Cara Mengutip Dari Internet

Posted on

Cara Mengutip Dari Internet – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Frasa Verba. Maka pada pertemuan kali ini kembali akan contohsoal.co.id sampaikan materi tentang Cara Mengutip Dari Internet, Berita Online, Website Pada Skripsi. Nah untuk lebih jelasnya, yuk kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Kutipan

Cara Mengutip Dari Internet
Cara Mengutip Dari Internet

Apa yang dimaksud dengan Kutipan yakni merupakan suatu bentuk pinjaman atas sebuah pendapat atau kalimat yang diambil dari seseorang, baik berupa sebuah tulisan ataupun lisan yang bertujuan untuk memperkuat argumentasi pada sebuah karya tulis.

Namun selain dipakai untuk memperkokoh argumen, dimana kutipan juga dapat dijadikan sebagai sebuah landasan teori, akan penjelasan yang akan di uraiankan atau dapat dijadikan sebagai bukti untuk menunjang sebuah pendapat.

Di dalam mengambil sebuah kutipan dari seorang maka diahruskan bagi penulis tidak boleh asal-asalan dalam merngkai penulisannya.

Ada beberapa hal yang harus sobat diperhatikan dalam penulisan sebuah kutipan.

Lantas Apa saja hal tersebut?

Hal yang harus diperhatikan dalam Mengutip

  • Pada sang penulis meski mempertimbangkan bahwa kutipan tersebut dibutuhkan
  • Bagi sang penulis harus bisa mempertanggung jawabkan sepenuhnya terhadap ketepatan dari kutipan
  • Bagi sang penulis meski mempertimbangkan terhadap jenis kutipan, baik itu kutipan secara langsung maupun tidak langsung
  • Upayakan agar tidak terlalu banyak memakai kutipan langsung

Nah, berhubungan dengan jenis kutipan, yang mana ada 2 jenis yang biasanya kerap dipakai yakni kutipan langsung dan tidak langsung.

Lantas Apa perbedaannya?

Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Jenis Kutipan

Kutipan Langsung

Apa yang dimaksud dengan Kutipan langsung yakni merupakan sebuah kutipan yang diperoleh dengan secara identik atau menyerupai persis dari sumber aslinya.

Nah jenis kutipan langsung bisa dibedakan lagi menjadi beberapa jenis.

Dimana 2 di antaranya ialah merupakan kutipan langsung yang kurang dari 4 baris dan juga kutipan langsung yang lebih dari 4 baris.

Baca Juga :  Kalimat Deklaratif

Cara Menulis Kutipan Langsung < 4 Baris

  • Pada jee=nis kalimat yang kutipan meski diintegrasikan dengan teks
  • Pada Jarak di antar baris kutipan ialah 2 spasi
  • Pada kutipan harus diapit dengan menggunakan tanda kutip/petik dua (“…”)
  • Jika sudah mengambil sebuah kutipan, tulis juga sumber yang berupa nama pengarang, tahun terbit, dan nomor halaman dengan diapit menggunakan tanda kurung

Contoh:“Dalam membuat sebuah karya ilmiah jenis penelitian, eksplorasi pustaka menjadi sesuatu yang harus diutamakan untuk memperoleh kebenaran data yang akan diteliti” (Agung Hermanto, 2009: 15-16).

atau dapat juga dengan mencantumkan sumber kutipan pada bagian depan seperti berikut ini: Siswanto (1990:20) menegaskan, “yang mana keputusan ilmiah ialah merupakan sebuah kemungkinan atau probabilitas, sehingga bukan suatu kebenaran yang mutlak”.

Cara Menulis Kutipan Langsung > 4 Baris

  • Pada saat akan menulis kutipan harus dipisahkan dengan jarak 3 spasi dari teks
  • Pada Jarak yang terbentang antar baris kutipan ialah hanya 1 spasi
  • Apa yang sudah di kutip boleh diapit dengan menggunakan tanda kutip/petik dua (“…”) atau tidak
  • Setelah mengambil atau mengutip tulisan, harus diberi keterangan sumber

Contoh:

Cara Mengutip Dari Internet, Berita Online, Website Pada Skripsi

Kutipan Tidak Langsung

Apa yang dimaksud dengan Kutipan tidak langsung yakni merupakan sebuah kutipan yang mengambil suatu inti sari yang terkandungnya saja, namun tanpa sedikitpun mengurangi makna yang sebenarnya.

Nah kalian bisa menulis jenis kutipan ini dengan cara meringkas/menyimpulkan suatu pendangan atau menulis inti sarinya dengan menggunakan gaya bahasamu sendiri.

Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung

  • Kutipan harus diintegrasikan dengan teks
  • Pada jarak antar baris pada sebuah kutipan ialah 2 spasi
  • Pada kutipan tidak diapit dengan pemakaian tanda kutip/petik dua (“…”)
  • Maka sesudah mengutip kutipan, disertai dengan sumber kutipan

Contoh:Kecerdasan buatan ialah merupakan suatu sistem yang di mana dalamnya ada entitas ilmiah yang berguna untuk memproses data eksternal secara cepat dan akurat (Michelle Doe, 2016: 27).

Nah, itu tadi adalah 2 jenis kutipan yang kerap kali dipakai dalam membuat sebuah karya tulis.

Akan tetapi, selain bentuk kutipan langsung dan tidak langsung, terdapat sejumlah jenis kutipan lainnya yang juga kerap dipakai.

Yang mana Jenis kutipan ini ialah merupakan kutipan dalam kutipan dan kutipan dari internet.

Lantas Bagaimanakah cara menggunakannya?

Cara Mengutip dari Internet

Apabila anda hendak mengutip sebuah pendapat yang mana kutipan tersebut berasal/bersumber dari internet, maka untuk cara yang akan kita lakukan tentunya tidak berbeda dengan mengutip dari buku ataupun jurnal.

Anda Cukup menuliskan sumber dengan keterangan seperti nama pengarang diiringi dengan tahun terbit artikel.

Lantas Bagaimana dengan judul pada artikel dan alamat websitenya?

Nah untuk judul artikel, alamat/URL, dan waktu akses dapat anda cantumkan di bagian dalam daftar pustaka.

Contoh:

Contohnya, kalian akan mengutip sebuah artikel yang didalamnya membahas mengenai jumlah para pengguna internet yang tersebar di Indonesia yang ada dari situs Kompas.

Nah, kalian dapat mengutipnya dengan menggunakan cara seperti berikut: Dengan berdasarkan wilayah geografisnya, dimana jumlah masyarakat Indonesia yang paling banyak memanfaatkan internet ialah berlokasi di Jawa, yang kemudian disusul oleh Sumatera, lalu Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa, dan Maluku-Papua (Fatimah Kartini Bohang, 2018).

Kesimpulan

Pada saat akan mengutip sebuah pendapat, maka bagi seorang penulis harus dapat terlebih dahulu membedakan antara penulisan kutipan langsung dengan tidak langsung.

Dengan menggunakan kutipan, maka akan membuat sebuah karya tulis akan semakin dapat dipercaya sebab sumber datanya jelas.

Yang mana pada prinsipnya, menulis sebuah kutipan yang artinya menambah daftar pustaka.

Namun kutipan berada satu teks dengan pembahasan, sedangkan pada daftar pustaka mempunyai halaman tersendiri.

Demikianlah materi pembahasan contohsoal.co.id mengenai Cara Mengutip Dari Internet, Berita Online, Website Pada Skripsi, semoga ulasan ini dapat bermanfaat.

Baca Juga :