Contoh Hipotesis

Posted on

Contoh Hipotesis – Pada pertemuan kali ini akan kembali contohsoal.co.id paparkan penjelasan mengenai contoh hipotesis beserta Penelitian, statistik, Kuantitatif dan Deskriptif. Namun dipertemuan sebelumnya dimana contohsoal.co.id juga telah menerangkan materi tentang Contoh Resensi Nah untuk lebih jelasnya, yuk kita simak bersama ulasan di bawah ini.

Pengertian Hipotesis

Contoh Hipotesis
Contoh Hipotesis

Apa yang dimaksud dengan Hipotesis atau anggapan dasar? ialah merupakan suatu jawaban yang berisifat sementara akan adanya masalah yang masih dalam dugaan semata oleh sebab masih harus ada pembuktian terlebih dahulu akan kebenarannya.

Maka dugaan atas segala jawaban tersebut merupakan sebuah kebenaran yang bersifat hanya sementara, yang nantinya akan ada pengujian lebih lanjut mengenai kebenarannya dengan berbagai data yang akan dikumpulkan dengan melalui penelitian.

Kemudian pada hipotesis ilmiah mencoba mengungkapkan suatu jawaban yang bersifat sementara terhadap suatu masalah yang akan diteliti.

Maka dengan ini percobaan ini Hipotesis akan bisa dilakukan pengujian jika pada semua gejala yang nampak sesuai dengan hipotesis tersebut.

Dimana istilah Hipotesis berawal dari bahasa Yunani yakni: hypo = di bawah;thesis = yakni merupakan suatu pendirian, pendapat yang ditegakkan, kepastian.

Fungsi Hipotesis

Pada Hipotesis mempunyai sejumlah fungsi ketika sedang dalam proses akhir dari sebuah penelitian, berikut penjelasannya:

  • Agar yang meneliiti bisa melihat atau memprediksikan hubungan antar variabel.
  • Bisa digunakan sebagai jawaban yang bersifat sementara mengenai adanya beberapa gejala yang ditimbulakn dalam penelitian, dan agar bisa mempermudah ilmu pengetahuan dalam bidang penelitian.
  • Bisa digunakan sebagai sebuah pernyataan mengenai sebuah hubungan yang bisa secara langsung segera dilakukan penelitian.
  • Bisa digunakan untuk mengarahkan penelitian.
  • Bisa dijadikan sebagai kerangka terhadap peneliti agar bisa menjelasakan kesimpulan dari hasil penyidikan sementara.
  • Bisa dijadikan sebagai bahan penguji teori.
  • Bisa dijadikan sebagai acuan dalam memberikan dorongan dalam memunculkan teori baru.

Cara Membuat Hipotesis

Di bawahini ada beberapa tahapan yang bisa dijadikan acuan dalam penysunan hipotesis, berikut ini penjelasannya:

Mengacu Pada Teori Ilmiah

Agar bisa memberikan kemudahan dalam merumuskan dan menuliskan hipotesis, maka ada baiknya sobat merendahkan asumsi/postulat atas segala praduga atas suatu kajian yang bersifat ilmiah.

Maka dengan demikian pada tahap berikutnya hipotesis tersebut akan bisa dibuktikan dengan secara empiris supaya bisa dijadikan sebagai sebuah simpulan atas penelitian.

Mengacu Pada Fakta Ilmiah

Bukan hanya mengacu pada teorisaja , sebab pada dasarnya dalam merumuskan sebuah hipotesis sobat juga dapat menerapkan acuan fakta.

Baca Juga :  Contoh Kata Baku dan Tidak Baku

Pada fakta disini bisa dimaknai sebagai sebuah kebenaran agar bisa diterima oleh nalar dan juga sesuai dengan kenyataan yang bisa dikenali dengan panca indera.

Maka untuk sebuah Fakta ilmiah yang bisa sobat jadikan acuan dalam perumusan hipotesis agar dapat didapatkan dari berbagai cara, contohnya seperti pada di bawah ini:

  • Mendapatkan kajiannya ilmiahnya harus dari nara sumbernya.
  • Pada Fakta yang diidentifikasi dengan cara mendeskripsikan dan menginterpretasikannya dengan berdasarkan keterangan dari nara sumber.
  • Pada Fakta yang diterima oleh orang yang sudah mengidentifikasi diri dengan dirangkum dalam bentuk suatu pemikiran yang abstrak (thinking abstrak).

Namun bukan hanya di dasarkan dengan berdasarkan teori dan fakta ilmiah saja, sebab padahipotesis juga bisa dirumuskan dengan mengacu atas sejumlah nara sumber lainnya, yakni:

  • Dari suatu kebudayaan dimana merupakan sebuah sumber ilmu atau teori yang sangat relevan dibentuk
  • Dengan sebuah Ilmu yang bisa memperoleh teori yang relevan
  • Analogi
  • Adanya suatu Reaksi terhadap individu dari sesuatu pengalaman

Contoh Hipotesis

Di bawah ini terdapat beberapa contoh hipotesis yang bisa sobat jadikan acuan dalam lebih menganalinya. Berikut ii pejelasannya :

Contoh Hipotesis Penelitian

DENGAN ANAVA::

Berdasarkan pernyataan yang di sampaikan oleh Suharsimi Arikunto dimana ia menjelaskan bahwa hipotesis ialah merupakan suatu jawaban yang sifatnya hanya sementara akan adanya sebuah permasalahan dari penelitian, hingga sampai hal tersebut bisa dibuktikan dengan melalui data yang terkumpul. Di bawah ini merupakan hipotesis yang menjadi penelitian:

  • Metode pembelajaran puzzle jigsaw dianggap lebih efektif untuk semua para siswa di kelas 7 MTs Negeri pada tahun ajaran 2018/2019 daripada pelajaran matematika eksplisit.
  • Kinerja belajar ilmu matematika di kelas VII MTs Negeri pada tahun akademik 2010/2011, yang memiliki sebuah motivasi belajar yang sangat tinggi, hal tersebut dianggap lebih baik jika dibandingkan dengan motivasi belajar yang sedang namun motivasi belajar yang sedang juga bisa dianggap lebih baik jika dibandingkan dengan motivasi belajar rendah

DENGAN UJI-T::

Maka dengan di dasarkan rumusan masalah dan kerangka dari pemikiran, jadi hipotesis penelitian ini ialah:

“Prestasi dalam mempelajari ilmu matematika dan pada siswa yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran NHT dianggap lebih baik jika dibandingkan dengan yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran STAD bagi kelas VII SMP Negeri”

Contoh Hipotesis Statistik

Di bawah ini ialah merupakan sebuah contoh dari hipotesis penelitian: Dimana masih Ada kaitannya antara IQ dengan hasil yang diperoleh dari belajar. Sedangkan mengenai contoh dari hipotesis statistik ialah: H0: ρ = 0 dan H1: ρ ≠ 0.

Baca Juga :  Cara Menulis Footnote Dari Internet

Hal yang harus sobat mengerti dengan baik-baik bahwa: Pada Hipotesis statistik hanya diterapkan jika kita akan melakukan pengambilan sampel atas sebuah populasi, yang sudah di diuji dengan menggunakan statistik inferensial, yang mana pada penggunakan hipotesis ini bertujuan agar dapat menguji secara langsung bahwa apakah sampel bisa mewakili populasi atau mungkin sebaliknya.

Pada Hipotesis statistik sangat tidak wajib untuk dikerjakan apabila pengambilan sebuah data dari populasi dengan (cara sensus), atau apabila sobat tidak ingin melakukan generalisasi sebagai pembuktian apakah sampel bisa mewakili populasinya atau malah sebaliknya.

Contoh Hipotesis Statistik Asosiatif

Ada suatu keterkaitan secara positif antara IQ dengan hasil dari ujian IPA.
H0: ρ ≤ 0
H1: ρ > 0

Terdapat keterkaitan terhadap kedua tingkatan yakni antara pendidikan dan penghasilan: Apabila terjadi peningkatan terhadap pendidikan, makan penghasilan juga akan mengalami peningkatan.
H0: ρ ≤ 0
H1: ρ > 0

Masih mempunyai keterkaitan antara beban kerja dengan sebuah kualitas kinerja:

Maka apabilasemakin tinggi beban dari suatu perkerjaannya , maka akan membuat kualitas kinerja akan semakin rendah.
H0: ρ ≥ 0
H1: ρ < 0

Contoh Hipotesis Statistik Komparatif

Terdapat suatu perbedaan resiko adanya gejala kanker paru antara seorang laki-laki dan juga wanita.
H0: μl = μp // H0: μl – μp = 0
H1: μl ≠ μp // H1: μl – μp ≠ 0

Terdapat sebuah perbedaan resiko megenai gejala kanker payudara antara kaum pria dan juga wanita, yang mana biasanya perempuan lebih beresiko terkena kanker payudara ini kja dibandingkan dengan wanita.
H0: μl ≥ μp // H0: μl – μp ≥ 0
H1: μl < μp // H1: μl – μp < 0

Ada perbedaan pengaruh terapi komplementer dan tanpa komplementer terhadap percepatan kesembuhan penyakit TBC.

Dengan sedikit tambahan sebuah terapi komplementer dianggap bisa lebih sangat berpengaruh terhadap percepatan dalam proses kesembuhan pasien TBC jika dibandingkan dengan tanpa melakukan terapi komplementer.
H0: βF ≤ βNF // H0: βF – βNF ≤ 0
H1: βF > βNF // H1: βF – βNF > 0.

Apa itu Hipotesis?

Hipotesis atau anggapan dasar? ialah merupakan suatu jawaban yang berisifat sementara akan adanya masalah yang masih dalam dugaan semata oleh sebab masih harus ada pembuktian terlebih dahulu akan kebenarannya.

Demikianlah materi pembahasan kita kali ini mengenai contoh hipertensi, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :