Contoh Cerita Fiksi

Posted on

Contoh Cerita Fiksi – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Contoh Tinjauan Pustaka Maka pada pertemuan kali ini akan kembali contohsoal.co.id sampaikan materi tentang contoh cerita fiksi, Pendidikan, Legenda, Sejarah, Pendek, Singkat. Nah untuk lebih jelasnya bisa sobat simak ulasannya sebagai berikut ini.

Pengertian Cerita Fiksi

Contoh Cerita Fiksi
Contoh Cerita Fiksi

Apa yang dimaksud dengan Cerita Fiksi ­– Dimana istilah Fiksi ini pada mulaya berasal dari bahasa inggris yakni dari sebuah kata fiction yang yang artinya sebuah khayalan. Dan pada cerita fiksi ini bersifat imajinasi atau bukan yang sebenarnya.

Jadi definisi dari cerita fiksi ialah merupakan salah satu jenis karya yang sudah di tuangkan kepada penulis dengan berupa suatu khayalan atau (bukan hal sebenarnya). Sehingga dapat disimpulkan bahwa fiksi ini mempunyai makna sebagai sebuah pemikiran, atau imajinasi /khayalan. 

walaupun merupakan suatu yang bersifat tidak nyata atau bukan yang sebenarnya akan tetapi yang dituangkan dari cerita ini harus tetap suatu pemikiran yang bisa dinggap masuk akal, sehingga dengan inilah yang nantinya bisa membedakan antara cerita fiksi dan fantasi.

Unsur Cerita Fiksi

Unsur instrinsik

Terdapat sejumlah unsur instrinsik atas cerita fiksi yakni berikut penjelasannya :

  • Tema
  • Tokoh
  • Alur
  • Konflik
  • Klimaks
  • Latar
  • Amanat
  • Sudut Pandang.

Unsur ekstrinsik

Beberapa unsur ekstrinsik dalam cerita fiksi adalah sebagai berikut :

  • Sebuah Sikap pada pengarang yang bisa berngaruh sebagai subjektivitas individu
  • Suatu keyakinan
  • Adanya suatu pandangan hidup
  • Psikologis
  • Sudut padang tentang bangsa
  • Kaidah
  • Karya seni

Ciri-ciri Cerita Fiksi

Adapun beberapa karakteristik dari cerita fiksi adalah sebagai berikut :

  • Mempunyai yang imajinasi atas penulis
  • Terdapat suatu kebenaran tapi tidak mutlak
  • Memakai bahasa yang konotatif
  • Tak baku dan sistematik
  • Memakai sebuab perasaan dan bukan logika
  • Terdapat sebuah pesan moral di dalamnya

Contoh Cerita Fiksi

Contoh Cerita Fiksi
Contoh Cerita Fiksi

sangkuriang

pada dahulu kala,ada sebuah kisah dari seseorang putri raja yang sangat cantik yang berasal dari jawa barat bernama dayang sumbi.

Dimana seorang putri tersebut memiliki seorang anak lelaki yang diberi nama sangkuriang.

Pada suatu hari sangkuriang melakukan perburuan kesebuah hutan yang ditemani dengan dengan anjingnya yang bernama tumang (yakni merupakan seekor anjing kesayangan istana).

Namun pada kala itu Sangkuriang tidak mengetahui bahwa anjing yang kerap menemaninya berburu dan menemani ibunya merupakan seekor anjing titisan dewa yang sekaligus merupakan ayah kandungnya sendiri.

Pada saat sedang dalam perburuan dimana pada saat itu tumang membangkang sangkuriang atas perintahnya untuk mengambilkan hewan hasil dari buruan. Dan akhirnya pada saat itu tumang di usir dan pergi ke dalam hutan.

Lekas itu kemudian sangkuriang kembali pulang menuju ke istana dan kemudian ia menceritakan atas kejadian tersebut pada ibunya.

Setelah dayang sumbi mendengar atas cerita tersebut dengan seketika dayang sumbi sangat marah dan dengan spontan ia memukul bagian kepala sangkuriang dengan menggunakan sebuah centong nasi yang saat itu tengah di pegangnya.

Hingga akhirnya Sangkuriang pun megalami luka atas peukulan yang dilakukan oleh ibu kandungnya sendiri dan dengan kejadian itu pula ia sangat merasa kecewa atas segala tindakan yang ibunya lakukan dan akhirnya ia memutuskan untuk pergi mengembara.

Usai dari adanya kejadian tersebut akhirnya dayang sumbi sangat merasa menyesali atas segala tindakannya tersebut. Hingga kemudian ia mulai rajin dan selalu tekun dalam berdoa dan melakukan pertapaan.

Baca Juga :  Ejaan Bahasa Indonesia

Dengan ketukanan dan kerajinannya dalam bertapa hingga pada akhirnya ia mendapatkan hadiah yang tak terduga dari para dewa ,dengan hadia berbentuk bahwasanya ia akan menjadi awet muda untuk selamamnya dan juga mempunyai paras yang sangat cantik dan bersifat abadi.

Kemudian dengan seiringnya waktu bergulir dan sudah tak terasa bahwa kepergian sangkuriang atas kejadian tersebut sudah bertahun-tahun terjadi dan sudah terlalu lama ia melakukan pengembaraan dan pada akhirnya ia mempunyai niatan untuk kembali ke istana yang merupakan kampung asalnya.

Akan tetapi usai dia kembali, dia merasa bingung karena keadaan kerajaan pada saat itu sudah nampak tidak seperti dahulu sebelum ia memutuskan untuk pergi mengembara , selepas ia bekeliling untuk mengamati semua yang ada disekitar istana dan desanya pada sat itu pula ia berjumpa denagn salah seseorang gadis cantik dan membuatnya jadi terpesona yang tak lain dan tak bukan ialah merupakan ibu kandungnya sendiri yakni dayang sumbi .

Dan pada akhirnya ia melabuhkan hatinya kepada dayang sumbi terpesona dania meminta untuk sesegera mungkin bisa melamarnya begitu juga dengan perasaan yang ada pada dayang sumbi.

Namun pada suatu hari ketika sangkuriang ingin berpamitan untuk pergi melkukan perburuan dan ia memohonkan agar dayang sumbi mau merapikan rambut calon suaminya tersebut.

Akan tetapi ketika ia sedang menyisirkan rambut yang akan menjadi calon suaminya tersebut, alangkah begitu terkejutnya dayang sumbi melihat bekasan sebuah luka yang ada kepalanya sangkuriang hampir persis dengan luka yang terdapat pada anaknya dan sekita itu ia mulai memandang wajah sangkuriang yang sangat begitu mirip dengan anaknya tersebut .

Selepas ia mengatahui dan meyakini bahwa sangkuriang merupakan anak kandungnya. Kemudaian sejak saat itu ia mulai mencari akal agar dapat menggagalkan pernikahannya tersebut.

Dengan cara mengajukan sebuah syarat apabila sangkuriang memang serius untuk meminangnya.

Syarat tersebut diajukan oleh dayang sumbi yakni agar kiranya sangkuriang sanggup untuk Membendung sungai citarum,dan membuat sebuah dampan yang sangat besar agar dapat meyebrang sungai dan semua syarat tersebut harus sudah selesai sebelum memasuki waktu fajar terbit.

Syarat tersebut dipenuhi danmulai dikerjakan oleh Sangkuriang namun ia tak hanya sendiri mengerjakan semua yang diajukan oleh dayang sumbi tersebut yakni dengan dibantu oleh berbagai makhluk ghaib. 

Dan ketika berlangsungnya proses pembanguan tersebut, kemudian dayang sumbi memata-matai apa yang sedang sangkuriang kerjakan. Alngkah syoknya dia ketikadilihatnya semua pekerjaan tersebut mulai mencapai sempurn. Namun dia tak putus akal dan akhirnya ia memperintahkan seluruh pasukannya untuk menggelar berbagai kain merah tepat berada di sebelah timur kota.

Dengan melihat fenomena tersebut dimana pada saat itu sangkuriang mengira bahwa sudah pagi dan ia sangat marah dan kemudian ia menendang sampan dengan segenap kekuatannya hingga sampan tersebut sampai ke gunung dan berubahlah menjadi sebuah gunung yang dikenal sampai saat ini dengan sebutan “gunung tangkuban perahu”

Contoh Cerita Fiksi Sejarah

Contoh Cerita Fiksi Sejarah
Contoh Cerita Fiksi Sejarah

Pada suatu hari terdapatlah sebuah Danau yang sangat besar dan merupakan sebuah danau yang berkawah yang dikenal sebagai danau toba. Danau tersebut diperkirakan mempunyai luas sekitar 1.145 kilometer persegi. Pada danau toba sendiri lebih menyerupai seperti sebuah lautan jika dibandingkan danau.

Banyak berbagai sumber menyatakan yakni dari cerita pada semua rakyat yang merupakan penduduk setempat tentang asal muasalnya danau toba.

Adapaun cerita yang didapat dari penduduk sekitar ialah adanya sebuah legenda yang yang mana dengan disertai adanya seseorang pemuda yang sangat miskin yang bernama toba.

Baca Juga :  Kalimat Aktif

Dalam keseharian bermata pencarian sebagai salah seorang petani dan juga penangkap ikan. Namun pada suatu ketika dimana pada saat itu ia sedang memancing dan ia tak disangka ia sudah menangkap seekor ikan emas yang dianggap ajaib pasalnya ikan tersebut dapat berbicara seperti layaknya manusia.

Maka dengan adanya keajaiban tersebut tersebut kemudian toba membawa ikan emas tersebut pulang kerumahnya.

Selepas sesampainya dirumah secara tiba-tiba ikan tersebut berubah menjadi seorang wanita yang sangat cantik.

Ternyata tak lain dan tak bukan Ikan emas tersebut merupakan jelmaan dari seorang putri yang cantik yang dikutuk oleh para dewa karena telah melanggar aturan.

Kemudian dikutuklah putri tersebut menjadi seeokor ikan emas, selepas itu putri tersebut menceritakan semua kejadian yang tengah menimpahnya dan ikan tersebut memohon pada toba agar ia tidak menceritakan rahasia tersebut kepada siapapun.

Kemudian toba bersedia asalkan ikan tersebut kiranya mau menikah dengan toba. 

Dan akhirnyanya toba memilihkan sebuah nama untuk gadis ikan tersebut yakni dengan nama mina setelah itu mereka melangsungkan pernikahan dan keduanya hidup sangat rukun dan akhirnya di karuniai oleh seorang anak laki-laki yang diberi nama samosir.

Kemudian seiring berjalannya waktu samosir mulai tumbuh dan pada saat itu Ibunya memerinthkannya agar bisa mengantarkan makanan yang sudah ia sediakan untuk dihantrkan ke ayahnya yang sedang berada di sawah, namun seketika itu dia menolak.

Namun ibunya memaksanya agar segera mengantarkan makanan tersebut , akhirnya dengan terpaksa samosir mau mengantarkan makanan tersebut dan mulai berjalan menuju kesawah untuk menjumpai ayahnya, namun di tengah perjalanan makan yang ia bawa untuk ayahnya tersebut malah dimakan olehnya. Akibat skerap terlambat untuk mengantar makanan akhirnya ayahnya merasa kesal dan sangat marah ke samosir.

Sehingg pada akhirnya toba memukul dan memaki anaknya dan tanpa dengan sadar ia mengucapkan dan menjulukinya dengan sebuah kata yakni “dasar anak ikan kurang ajar”.  Kemudian sang anak pun menangis dan mengarah pulang kemudian dengan kejadian tersebut ia menanyakan kepada ibunya apakah memang benar kalau ia adalah anak ikan.

Sepontan Sang ibu merasa terkejut dan merasa sedikit kesal telah mendengar suaminya sudah melanggar apa yang menjadi janjinya dahulu. Hingga dengan seketika terjadilah hujan dan petir,yang kemudian membuat sungai meluap dan menjadi sebuah banjir yang sangat besar.

Dengan terus meningkatnya air dan terrus semakin tingi kemudian tenggelamlah lembah tersebut dan toba pun tidak dapat menyelamatkan dirinya.

Semenjak kejadian tersebut akhirnya diberilah berilah nama pada danau tersebut menjadi danau toba dan ada pulau yang terdapat diantarnya me jadi pulau yang disebut dengan pulau samosir.

Apa yang dimaksud dengan Cerita Fiksi?

Dimana istilah Fiksi ini pada mulaya berasal dari bahasa inggris yakni dari sebuah kata fiction yang yang artinya sebuah khayalan. Dan pada cerita fiksi ini bersifat imajinasi atau bukan yang sebenarnya.
Jadi definisi dari cerita fiksi ialah merupakan salah satu jenis karya yang sudah di tuangkan kepada penulis dengan berupa suatu khayalan atau (bukan hal sebenarnya). Sehingga dapat disimpulkan bahwa fiksi ini mempunyai makna sebagai sebuah pemikiran, atau imajinasi /khayalan. 

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai contoh cerita fiksi, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :