Contoh Literasi

Posted on

Contoh Literasi – Literasi adalah kemampuan seseorang untuk dapat menggunakan potensi dan kemampuan pemrosesannya sendiri dan juga untuk memahami informasi saat melakukan kegiatan membaca atau menulis.

Kali ini contohsoal.co.id akan meberikan pelajaran mengenai Contoh Literasi. Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, dengan berdasarkan Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contoh.

Pengertian

Literasi adalah kegiatan atau kegiatan untuk lebih memupuk gerakan membaca dan juga menulis. Literasi memiliki begitu banyak kelebihan, salah satu kelebihan dari literasi ini adalah dapat melatih dirinya untuk lebih terbiasa membaca dan juga dapat membiasakan seseorang (siswa) untuk dapat menyerap informasi yang dibaca dan dirangkum menggunakan bahasa yang ia pahami.

Contoh Listerasi

Kelebihan literasi banyak, termasuk, antara lain, kemungkinan pelatihan untuk membiasakan membaca dan juga meyakinkan seseorang untuk mendapatkan informasi dari hasil membaca.

Pendapat Ahli Tentang Literasi

  • Alberta: tidak hanya kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga menambah pengetahuan, keterampilan dan kemampuan yang dapat membuat seseorang memiliki kemampuan untuk berpikir kritis, mampu memecahkan masalah dalam berbagai konteks, mampu untuk berkomunikasi secara efektif dan dapat mengembangkan potensi dan berpartisipasi aktif dalam kehidupan masyarakat.
  • NAEYC: adalah kegiatan atau kegiatan yang dapat mendorong anak untuk berkembang sebagai pembaca dan penulis, sehingga dalam hal ini mereka benar-benar membutuhkan interaksi dengan seseorang yang telah menguasai literasi.
  • UNESCO: pemahaman masyarakat tentang makna literasi sangat dipengaruhi oleh penelitian akademis, institusi, konteks nasional, nilai-nilai budaya dan pengalaman. Pemahaman umum tentang melek huruf adalah seperangkat keterampilan nyata, khususnya keterampilan membaca dan menulis, yang tidak tergantung pada konteks di mana keterampilan diperoleh dan siapa yang memperolehnya.
  • National Institute For Literacy (NIFL): adalah kemampuan setiap individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan bahkan memecahkan masalah pada tingkat pengalaman yang dibutuhkan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat.
  • Kern: Ada 7 prinsip pendidikan termasuk literacy yang meliputi: penggunaan bahasa, refleksi diri dan refleksi, pemecahan masalah, konvensi, kolaborasi dan interpretasi
  • Goody: adalah kemampuan membaca dan menulis.
  • Cordon: adalah sumber pengetahuan yang menyenangkan yang dapat membangun imajinasi Anda untuk menjelajahi dunia dan sains.
Baca Juga :  Permainan Softball

Jenis Dari Literasi

Literasi Teknologi

Yang dimaksud dengan literasi ini adalah kemampuan untuk dapat memahami kelengkapan suatu teknologi. Contohnya adalah perangkat keras dan perangkat lunak.

Literasi Media

Yang dimaksud dengan literasi ini adalah kemampuan untuk mengetahui berbagai bentuk media. Contohnya adalah media cetak dan elektronik.

Literasi Perpustakaan

Yang dimaksud dengan literasi ini adalah kemampuan tingkat lanjut untuk dapat mengoptimalkan literasi perpustakaan yang ada. Tujuan literasi perpustakaan adalah untuk memberikan pemahaman tentang cara-cara untuk dapat membedakan antara nonfiksi dan fiksi.

Literasi Visual

Yang dimaksud dengan literasi ini adalah pemahaman yang lebih dalam antara literasi media dan juga literasi teknologi yang digunakan untuk mengembangkan menggunakan materi visual.

Literasi Dasar

Yang dimaksud dengan literasi ini adalah kemampuan membaca, mendengarkan, berbicara, menulis, dan bahkan berhitung. Tujuan dari literasi dasar adalah untuk dapat mengoptimalkan dan meningkatkan dalam hal menulis, membaca, berbicara, berhitung dan bahkan mendengarkan.

Keuntungan Dari Literasi

  • Latih keterampilan untuk berpikir dan menganalisis.
  • Berlatihlah menulis dan menyusun kata-kata yang bermakna.
  • Tingkatkan konsentrasi dan konsentrasi.
  • Latihlah kemampuan untuk berpikir dan menganalisis.
  • Kembangkan keterampilan verbal.
  • Tingkatkan kualitas memori.
  • Tambahkan wawasan dan informasi baru.
  • Optimalkan kerja otak.
  • Ini dapat merangsang secara mental.
  • Tambahkan kosakata.

Tujuan Literasi

  • Isi waktu dengan literasi agar lebih bermanfaat.
  • Berikan penilaian kritis atas tulisan Anda.
  • Perkuat nilai-nilai kepribadian dengan membaca dan menulis.
  • Kembangkan dan kembangkan karakter yang baik.
  • Mereka dapat meningkatkan pengetahuan mereka dengan membaca semua jenis informasi yang bermanfaat.
  • Ini juga dapat meningkatkan pemahaman seseorang dengan mengambil esensi dari bacaan.

Contoh Literasi

Agar supaya bisa mengerti dari penjelasan literasi, maka anda bisa lihat contoh literasi dibawah ini:

Contoh Singkat Literasi

  • Buat dinding motivasi di kelas.
  • Program diperlukan untuk perpustakaan.
  • Baca buku non-studi sebelum proses pembelajaran dimulai.

Contoh Literasi yang Bergerak di Sekolah

Contoh Literasi Adakan Kompetisi Literasi Di Kelas

Kompetisi literasi kelas juga bisa menjadi salah satu program literasi sekolah yang menarik. Bisa dalam bentuk kompetisi gila antar kelas, kompetisi antar poster kelas, kompetisi literasi antar kelas, dll.

Nah, ini beberapa contoh gerakan literasi di sekolah yang bisa dilakukan. Seperti yang disebutkan, beberapa poin ini hanyalah contoh dan jika teman gurudigital.id memiliki program lain yang lebih kreatif, Anda dapat membagikannya di sini …

Namun, ingatlah semua contoh program gerakan literasi di sekolah yang ingin kami laksanakan, tetapi jika tidak ada kemauan dari semua anggota sekolah untuk berhasil dalam program ini, maka tidak akan ada hasil.

Contoh Literasi Adakan Kompetisi Untuk Duta Literasi Sekolah

Agenda untuk kompetisi duta literasi sekolah adalah program alternatif untuk memotivasi anak-anak ke melek huruf. Beberapa kriteria untuk menjadi duta literasi sekolah termasuk siapa peminjam sebagian besar buku di perpustakaan dalam 1 semester / yang telah berhasil menyelesaikan banyak buku untuk dibaca dalam 1 semester dll.

Baca Juga :  GAPI

Contoh Literasi Pembuatan Lembar kerja Untuk Literasi Siswa Di Setiap Kelas

Papan buletin keaksaraan adalah papan buletin untuk melampirkan karya keaksaraan siswa. Rencana kerja keaksaraan ini dapat dijadwalkan di kelas mana pun.

Contoh Literasi Buat Sudut Baca Di Berbagai Titik Di Sekolah

Pojok baca adalah tempat khusus di bagian kelas / sekolah di mana terdapat koleksi buku bacaan dan tempat duduk yang nyaman untuk membaca. Tempatnya bisa di depan ruang kelas, sudut ruang kelas, di sebelah kantin, di depan ruang guru, di dekat masjid sekolah, dll.

Contoh Literasi Buat Pohon Keaksaraan Di Setiap Kelas

Pohon keaksaraan dapat dibuat oleh siswa secara mandiri. Nantinya dedaunan pada pohon melek huruf dapat ditulis dengan nama teman sekelas / cita-cita siswa / karakter bangsawan yang akan dibuat.

Contoh Literasi Posterisasi Sekolah

Buat poster yang berisi undangan, motivasi, dan mutiara kebijaksanaan yang diterbitkan atau digantung di berbagai tempat di ruang kelas atau sekolah.

  • Baca buku-buku non-pembelajaran sebelum dimulainya proses pembelajaran
  • Buku teks yang tidak dimaksudkan di sini bisa dalam bentuk buku cerita, novel atau jenis buku lain yang mengajarkan berbagai nilai karakter, kearifan lokal, nasionalisme, dan lainnya yang lebih disesuaikan dengan tahapan perkembangan siswa.

Contoh Literasi Empati Gila Di Setiap Kelas

Pembebasan gila di setiap kelas dapat dilakukan dengan mengharuskan siswa untuk membaca secara bebas atau mencari referensi di sekolah selama setidaknya 10 menit.

Setelah itu, mintalah siswa untuk membuat laporan, esai atau ringkasan dari apa yang mereka baca atau amati dan hasilnya diposting di papan buletin kelas. Sebagai langkah pertama, program ini bisa dijalankan seminggu sekali.

Contoh Literasi Waktu Wajib Kunjungan Perpustakaan

Program kunjungan perpustakaan adalah contoh dari program gerakan literasi pertama yang dapat diterapkan di sekolah. Program ini dapat diimplementasikan dengan mengatur program sehingga setiap kelas dapat mengunjungi perpustakaan.

Tidak hanya berkunjung, tetapi juga meminta siswa meminjam buku, menyusun daftar riwayat hidup beberapa buku yang telah dibaca, dan kemudian meminta siswa mengembalikan buku.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga: