Contoh Karangan Persuasi

Posted on

ContohSoal.co.id – Apa yang dimaksud dengan karangan persuasi ?? nah sebelum kita masuk pada pokok pembahsan, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai Contoh Paragraf. Materi yang akan kita bahas kali ini mengenai contoh karangan persuasi lingkungan, kesehatan, iklan beserta pengertian, ciri – cirinya.

Pengertian Karangan Persuasi

Contoh Karangan Persuasi
Contoh Karangan Persuasi

Pengertian Karangan Persuasi, – Persuasi berasal dari bahasa Inggris yaitu persuade yang berarti mengajak. Sedangkan karangan adalah tulisan yang digunakan untuk menyampaikan gagasan penulis kepada pembaca. Maka dapat disimpulkan pengertiannya ialah suatu karangan yang ditulis untuk mengajak, menghimbau atau mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu.

Ciri-Ciri Karangan Persuasi

Adapun ciri-ciri karangan persuasi, diantaranya yaitu

  • Bersifat mengajak
  • Terkadang menampilkan data pendukung seperti fakta-fakta agar para pembaca percaya dan melakukan apa yang diminta oleh penulisnya
  • Berusaha menarik perhatian para pembaca
  • Karangan menghindari konflik

Contoh Karangan Persuasi

persuasi
persuasi

Berikut beberapa contoh karangan persuasif, diantaranya yaitu:

Contoh Karangan Persuasi tentang Kesehatan

persuasi
persuasi

Mari Hidup Sehat

Hidu sehat adalah idaman bagi setiap manusia. Sakit merupakan hal yang tidak inginkan oleh banyak orang. Namun, bagaimanakah caranya agar kita tidak pernah sakit ? Mudah saja, jawabanya adalah menerapkan poal hidup sehat. Ada banyak pola hidup sehat yang bisa kita lakukan, diantaranya adalah.

Konsumsilah makanan-makanan yang bergizi dan berprotein karena itu sangat baik untuk tubuh kita, Dengan mengkonsumsi makanan ini, maka tubuh akan mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Berolahragalah secara teratur. Olahraha yang teratur bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga kita menjadi bugar dan tidak gampang terkena penyakit.

Hindarilah rokok dan minuman-minuman beralkohol. Kedua benda ini adalah racun dunia yang bisa merusak tubuh, maka itu artinya kita menjaga tubuh kita dari racun.

Demikianlah pola hidup sehat yang bisa kita terapakan. Oleh karen itu, mulai dari saat ini marilah menjaga kesehatan tubuh kita karena sakit mahal harganya.

Contoh Karangan Persuasi Tentang Sampah

persuasi
persuasi

Marilah Mengurangi Sampah

“Buangah sampah pada tempatnya !”, Kalimat ini merupakan kalimat sederhana yang sering kita temui di berbagai tempat. Namun, Hal tersebut nyatanya tidak dapat menjadi pemecah masalah terhadap banyaknya sampah yang menumpuk saat ini. Permasalahan ini bisa dilihat pada sekeliling yang banyak sekali sampah – sampah yang menumpuk hingga menimbulkan pemandangan yang buruk dan bau yang tidak sedap.

Sampah yang ada saat ini terus bertambah jumlahnya. Bahkan menurut Prof. H.R. Sudrajat pada kalimat bukunya , mengatakan bahwa timbunan sampah akan semakin meningkat setiap harinya. Dengan berkembang jumlah penduduk di indonesia makin meningkat pula timbunan sampah di setiap daerah. Jika masalah ini terus berlangsung tentunya negara kita ini akan menjadi sebuah daerah yang dipenuhi sampah

Baca Juga :  Pengertian Hukum : Definisi, Fungsi, Ciri dan Tujuan Menurut Para Ahli

Pada populasi Jumlah sampah yang terus meningkat karena tidak adanya solusi dalam hal ini sehingga menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan dan kehidupan masyarakat terutama kesehatan kita. Akibat penumpukan sampah di mana-mana Akan ada banyak penyakit yang bermunculan . Lalu, bagaimanakah cara kita menanggulanginya ?

Cara  menanggulangi hal ini, tentunya harus diawali dari diri sendiri.  Mulailah membiasakan diri dengan langkah membuang sampah pada tempatnya. Apabila cara tersebut sudah kita jalankan , yang selanjutnya kita bisa melakukan hal – hal berikut ini yang bisa membantu mengurangi volume sampah.

Biasakan diri untuk membuang sampah pada tempatnya dimanapun kita berada, baik di sekolah, rumah, maupun di tempat – tempat umum. Apabila tidak ada tempat sampah di aera tersebut ,upayakan untuk tidak membuangnya sembarangan.

Selanjutnya, pilahlah sampah berdasarkan jenis – jenisnya. Upayaka agar tidak mencampurnya Pisahkan mereka pada jenis sampah yaitu sampah organik, anorganik, dan sampah kimia supaya bisa memudahkan kita untuk mengelolanya. Adapun bagi Sampah yang dapat didaur ulang tentunya dapat kita manfaatkan . Dan sebaliknya Sedangkan apabila tidak bisa di daur ulang bisa dimusnahkan.

Terakhir. Tidak banyak menggunakan bahan plastik dalam hal ini dapat mengurangi volume sampah karena sampah plastik tidak bisa diurai. Selain itu, proses pembuatan plastic dapat menghasilkan asap dan polusi udara yang tinggi. Maka dengan itu, mengurangi penggunaan plastik dapat mencegah polusi udara.

Dengan berkurang sampah , Hal tersebut akan berdampak lingkungan menjadi bersih dan sehat. Oleh karena itu, ayo kita melakukan sebagaimana cara di atas untuk mengatasi permasalah – permasalahan sampah yang sudah sangat memprihatinkan ini.

Contoh Karangan Persuasi tentang Lingkungan Hidup

persuasi
persuasi

Marilah Kita Jaga Bumi ini dari Pemanasan Global

Alam Bumi merupakan tempat kita tinggal , Apabila bumi ini hancur  tentu kita semua akan musnah. Pada saat ini bumi kita mulai terancam yakni menipisnya lubang – atau lapisan ozon di atmosphere. Dampak dari masalah ini yakni  menyebabkan terjadinya pemanasan global yang berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia , salah satunya adalah mencairnya es di kutub sehingga menutup semua daratan yang ada. Oleh karena itu, marilah kita menjaga bumi ini agar terhidar dari pemanasan global.

Guna masalah ini, yaitu dengan cara gunakanlah energi alternatif .  Untuk mencegah pemanasan global dengan  Energi alternatifi  Misalnya, kita bisa menggunakan energi matahari, air, angin, panas bumi, dan biomasa sebagai penganti pembangkit listrik yang berbahan bakar fosil.

Baca Juga :  Contoh Paragraf

Kemudian, lestarikanlah hutan. Karena ia dapat menjadi oksigen sehingga hutan disebut juga dengan paru – paru dunia. Dengan kita melestarikan alam, maka kita tidak perlu khawatir lagi dengan pemanasan global.

Jangalah menggunakan CFC, zat berbahaya yang dapat melubangi lapisan ozon di udara. Zat zat ini berasal dari peralatan pendingin seperti kulkasn, dan Ac.

Marilah kita melakukan cara – cara di atas untuk menyelamatkan bumi ini untuk menjaga kelangsungan hidup kita.

Contoh Karangan Persuasi tentang Pendidikan

Deskripsi sekolah

Gantungkanlah Cita-Citamu Setinggi Langit

Pada setiap Manusia yang tumbuh tentunya mempunyai sebuah keinginana yang ingin diraih dalam hidupnya. Cita-cita itu sendiri adalah tujuan atau harapan yang akan dicapai di masa depan. Saat  kecil, pasti kita mempunyai impian yang sangat besar seperti menjadi dokter, guru, pilot, bahkan presiden. Tapi, entah mengapa seiringnya waktu dengan beranjak dewasa keinginan itu hilang dan seolah seperti sebuah suatu kemustahilan?

Hal ini dikarenakan ketika sudah dewasa, mereka cenderung lebih berpikir realistis sehingga mereka mengubah bahkan menghilangkan cita-citanya. Padahal yang mereka lakukan itu adalah salah besar.

Marilah menggantungkan cita-ita kita setinggi langit. Jangan takut bermimpi untuk mendapatkannya. Karena pada dasarnya, manusia adalah apa yang ada di dalam pikiran mereka. Jika mereka berpikir bahwa mereka adalah hebat, tentu mereka akan menjadi hebat, begitu juga sebaliknya.

Sudah banyak sekali contoh-contoh orang sukses karena menggantungkan cita-citanya setinggi langit. Contoh seorang pengusaha yang terkenal, Bob Sadino. Yang mana beliau mempunyai keinginan yakni menjadi orang kaya dan akhirnya saat ini beliau menjadi seorang pengusaha tersukses di Indonesia. Semua hal besar selalu diawali dengan keinginan yangn kuat ,

Dengan menggantungkan mimpi kita setingi-tingginya, maka kita akan terpacu untuk meraihnya. Kita juga akan berjuang sekuat tenaga untuk mendapatkannya. Adapu perkara terwujud atau tidaknya itu urusan terakhir, tetapi sudah menjadi ketentuan bahwa orang yang berusaha kerasa akan mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Demikianlah materi contoh karangan persuasi lingkungan, kesehatan, iklan beserta pengertian, ciri-cirinya kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel Lainnya: