Contoh Karangan Argumentasi

Posted on

ContohSoal.co.id – Apa itu argumentasi ?? penasaran bukan !! Nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan, pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai persuasi Pada materi pembahasan kali ini mengenai contoh karangan argumentasi beserta pengertian, ciri, argumentasi tentang pendidikan, sekolah dan kesehatan, untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Karangan Argumentasi

Contoh Karangan Argumentasi
Contoh Karangan Argumentasi

Argumentasi merupakan gagasan awalnya dikembangkan dengan menerangkan pendapat, bahasan, ulasan, dan ide pribadi penulisnya. tujuan argumentasi yakni guna meyakinkan atau mempengaruhi seorang pembaca agar mempunyai pendapat yang sama dengan apa pendapat penulis.

Ciri Ciri Karangan Argumentasi

Berikut adalah ciri ciri karangan argumentasi:

  • Kalimat yang meyakinkan pembaca tentang suatu pendapat penulis
  • Pendapat / gagasan penulis dilengkapi data, fakta, grafik, gambar, atau tabel
  • Tidak memuat subjektivitas si penulis
  • Tidak memuat kalimat mengandung emosi penulis
  • Memuat logika serta penalaran
  • Terdiri dari 3 bagian utama yaitu pendahuluan, tubuh argumen (berisi argumen penulis), dan kesimpulan.

Jenis Karangan Argumentasi

Karangan argumentasi dibagi menjadi dua jenis yakni sebab dan akibat

Karangan Argumentasi Sebab-Akibat, Pada jenis ini mempunyai sebuah isi yang selalu diawali dengan beberapa pendapat merupakan sebab

Karangan Argumentasi Akibat-Sebab, jenis karangan ini adalah kebalikan dengan karangan argumentasi sebab-akibat.

Contoh Karangan Argumentasi

Simak berukut ini:

Contoh Karangan Argumentasi tentang Pendidikan

Argumentasi Pendidikan
Argumentasi Pendidikan

Saat ini pendidikan di Indonesia masih tertinggal cukup jauh dari pada pendidikan yang berada di negara-negara lainnya yang ada di dunia. Pendidikan pada Indonesia sendiri tentunya masih jauh berbeda dan kalah dengan negara tetangga, yaitu Singapore dan Malaysia.

Melihat ketertinggalan ini tentunya dapat kita lihat dari banyaknya penduduk mereka yang dapat mengenyam pendidikan sampai ke tingkatan perguruan tinggi.

Sedangkan di Indonesia, jumlah dari penduduk yang merasakan pendidikan saja masih tertinggal jauh dengan negara lainnya, apalagi di daerah-daerah plosok yang tertinggal semisal Papua, NTB, NTT, dan masih banyak lagi daerah lainnya.

Baca Juga :  Bunyi dan Teori Hukum Hooke

Hal Tersebut disebabkan karena tidak meratanya pendidikan di Indonesia ini. Pemerintah cuma membangun fasilitas pendidikan di wilayah perkotaan.

Keterbatasan pada jumlah guru juga seolah menjadi pengaruh besar bagi setiap dasar pendidikan yang ada di setiap wilayah itu. Semua berdampak bagi pendidikan di Indonesia sehingga menjadi tidak merata dan tertinggal  bersaing dengan negara-negara lain.

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Sekolah

sekolah
sekolah

Di indonesia terdapat beberapa sekolahan unggul salah satunya pada sekolah SMA Budaya yang mana telah meraih penghargaan sebagai sekolah terbaik di Indonesia. Dari sekolah tersebut yang mana begitu banyak menghasilkan seorang murid yang berprestasi .

Semua itu terbukti dari lahirnya para juara Olimpiade yang sukses dari sekolah itu . Namun bukan hanya itu saja , prestasi yang telah peroleh lainnya yakni pada bidang ekonomi akuntansi, dan pada bidang lain yang juga berprestasi semisal olahraga dan otomotif.

Satu tahun yang lalu, sekolah ini mengirimkan 20 atlet sebagai perwakilan Indonesia dalam ajang Sea Games semisal lompat jauh, sekolah ini sudah mengikuti kompetisi lomba lompat jauh internasional di London, Inggris.

Semua Prestasi yang didapat itu terjadi,  karena adanya kerja keras para dewan guru dan pihak komite sekolahan yang senan tiasa bekomitmen agar bisa menghasilkan anak didik dengan nilai kelulusan berbaik.

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Lingkungan

Argumentasi Lingkungan
Argumentasi Lingkungan

Pada Musim kemarau saat ini menjadi suatu musim terparah dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Selama 6 bulan hujan tidak turun yang menyebabkan tanah dan sumber air jadi kering. Menurut BMKG, diperkirakan tahun sekarang  ini hujan baru akan turun pada bulan depen.

Apabila hal ini terjadi, maka bisa dipastikan fenomena kemarau tahun ini bukanlah kemarau, karena terjadi 7 bulan lamanya. menurut info dari BMKG bahwa di tahun lalu, kemarau terjadi hanya selama 5 bulan. Hal ini berdampak banyak dari petani yang merugi karena gagalnya panen yang disebabkan tidak ada air yang mengalir di persawahan mereka.

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Lalu Lintas

Argumentasi Lalulintas
Argumentasi Lalulintas

Jumlah yang disebabkan dari kecelakaan di jalan raya pada tahun ini terus meningkat. Bahkan lebih parah daripada lima tahun terakhir. kepolisian Republik Indonesia mengumpulkan informasi dengan berdasarkan data yang diterima, bahwa pada tahun lalu jumlah dari kasus kecelakaan mencapai jumlah 4.500 kasus, dan ditahun ini pada H+ 2 kecelakaan mencepai 5.300 kasus , sehingga sudah dipastikan jumlah kecelakaan semakin bertambah.

Baca Juga :  Planet Pluto

Dari meningkatnya kasus tersebut , jumlah persentasi tertinggi yakni para pengendara bermotor. Dengan meningkatnya angka kecelakaan itu disebabkan dengan melonjaknya jumlah populasi penduduk yang menggunakan kendaraan bermotor daripada kendaraan umum yang sudah disiapkan oleh pemerintah.

 Contoh Karangan Argumentasi Tentang Kesehatan

Argumentasi
Argumentasi

Mempunyai suatu kebiasaan seperti merokok dapat membuat anda lebih dekat menuju jurang kematian. Telah banyak data korban yang meninggal dunia disebabkan merokok.

Menurut data yang dikumpulkan Kementerian Kesehatan tiap 10 menit sekali ditemukan orang meninggal disebabkan rokok di Indonesia.

Tentunya efek kematian karena rokok tidak bisa dialami langsung perokok namun memerlukan jangka waktu lama sampai beberapa tahun.

Berdasarkan perkataan Dr, Aria Nugraha, asap yang dihisap perokok dapat memakan menggerogoti organ pernafasan mereka misalnya paru-paru, tenggorokan, dan sebagainya yang dapat menimbulkan sejumlah penyakit diantaranya Bronchitis, gangguan kehamilan pada ibu yang lagi mengandung dan serangan jantung.

Semakin lama penghirupan asap rokok tersebut semakin menyegerakan proses itu. Kemudian kenapa rokok amat berbahaya? Karena Pada setiap satu batang rokok itu terkandung sebuah zat-zat kimia yang paling bahaya misalnya pemutih lantai, racun dan malahan bahan bakar roket.

Maka sebab itu stop rokok sejak dini  berhentilah sebelum terlambat karena rokok sendiri dapat menimbulkan penyakit dan paling parahnya yakni kematian.

Demikianlah materi contoh karangan argumentasi tentang sampah/pendidikan/kesehatan beserta pengertian, ciri, jenis dan contohnya kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel lainnya:

Contoh Karangan Argumentasi
5 (100%) 3 vote[s]

Artikel Terkait: