Contoh Cerpen

Posted on

ContohSoal.co.id – Apa itu cerpen?? nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas cerita fantasi. Materi kali ini kita akan membahas mengenai contoh cerpen, pengertian, ciri, cerpen terbaik,  lucu, pendidikan, cinta dan pengalaman pribadi, untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Cerpen

Contoh Cerpen
Contoh Cerpen

Cerpen (cerita pendek) ialah merupakan jenis karya sastra berbentuk prosa dan bersifat fiktif yang menceritakan/menggambarkan suatu kisah yang dialami oleh suatu tokoh secara ringkas disertai dengan berbagai konflik dan terdapat penyelesaian atau solusi dari masalah yang dihadapi.

Ciri Ciri Cerpen

Berikut merupakan ciri cerpen:

  • Terdiri kurang dari 10.000 (sepuluh ribu) kata.
  • Selesai dibaca dengan sekali duduk.
  • Bersifat fiktif.
  • Hanya mempunyai 1 alur saja (alur tunggal).
  • Isi dari cerita berasal dari kehidupan sehari-hari.
  • Penggunaan kata-kata yang mudah dipahami oleh pembaca.
  • Bentuk tulisan yang singkat (lebih pendek dari nove).
  • Penokohan dalam cerita pendek sangat sederhana.
  • Mengangkat beberapa peristiwa saja dalam hidup.
  • Kesan dan pesan yang ditinggalkan sangatlah mendalam sehingga si pembaca ikut merasakan isi dari cerita pendek tersebut.

Struktur Cerpen

Berikut ini adalah beberapa struktur dari cerpen:

  • Abstrak – Tedapat diawal kalimat pada bagian ini menjadi sebuah rangkuman singkat mengenai penggambaran  cerita yang berlangsung dalam cerpen tersebut.
  • Orientasi –  Mengandung sebuah waktu kejadian, suasana dan tempat yang digunakan.
  • Komplikasi – merupakan sebuah hubungan mengenai sebab dan akibat pada suatu kejadian.
  • Evolusi – merupakan pengarahan permasalahan yang akan menjadi semakin memanas.
  • Resolusi –  penggambaran permasalahan yang sedang terjadi.
  • Koda – suatu hikmah atau nilai yang bisa di petik oleh para pembaca..

Contoh Cerpen

contoh cerpen
contoh cerpen

Contoh Cerpen – Penulis akan memberikan beberapa contoh cerpen singkat yang bisa kamu jadikan reverensi untuk tugas belajar

Contoh Cerpen Singkat Tentang Pendidikan

contoh cerpen
contoh cerpen

Pada suatu malam yang cerah, Pastinya setia remaja akan mengatur pertemuan untuk menghabiskan waktu malam tersebut. Tapi ada yang berbeda  dengan Ani, karena ia lebih suka melewati malam mingguannya dengan belajar, karena kebetulan esok ia akan menghadapi ujian akhir semester.

Lalu kemudian terdengar suara telepon berdering, yang ternyata telfon tersebut dari temannya yang bernama Lia, ia memberika kabar bahwa besok dia ingin mengajak Ani untuk bermain. Kemudian  Ani menolak ajakan tersebut , karena ia harus mempersiapkan diri untuk menghadapi uas.

Keesokan harinya Ani bertemu Lia di sekolah. Lia mengatakan bahwa Ani pasti akan menyesal karena ia tak ikut tadi malam untuk melihat konser.

Lalu selang beberapa detik ia masuk sekolah ternyata UAS akan dimulai pada saat itu, Ani pun penuh dengan semangat mengerjakan soal tersebut ,Berbeda dengan Lia sendiri yang duduk di pojokan kelas dan meras kebingungan yang terlihat ia menoleh sana-sini  mencari contekan. karena sebelumnya ia tidak pernah mempersiapkan diri untuk ujian tersebut.

Contoh Cerpen Singkat Tentang Cinta

contoh cerpen
contoh cerpen

Siang itu Ani sedang mendengarkan musik di kamar. Tiba-tiba ada suara ketukan pintu. Tentu saja ia bergegas untuk membukakan pintu. Namun ternyata tak ada orang di luar. Namun ia melihat ada kotak di depan pintu. Dengan penuh heran ia pun mengambil dan masuk ke dalam rumah.Ketika di buka ternyata isinya adalah boneka dan surat yang berisi “Aku tunggu kamu di taman pinggir kota, sekarang juga”

Dengan begitu besar rasa penasarannya , maka kemudia Ani pun mencoba datang ke taman kota. Ternyata yang mengundangnya adalah Anton. Tak disangka, Anton pun bermaksud menembak Ani. Tentu saja Ani menerika cintanya, sebab Anton merupakan pria yang ia sukai sejak SMA.

Contoh Cerpen Terbaik

contoh cerpen
contoh cerpen

sahuur..sahuurr..imsak kurang 20 menit lagi..

Bau aroma makanan yang siap untuk di santap, sudah menggoda perutku. Aroma tersebut berasal dari masakan gorengan telur dan sayur sop dilengkapi dengan krupuk hmm, sungguh nikmat sambil menonton televisi dan duduk bersila, ibuku berada di samping kiriku sedangkan ayahku duduk di atas kursi yang tepat di depan televisi. Aku merasa hangat jika berada diantara ayah dan ibuku, karena hanya aku anak semata wayangnya. Kami tidak menyadari bahwa kami berada dipenghujung puasa ,  rasanya terlalu singkat bulan yang penuh hikmah tersebut dan kami tak ingi cepat berakhir karena hanya pada bulan puasa ramadhan kami bisaberkumpul dan melaksanakan sahur bersama- sama ,dan menyiapkan diri untuk berpuasa sehari penuh.

Kemudian kami mempersiapkan diri untuk menyambuthari raya  Idul Fitri, berkumpul bersama keluarga besar menyambung silaturahmi yang mungkin pernah terputus dan saling bermaaf-maafan.

Contoh Cerpen Singkat Persahabatan

contoh cerpen
contoh cerpen

Pada suatu dimana pada saat itu siang hari yang begitu cerah, Ada dua orang gadis remaja bernama Rara dan Tina pada saat itu ia tengah mengerjakan tugas sekolah di rumah Rara

Bi, bilang saja ke Sinta yang ada di depan rumah kalau aku sedang pergi kemana atau gak ada gitu ya.” Pinta Rara kepada Bibi yang bekerja sebagai pembantu di rumahnya.

Bi, bilang saja ke Sinta yang ada di depan rumah kalau aku sedang pergi kemana atau gak ada gitu ya.” Pinta Rara kepada Bibi yang bekerja sebagai pembantu di rumahnya.

Dari luarnya dia memang orang yang baik, ramah dan juga manis. Tapi masa kamu mengukur sifat seseorang hanya dengan itu saja. Dia itu manis di luar namun di dalamnya pahit tahu.” Jawab Rara setengah sinis.

“Pahit gimana Ra?” Ujar Tina kembali bertanya.

“Dia itu sering membicarakan keburukan orang lain. Bahkan di belakang ia sering membicarakan temannya sendiri. Pokoknya banyak yang tidak dapat aku jelaskan Tin. Lihat saja diri kamu. Kamu memang judes, ceplas ceplos denganku. Namun setidaknya kamu memiliki hati yang tulus Tin. Bukan sahabat yang dari luarnya baik namun dalamnya busuk.

Contoh Cerpen Singkat Pengalaman Pribadi

contoh cerpen
contoh cerpen

Trauma

Terdengar suara ketukan pintu dari luar.

“Silakan masuk.” Sambung Pak Toni dari dalam ruangan.

“Maaf, Pak Toni ada, Pak?” Kata Pemuda yang datang untuk interviwe.

“Engga, silakan keluar!“

“Baiklah.”

Kata pemuda tersebut “Di mana Pak Toni? Kenapa OB yang berada di dalam?” .

“Ya yang di dalam tadi itu Pak Toni. Begitulah dia terkadang dia suka menyamar menjadi OB untuk mengetes karyawannya.” Ia menjelaskan.

“Maksudnya?”

“Dari hasil interviwe tadi kamu telah dinyatakan tidak lulus, Begitulah cara Pak Toni mengetes semua para calon karyawannya. Karena dia trauma dengan beberapa karyawannya karena materi.”

Demikianlah materi Contoh Cerpen Terbaik Pendidikan, Pengalaman Pribadi, Lucu, dan Cinta kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua.

Artikel Lainnya:

Baca Juga :  Satuan Berat - Pengertian, Rumus, Tangga, konversi dan Contoh Soal