Cerita Fantasi Pendek

Posted on

Contoh Cerita Fantasi Pendek – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menyampaikan materi tentang Contoh Artikel Populer Singkat Ilmiah Maka pada pertemuan kali ini kembali akan contohsaol.co.id sampaikan materi tentang Cerita Fantasi Pendek dan Singkat Beserta Contoh dan Teksnya. Nah untyuk lebih jelanya bisa sobat simak ulsan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Teks Cerita Fantasi

Cerita Fantasi Pendek
Cerita Fantasi Pendek

Apa itu Teks cerita fantasi ? yakni merupakan suatu konsep cerita yang bersifat fiksi yang mana alur dari ceritanya mengandung suatu unsur yang sangat imajinatif dari sang penulis.

Sebab di dalam cerita tersebut peristiwa yang sangat tidak lazim atau tidak mungkin dapat terjadi pada dunia nyata sehingga akan nampak biasa saja.

Selain itu baik dari tokoh yang diceritakan, lalu dari latar belakangnya, maupun dari peristiwa yang sedang diceritakan didalam teks fantasi yang mana semua itu murni merupakan hasil karangan dari sang penulis.

Struktur Cerita Fantasi

Struktur cerita Fantasi

Di dalam sebuah Teks cerita fantasi yang man mempunyai struktut yang hampir mirip dengan yang terdapat di dalam teks narasi yang tersusun atas orientasi, konflik, resolusi dan terakhirnya ending. Namun pada teks cerita fantasi sendiri tidak musti harus meliputi dari ketiga struktur tersebut.

Sebab ada juga sejumlah teks cerita fantasi yang hanya terdapat konflik atau yang dikenla dengan sebutan imajinatif dari sang penulis.

Maka oleh sebab itu biasanya pada semua yang membacanya justru tidak akan perduli dengan adanya struktur yang terdapat pada teks cerita fantasi.

Dari ketiga struktur tersebut yakni meliputi, berikut ulasannya.

1. Orientasi

Apa itu Orientasi ? yakni merupakan suatu perkenalan snama tokoh, latar atau dimana tempat peristiwa tersebut terjadi, kemudian suasana kejadian, tema, dan juga sejumlah gambaran atas jalan cerita yang akan sampaikan kedepannya.

2. Konflik

Kemudian selanjutnya mengenai konflik yang mana di dalam teks cerita fantasi merupakan urutan berlangsungnya suatu permasalahan yang nantinya akan dijadikan sebagai sebuah inti dari cerita fantsasi.

3. Resolusi

Apa itu Resolusi yakni merupakan suatu penyelesaian atas apa ynag menjadi konflik atau masalah tersebut, maka dengan adanya bagian ini akan membuat masalah atau konflik yang sedang akan segera mereda. Diana dengan kedatangan tokoh yang mempunyai sifat sangat bijaksana yang dapat menyelesaikan dan meredakan konflik yang terjadi.

4. Ending

Apa itu Ending atau sebagai sebuah tahapan akhir dari sebuah cerita yakni merupakan suatu suatu penutup atas berlangsungnya cerita fiksi. Yang secara umum akhir cerita atau ending dapat dibedakan atas dua bagian yang pertama ialah happy ending dan juga sad ending.

Makna dari Happy ending yang artinya pada tokoh yang diceritakan mempunyai sifat yang sangat baik dan akhir dari cerita dimana dari tokoh yang diceritakan tersebut akan mendapatkan akhiran yang sangat bahagia.

Sedangkan pada bagian Sad ending yang artinya tokoh yang diceritakan mempunyai 2 sifat yakni bisa baik atau bahkan jahat namun pada dasarnya tokoh yang diceritakan padabagian ini akan berakhir dengan sangat tidak menyenangkan.

Baca Juga :  Dinamika Sosial

Yang mana bagian Ending merupakan sebuah bagian yang sangat dinantikan oleh sang pembaca sebab dari hasil ending inilah tujuan dari cerita akan ditulis.

Cerita Fantasi Singkat

Cerita Fantasi Singkat
Cerita Fantasi Singkat

Sepasang Saudara Penyihir

Pada suatu hari ada sebuah desa yang sangat tentram dan damai, dimana hiduplah sepasang saudara yang memiliki kekuatan sihir.

Mereka yang bernama Semak dan Blukar dan merupakan seorang saudara, namun keduanya memiliki sifat dan watak yang jauh berbeda.

Semak memiliki sifat yang begitu sangat sombong dan juga angkuh, sedangkan Blukar merupakan seorang penyihir yang sangat rendah dan baik hati.

Semak memilik ilmu kesaktian sihir yag jauh jauh lebih tiunggi jika dibandingkan dengan yang dimiliki oleh adiknya yakni Blukar dan tak jarang kakanya selalu memamerkanya.

Blukar selalu memberingkan nasehat dan selalu mengingatkan kepada Semak agar ia jangan selalu memamerkan segala kekuatanya yang dimilikinya kepada orang dan juga tidak selalu menggunakan ilmu sihirnya dengan sembarangan.

NAmun sayangnya Semak selalu saja membantah dan mengelak serta mengatakan kepada Blukar bahwa ia dianggap iri akan kemampuan yang lebih yang dimilikinya.

Namun nampaknya sikap dari Semak tersebut semakin hari semakin menjadi-jadi. Dimana semua barang yang ada disekitarnya semuanya diubah menjadi batu, terutama pada binatang ternak yang dimiliki oleh keluarganya.

Blukar tidak pernah bosa untuk selalu memberikan nasehat terjhadap sang kakak , namun sayangnya Semak masih saja keras kepala dan tak pernah mau menanggapi dan mendengarkan ucapan adiknya.

Bahkan ia semakin terus menganggap bahwa dirinyalah yang sangat kuat dan lebih hebat sebab iamampu mengubah apapun saja yang ada disekitarnya menjadi batu.

Namun ada salah satu benda yang belum pernah ia coba untuk dirubah yakni adalah cermin. HIngga kemudian Semak ingin mencoba dan kemudiann ia membacakan sebuah mantra untuk mengubah cermin tersebut agar dapat menjadi batu namun sayangnya mantranya justru malah berbalik kearahnya.

Dimana Mantera tersebut justru malah memantul ke arahnya sehingga mengenai dirinya sendiri.

Hingga akhirnya Semakpun berubah menjadi batu sebab terkena mantranya sendiri.

Kemudian menyaksikan keadaan tersebut, kemudian Blukarpun langsung pergi meninggalkan kakaknya untuk memberitahukan kepada guru sihirnya dan memohonkan bantuan kepada gurunya agar gurunya bisa mematahkan mantra sihir tersebut.

Namun ternyata sang guru pun tidak sanggup untuk menolong sebab menurutnya mantra tersebut bersifat abadi dan hanya dapat diubah oleh orang yang membacakan mantera tersebut.

Hingga pada akhirnya Semak selamnya menjadi batu sebab sudah tidak ada yang mampu melawan dari sihirnya sendiri.

Cerita Fantasi Anak

Contoh Cerita Fantasi

Elisa dan tiga butir jagung emas

Pada suatu hari disebuah gubuk yang sangat tua, dimana tinggallah seorang gadis yang bernama Fitri dia ditemani oleh ibu dan juga adiknya.

Ayahnya telah sejak lama meninggal sehingga yang mengantikan menjadi tulang punggung keluarganya hanya ibunya. Fitri harus putus sekolah sebab ibunya sudah tak sanggup lagi untuk membiayai sekolahnya Fitri.

Baca Juga :  Pieter Both

Maka untuk sedikit meringankan beban ibunya, Fitri akhirnya ikut bekerja di rumah tetangganya yang merupakan seorang yang cukup kaya dan memiliki rumah yang sangat besar. Namun pada suatu pagi pada saat Fitri akan berangkat kerja dimana saat itu Fitri mendapati seorang kakek-kakek yang sangat tua.

Nampaknya kakek tua tersebut begitu sangat kelelahan hingga ia jatuh dan tersungkur di jalanan. Kemudian kakek-tua tersebut meminta pertolongan dan kemudian Fitri yang melihatnya dengan segera menolong kakek tersebut.

Kemudian Fitri pun membantu dengan mengobati luka yang diderita oleh kakek tersebut sembari berbincang.

Lalu kakek tersebut bertanya perihal hidup Fitri dan Fitri pun tak segan untuk menceritakan segalanya.

kemudian seusai kakek tersebut beristirahat cukup lama, kemudai Fitri pun menawarkan diri untuk mengantarkan kakek tersebut , namun sayangnya kakek tua tersebut menolak tawarannya dan malah memberikan sepotong kain.

Yang mana di dalam sepotong kain yang diberikan kakek tua tersebut , ada 3 buah butir jagung yang berwarna kuning ke emasan.

Seraya memberikan kakek tua sambil memberikan sebuah bahwa jagung ini ialah merupakan sebuah jagung ajaib.

Yang mana apabila ditanam dengan penuh ke ikhlasan dan juga kesabaran maka nantinya akan membuahkan hasil yang sangat menabjubkan.

Kemudian Fitri mengucapkan terimakasih atas apa yang telah diberikan oelh kakek tua tersebut dan kemudian ia melanjutkan perjalanan untuk bekerja.

Kemudian seusai sesampainya dirumah, Fitri pun mulai bercerita mengenai kejadian yang sudah terjadi dan kemudian memberikan jagung emas tersebut kepada ibunya.

Kemudian sang ibu meminta Fitri agar segera menanam jagung tersebut di halaman belakang rumahnya.

Hampir setiap pagi Fitri menyiram dan membersihkan lingkungan disekitar jagung dan kemudian pada siang hari ibunya juga ikut serta dalam membantu dan merawat jagung tersebut.

Kemudian setelah jagung tersebut berhasil tumbuh, betapa sangat terkejtnya Fitri pada saat akan memasak jagung tersebut yang mana pada bagian seluruh biji jagung semuanya terbuat dari bahan emas.

Lalu kemudian Fitri segera menceritakan kejadian tersebut kepada ibunya. Dan dari keduanya akan berencana menjual jagung emas itu.

Kemudian Jagung emas tersebut akan selalu tumbuh dan menghasilkan buah dalam kurun waktu satu kali buah dalam seminggu sehingga kini kehidupan keluarga Fitri sejahtera.

Maka setelah ia merasa serba berkecukupan, dari hasil panen jagung yang berikutnya kemudian dia berikan dan bagikan dari setiap biji jagung emas tersebut kepada semua tetangga yang ada dikampungnya dan semua orang miskin supaya dapat menikmati hasil jagung tersebut.

Walaupun Fitri sudah merasa cukup, akan tetapi Fitri masih selalu rendah dan berbaik hati serta senang dalam membantu sesama.

demikianlah materi pembahasan kita kali ini mengenai Cerita Fantasi Pendek dan Singkat Beserta Contoh dan Teksnya, semoga ulasan kali ini bisa bemanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga :