Contoh Karangan Narasi

Posted on

ContohSoal.co.id – Apa yang dimaksud dengan narasi?? nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan, pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai contoh paragraf deduktif. Pada materi kali ini akan kita bahas mengenai contoh karangan narasi, untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Karangan Narasi

Contoh karangan narasi
Contoh karangan narasi

Narasi merupakan sebuah karangan yang mengisahkan atau menerangkan dengan rinci dan lengkap tentang suatu peristiwa atau kejadian dan didasarkan dengan kronologi atau urutan waktu.

Dalam teks narasi terdapat dua peristiwa yakni, suatu kejadian yang nyata, dan kedua adalah sekedar sebuah karangan atau imajinasi.

Ciri-Ciri Karangan Narasi

NoCiri – Ciri Karangan Narasi
1Terkesan lebih cenderung memunculkan unsur-unsur sebuah perbuatan & juga sebuah tindakan
2Terangkai dalam suatu urutan waktu yang jelas
3Susunan lebih ditekankan secara kronologis
4Kebanyakan lebih mengarah kepada sebuah jawaban tentang apa yang sebenarnya sedang terjadi
5Kebanyakan lebih bercerita mengenai pengalaman seorang penulis
6Terdapat banyaknya sebuah konfliks. Jika tanpa adanya sebuah konfliks, narasi cenderung akan menjadi kurang menarik
7Kebanyakan lebih berupa suatu hal yang nyata (Fiksi) namun terkadang bisa saja berupa non fiksi atau gabungan antara kedua hal tersebut
8Memiliki suatu nilai estetika, yang artinya adalah penulis lebih dibebaskan untuk mengekspresikan sebuah kreatifitas pemilihan gaya bahasa atau ekspresi ( Diksi ).

 

Contoh Karangan Narasi

Simak berikut ini:

Contoh Karangan Narasi Tentang Pendidikan

Belajar tidak selamanya di sekolah. Mind-set masyarakat tentang belajar di sekolah sudah begitu melekat dan berakar sehingga jika tidak di sekolah maka tidak disebut belajar. Konstruksi sosial seperti itu yang seharusnya dihilangkan dari budaya sosial kita. Belajar bisa dilakukan dimana pun dan kapanpun. Belajar tidak melulu melibatkan guru dengan murid.

Penelitian membuktikan bahwa seseorang yang belajar secara otodidak, tanpa seorang guru yang mengajarkan, akan memiliki kemampuan dalam menguasai pelajaran lebih dalam daripada seseorang yang belajar di bawah tekanan seorang guru atau pengajar. Selain itu, seseorang yang belajar secara santai di luar ruangan sekolah, artinya mereka belajar dengan alam sembari menikmati waktu bersantai akan lebih menguatkan ingatan daripada seseorang yang hanya menyaksikan papan tulis dan mendengar penjelasan guru.

 

Contoh Karangan Narasi Tentang Lingkungan

Ketika telah datang musim hujan, penting bagi kita untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar nyamuk penyebab demam berdarah tidak berkembang biak. Cara menjaga lingkungan agar tetap bersih adalah memulai dari dalam rumah. Tutup semua gentong penyimpanan air dan kuras genangan yang terdapat di rumah kita periksa semua ruangan rumah yang berpotensi sebagai tempat berkembang biaknya jentik nyamuk.

Lalu di ruangan gelap serta lembab lainnya. maka oleh karena itu penting untuk kita untuk dapat membersihkan genangan air dalam bak mandi, genangan air bekas mencuci piring, dan air di dalam akuarium jika memiliki akuarium hias di rumah. Selain itu makanan bekas juga berpotensi menarik perhatian nyamuk.

Dengan cara sederhana tersebut diharapkan dapat membantu dalam mengurangi populasi nyamuk yang begitu cepat disaat musim hujan dan mengurangi risiko terserang penyakit demam berdarah akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Selain itu, rumah yang bersih dan rapi juga menambah kenyamanan para penghuninya.

 

Baca Juga :  Planet Pluto

Contoh Karangan Narasi Liburan Sekolah

Liburan Sekolah di Rumah Membantu Ibu

liburan semester yang lalu,saya tidak pergi kemana-mana. saya hanya di rumah saja dan melakukan kegiatan saya seperti biasa kecuali pergi ke sekolah.

Kegiatan saya di rumah hanya  membantu ibu saya membuat kue untuk tahun baru. Ketika saya membantu ibu,saya terlalu lama memanggang kue sehingga kuenya gosong. Akibat hal tersebut lantas ibu marah terhadap saya dan  kemudian saya mencoba membuat kue lagi dengan penuh kehati-hatian agar hasil nya baik. Saya membuat kue dibantu oleh sepupu” yang kebetulan pada saat itu dia sedang berkunjung kerumah kami guna ingin belajar juga untuk membuat kue. pada saat itu rasa malu mengiringi saya tatkala sepupu menertawai saya akibat ibu memarahi saya , tapi saya senang karena dia akhirnya membantu saya sehingga hasil kue yang berikutnya begitu sempurna. Lalu kemudian setelah selesai membuat kue,kami membersihkan semua seisi rumah,mencuci piring dan menyapu halaman. Waktu liburan ini terasa menyenangkan karena semua hal saya lakukan bersama sepupu saya.

 

Contoh Karangan Narasi Fiksi

Saya tersenyum sembari mengayunkan langkah. Hembusan angin terasa menerpa, membuat seluruh tubuhku terbujur kaku . Ku letakan dua tangan didalam saku, mencoba memerangi rasa dingin yang demikian menyiksa.
Kobaran api dari kayu cadar yang terbakar seolah membentuk sebuah wangi yang begitu menghangatkan ku hasrat yang kian bertambah tatkala Eriza menyambutku dan membukakan pintu. Apa bila ku telah kembali ke tanah air tentunya wangi ini akan ku rindukan. Begitupun dengan wajah cantiknya Eriza ?
Serasa begitu kerasnya hentakan jantung ini hingga terasa didalam dada, tetapi ku coba untuk menghindarinya. Ingatlah, bowo, ucap hati kecilku, jangan biarkan hatimu terbagi. Ada ratri, yang selalu menanti kepulanganmu dengan seluruh cintanya.

 

Contoh Karangan Narasi Tentang Pengalaman Pribadi Singkat

Pada Bulan Maret, tanggal 7 di sekolahku akan memasuki masa libur dan akan berakhir pada tanggal 18 Maret. Kami sekeluarga tidak menyipkan liburan. Ketika itu aku memilih berlibur ke Pantai Parangtritis.Dan keesokan harinya aku mempersiapkan segalanya perbekalan yang nantinya diperlukan. Sepanjang perjalanan, aku iringi dengan nyanyian lagu riang. Betapa senangnya aku ketika sampai di pantai tersebut. Dengan semua pemndangannya yang menawan . Lalu kemudian sesampainya disana kami keluargaku saling berfoto-foto untuk mengabadikan momen yang indah ini. waktu berlalu begitu cepat tak terasa berjam-jam telah kuhabiskan disana. Perpisahan pun terjadi ketika hari beranjak sore . Tak rela rasanya kebahagiaan ini akhirnya selesai. Dalam benakku, aku kan kembali esok.

 

Contoh Karangan Narasi Tentang Kesehatan

Dani sangat bersemangat sekali dalam berolahraga. Karena begitu semangat , Olahraga tersebut dilakukannya setiap hari , dimulai dari olahraga ringan seperti jogging, hingga olahraga ekstrim seperti terjung lenting (bungee jumping). Namu pada suatu hari dani terkena penyaakit yang dimana dia harus menghentikan semua aktivitas olahraganya karena dia merasakan sakit yang teramat parah di bagian sendi dan ototnya, hingga dia kesulitan untuk bergerak ke sana kemari. Kemudian ibunya dani menelfon dokter agar datang ke rumahnya. Hasil dari pemeriksaan tersebut ternyata rasa sakit dani disebabkan oleh  ia terlalu sering berolahraga. Dokter pun akhirnya memberikan obat khusus kepada Dani dan meminta supaya Dani tidak terlalu sering olahraga. Adapun bila kamu ingin berolah raga”, ucap dokter ,” ,saya anjurkan melakukan olahraga yang ringan namun rutin dilakukan, olahraga rutin juga mampu membuat kesehatan tubuh lebih terjaga dengan baik. Pada saat itu juga dani mengurangi rutinitas olahraganya yang berlebih tersebut. Kini, Dani hanya melakukan olahraga jogging setiap dua minggu sekali.

 

Contoh Karangan Narasi Tentang Pengalaman

Tepatnya pada tanggal 22 bulan mei ini di sekolahku akan menghadapi waktu libur dan akan masuk kembali pada tanggal 05 bulan juni. Aku mengusulkan untuk mengisi masa libur itu untuk liburan. Pada saat itu aku dan keluarga memilih untuk berlibur ke pantai sari ringgung.Pada hari yang ditunggu, aku telah mempersiapkan segala keperluan liburan yang nantinya akan dipergunakan pada tempat liburan tersebut. Tiba saatnya kami sekeluarga untuk berangkat liburan dan sepanjang perjalanan terdapat banyak sekali pemandangan – pemandangan yang sangat indah dan menawan.

Dan tibalah kami sekeluarga di pantai sari ringgung yang menjadi tujuan kami berlibur. Di pantai ini kami semua bersuka cita, bermain air dan tidak lupa untuk berfoto bersama – sama untuk mengabadikan liburan yang telah kami jalankan. Sangat menyenangkan sekali, akan tetapi tibalah saatnya kami untuk kembali kerumah dan tak rela rasanya liburan yang sangat menyenangkan ini selesai.

Jangan Lupa Pelajari Juga Artikel Lainnya Contoh Karangan

Contoh Karangan Eksposisi
Contoh Karangan Eksposisi

Contoh Karangan Argumentasi
Contoh Karangan Argumentasi
 

Contoh Karangan Persuasi
Contoh Karangan Persuasi
 

Contoh teks deskripsi
Contoh teks deskripsi

 

Demikianlah materi contoh karangan narasi Singkat pendidikan, kesehatan dan liburan kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel Lainnya: