Cagar Alam

Posted on

Cagar Alam – CA adalah tanah atau tanah atau hutan yang digunakan sebagai kawasan konservasi. Daerah ini bertujuan untuk melindungi dan mengolah fauna dan flora yang hampir punah.

Kali ini contohsoal.co.id akan meberikan pelajaran mengenai Cagar Alam. Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, dengan berdasarkan Pengertian, Fungsi, Manfaat, Syarat, Tujuan dan Contoh.

Pengertian

Cagar alam (CA) ini dibangun di habitat aslinya, dengan kata lain cagar alam ini termasuk dalam metode situ. Metode Insitu adalah metode konservasi yang dilakukan di alam.

Cagar Alam

CA mempunyai karakteristik tanaman dan ekosistem tertentu yang harus dilindungi atau dilestarikan dan juga pengembangannya terjadi secara alami sesuai dengan kondisi aslinya, flora dan fauna yang terkandung di dalamnya dapat digunakan untuk tujuan saat ini. dan jelas juga untuk masa depan.

Sebagai kawasan konservasi, ini juga digunakan di dunia sains. Apa yang dapat dipelajari oleh para ilmuwan dan bahkan menumbuhkan spesies fauna dan flora langka. Karena peruntukannya sebagai kawasan konservasi, CA ini dilarang untuk digunakan sebagai tujuan wisata atau untuk tujuan komersial.

CA itu sendiri memiliki nilai penting pada ilmu sains, pendidikan, penelitian, pendidikan dan bahkan minat lainnya.

Fungsi Dari Cagar Alam

Setelah mengetahui berapa banyak kita harus memperhatikan CA ini karena khasan fauna dan flora yang dikandungnya. oleh karena itu kita juga harus mengetahui fungsi yang menentukan area cagar alam, termasuk:

  • Ia memiliki komunitas tanaman dan ekosistem yang langka atau hampir punah.
  • Ini memiliki fungsi potensial sehingga menjadi contoh bagi ekosistem yang keberadaannya membutuhkan upaya konservasi dan perlindungan.
  • Cukup luas dalam bentuk tertentu, yang pada gilirannya akan mendukung manajemen dan menjamin kelestarian ekologis alami.
  • Ini memiliki keanekaragaman tanaman dan ekosistem.
  • Ini mewakili pembentukan beberapa biota dan unit konstitutifnya.
  • Ia memiliki kondisi alami yang alami dan tidak terganggu oleh campur tangan manusia.

Manfaat Dari Cagar Alam

Adapun Manfaat dari cagar alam ini, yaitu:

  • Untuk menyesuaikan pengaturan air.
  • Dapat meningkatkan nilai tukar.
  • Dapat menjadi tempat latihan atau praktik belajar di lapangan.
  • Dapat menjadi situs penelitian.
  • Dapat melestarikan flora dan fauna.
  • Dapat melindungi flora dan fauna dari kepunahan.
  • Dapat menjaga kesuburan tanah.
Baca Juga :  Fauna Australis

Syarat Dari Cagar Alam

Suatu ekosistem dapat menjadi CA jika memenuhi persyaratan, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Ekosistem belum mengalami kerusakan atau kehancuran serius.
  • Ekosistem masih alami.
  • Ini memiliki area yang cukup.
  • Ini memiliki ekosistem yang unik.
  • Ada spesies fauna dan flora yang dilindungi.

Tujuan Cagar Alam

Tujuan dari CA umumnya ialah untuk menjaga ekosistem di kawasan CA agar tetap berkelanjutan dan bahkan tidak punah.

Contoh Dari Cagar Alam

Nusa Kambangan, Jawa Tengah – Taman Cagar Alam Karang Bolong

Menjelajahi lautan eksotis dari pantai Teluk Penyu di Cilacap, Anda juga bisa berhenti di CA Karang Bolong. Pulau itu, yang terkenal sebagai penjara bagi para penjahat kelas atas, memiliki cagar alam seluas 0,5 hektar.

Di tempat yang masih sangat alami, Anda juga dapat menemukan pantai atau gua yang indah. Siapkan persediaan makanan atau minuman untuk bepergian ke sini.

Raja Ampat, Papua Barat – Taman Alam Waigeo Barat

Ada banyak tempat indah di Raja Ampat yang dapat menjadikannya tujuan impian pelancong. Bukan hanya pantai, ada CA yang sangat menarik di Waigeo Barat di Waisai, Papua Barat.

Anda perlu menyewa speedboat seharga 100.000 IDR per orang dengan waktu perjalanan 1-3 jam. Di area seluas 95 ribu hektar, Anda akan melihat spesies dalam bahaya kepunahan seperti burung cendrawasih. Kondisi cagar alam akan didominasi oleh hutan alam di hadapan banyak sungai kecil.

Banyu wangi, Jawa Timur – Taman Cagar Alam Kawah Ijen

Kawasan wisata alam ini di kawah Ijen hanya sekitar 92 hektar, sisanya akan digunakan oleh cagar alam. Oleh karena itu, menurut prajurit laut Banyuwangi, Putri Agustin, tidak sepenuhnya adil jika Ijen akan menjadi situs pariwisata massal dengan banyak pengembangan di sekitarnya.

Ada elang Jawa atau beberapa tanaman langka yang akan dilindungi di cagar kawah Ijen. Meskipun ada pro dan kontra, wisata Gunung Ijen benar-benar mempesona dengan api biru dan kawahnya.

Agam, Sumatra Barat – Cagar Alam Maninjau

Di wilayah yang sama di Sumatera Barat Agam ada CA yang akan menjadi tempat berkumpulnya hewan liar dan bunga langka. Meskipun mereka mungkin tidak melihat secara langsung, ada habitat untuk harimau Sumatra atau beruang madu.

Baca Juga :  Masa Perundagian

Pada Desember bulan lalu, raflesia terbesar dengan diameter kurang dari 106 cm tumbuh. Daya tarik utama lainnya adalah keberadaan Danau Maninjau, yang meliputi area seluas 99,4 kilometer.

Kalimantan Tengah – Taman Nasional Tanjung Puting

Tanjung Puting juga dikenal sebagai konservasi orangutan terbesar di dunia dengan populasi kurang dari 40 ribu. Jangan menjadi manusia biadab, Anda juga menyadari pentingnya melindungi orangutan di area ini.

Ada juga biaya yang harus dikeluarkan, seperti tiket masuk Rp. 11 ribu, kamera Rp. 5.000, Rp. 15 ribu kerajinan, tiket seharga Rp. 50 ribu dan parkir seharga Rp. 10 ribu.

Selat Sunda, Lampung – Cagar Alam Anak Krakatau

Di sini Anda dapat mempelajari banyak hal, khususnya kisah sedih tentang letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883. Kawasan ini juga dianggap sebagai laboratorium alami terbesar seluas 13 ribu hektar.

Tentu saja, daya tarik utama di sini adalah perasaan memanjat anak-anak krakatau dengan pemandangan yang sangat eksotis. Selain itu, ada juga 206 jenis jamur, 13 spesies lumut, 61 pakis dan 257 spesies spermatophyta.

Cianjur, Jawa Barat – Kebun Raya Cibodas

Bukan hanya di daerah terpencil, sungguh! Anda bisa datang ke kebun raya Cibodas yang merupakan tempat konservasi tanaman. Ada empat area tematik di sini, yaitu taman sakura, taman lumut, taman rhododendron, pengumpulan pakis dan tanaman obat.

Ada 5.831 contoh tanaman yang bisa Anda lihat di sini. Fasilitasnya juga sangat lengkap, mulai dari pemandu wisata hingga akomodasi yang baik. Harga tiket masuk mulai dari Rp 9.500 per orang.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan cagar alam adalah CA di mana terdapat flora dan fauna yang harus dilindungi dan juga dilestarikan agar tidak menjadi punah dan kelangsungan hidupnya yang alami.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga: