Cnidaria

Posted on

Cnidaria – Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id telah menerangkan materi tentang Kingdom animalia Maka dipertemuan kali ContohSoal.co.id akan menerangkan materi tentang cnidaria beserta pengertian, manfaat, peranan, reproduksi dan cirinya. Nah untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Cnidaria

Cnidaria

Cnidaria ialah merupakan sebuah filum yang terdiri dari lebih dari 10.000 spesies hewan sederhana yang hanya ditemukan di perairan, kebanyakan lingkungan laut.

Dengan berdasarkan sudut etimologi, Dimana kata Cnidaria berasal dari bahasa Yunani “cnidos” yang berarti “jarum penyengat”. Kemampuan menyengat cnidaria-lah yang merupakan asal nama mereka

Ciri-Ciri Cnidaria

  • Tubuh radial simetiris, Jika dipotong tubuhnya melalui sumbu tubuh maka akan mendapatkan beberapa bagian yang sama.
  • Dinding tubuh mempunyai lapisan sebagai berikut : Epidermis / luar, Mesaglea / tengah à non seluler, Gestroderain / dalam (Karena fungsinya sebagai perut)
  • Didalam dinding tubuhnya(epidermis) didapatkan Nematocyst sebagai sel jelatang /  penyengat.
  • Sistem saluran makanan Gastrovascular dan Mroaplit
  • Mulut juga berfungsi sebagai anus
  • Sistem saraf à Diffuse
  • Hidupnya : Dilaut (kebanyakan) à contoh : Obelia dan Di air tawar (beberapa) à contoh : Hydra

Klasifikasi Cnidaria

Dibagi menjadi 3 kelas yakni:
  • Kelas Hydrozoa : kebanyakan hidup dilaut berkoloni, bentuk tubuhnya berupa polip dan medusa sedangkan anggota yang soliter bentuk tubuhunya hanya polip. Contoh : Hydra ( polip) dan obelia ( polip dan medusa)
  • Kelas Scyphozoa : Semua hidup di laut, bentuk dominan sebagai medusa ( melayang pada badan air). Contoh : Aurelia aurita ( ubur-ubur)
  • Kelas Anthozoa : Selama hidupnya berbentuk polipdan terdapat dilaut  yang dapat menghasilkan kalsium karbonat ( CaCO3 ) terlihat seperti tumbuhan, contoh :  anemon laut dan metridium sp.

Peranan Cnidaria

Pada dasarnya Cnidaria mempunyi perenanan yang sangat penting dalam membentuk terumbu karang yang berwarna-warni. Terumbu karang seperti ini menjadi habitat/tempat hidup berbagai jenis ikan sehingga membangun taman laut yang indah untuk dipandang.

Salah satu Taman Laut yang terkenal ialahTaman Laut Bunaken yang mengelilingi Pulau Bunaken di dekat Kota Manado di Sulawesi Utara.

Baca Juga :  Fungsi Peroksisom

Kemudian ada juga yang dapat dimanfaatkan untuk obat-obatan dari beberapa jenis cnidaria, misalnya akar bahar (rangkanya tersusun atas zat tanduk).

Batu karang digunakan untuk membuat landasan kapal terbang dan untuk membuat jalan. Corallium rubrum untuk perhiasan berupa kalung dan cincin berupa manik-manik dan Euplexaura anthipathes untuk dibuat gelang.

  • Sumber makan dan bahan kosmetik. Contoh : ubur-ubur (aurelia sp.)
  • Sebagai obat anti kanker. Contoh : spons dari spesies  Petrosia contegnatta.
  • Membentuk terumbu karang

Daur Hidup Cnidaria

Bentuk medusa dapat bergerak bebas melayang di air. Kemudin pada Coelenteratajug dapat hidup bebas secara heterotrof dengan memangsa plankton dan hewan kecil di air.
Sebagaian besar hidup dilaut secara soliter atau berkoloni. Ada yang melekat pada bebatuan atau benda lain di dasar perairan dan tidak dapat berpindah untuk bentuk polip, sedangkan bentuk medusa dapat bergerak bebas melayang di air.

Reproduksi Cnidaria

Dalam berkembangnya Coelenterata yakni terjadi secara aseksual dan seksual.Reproduksi aseksual dilakukan dengan pembentukan tunas.
Dalam tunas terdapat Coelenterata yang membentuk seperti polip.Yang mana tunas tersebut tumbuh di dekat kaki polip dan akan tetap melekat pada tubuh induknya sehingga membentuk koloni.
  • Cnidaria dalam bentuk polip menetap pada suatu tempat dan tidak dapat bergerak bebas. Dan ia mempunyai kehidupan secara soliter (sendiri-sendiri), namun ada juga yang hidupnya berkelompok dan membangun suatu koloni yang menyatu sebab bagian suboralnya bersambungan satu sama lain. Sekilas, bentuknya menyerupai tumbuhan yang bercabang-cabang.
  • Cnidaria dalam bentuk medusa dapat bergerak bebas atau. berenang, bentuknya menyerupai payung/lonceng. Medusa dapat melakukan reproduksi secara seksual.
    Cnidaria dalam fase polip mengalami polimorfisme. ialah merupakan beberapa bentuk berbecx yang dikendalikan secara genetika, tidak berkesinambungan dan tidak bersegregasi. Pol ip untuk makan disebut gastrozooid. Polip untuk perkembangbiakan disebut gonozooid. Polip untuk pertahanan disebut daktilozooid.

 

 

Demikianlah materi pembahasan kali ini tentang cnidaria, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :