Contoh Abstrak

Posted on

Contoh Abstrak – salam hangat untuk semua, kembali lagi dengan kami. Pada kesempatan sebelumnya contohsoal.co.id telah membahas tentang materi mengenai Contoh Cerpen. Tentunya contohsoal.co.id kali ini akan membahas materi mengenai Contoh Abstrak secara rinci dan gamblang baik dari Tesis, Praktikum, Skripsi dan Karya Ilmiah.

Contoh Abstrak
Contoh Abstrak

Pengertian Abstrak

Abstrak ialah gagasan utama suatu pembahasan yang di uraikan pada bagiannya secara ringkas. Abstrak juga suatu landasan (jembatan) agar pembaca dapat mengerti dari suatu karangan, baik artikel ilmiah atau laporan untuk bisa mudah di pahami dari permasalahannya. Sehingga pembaca dapat tahu gambaran dari jalan pemikiran si penulis artikel atau laporan tersebut.

Abstrak juga biasanya di tempatkan pada awal pembuatan artikel ilmiah atau laporan. Agar tujuannya, si pembaca mempunyai waktu yang sangat singkat dalam memahami isi laporan atau artikel ilmiah yang dibaca tersebut.

Biasanya penulisan abstrak sendiri di tulis setelah nama pengarang dan judul yang dibuat setelah spasi. Penulisan abstrak sendiri harus memiliki isi secara keseluruhan dari karya ilmiahnya, baik dari hasil penelitian, latar belakang dan metodenya, ada beberapa fungsi dari abstrak yaitu.

Judul Abstrak

Judul merupakan kunci utama dalam penulisan abstrakmaka dari pada itu buatlah judul yang sesuai dengan alur pembahasan materinya. Sehingga apabila dengan membuat judul yang menarik bisa memberikan daya tarik untuk si pembaca.

Latar Belakang Abstrak

Latar belakang abstrak ialah kamu dapat mengankat suatu topik dengan judul apa yang telah kamu buat. Misalnya seperti pembahasan lingkungan atau sosial.

Latar Praktikum

Disinilah kamu dapat memberikan kesimpulan dari metode penelitian kamu serta memberikan solusi pokok permasalahan rumusan secara singkat.

Baca Juga: Contoh Karangan Argumentasi

Abstrak sendiri memiliki berbagai macam bentuk diantara adalah sebagai berikut :

Contoh Abstrak Karya Ilmiah

ABSTRAK

Oleh
Iich Yulista

Kemampuan berhitung permulaan adalah kemampuan dalam memahami konsep dasar matematika sederhana berupa angka, bilangan dan pengoperasiannya yang diberikan pada anak sesuai dengan tahapan perkembangan anak. Media yang dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak adalah media papan flanel. Media papan flanel adalah media papan yang dilapisi dengan kain flanel yang diatasnya diletakkan potongan-potongan kata, huruf, angka, gambar untuk mempermudah proses pembelajaran. Latar belakang masalah pada penelitian ini ada sebagian anak yang masih mengalami kesulitan ketika diminta menyebutkan lambang bilangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media papan flanel dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Alam Baradatu Way Kanan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik dan guru kelompok A. Teknik pengumpulan data yang gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah penggunaan media papan flanel dalam pembelajaran berhitung permulaan anak kelompok A yaitu sebagai berikut: memilih tema kegiatan yang akan dilakukan, memilih dan menyiapkan item papan flanel yang sesuai dengan tema, mengatur posisi media papan flanel agar terlihat jelas oleh anak, menerangkan kegiatan yang akan dilakukan dan melakukan kegiatan tanya jawab. Dari keempat langkah-langkah tersebut mampu mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A.

Baca Juga :  Contoh Teks Prosedur Beserta Pengertian, Ciri, Jenis, Tujuan, Fungsi, Struktur dan Kaidahnya

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media papan flanel dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Alam Baradatu Way Kanan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian peserta didik dan guru kelompok A. Teknik pengumpulan data yang gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah penggunaan media papan flanel dalam pembelajaran berhitung permulaan anak kelompok A yaitu sebagai berikut: memilih tema kegiatan yang akan dilakukan, memilih dan menyiapkan item papan flanel yang sesuai dengan tema, mengatur posisi media papan flanel agar terlihat jelas oleh anak, menerangkan kegiatan yang akan dilakukan dan melakukan kegiatan tanya jawab. Dari keempat langkah-langkah tersebut mampu mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A.

Kata Kunci: Media Papan Flanel, Kemampuan Berhitung Permulaan

Contoh Abstrak Tesis

ABSTRAK

HARUN AL RASYID

PENELITIAN SINTESIS FILTER FOTOTERAPI DAN FORMULASI KRIM TABIR SURYA PADA MATERI SERAPAN VISEBEL

(11/234771/PPA/03780)

Penelitian sintesis untuk mempelajari serapan visibel turunan kalkon, guna melakukan filter fototerapi dan formulasi krim tabir surya. Penelitian dilakukan lebih lanjut sebagai pengujian fotostabilitas, sitotoksiksitas dan stabilitas kepada krim serta terhadap senyawa turunan kalkon. Turunan kalkon mereasikan benzaldehida dan asetofenon selama 24 jam, hasil indetifikasi dengan menggunakan spektrometer, 3C-NMR, 1H-NMR, dan GC-MS.

Filter fototerapi dan formulasi krim tabir surya menambahkan campuran senyawa sebanyak 0,5-1,2% pada krim. Aktivitas pengujian dilakukan dengan in vintro, campuran senyawa, dan senyawa tunggal secara melalui spektrometer agar mengetahui fotostabilitas, panjang gelombang kritis, nilai SPF, stabilitas senyawa dan panjang gelombang. Reaksi dari turunan asetofenon dan benzaldehida melalui NaOH 10% menghasilkan 4-fluorokalkon, 2,4-diklorokalkon, 2-klorokalkon, 3-nitro-kalkon, 4-dimetilaminokalkon, 3,4-dimetoksikalkon, 4-metoksikalkon dan senyawa kalkon, dengan hasil persentase mencapai 92,2%.

Nilai IC50 senyawa turunan kalkon < 100 μg/mL dengan panjang gelombang turunan kalkon mencapai pada 299-416 dan 236-280 nm. Pencampuran 3 senyawa maka menghasilkan senyawa tabir surya, dari pencampuran itulah terdapat pajang gelombang mencapai 2900-400 nm. Filter fototerapi sendiri dihasilkan melalui campuran 2 senyawa turunan kalkon sehingga menghasilkan celah serapan mencapai 310-315 nm.

Kata kunci: sintesis, formulasi krim tabir surya, filter fototerapi

contoh Abstrak Skripsi

ABSTRAK

INTERKONEKSI MATEMATIKA PADA MATERI SUDUT DALAM AL-QUR’AN

OLEH
IIT YULISTA

Materi sudut pada ilmu matematika akan selalu dijumpai dalam setiap jenjang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Karenanya materi tersebut merupakan sebagian dari materi inti dalam ilmu matematika yang terdapat beberapa sudut istimewa. Sedangkan Al-qur’an merupakan sumber nilai yang absolut yang eksitensinya tidak mengalami perubahan walupun interprestasinya dimungkinkan mengalami perubahan sesuai dengan konteks zaman, keadaan dan tempat. Ayat-ayat dalam Al-qur’an merupakan mukjizat dari Alloh , Al-qur’an tidak hanya terbatas pad ayat-ayat mulianya melainkan juga termasuk makna-makna yang ada di dalam Al-qur’an itu sendiri.

Penelitian ini menggunakan kualitatif sedangkan untuk jenid penelitiannya , menggunakan analisis isi (content analysis), suatu model yang dipakai untuk meneliti suatu dokumen data berita teks, gamnar, video, simbol dan lain-lain. Teknik penelitian analisis mencakup prosedur-prosedur khusus untuk suatu proses dalam data ilmiah yang bertujuan memberikan ilmu pengetahuan serta membuka wawasan baru.

Baca Juga :  Kata Majemuk

Pengajian mengenai pengkajian makna besar sudut dengan kedekatan kepada Alloh dalam QS. Al-mujadillah ayat 11 yang berbunyi Semakin tinggi ilmu yang kita dapatkan akan membuat kita semakin kuat ke imanan serta mendekatkan kita kepada Alloh swt. Kajian beberapa besar sudut istimewa QS. AL-Maa’un ayat 5 dengan sudut 0 derajat mengenai perintah yang Alloh swt anjurkan dan tidak untuk dilanggar atau ditinggalkan, sudut 30 drajat dengan QS. Ar-rum di lihat dari no suratnya, QS. AL-A’raaf ayat 26 dengan sudut 45 drajat perintah dan keistimewaan mengenai sujud, QS. AL-fajr ayat 3 dengan sudut 60 drajat yang mengandung makna ketaatan kepada Alloh dan orang tua. QS. Al-baqarah ayat 125 dengan sudut 90 drajat mengenai gerakan ibadah yang dinamakan ruku’, QS. Al-fatihah ayat 6-7 dengan sudut 180 drajat yang menjelaskan menuju jalan yang lurus, QS, An-nisa ayat 12 denngan sudut 270 drajat mengenai sisa harta untuk di sedekahkan, QS Ar-rad’ ayat 2 dengan sudut 360 drajat tentang kebesaran Alloh swt. Adanya keterkaitan materi sudut dengan ilmu falaq yang terdapat dalam surat Al-baqarah ayat 149-150.

Bagi para pengkaji Al-qur’an khususnya dan umat islam hendaklah memisahkan antara ilmu dengan Al-qur’an, karna setiap ilmu itu bersumber darinya dan tidak ada pemisah diantaranya, semoga akan semakin banyak penelitian yang sejenis dan dapat berkembang lebih luas karna kesempurnaan dari Al-qur’an itu sendiri.

Kata kunci: Interkoneksi, sudut, Al-qur’an.

Contoh Abstrak Pratikum

ABSTRAK

HASIL PENELITIAN

Kesimpulan penelitian


Berdasarkan hasil analisis dan data yang telah diuraikan peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media papan flanel dalam mengembangkan kemampuan berhitung permulaan anak kelompok A di Taman Kanak-kanak Alam Baradatu Way Kanan antara lain guru memilih tema dan kegiatan yang akan dilakukan, memilih dan menyiapkan item papan flanel yang sesuai dengan tema, mengatur letak atau posisi papan flanel agar terlihat jelas oleh anak, mengatur letak posisi anak, dan menerangkan kegiatan yang akan dilakukan serta melakukan kegiatan tanya jawab. Dari kelima langkah-langkah hanya empat langkah yang sudah dilakukan oleh guru dan dari keempat langkah-langkah tersebut mampu mengembangkan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok A.

Demikianlah atas penyampaian artikel ini, semoga dengan di buatnya artikel ini dapat memberikan pengarahan dan pengertian kepada si pembaca, sehingga mudah untuk di pahami. Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Jelaskan pengertian abstrak ?

Abstrak ialah gagasan utama suatu pembahasan yang di uraikan pada bagiannya secara ringkas.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan latar belakang abstrak ?

Latar belakang abstrak ialah kamu dapat mengankat suatu topik dengan judul apa yang telah kamu buat. Misalnya seperti pembahasan lingkungan atau sosial.

Apa yang dimaksud dengan judul abstrak, coba jelaskan ?

Judul merupakan kunci utama dalam penulisan abstrakmaka dari pada itu buatlah judul yang sesuai dengan alur pembahasan materinya. Sehingga apabila dengan membuat judul yang menarik bisa memberikan daya tarik untuk si pembaca.

Baca juga artikel di bawah ini: