Energi Potensial : Pegas, Listrik, Gravitiasi, Rumus dan Pengertiannya

Posted on

Energi Potensial – Materi kali ini akan membahas mengenai contoh energi potensial seperti pegas, gravitasi, listrik, rumus beserta pengertiannya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya dibawah ini

Pengertian Energi Potensial

Energi Potensial
Energi Potensial

Energi adalah suatu kemampuan khusus yang berguna untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan. Energi yang didapat oleh sebab lokasi atau kedudukannya itu dinamakan energi potensial. Energi potensial adalah suatu energi yang dimiliki oleh suatu benda atau materi yang disebabkan oleh lokasi atau strukturnya.

Macam- Macam Energi Potensial

  • Energi potensial gravitasi

 ialah energi yang dimiliki oleh suatu benda sebab terletak diatas permukaan bumi. jika tinggi letak suatu benda semakin diatas permukaan bumi, maka semakin besar energi potensial gravitasinya.

  • Energi potensial elastisitas

yaitu suatu energi yang tersimpan pada materi atau benda yang diregangkan. semakin jauh peregangan dan penekanannya, maka semakin besar juga energinya.

  • Energi kimia

ialah energi yang terkandung dalam suatu zat. contohnya makanan, memiliki energi kimia sehingga orang yang makan akan memiliki energi untuk beraktivitas.

  • Energi listrik

yaitu suatu energi yang dimiliki oleh suatu muatan listrik dan arus listrik. Adapun pada energi ini paling banyak digunakan, karena mudah untuk diubah menjadi energi yang lainnya.

Energi kinetik adalah suatu bentuk dari energi ketika suatu benda atau materi berpindah atau bergerak dari suatu tempat ke tempat tertentu.

Sumber-sumber Energi

Ketika kita sudah mengetahui macam-macam energi, maka ada baiknya kita mengetahui pula sumber-sumber energi yang dapat menghasilkan energi-energi di atas, yaitu:

  • Energi Air

Macam-macam Energi di Alam

Suatu benda yang diam tetapi memiliki suatu energi disebut sebagai energi potensial.

Baca Juga :  Hidrosfer

Sama halnya dengan sumber energi berupa air. Contohnya saja, air terjun. Energi yang terdapat pada air terjun yang digunakan untuk menggerakkan turbin pada PLTA.

Selain daripada itu, ketika air yang mengalir digunakan untuk alat transportasi di beberapa daerah di Indonesia, misalnya seperti di Palembang.

  • Energi Angin

Energi Angin
Energi Angin

Angin merupakan udara yang bergerak. Dan angin dapat digunakan untuk sumber energi jika dikelola dengan baik.Terdapat suatu negara  yang memanfaatkan angin menjadi sumber energi yakni Belanda sehingga negara tersebut dikenal dengan sebutan negara kincir angin.

Kincir angin di manfaatkan dan digunakan sebagai alat bantu untuk menggiling gandum. Akan tetapi bagi para nelayan, angin juga dimanfaatkan sebagai penggerak kapal layar penangkap ikan.

Pada saat pergi melaut, para nelayan memanfaatkan energi angin laut, sedangkan saat kembali ke daratan mereka memanfaatkan energi angin darat.

  • Energi Baterai

Energi Baterai
Energi Baterai

Baterai menyimpan energi yakni energi kimia. Pada cara pemakaiannya energi kimia tersebut akan berubah menjadi energi listrik. Adapun baterai sering kita jumpai dipakai dalam beberapa perangkat, seperti mainan, jam , remote tv, radio, telepon genggam, dan bahkan kendaraan bertenaga baterai.

  • Energi Listrik

Energi Listrik
Energi Listrik

Salah satu energi yang berasal dari alam.Menurut Pendapat para ahli bahwa energi listrik merupakan sumber energi yang tak terbatas seperti cahaya matahari.

Adapu  listrik yang dihasilkan dari pada arus listrik, umumnya juga dihasilkan dari berbagai jenis pembangkit listrik. Adapun dapat berubap PLTA (Tenaga Air), PLTS (Tenaga Surya/Matahari, PLTU (Tenaga Uap), atau PLTD (Tenaga Diesel).

  • Energi Makanan

Energi Makanan
Energi Makanan

Adapun Sumber energi ini hanya dapat dirasakan oleh seluruh makhluk hidup. Misalnya, pada saat kita kelaparan pasti akan merasakan tubuh menjadi lemas. Tapi, setelah kita makan maka kita akan kembali bugar.

Mengapa? karena makanan yang kita makan lau di proses dan telah berubah menjadi energi. Setelah berenergi kembali,Maka tentunya kita dapat beraktivitas kembali.

Seperti halnya dengan hewan serta tumbuhan. Maka dari itu, berbagai macam makanan merupakan sumber energi bagi makhluk hidup.

  • Energi Matahari

Seperti yang sudah kita ketahui matahari merupakan salah satu dari bintang. Bintang ialah benda langit yang mempunyai cahaya sendiri.

Kalau saja bisa kita bandingkan matahari dengan bintang lainnya, matahari tampak berukuran lebih besar. Mengapa?  karena jarak antara bumi dan matahari terbilang lebih dekat dari pada jarak bintang yang lain.

Adapun matahari merupakan sumber energi kalori/panas terbesar serta menjadi satu-satunya sumber cahaya terbesar di bumi. Karena jika tanpa matahari, Pastinya tak akan ada kehidupan di bumi.

Selain menerangi bumi, matahari juga sangat dibutuhkan makhluk hidup lain. Untuk tumbuhan contohnya, cahaya matahari digunakan untuk proses fotosintesis.

Fotosintesis adalah suatu proses dari pembuatan makanan yang terjadi di dalam sel tumbuhan. Hasil dari proses ini yang dinamaksan oksigen serta karbon dioksida.

Hewan dan manusia tentu sangat bergantung pada tumbuhan.Maka oleh sebab itu bila proses fotosintesis tidak ada, Tentunya akan mengancam kehidupan manusia dan hewan.

Lalu, bagaimana dengan manusia? Apakah manusia juga memerlukan matahari? Maka tentunya, manusia juga menggunakan cahaya matahari untuk keperluanya sehari-hari, seperti menanam padi, menjemur ikan asin dan pakaian

Selain daripada itu, Bahwa teknologi manusia sekarang dapat memanfaatkan matahari sebagai sumber energi yang ramah lingkungan (gogreen), yaitu dengan menggunakan sel matahari/solar panel.

Demikianlah pembahasan mengenai energi potensial kali ini semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan serta pengetahuan kita

Artikel Lainnya :

Rate this post

Artikel Terkait: