Operasi Bilangan Bulat dan Contoh Soalnya

Posted on

Bilangan Bulat – Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id membahas materi tentang Bilangan Asli dan Contohnya Lengkap. Maka dipertemuan kali ini ContohSoal.co.id akan menerangkan secara lengkap mengenai materi bilangan bulat beserta pengertian, operasi, penjumlahan,angka dan contoh soalnya. Baiklah agarn lebih jelas langsung aja sobat simak ulasan yang sudah ContohSoal.co.id rangkum di bawah ini.

Pengertian Bilangan Bulat

Bilangan Bulat

 Bilangan Bulat ialah merupakan suatu bilangan yang terdiri dari bilangan bulat positif, bilangan nol serta bilangan bulat negatif.

Selanjutnya bilangan ini jug merupakan bagian dari bilangan cacah(0,1,2,3,..) dan negatifnya (-1,-2,-3, …; -0 ialah sama dengan 0 sehingga tidak lagi dimasukkan secara terpisah).

Agar dapat lebih memahami lebih jelas lmaka simak gambar struktur bilangan di bawah ini.

Jenis Bilangan Bulat

Dari pengertian di atas bisa kita ambil kesimpulan jika bilangan bulat ialah merupakan suatu himpunan bilangan yang termasuk didalamnya ialah bilangan cacah, asli, prima, komposit, nol, satu, negatif, ganjil dan bilangan genap.

Namun bukan hanya itu saja yang mana pada bilangan bulat tidak mempunyai bilangan terkecil ataupun bilangan terbesar.

Pengertian Bilangan Bulat Positif

Bilangan bulat positif ialah merupakan suatu bilangan yang mana dimulai dari bilangan satu ke atas dan seterusnya. Contoh bilangan bulat positif:{1,2,3,4,5,dan seterusnya }.

Pengertian Bilangan Bulat Negatif

Bilangan bulat negatif ialah merupakan bilangan yang dimulai dari bilangan negatif satu ke bawah dan seterusnya. Contoh bilangan bulat negatif:{dan seterusnya-5,-4,-3,-2,-1 }.

Agar lebih jelas dalam memahami tentang apa itu pengertian bilangan bulat, kamu dapat memperhatikan di bawah ini!

Bilangan Bulat Negatif

 

  • a = Bilangan Negatif
  • b = Bilangan Nol
  • c = Bilangan Positip

Lambang Bilangan Bulat


Dalam matematika bilangan bulat disimbolkan yakni dengan Z berasal dari Zahlen (bahasa Jerman untuk “bilangan”).Himpunan Z tertutup di bawah operasi penambahan dan perkalian.

Maksudnya Artinya, jumlah dan hasil kali dua pada  bilangan bulat juga merupakan bilangan bulat.

Akan tetapi bedah halnya dengan bilangan asli,yang mana Z tertutup di bawah operasi pengurangan. Kemudian hasil dalam pembagian dua bilangan bulat belum tentu hasilnya bilangan bulat pula, Sebab itu Z tidak tertutup di bawah pembagian.

Baca Juga :  Limas Segitiga

Operasi Bilangan Bulat

Pernahkah kalian pergi ke Alaska?  ialah merupakan salah satu negara bagian dari Amerika Serikat dan letaknya berdekatan dengan kutub utara.

Hal tersebut disebabkan oleh letaknya yang sangat berdekatan dengan kutub utara, sehingga menjadikan Alaska mempunyai suhu rata-rata yakni -9 derajat celcius dan pada musim panas, bersuhu antara 7-9 derajat celcius.

Dari penjelasan di atas, kita mendapati sebuah informasi bahwa untuk menyatakan suhu di bawah nol derajat digunakan tanda negatif. Kemudian untuk menemukan bilangan bertanda negatif yakni terdapat dalam sistem bilangan bulat.

Akan tetapi, apakah kalian tahu mengenai apa itu bilangan bulat dan operasi-operasi hitung pada bilangan bulat tersebut? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, cermati materi berikut ini.

Bilangan bulat yang dilambangkan dengan huruf Z ialah anggota bilangan rasional yang terdiri dari bilangan bulat negatif, nol, dan bilangan bulat positif.

Dari definisi di atas, didapati bahwa bilangan bulat terdiri dari tiga jenis bilangan yaitu bilangan bulat negatif, bilangan bulat nol, dan bilangan bulat positif. Bilangan-bilangan tersebut selanjutnya dituliskan seperti berikut ini.

Z={…,-4 ,-3,-2,-1,0, 1, 2, 3, 4,…}

Dengan adanya bentuk di atas dan bisa dinyatakan dalam sebuah garis bilangan seperti pada gambar di bawah ini.

Contoh Soal Bilangan Bulat

Contoh Soal 1

Hitunglah penjumlahan:
a. 4 dan 5
b. 5 dan (–2).

Penyelesaian:a. Apabila dilihat dari gambar dibawah ini !

Diketahui nol menjadi titik pangkal, maka kita melangkah 4 satuan ke kanan, dilanjutkan dengan 5 satuan ke kanan.

Hasil penjumlahannya ialah jarak dari titik nol ke posisi terakhir,

Bilangan Bulat

Jawab:

Maka hasilnya adalah 4=5 = 9

Dari titik nol kita melangkah 5 satuan ke kanan, kemudian melangkah 2 satuan ke kiri. Hasil penjumlahannya adalah 3.Soal Bilangan Bulat

Maka,hasilnya ialah:  5 + (–2) = 3

Contoh Soal.2

Berakah hasil dari–12+20×4–(–6):3= …
A.  110  C. 34
B.  70    D. 30
Jawaban: B
Pembahasan
–12 + 20 × 4 – (–6) : 3
= –12 + 80 + 6 : 3
= 68 + 2
= 70

Contoh Soal.3

Tentukanlah hasil dari dari hitungan berikut;14+(18:(–3)) –((–2) × 3)
ialah….
A.  –4  C. 14
B.  2    D. 42
Jawaban: C
Pembahasan
14 + (18: (–3)) – ((–2) × 3)
= 14 – 6 – (–6)
= 8 + 6
= 14

 

Baca Juga :  Contoh Soal Barisan Aritmatika

Demikianlan materi pembahasan Contoh Soal.co.id kali ini mengenai bilangan bulat, semoga artikel ini bermanfaat serta dapat menambah wawasan dan pengetahuan sobat semua.

Artikel ContohSoal.co.id Lainnya: