Cerita Fabel

Posted on

ContohSoal.co.id – Apa yang dimaksud dengana fabel?? nah penasaran bukan!! sebelum kita masuk pada pokok pembahasan, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai contoh cerpen. Pada materi kali ini kita akan membahas mengenai cerita fabel panjang, pendek, bergambar, pengertian, ciri, struktur dan contohnya, untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Cerita Fabel

Cerita Fabel
Cerita Fabel

Fabel ialah merupakan sebuah cerita dongeng yang menampilkan tokoh-tokoh binatang sebagai pemeran utamanya. Tokoh binatang tersebut berperan layaknya manusia, mereka dapat berpikir, berbicara, bersikap, emosi, dan berinteraksi layaknya manusia pada umumnya. Fabel biasanya dibuat untuk mendidik anak-anak agar bisa menjadi lebih baik dikehidupan nyata dengan mencontoh beberapa tokoh binatang yang memerankan peran yang baik. Kenapa tokoh binatang menjadi pilihan untuk mendidik anak-anak? Karena pada umumnya kebanyakan anak-anak suka dengan tokoh binatang, apalagi dibuat dengan karakter yang lucu.

Ciri-ciri Cerita Fabel

Fabel memiliki cirinya sendiri. Berikut ciri-ciri fabel.

  • Tema cerita fabel didominasi tentang hubungan sosial.
  • Tokoh-tokoh yang berperan dalam fabel adalah para binatang.
  • Pada fabel menyerupai karakter manusia watak yang digambarkan oleh para tokoh (binatang) ini seperti manusia karena mempunyai sifat baik, buruk, penyabar, pemarah, suka menolong, ringan tangan, keras kepala, cerdik, egois, dan sebagainya.
  • Mengapa semua karekter tokoh  diperankan oleh para binatang karena mereka dapat berpikir, berkomunikasi, dan bertingkah laku layaknya manusia.
  •  Fabel merupakan orang ketiga yang mempunyai Sudut pandang
  • Jalan cerita menggunakan alur maju (runtut, dari awal hingga akhir).
  • Konflik kehidupan manusia hampir diseyerupai permasalahan dunia binatang.
  •  Pada Fabel ,hutan, sungai, gunung, pepohonan, bebatuan, padang rumput, gua, semak, dsb), latar waktu (pagi, siang, sore, malam), latar sosial, dan latar emosional. merupakan latar tempat yang digunakan dalam cerita
  • Mengandung amanat dan pesan berharga untuk pembaca.

Struktur Teks Cerita Fabel

Fabel terbagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut:

  1. Orientasi
    Yaitu bagian berisi pengenalan tokoh, latar tempat dan waktu, lalu awalan masuk ke tahap berikutnya.
  2. Komplikasi
    Yaitu tokoh utama berhadapan dengan masalah. Disini adalah bagian dari inti cerita fabel tersebut, Bagian yang memang sengaja harus dibuat, pokok masalah dari cerita.
  3. Resolusi
    Ini adalah kelanjutan dari komplikasi yaitu pemecahan masalah. Masalah yang sudah dibuat pada komplikasi, harus dipecahkan disini dengan cara yang kreatif.
  4. Koda
    Ini berisi perubahan yang terjadi pada setiap tokoh yang bermain dan pelajaran yang bisa kita petik dari cerita tersebut.
Baca Juga :  Senam Lantai

Contoh Cerita Fabel

contoh cerita fabel
contoh cerita fabel

simak berikut ini:

Cerita Dongeng Si Kancil Dan Buaya

Alkisah, pada suatu hari. buaya serta hidup di wilayah yang sama , entah sejak kapan buaya menginincar kancil  untuk di jadikan santapannya. Namun, kancil selalu bisa menghindari kejarannya.Kancil merupakanhewan yang pandai dan mempunya beribu akal sehingga membuat buaya selalu kesulitan untuk menangkapnya.

 

Cerita Fabel Dongeng Si Kancil Dan Buaya

Pada mulanya kebingungan ada dibenak buaya ketika melihat kancil tidak di tempat biasanya. Kemeduian pergi dan mulai mencarinya hingga kepelosok hutan, lalu ada yang bertanya kepada pada buaya.

“Kau mencari kancil buaya? dia pindah ke hilir,” kata burung kecil yang ditanya oleh buaya. Tentu saja buaya senang mendengar informasi itu. Segera saja ia pergi ke tempat yang dimaksud oleh si burung.

Agar dapat menyebrangi pulau kecil tersebut ,baginya itu cukup mudah , yakni dengan cara melompati beberapa batu besar yang ada di antara.

Aku punya ide!” seru buaya. Pada saat kancil ke sebuah pulau kecil, ternyata buaya bersembunyi di balik batu di tengah sungai tersebut . Ia menunggu kancil melompat ke batu itu.

Namun kanci mempunyai akal yang sangat cerdas lalul Segera ia menangkap bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

“Jangan-jangan ada buaya di balik batu itu?” batin kancil, curiga. Setelah berpikir, ia berhasil mendapat akal. Ia berteriak ke arah batu, “Hai batu! Gimana kabarmu?”

“Oh, jadi biasanya batu ini berbicara?” Sahut batin Buaya di batu itu. “hmm baiklah berarti aku harus menjawabnya supaya kancil tidak curiga.”

“Halo juga, kancil,” jawab buaya.

Kancil terkikik dalam hati melihat kebodohan buaya., “Sedang apa kau dibalik batu itu, ?Kata kancil,”. Tak kusangka, kau mengejarku sampai ke sini.”

Fabel Kancil dan Buaya
Fabel Kancil dan Buaya

Buaya kaget. Rupanya penyamarannya sudah ketahuan. Sadarlah ia bahwa kancil telah mengakalinya. Ia benar-benar kesal dengan kebodohannya sendiri.

“Ya, aku mengejarmu ke sini karena ingin memakanmu!” sahut buaya, jengkel.

Lagi-lagi selamatlah kancil dari kejaran buaya. Itu semua berkat kecerdasannya yang jauh melampaui buaya. ahkhirnya buaya hanya bisa gigit jari karena selalu gagal menangkap kancil yang sudah lama diincarnya.

Jadi Hikmah yang terkandung pada Cerita Fabel Dongeng Si Kancil Dan Buaya ialah

Orang yang cerdik dan berpengetahuan luas akan mudah untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahannya dengan baik.  Sementara orang bodoh akan mudah kehilangan kesempatan-kesempatan berharga sehingga rugilah ia.

Contoh Cerita Fabel Singkat Kelinci dan Siput

Pada jaman dahulu hiduplah dua binatang dihutan yang luas. Binatang itu ialah kelinci dan siput. Kelinci tersebut memiliki sifat sangat sombong dan pemarah. Bahkan sang kelinci sering meremehkan hewan hewan lainnya. Ketika ia berjalan jalan disekitar hutan, kelinci itu bertemu sang siput berjalan dengan lambatnya. “ Siput, sedang apa kamu ada disini?kata kelinci,”,” Aku ingin mencari kehidupan.Kata siput” kemudian Kelinci  marah karena ia berpikir sang siput hanya berlagak mencari penghidupan. Lalu kemudian Si siput mencoba menerangkat dengan apa yang dia maksud mengenai jawabannya tadi, namun kelinci tetap saja marah bahkan ia juga mengancam akan menginjak tubuh siput.

Fabel Kelinci dan siput
Fabel Kelinci dan siput

Akhirnya siput menantang adu kecepatan dengan kelinci. Mendengar tantangan tersebut sang kelinci marah besar. Ia menerima tawaran siput dan berkata dengan keras agar hewan hewan lain menjadi saksi perlombaan lari antara kelinci dengan siput. Lalu kemudian tiba lah hari dimana akan digelar perlombaan tersebut , mereka berdua bersiap untuk menempuh garis finish.

Pada akhirnyamempunyai akal untuk yakni dengan meminta bantuan terhadap siput lainnya berada pada titik jalur lomba lari sampai ke finish. Hal ini dikarenakan cangkang semua siput memiiliki kesamaan, dengan begitu hewan hewan lain tidak akan curiga. Kelincipun melompat dan berlari meninggalkan siput dijalur start.

Maka pada akhirnya semua rencana siput berjalan lancar dan akhirnya siput tadi menjadi pemenang walaupun sebenarnya yang memasuki finish ialah temannya. Dari kemenangan siput tersebut membuat kelinci sadar dan tidak akan sombong lagi.

Hikmah dari cerita diatas ialah jangan suka meremehkan orang lain dengan kesombongan kita. karena hal tersebut dapat merugikan kita dikemudian hari

Demikianlah materi cerita fabel panjang, pendek, bergambar, pengertian, ciri, dan struktur kali ini, semoga artikel ini dapat bermnfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikeln Lainnya: