Contoh Leaflet

Posted on

Contoh Leaflet – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah membahas materi pembahasan tentang Contoh Slogan Maka dipertemuan kali ini akan kembali contohsoal.co.id sampaikan materi tentang Contoh Leaflet beserta Kesehatan, Makanan, Simple, Pendidikan dan Menarik.Nah untuk lebih jelasnya bisa sobat simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Leaflet

Contoh Leaflet
Contoh Leaflet

Apa yang dimaksud dengan Leaflet ? yakni merupakan suatu lembaran kertas yang ukurannya sangat kecil yang di dalamnya berisikan sebuah pesan yang tercetak agar dapat dibagiakan atas setiap semua khalayak dan dijadikan sebagai sebuah alat informasi tentang suatu hal mengenai yang terjadi atau peristiwa.

Pada Leaflet juga dapat dikatagorikan sebagai salah satu jenis pamflet atau brosur yang sangat populer.

Dimana susunannya pada umumnya tersusun atas selembar dengan bercetakan dua muka. Namun yang khas dari leaflet ini adalah adanya lipatan yang membentuk beberapa bagian leaflet seolah-olah merupakan panel atau halaman tersediri.

Kemudian pada Leaflet kerap dipakai dalam upaya untuk menjelaskan sebuah pernyataan dengan singkat mengenai suatu masalah.

Ciri-ciri Leaflet

Di bawah ini terdapat beberapa ciri yang ada pada leaflet yang bisa sobat pelajari dan pahami bersama. Berikut penjelasannya.

  • Pada tampilan desainnya tersusun atas dua muka pada bagian halamannya, telah dirancang dengan berdasarkan bentuk lipatan kertasnya.
  • Berisikan sebuah Informasi yang lugas dan singkat.
  • Penyampaian informasinya bersifat sautu gambaran logo, produk atau perusahaan, lalu identitas lengkap, serta semua programnya.
  • Penyesuai terhadap gambar dan pesan yang diberikan sesuai dengan informasi pada leaflet.
  • Dalam penataan letak dari pada gambarnya kerap ditujukan sebagai sebuah pesan dalam bidang untuk memperoleh komposisi.
  • Mempunya pencahayaan yang menarik sehingga bisa membuat para pembaca menyukai leaflet.
  • Pada pencetakan pada lembarannya berukuran sangat kecil .
  • Bisa Dilipat menjadi dua bagian.
  • Pada teks yang tertulis tersusun atas 200 -hingga 400 kata/huruf dengan diserta oleh gambar.
  • Pada umumnya mempunyai Ukuran 20 -hingga 30 cm.

Sejarah Leaflet

Pada mulanya dalam Penggunaan leaflet kerap digunakan sebagai salah satu sarana alat komunikasi dalam bentuk promosi dengan melalui berbagai media promosi.

Hal tersebut akhirnya membuat leaflet mulai menjadi terkenal sejak tahun 1950-an (walaupun memang sudah ada sebelumnya ), namun pada saat leaflet ini belum begitu populer, hal ini disebabkan oleh gambar yang pada mulanya belum semenarik seperti yang ada pada era saat ini.

Baca Juga :  Passing Grade UI

Adapun faktor penyebabnya ialah sangat terbatas mesin yang menawarkan kualitas gambar yang baik salah satu mengenai kontras pencahayaan pada saat mencetak gambar .

Dimana pada saat itu juga semua mesin percetakan hanya mempunyai dua warna yakni hitam dan putih terbentuk sampai saat ini menjadi sangat beragam. Hal itulah yang membuat leaflet ini menjadi lebih menarik dan mulai menjadi suatu trend hingga sampai saat ini.

Bahkah hingga sekarang ini leaflet mulai hadir kembali dengan berbagai jenis bentuk serta ukuran yang berbeda, yang akhirnya banyak dimanfaat untuk dijadikan salah satu alat pemasaran yang terkenal dan menjadi bagian paling penting terhadap suatu usaha dalam mempromosikan produk atau jasa mereka.

Bentuk dan Ukuran Kertas Leaflet

Pada umumnya leaflet ini mempunyai bentuk seperti sebuah lipatan pada selembaran kertas, dengan menggunakan tekni melipat seperti rel sehingga membuat kertas tidak mudah pecah dan rusak akibat dari lipatan.

Biasanya jumlah dari lipatan pada sebuah leaflet sangat beragam, namun biasanya hanya dua lipatan saja (half-fold / single fold) atau bisa juga berlipat tiga (tri-fold), hal tersebut sesuai dengan kemampuan serta kreatififtas disainer.

Di bawah ini terdapat penejelasan mengenai teknik lipatan leaflet, yakni sebagai berikut:

  • Half fold/single fold atau disebut degan lipat dua, yang mana pada lipatan ini mempunyai luas pada lipatan yang sama atau proporsional dari masing-masing sudutnya.
  • Trifold, Ini biasanya dengan teknik lipatan yang setiap sudutnya mempunyai ukuran yang sama.
  • Window fold/gate fold, Atau lipat tiga, sudut luas dari masing-masingnya berukuran sesuai dan merata dalam pembagian sudtnya sehingga ketika dilipat akan menampakan hanya bagian tengah leafletnya saja.
  • Kemudian pada Lipat empat, yang mana dalam pembagiannya mempunya sudut dan bagian yang sama rata.

Ukuran Kertas Pada Leaflet

Pada dasarnya ketika belum dilipat biasanya kerta yang dibutuhkan yakni berukuran A4 standar, yakni sekitar 21 x 29,7 cm, namun jika sobat ingin teknik 4 pelipatan leaflet maka bisa dengan memakai kertas yang berukuran lebih panjang dari A4, dengan lebar yang sama.

Maka agar dapat memperoleh ukuran yang diinginkan, sobat bisa meminta kepada tempat penjualan kertas yang akan dipakai untuk dijadikan bahan pembuatan flyer tersebut.

Dari penjelasan pada ukuran di atas tak perlu dijadikan sebuah patokan yang mutlak, sebab sobat bisa membentuknya sessuai dengan kerasinya masing-masing .

Namun ukuran A4 bisa sangat anjuran sebab pada ukuran ini bisa dibagi hingga tak tersisah pada kertas A3 sehingga bisa membantu meminilisir pada anggaran yang akan dikeluarkan untuk percetakan.

Fungsi Leaflet dan Kegunannya

Pada umumnya leaflet terdiri atas 200 – 400 karakter atau huruf yang ditata dan disertai gambar untuk mendukung isi leaflet. Berikut adalah fungsi dan kegunaan leaflet yang wajib Anda ketahui.

Baca Juga :  Contoh Surat Keterangan Domisili

Sebagai Sarana Promosi

Adapun Fungsi yang pertama pada leaflet ialah bisa digunakan sebagai alat atau sarana dan informasi dalam bentuk promosi pada suatu produk, jasa, bisnis.

Sebagai Sarana Informasi

Kemudian untuk Fungsi leaflet yang selanjutnya biasanya kerap digunakan sebagai sebuah alat/sarana mengiinformasikan suatu bisnis, usaha, lalu tindakan, acara, dan lainnya , makan dengan cara ini setiap informasi bisa diketahui oleh berbagai masyarakat luas.

Sebagai Sarana Identifikasi

Kemudian Leaflet sangat berfungsi dalam mempromosikan suatu perusahaan dengan mencetak sebuah logo agar dijadikan sampul utama pada selebaran leaflet. Sehingga memebri kemudahan pembaca untuk membaca dan mengetahui perusahaan yang ada pada selebaran tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Leaflet

di bawah ini terdapat keterangan mengenai kelebihan maupun kekurangan yang ada pada leaflet. Berikut ini penjelasannya.

Kelebihan Leaflet

  • Bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.
  • Terhadap materi yang dicetak bersifat unik.
  • Bisa dijadikan sebagai sumber referensi.
  • Dapat menjangkau secara luas.
  • Bisa membatu berbagai media yang terkait.
  • Bisa dibagikan secara luas agar dapat dibaca setiap masyarakat.
  • Pada tulias bisa direvisi dan bisa digunakan sebagai bahan diskusi.
  • Terjangkaunya biaya produksi leaflet daripada sarana lainnya.
  • Simpel dan sangat ringan untuk dibawa kemana saja.

Kekurangan Leaflet

Berikut ini penejelasan mengenai kekurangan yang ada pada leaflet :

  • Dengan banyak kalangan penyandang buta huruf sehingga mengurangi efektivitas pada pesan yang telah dicetak.
  • Pada percetakan membutuhkan sebuah operasi yang khusus serta berbagai dukungan logistik.
  • Kemudian diseminasi menghabiskan waktu dan biaya yang besar.
  • Penggunaan terhadap fasilitasdan kordinasi yang khusus

Contoh Leaflet Menarik

Contoh Leaflet Menarik
Contoh Leaflet Menarik

Contoh Leaflet Kesehatan

Di bawah ini merupakan contoh dari leaflet kesehatan. Yakni sebagai berikut :

Contoh Leaflet Kesehatan
Contoh Leaflet Kesehatan

Contoh Leaflet Pendidikan

Contoh Leaflet Pendidikan
Contoh Leaflet Pendidikan

Contoh Leaflet Makanan

Contoh Leaflet Makanan
Contoh Leaflet Makanan
Apa yang dimaksud dengan Leaflet ?

yakni merupakan suatu lembaran kertas yang ukurannya sangat kecil yang di dalamnya berisikan sebuah pesan yang tercetak agar dapat dibagiakan atas setiap semua khalayak dan dijadikan sebagai sebuah alat informasi tentang suatu hal mengenai yang terjadi atau peristiwa.

Sebutkan Bentuk Dari Leaflet?

Pada umumnya leaflet ini mempunyai bentuk seperti sebuah lipatan pada selembaran kertas, dengan menggunakan tekni melipat seperti rel sehingga membuat kertas tidak mudah pecah dan rusak akibat dari lipatan.

Sebutkan 3 Fungsi dari Leaflet?

-Sebagai Sarana Promosi
-Sebagai Sarana Informasi
-Sebagai Sarana Identifikasi

Demikianlah materi pembahasan kita kali ini mengenai contoh leaflet, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :