Biosfer

Posted on

Biosfer Adalah – Materi makalah pembahasan kali ini mengenai Biosfer beserta pengertian, jenis, tingkatan, faktor dan cagar biosfer, namun sebelum kita bahas lebih panjang lagi, dipertemuan kita sebelumnya sudah membahas mengenai ekosistem. Baiklah langsunga aja mari kita simak bersama ulasan dibawah ini.

Pengertian Biosfer

Contoh Biosfer
Contoh Biosfer

Secara etimologi biosfer merupakan gabungan dari dua kata, yaitu bio yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan. Jadi, biosfer ialah merupakan suatu lapisan tempat hidup (habitat) makhluk hidup. Biosfer meliputi lapisan litosfer, hidrosfer, dan atmosfer. Yang mana dari ketiga lapisan itu saling berinteraksi dan membentuk lapisan biosfer tempat ditemukannya kehidupan di bumi. Selain itu, biosfer juga diartikan sebagai bagian dari Bumi dan atmosfernya di mana organisme dapat hidup dan melangsungkan kehidupannya. Dengan kata lain, hanya di biosferlah sistem kehidupan dapat ditemukan.

Pengertian Biosfer Menurut Para Ahli

Para ahli memiliki pandangan berbeda-beda mengenai pengertian biosfer. Berikut beberapa pengertian biosfer menurut para ahli, antara lain sebagai berikut:

  • Menurut Vladimir Wanouich Veinadsky, biosfer ialah suatu sistem yang terbuka dan berkembang sejak dimulainya sejarah makhluk hidup yang ada di bumi.
  • Menurut Jhon Wiley, biosfer ialah merupakan sebuah zona dari planet bumi dimana terdapat kehidupan yang terjadi dengan secara alami dan diperluas dari lapisan bumi ialah dengan lapisan atmosfer yang lebih rendah.
  • Menurut Michael Allaby pengertian biosfer ialah merupakan salah satu bagian lingkungan hidup organisme dan mereka berinteraksi dengan membentuk suatu sistem kelompok yang stabil serta fektif untuk keseluruhan ekosistem yang berada di planet.

Jenis-Jenis Biosfer

Biosfer dibagi menjadi 3 jenis jika dilihat dari jenisnya, penjelasannya yaitu sebagai berikut :

Atmosfer

Atmosfer ialah merupakan suatu lapisan bumi yang terluar yang berfungsi melindungi bumi dari benda-benda luar angkasa seperti meteor.

Litosfer

Litosfer ialah merupakan sebuah susunan batuan yang ada dipermukaan bumi yang mempunyai bentuk yang berbeda-beda. Litosfer ini terbentuk dari letusan gunung berapi atau magna yang telah kering.

Baca Juga :  Retikulum Endoplasma

Hidrosfer

Hidrosfer ialah merupakan suatu susunan biosfer yang terdiri dari air meliputi air dari sungai, samudera, ataupun laut. Hidrosfer merupakan istilah penting mengingat bagian bumi 70% berupa air atau laut.

Tingkatan Organisasi Mahluk Hidup

Makhluk hidup yang dapat berkembang biak di planet bumi ada beberapa tingkatan organisasi, sebagai berikut :

Protoplasma

Protoplasmaialah merupakan  suatu zat yang dapat hidup dan berkembang biak di dalam sel, terdiri atas senyawa organik kompleks seperti lemak, protein, mineral dan sebagainya.

Sel

Sel ialah merupakan suatu satuan terkecil dari organisme atau mahkluk hidup yang terdiri dari protoplasama dan inti yang terdapat pada membran.

Jaringan

Jaringan ialah merupakan suatu gabungan dari beberapa sel menjadi satu jaringan yang membentuk satu bentuk dan fungsi yang sama, misalnya jaringan otot.

Organ

Organ ialah merupakan suatu bagian dari makhluk hidup atau organisme yang mempunyai fungsi tertentu, seperti telinga pada manusia, dan lain sebagainya.

Sistem Organ

Sistem organ merupakan sebuah kondisi kebersamaan atau kerjasama secara struktural dan fungsional harmonis.

Organisme

Organisme dapat disebut juga dengan makhluk hidup.

Populasi

Populasi dapat diartikan yaitu suatu kelompok atau kesatuan dari organisme atau makhluk hidup yang sejenis dan hidup lalu berkembang biak pada suatu wilayah atau daerah tertentu.

Ekosistem

Ekosistem ialah suatu tatanan atau lingkungan yang menyatukan semua unsur lingkungan hidup dan dapat terbentuk untuk saling berinteraksi dan saling mempengaruhi satu sama lain.

Komunitas

Komunitas yaitu perkumpulan dari berbagai jenis populasi yang berada pada suatu lingkungan atau daerah tertentu. Komunitas ini terdiri dari berbagai jenis makhluk hidup atau organisme. Dan setiap populasi cenderung mempertahankan kehidupan populasinya masing-masing.

Faktor Yang Mempengaruhi Biosfer

Berikut ini merupakan 2 faktor yang mempengaruhi flora dan fauna :

Faktor Abiotik

  • Iklim
    Iklim adalah suatu penentu yang meliputi keadaan suhu cuaca, kelembaban udara, dan angin. Iklim mempunyai pengaruh besar terhadap kelangsungan hidup di Bumi Misalnya : sinar matahari diperlukan tumbuhan untuk melakukan fotosintesis, kelembaban udara dan angin untuk proses penyerbukan pada flora, dan lain sebagainya.
  • Keadaan tanah
    Keadaan tanah ini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kondisi air tanah, suhu tanah yang menjadi faktor terhadap ada tidaknya kondisi air yang terdapat di dalam tanah serta akar dari flora tersebut. Contohnya pada daerah tropis yang memiliki macam-macam jenis flora, akan tetapi di daerah gurun hanya mempunyai beberapa jenis flora saja.
  • Air
    Yaitu keadaan tanah yang mempunyai pengaruh terhadap daya serap air pada kondisi tanah tertentu.
  • Tinggi rendah permukaan bumi
    Yaitu tinggi rendahnya suatu wilayah bisa membuat perbedaan suhu sehingga menjadi faktor keanekaragaman flora fauna pada permukaan tersebut.
Baca Juga :  Osmosis Adalah

Faktor Biotik

Yang termasuk faktor biotik ialah makhluk hidup seperti flora, fauna, dan manusia. Namun Khususnya terhadap manusia yang mana dengan berkembangannya IPTEK dapat melakukan persebaran flora fauna pada suatu daerah, seperti melakukan konservasi hewan langka.

Hewan juga menjadi salah satu sebab yang dapat berpengaruh terhadap penyebaran flora yang menjadi andil dalam menyuburkan tanah. Contohnya hewan yang memakan buah-buahan yang kemudian menyebarkan biji buah-buahan sehingga dapat tumbuh menjadi tumbuhan baru.

Pengertian Cagar Biosfer

Cagar Biosfer adalah kawasan dimana ekosistem yang keseluruhan unsur alamnya tersebut dilestarikan dan dilindungi untuk kepentingan penelitian ataupun pendidikan.cagar biosfer berikutnya :

  • Bertujuan untuk melestarikan keanekaragaman hayati di ekosistem alam dan menjaga keanekaragaman genetika agar proses evolusinya tersebut dapat berjalan secara terus menerus.
  • Menyediakan sarana dan tempat untuk pendidikan ataupun penelitian. Semua makhluk hidup yang ada di bumi selalu berinteraksi antar satu dengan lainnya dan membentuk kesatuan.

Demikianlah materi biosfer beserta pengertian, fenomena, fungsi, komponen, dan pembagiannya kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel ContohSoal.co.id Lainnya: