Contoh Asimilasi

Posted on

Contoh Asimilasi – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah memabahas materi tentang Etnosentrisme Maka pada pertemuan kali ini kembali akan contohsoal.co.id paparkan materi tentang contoh asimilasi- Akulturasi, Budaya, Interaksi Sosial dan Gambar. Nah untuk lebih jelasnya mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Asimiliasi

Contoh Asimilasi
Contoh Asimilasi

Apa yang dimaksud dengan asimilasi ? yakni merupakan suatu keadaan dimana adanya penggabungan antara dua kebudayaan dengan disertai hilangnya karakteristik dari kebudayaan yang asli dan menghasilkan kebudayaan baru.

Namun ada pendapat lainnya yang mengungkapkan bahwa arti asimilasi ialah merupakan suatu proses interaksi sosial yang berlangsung alam waktu yang cukup lama terhadap dua masyarakat yang mempunyai kebudayaan yang berbeda.

Dimana upaya yang di lakukan dalam proses tersebut bertujuan agar dapat mengurangi perbedaan, Hal tersubut baik bersifat individu maupun kelompok yang keduanya lebih mengedepankan kepentingan bersama.

Pengertian Akulturasi

Apa yang dimaksud dengan Akulturasi ? yakni merupakan sebuah proses yang timbul pada suatu kelompok yang mempunyai sebuah kebudayaan tertentu dan dihadapkan dengan adanya berbagai budaya asing yang masuk ke dalam kelompok tersebut.

Proses Asimilasi Terjadi

  • Terdapat sejumlah kelompok yang mempunyai budaya yang berbeda namun hidup disatu wilayah yang sama
  • Sejumlah kelompok yang berbeda itu kemudian saling berinteraksi hingga memakan waktu yang cukup lama dengan secara intensif.
  • Antara kedua keolompok tersebut saling melakukan penyesuaian diri.
  • Pada kedua kelompok tersebut saling bertoleransi terhadap budayanya masing-masing.
  • Saling menghormati dan menghargai kelompok asing (budaya lain)
  • Terdapat sebuah sikap dan juga pemikiran yang terbuka atas suatu kelompok yang mempunyai kekuasaan terhadap kelompok pendatang
  • Adanya sebuah ikatan pernikahan terhadap 2 kelompok yang berbeda
  • Mempunyai pandangan yang sama terhadap ketidak tertarikan terhadap suatu objek ataupun hal sehingga mengakibatkan mempunyai semangat juang untuk saling mendukung yang cukup besar.

Syarat Terjadinya Asimilasi

Di bawah ini terdapat beberapa penjelasan atas sayarat sehingga bisa terjadinya asimilasi, yakni sebagai berikut

  • Terdapat suatu perbedaan terhadap suatu kebudayaan yang ada diantara dua kelompok.
  • Adanya suatu interaksi sosial yang terjadi di dalam dua kelompok yang mempunyai pandangan yang tidak sama.
  • Adanya kesadaran yang tinggi terhadap dua kelompok agar bisa saling menyesuaikan atas kebudayaan yang mereka miliki.
Baca Juga :  Contoh Brosur Simple, Sekolah, Produk, Wisata, Sederhana, dan Ukuran

Faktor Terjadinya Asimilasi

  • Terdapat suatu sikap toleransi, agar kedua kelompok bisa saling menghargai dan melengkapi satu sama lainnya sehingga akan terbentuk sebuah sikap saling membutuhkan terhadap keduanya.
  • Terdapat sebuah sikap Simpati kepada masyarakat lainnya dengan didasari rasa untuk saling bisa menghargai terhadap kebudayaan orang lain.
  • Terdapat pemikiran dan juga sikap yang terbuka dari kelompok yang mempunyai kekuasaan di masyarakat
  • Adanya sebuah pernikahan yang terjadi diantara dua kelompok yang mempunyai kebudayaan yang berbeda (amalgamasi)

Fakor Penghambat Terjadinya Asimilasi

  • Adanya suatu Prasangka dan sikap fanatisme
  • Minimnya sebuah sikap toleransi dan juga simpati
  • Mempunyai sebuah sikap dan perasaan superioritas yang cukup tinggi
  • Mempunyai in-group yang cukup kuat

Contoh Asimilasi Budaya

Contoh Asimilasi Budaya
Contoh Asimilasi Budaya

Dalam Kehidupan Sehari-hari Pada Masyarakat Indonesia

  • Perpaduan terhadap sebuah Genre musik dangdut dengan musik yang merupakan lagu daerah (Biasanya dipengaruhi oleh para pedagang India)
  • terjalinnya suatu ikatan pernikahan yang terjadi terhadap dua suku yakni suku Jawa dan Sunda sehingga menghasilkan kebudayaan yang baru.
  • Beridirinya suatu gereja katedral (yang merupakan pengaruh dari Eropa Barat dalam mengenalkan agama Katolik)
  • Adanya sebuah Seni dalam bentuk tulisan kaligrafi (yang merupakan salah satu pengaruh dari para pedagang asal arab untuk menarik para peminat masyarakat Indonesia)
  • Adanya berbagai jenis pakaian bikini yang di bawa oleh para bule ketika berada di pantai sehingga membuat para pengunjung lainnya mengikutinya.
  • Berbagai masjid yang ada diindonesia becorakan eropa (yang merupakan salah satu pengaruh dari budaya eropa yang dibawa di Indonesia)

Contoh Asimilasi

Di bawah ini terdapat beberapa contoh asmilasi yang bisa sobat pelajari. Berikut ini penjelasan.

Contoh Asimilasi Musik di Indonesia

Contoh untuk menerangkan asimilasi ini, misalnya seperti musik dangdut yang mana perkembangan musik ini hingga sampai saat ini masih sangat populer dan juga sangat dekat kaitannya dengan kehidupan ini.

Musik dangdut merupakan bagian dari asimilasi yang mana merupakan hasil dari penggabungan dengan musik Melayu, arab dan juga India (Hindustani).

Kehadiran musik dangdut ini ke Indonesia diperkirakan merupakan sebuah cerminan dari semua musik trasidisional sehingga hampir semua masyarakat menerimanya.

Sebelum musik Dangdut ini menjadi populer di indonesia yang mana pada mulanya di bawa oleh serang penyanyi asal indonesia yakni Roma Irama.

Sehingga sampai saat ini namanya masih banyak dikenal oleh semua masyarakat dan mendapatkan gelar sebagai Raja Dangdut.

Baca Juga :  Etnosentrisme

Sedangkan untuk kalangan wanita yang mengantarkan mkusik dangdut ini ialah Elvi Sukesih ia juga diberi gelar sebagai Ratu dangdut sejak ia merupakan seorang wanita yang pertama kali memperkenalkan lagu dangdut di indonesia.

Maka kemudian musik dangdut menjadi terkenal dan tersebar luas sebab jasa dari kedua sosok Raja dan Ratu tersebut.

Contoh Akulturasi

Kereta Singo Barong (Cirebon)

Pada mulanya kereta Singa Barong ini, di dibuat sekitar pada tahun 1549, dan merupakan salah satu refleksi terhadap persahabatan dari Cirebon dengan berbagai bangsa lain.

Kemudian bentuk dari rupa pada kereta ini merupakan perwujudan dari tiga binatang yang dipadukan menjadi satu, yakni seekor gajah dengan belalainya, dengan bermahkotakan naga dan pada tubuh menyerupai hewan burak.

Dimana makna dari belalai gajah melambangkan sebuah persahabatan yang terjalin dengan India yang beragama Hindu, kemudian kepala naga bermaknakan sebuah jalinan persahabatan dengan Cina yang mempunyai agama Buddha, sedangkan pada tubuh badan burak dan besertakan dengan sayapnya, bermakanakan sebuah persahabatan yang terjalin dengan bangsa Mesir yang mempunyai agama Islam.

Pada mulanya pembuatan kereta ini dikerjakan oleh salah seorang arsitek kereta Panembahan Losari beserta dengan seorang yang memahatnya yakni Ki Notoguna dari Kaliwulu.

Hasil dari pahatan yang ada pada kereta tersebut cukup terbilang rinci dan sangat rumit.

Dimana menggambarkan atas tiga karakteristik dari budaya khas negara sahabat , Dimana dari masing-masing hasil pahatan tersebut yang diantaranya yakni pahatan yang disebut wadasan dan juga mega mendung yang menggambarkan khas Cirebon.

Kemudian berbagai warna yang terdapat pada ukiran tersebut yakni seperti merah dan hijau menggambarkan negara khas Cina.

Maka kesimpulan dari kereta tersebut , yakni tiga budaya (yang berarti Buddha, Hindu, dan Islam) yang kemudian digambarkan menjadi satu yang dituangkan kedalam trisula di belalai gajah.

Apa yang dimaksud dengan asimilasi ?

yakni merupakan suatu keadaan dimana adanya penggabungan antara dua kebudayaan dengan disertai hilangnya karakteristik dari kebudayaan yang asli dan menghasilkan kebudayaan baru.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai contoh asmilasi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :