Contoh Kesimpulan Dari Makalah

Posted on

Contoh Kesimpulan Dari Makalah – Muncul dari fakta atau hubungan yang logis, secara umum. penemuannya terdiri dari temuan kunci dan temuan tambahan. Kesimpulan utama terkait langsung dengan masalah tersebut. Oleh karena itu, kesimpulan utama harus terkait dengan topik dan dilengkapi dengan bukti.

Contoh Kesimpulan Dari Makalah

Kali ini contohsoal.co.id akan meberikan pelajaran mengenai Contoh Kesimpulan Dari Makalah. Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, dengan berdasarkan Prakarya, Bahasa, Sejara dan Agama.

Contoh Kesimpulan Dari Makalah Berdasarkan Perakarya

Perakarya adalah bagian dari seni terapan, yang didefinisikan sebagai proses manufaktur yang mencakup keterampilan manual untuk membuat benda dengan tujuan fungsional (menggunakan) dan memiliki nilai keindahan.

Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan, dapat dibuat dari barang bekas seperti botol bekas, kotak kardus dan plastik makanan. Dari bahan ini, barang diproduksi yang memiliki fungsi penggunaan atau dekoratif, dan juga memiliki nilai ekonomi, yang dapat meningkatkan harga jualnya.

Transaksi yang berkualitas tinggi, jelas, harganya akan mahal, jika Anda memiliki keterampilan dan Anda mencoba membuat produk tersebut mungkin dengan kerajinan yang Anda miliki, ini bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

Barang bekas atau limbah adalah barang yang sudah tidak digunakan oleh kegiatan produksi yang tidak lagi berguna tetapi memiliki manfaat dan memiliki nilai ekonomis.

Kerajinan dari limbah adalah bentuk penggunaan dan bermanfaat untuk melestarikan lingkungan. Banyak orang sering membuang sampah bekas ke tempat sampah, meskipun beberapa masih bisa digunakan.

Artikel-artikel ini sebenarnya layak untuk orang lain, jadi kita harus berhati-hati ketika menggunakan artikel ini. Penggunaan barang bekas harus dilakukan, karena selain menghemat, kami juga membantu melindungi lingkungan.

Tidak ada rotan, akarpun jadi, jadi ini juga bunyi salah satu pepatah Indonesia, yang artinya, kita harus kreatif agar bisa menyelesaikan masalah yang timbul dengan menggunakan alat atau metode yang tidak normal.

Pepatah ini cocok untuk seni barang bekas, karena barang unik ini tidak hanya dibuat dengan menggunakan teknologi dan bahan yang tinggi, tetapi kita bisa menggunakan barang bekas dengan cara yang sangat sederhana.

Beberapa contoh barang bekas yang mengelilingi kita, seperti plastik, kemasan sabun, pembungkus permen, kardus bekas, kertas bekas atau koran bekas, pecahan kaca, gelas plastik, sedotan, benang, boneka, celengan, kaleng bekas, kapas bisa digunakan untuk produk yang memiliki nilai yang manfaat.

Sebuah kerajinan yang dibuat harus bermanfaat bagi kehidupan, dan saat membuat kerajinan, Anda perlu memperhatikan berbagai hal. Misalnya, fungsi dekoratif dan fungsi penggunaan.

Untuk menambah nilai ekonomisnya, fungsi menggunakan pengrajin dan dapat ditambahkan ke nilai keindahan atau dekorasi.

Dalam proses menambah nilai keindahan buatan tangan, ada berbagai metode, seperti menenun, membatik, menjahit, dan lain sebagainya.

Contoh Kesimpulan Dari Makalah Berdasarkan Bahasa

Bahasa adalah komponen terpenting dalam kehidupan manusia. Manusia tidak akan dapat meneruskan kelangsungan hidup mereka dengan baik dan teratur tanpa bahasa.

Baca Juga :  Wa Iyyakum

Mereka tidak dapat berinteraksi dengan mudah dan baik jika mereka tidak berbicara bahasa antara satu dan yang lainnya, dan tanpa adanya kesinambungan ini, mereka juga tidak dapat memahami ekspresi mental atau keinginan yang diungkapkan oleh lawan interaksi mereka dalam komunikasi.

Ini juga menciptakan penghalang dan kurang terhubung secara emosional satu sama lainnya.

Kita dapat mengatakan bahwa bahasa sebagai salah satu kebutuhan yang sangat penting, yang memainkan peran sebagai pengatur kelanjutan hubungan hidup.

Bahkan, bahasanya juga bisa dikategorikan sebagai senjata paling utama untuk melindungi dirinya dan negara dari perselisihan hubungan gelobalisasi.

Kita dapat mengetahui bersama bahwasannya saat ini banyak bahasa bahasa yang berbeda dari aturan bahasa. Dengan berkurangnya kemampuan bahasa bangsa ini, juga secara tidak langsung akan mengurangi rasa nasionalisme yang tertanam di dalamnya.

Sehingga benteng pertahanan yang dibangunnya dengan kuat, akan lebih mudah untuk menghancurkan musuh.

Selain memahami orang lain, tujuan mempelajari bahasa adalah untuk dapat menyebarkan dan mengembangkan potensi pribadi yang ada dalam diri kita. Dengan keterampilan bahasa yang baik dan benar, akan lebih mudah untuk mencari hubungan dalam segala hal.

Ada salah satu tujuan paling penting yang harus kita tetapkan saat belajar bahasa. Tujuannya adalah kemahiran berbahasa. Menurut cerita Goris Keraf (2004: 1), kemahiran bahasa akan bermanfaat bagi masyarakat jika digunakan sebagai alat yang baik untuk berkomunikasi dengan orang lain, jika memungkinkan untuk mengembangkan kemampuan kita untuk mempengaruhi orang lain dalam mengembangkan kontrol sosial yang di harapkan.

Dengan demikian, perlu disimpulkan bahwa bahasa adalah sistem simbol simbol yang bermakna dan dirumuskan dengan jelas (diciptakan melalui ucapan), yang sifatnya sewenang-wenang dan kondisional, yang digunakan sebagai alat komunikasi oleh sekelompok orang untuk membangkitkan perasaan dan pemikiran.

Selain keanekaragaman bahasa juga dapat digunakan sebagai bahasa nasional. Sedangkan bahasa suatu negara adalah bahasa yang memiliki hubungan de facto atau de jure dengan seseorang dan mungkin melalui perluasan wilayah yang mereka tempati.

Panggilan ini digunakan dengan berbagai cara. Bahasa nasional dapat mewakili identitas nasional suatu bangsa atau negara. Bahasa nasional dapat merupakan penunjuk satu atau lebih bahasa yang digunakan sebagai bahasa pertama di suatu negara.

Bahasa, selain menjadi bahasa nasional, juga memiliki tujuan dari belajar bahasa. Banyak orang belajar bahasa untuk tujuan yang berbeda. Ada yang belajar hanya mengerti, ada yang belajar memahami isi bacaan, ada yang belajar untuk bisa berkomunikasi dengan lancar, ada yang belajar gengsi, dan ada yang belajar untuk berbagai keperluan khusus.

Tujuan belajar bahasa, menurut Kusmayadi, adalah kemampuan bersosialisasi dalam berbagai konteks komunikasi. Kemampuan yang dikembangkan adalah pemahaman tentang makna, peran, interpretasi, penghargaan dan ekspresi melalui bahasa. Semuanya dikelompokkan berdasarkan bahasa, pengertian, dan penggunaan.

Contoh Kesimpulan Dari Makalah Berdasarkan Sejarah

Sejarah adalah asal usul, peristiwa atau kejadian yang benar-benar terjadi di masa lalu. Tidak jauh berbeda dengan memahami sejarah, sejarah dalam hal pengetahuan atau terjemahan dari deskripsi peristiwa atau pengalaman yang benar-benar terjadi dengan masa lalu.

Baca Juga :  Contoh Teks Eksemplum

Sejarah memainkan peran yang sangat aktif dalam kehidupan manusia yang terjadi di masa lalu, sehingga setiap generasi manusia tidak akan kehilangan referensi mereka untuk kehidupan di masa depan.

Sejarah adalah sejenis ilmu yang didasarkan pada studi tentang beberapa peristiwa yang dapat diselidiki kebenarannya dan dapat dibuktikan sebagai realitas material yang benar-benar terjadi.

Ini menjelaskan bahwa sejarah adalah dasar pengetahuan yang diperoleh sebagai hasil dari berbagai studi tentang peristiwa masa lalu yang dapat dicari dalam kebenaran.

Mempelajari sejarah tidak hanya bertujuan untuk mengetahui peristiwa atau kejadian di masa dulu, tetapi juga mengajarkan berbagai bentuk pengalaman yang telah terjadi sepanjang sejarah umat manusia, baik keberhasilan maupun kegagalan.

Oleh karena itu, kajian sejarah sangat penting bagi kita sehingga kita dapat mengetahui dan mengenali akar sejarah diri kita, karena kita pasti merupakan hasil dan pencapaian dari peristiwa-peristiwa bersejarah tersebut.

Contoh Kesimpulan Dari Makalah Berdasakan Agama

Agama adalah sistem kepercayaan dan keyakinan yang mengatur hubungan manusia dengan orang lain dan hubungan manusia lainnya dengan alam semesta, yang paling penting, mengatur hubungan antara manusia dan Sang Maha Pencipta.

Agama sebagai seperangkat aturan dan norma yang mengatur hubungan manusia dengan yang goib, terutama dengan Tuhannya, mengatur hubungan manusia dengan orang lain dan mengatur hubungan manusia dengan lingkungan.

Secara khusus, agama didefinisikan sebagai sistem kepercayaan dan tindakan yang dimanifestasikan oleh kelompok atau komunitas dalam menafsirkan dan merespon apa yang dianggap goib dan sakral.

Bagi penganutnya, agama berisi ajaran tentang kebenaran yang lebih tinggi dan absolut tentang keberadaan manusia dan instruksi tentang bagaimana bertahan hidup di dunia ini dan di masa depan.

Karena itu, agama dapat menjadi bagian dan inti dari sistem nilai yang ada dalam budaya masyarakat masing-masing, serta kekuatan pendorong dan faktor kontrol untuk tindakan anggota komunitas ini sesuai dengan nilai-nilai budaya dan pengajaran agama mereka.

Agama bertujuan untuk menjadi tatanan kehidupan (aturan) yang berasal dari Tuhan, di mana ia dapat membimbing orang untuk menjadi yang baik dan mencoba untuk menemukan kebahagiaan dalam kehidupan baik di dunia maupun di masa depan.

Selain itu, agama juga berupaya untuk mengajar para pengikutnya sehingga mereka dapat mengatur hidup mereka sedemikian rupa untuk menemukan kebahagiaan bagi diri mereka sendiri atau masyarakat sekitar. Selain itu, agama bisa menjadi pembuka untuk bertemu atau berhubungan anatar Hamba dengan Sang Maha Kuasa.

Faktanya, semua agama memiliki tujuan yang sama – untuk memastikan bahwa semua pengikut mereka berperilaku baik. setiap orang memiliki keyakinan yang membuat mereka menjadi orang yang lebih baik.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua. AMIN.

Baca Juga: