Cara Membuat Elektroskop Sederhana

Posted on

Elektroskop – Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id membahas tentang Cara Membuat Magnet. Maka materi pembahasan kali ini, yakni tentang elektroskop – beserta pengertian, fungsi, cara membuat dan sederhana. untuk lebih lengkap simak ulasan berikut ini.

Pengertian Elektroskop

Elektroskop

Apa itu elektroskop? Elektroskop ialah merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengetahui muatan listrik sebuah benda. Dan juga bisa difungsikan guna menentukan jenis muatan suatu benda.

Bekerja berdasarkan prinsip induksi listrik. Elektroskop terdiri atas bagian dalam dan bagian luar. Pada bagian dalam, terdapat dua buah batang atau keping yang dapat bergerak bebas dan biasanya terbuat dari emas.

Pada bagian luarnya, terdapat sebuah konduktor yang dipisahkan dengan bagian lainnya oleh bahan isolator. Apabila pada sebuah benda yang mepunyai muatan didekatkan kekepala elektroskop, maka keping emas tersebut akan mekar.

Elektroskop yang paling umum digunakan ialah lembaran emas. Adapun Skema terlihat seperti Gambar di bawah ini.

gambar Elektroskop Lembaran emas

Fungsi Elektroskop

Di bawa ini adalah fungsi elektroskop yang harus anda ketahui :

  • Mendeteksi adanya muatan pada suatu benda
  • Memisahkan muatan
  • Mendeteksi negatif atau positif muatan suatu benda
  • Guna Menguji ada atau tidaknya muatan listrik pada suatu benda
  • Mengetahui jenis muatan listrik pada suatu benda
  • Mengetahui jumlah muatan listrik pada suatu benda

Cara Kerja Elektroskop

Pada elektroskop mempunyai suatu Prinsip kerja dengan berdasarkan sifat muatan, yakni akan saling menolak apabila saling didekatkan dengan muatan yang sejenis. Elektroskop berbentuk tabung.

Pada sebuah tabung yang berisikan lembaran emas yang bisa diberi muatan dari bagian atas melalui sebuah kawat konduktor.

Baca Juga :  Fraksi Mol - Pengertian, Rumus dan Contoh Soal

Yang kemudian apabila sebuah benda yang bermuatan ditempelkan pada kawat konduktor, maka lembaran emas dan batang akan bermuatan pula. Karena jenis muatannya sama, keduanya akan saling menolak dan lembaran emas akan menjauhi batang membentuk huruf “V” terbalik.

Apabila Semakin besar muatan yang diberikan pada lembaran tersebut, maka akan semakin jauh membuka. Dengan begitu kita dapat mengetahui bahwa benda yang ditempelkan pada ujung atas elektroskop bermuatan.Bagaimana menentukan jenis muatan listrik suatu benda?

Dalam hal ini anda tidak bisa menggunakan elektroskop netral untuk menentukan jenis muatan suatu benda, Namun anda bisa menggunakan elektroskop bermuatan listrik. Misal elektroskop bermuatan negatif yang daun/lembarannya mekar.

Elektroskop
Keterangan Gambar
:

  • a. Elektroskop listrik negatif.
  • b. Ketika didekatkan benda bermuatan negatif, lembaran/daun naik.
  • c. Ketika didekatkan benda bermuatan positif, lembaran/daun turun.

Gambar (a) menunjukkan sebuah elektroskop bermuatan listrik negatif. Ketika didekati suatu benda bermuatan listrik, lembaran/daun pada elektroskop makin naik, berarti benda bermuatan yang didekatkan kepala elektroskop mempunyai muatan yang sejenis dengan muatan elektroskop, yaitu bermuatan negatif (Gambar b).

Begitupun Sebaliknya di Gambar (c) yang mana pada saat kepala elektroskop didekati dengan benda mempunyai  yang muatan listrik, lembaran/daun elektroskop maka akan semakin turun (lebih menguncup).

Ini berarti benda bermuatan yang didekatkan pada kepala elektroskop mempunyai muatan yang tidak sejenis dengan muatan elektroskop. Pada suatu benda yang mempunyai muatan apabila didekatkan dikepala elektroskop tersebut makan berubah menjadi bermuatan positif.

Cara Membuat Elektroskop Sederhana

  • Bagaimana cara mengetahui jenis muatan listrik? Apakah ada alat yang dapat digunakan untuk mendeteksi jenis muatan listrik? Agar dapat memahaminya, lakukan kegiatan berikut.
  • Siapkan kertas aluminium (aluminium foil), paku besar, dan toples plastik atau kaca (dapat diganti de ngan botol plastik bekas) beserta tutupnya.
  • Potonglah kertas aluminium membentuk persegi panjang 5 cm × 15 cm dan persegi 15 cm × 15 cm.
  • Bentuk kertas aluminium persegi panjang menjadi jarum dan kertas aluminium persegimenjadi bola aluminium. Kemudian, sambung rangkaian menjadi satu.
  • Lubangi tutup toples dengan menggunakan paku, kemudian masukkan rangkaian bola dan jarum aluminium seperti pada gambar.
  • Gunakan sebuah gunting untuk memotong aluminium dengan ukuran 2 cm × 10 cm, selanjutnya bengkokkan hingga menyerupai daun elektroskop.
  • Bengkokkan ujung jarum seperti pada gambar.
  • Letakkan daun elektroskop pada ujung jarum yang telah dibengkokkan, seperti pada gambar.
  • Tutup toples. Elektroskop siap digunakan.
Baca Juga :  Listrik Statis - Pengertian, Gejala, Rumus dan Contoh Soal

Menguji Elektroskop

  • Lekatkan elektroskop pada sebuah generator Van de Graff yang mempunyai muatan listrik.
  • Amati gerak membuka atau menutupnya daun elektroskop
  • Rangkaianmu akan menjadi sebuah elektroskop yang baik apabila daun elektroskopnya mudah menutup dan membuka bila didekatkan dengan benda-benda yang bermuatan, misalnya penggaris atau balon yang telah digosokkan pada rambut kering.

Elektroskop

Bagaimana interaksi Dua Benda Bermuatan terhadap Jaraknya?

Semakin besar jarak kedua balon, maka gaya tolaknya semakin kecil, hal ini dibuktikan dengan simpangan kedua balon kecil.
Sebaliknya, semakin kecil jarak kedua balon, maka gaya tolaknya semakin besar, hal ini dibuktikan dengan simpangan kedua balon besar.
Semakin lama waktu yang digunakan untuk menggosok balon, maka muatan listrik menjadi semakin besar. Hal ini yang memengaruhi besarnya gaya tolak kedua balon yang ditunjukkan dengan besarnya simpangan kedua balon tersebut saat didekatkan.

Kesimpulan:

Semakin besar jarak dua benda yang bermuatan, gaya tolak-menolak atau gaya tarik-menariknya semakin kecil. Sebaliknya, semakin kecil jarak dua benda yang bermuatan, gaya tolak-menolak atau gaya tarik menariknya semakin besar.

Semakin besar muatan yang dimiliki suatu benda, gaya tolak-menolak atau gaya tarik-menariknya semakin besar. Semakin kecil muatan yang dimiliki suatu benda, gaya tolak-menolak atau gaya tarik menariknya juga semakin kecil.
Nah demikianlah materi pembahasan mengenai elektroskop beserta fungsi elektroskop kali ini . Semoga sajian dari apa yang telah ContohSoal.co.id rangkum kali ini memberikan beribu manfaat serta dapat dijadikan sumber referensi dan inspirasi bagi sobat semua.
Cara Membuat Elektroskop Sederhana
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait: