memberikan benefit bagi bisnis.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai Bauran Pemasaran – Pengertian, 7P, 4P, Jasa, Strategi dan Contoh, semoag bermanfaat.

Baca Juga :