Contoh Paragraf Deduktif

Posted on

ContohSoal.co.id – Apa yang dimaksud dengan deduktif ?? nah sebelum kita masuk kepokok pembahsan, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas mengenai argumentasi. Pada materi kali ini akan kita bahas tentang contoh pargraf dedukti beserta pengertian, dekduktif pendidikan, kesehatan, lingkungan, lalulintas dan budaya beserta pengertian dan ciri-cirinya. Nah, untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Deduktif
Contoh Paragraf Deduktif

Deduktif adalah jenis paragraf yang dikembangkan dengan pola menempatkan gagasannya pada awal paragraf. Pola deduksi bermula dengan pemaparan hal yang bersifat umum kemudian menyebarkan hal khusus. dari letak kalimat utamanya yang berada di awal alinea dapat diketahui bahwa itu Paragraf deduktif.

Ciri-Ciri Paragraf Deduktif

  1. Memiliki gagasan utama yang berada di awal paragraf
  2. Pada jenis Paragraf ini lebih penjelasan mengenai sebuah masalah umum menuju masalah khusus.
  3. Dituliskan dengan menggunakan kaidah yang telah ditentukan.
  4. Bahasa yagn digunakan adalah bahasa informative dan mudah difahami.
  5. Hanya menjejelaskan satu topik permasalahan.
  6. Menggunakan alur maju.

Contoh Paragraf Deduktif

Contoh Paragraf Deduktif
Contoh Paragraf Deduktif

 

Simak paragraf deduktif yang bisa kalian analisa, silahkan dibaca.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan

Contoh Paragraf Deduktif
Contoh Paragraf Deduktif

Kebersihan merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Setiap manusia harus selalu menjaga kebersihan dirinya maupun lingkungannya. Selain itu dia juga harus menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Sebab apabila dia tidak hati-hati dalam mengkomsumsi sesuatu maka besar kemungkinan ia akan berpotensi terserang  penyakit.

Mari mulailah dari sekarang untuk dapat menjaga dan melestarikan lingkungan agar tercipta suasana lingkungan yang kondusif di tengah-tengah lingkup masyarakat yang sehat , hal ini bertujuan agar terhidar mulai dari wabah penyakit hingga bencana alam yg ditimbulkan oleh sampah yang berserakan di sungai maupun diselokan ,

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan

Contoh Paragraf Deduktif
Contoh Paragraf Deduktif

Pentingnya Pendidikan Moral

Pendidikan moral adalah salah satu pendidikan yang harus diajarkan orang tua kepada anaknya. Karena saking pentingnya pendidikan ini. orang tua harus mengajarkannya terlebih dahuli sebelum mengajarkan ilmu yang lain. Karena apabila seorang akan tidak memiliki moral, maka ia akan berbuat sesuka hatinya.

Dia tidak lagi memperhatikan tentang baik atau buruknya perbuatan yang mereka lakukan, mereka hanya mengingikan kesenangan. Pada jaman ini tidak sedikit anak yang menjadi korban kerusakan moral. Salah satu penyebab terjadinya hal ini kaena tidak terjaganya pergaulan mereka.

Baca Juga :  Bunga Majemuk

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sampah

Deduktif Sampah
Deduktif Sampah

Masalah sampah

Sampah merupakan salah satu masalah terbesar yang ada di lingkungan sekitar kita. Benda ini seakan-akan menjadi musuh yang nyata bagi setiap keluarga. Selain baunya yang sangat menggangu, ternyata sampah juga dapat memicu datangnya berbagai penyakit.

upayakan agar selalu membuang sampah pada tempatnya , agar terhindar dari wabah demam berdarah yang ditimbulkan dari nyamuk yang bersarang pada tumpukan sampah dan genangan air yang tidak terpakai.Lalu selanjutnya pisahkan sampah organik dan sampah plastik, hal ini bertujuan agar mudah diproses

kurangilah pemakaian plastik, sebab plastik sangat sulit untuk diproses, hal tersebut dapat berakibat buruk bagi lingkungan sekitar, apa bila smapah plastik tersebut kita buang disungai atau di jalanan dan di selokan.Hampir setiap detiknya ada yang meninggal disebabkan penyakit demam berdarah. Mari bersama kita jaga dan lestarikan lingkungan kita, karena sehat harus dimulai dari diri sendiri,

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lalu Lintas

Contoh Paragraf Deduktif
Contoh Paragraf Deduktif

Kemacetan merupakan suatu masalah yang sampai saat ini belum terselesaikan di kota Jakarta. Bahkan seolah masalah ini sudah dianggap menjadi masalah yang biasa untuk kota ini

Karena minimnya tranportasi umum yang disediakan pemerintah, maka sebagian orang berinisiatif untuk memakai kendaraan pribadi. Dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk meningkat jugs alat teknologi yang cagih yang bisa digunakan pada kalangan masyarakat luas, Pada peningkatan itu menjadi sebuah Faktor penyebab adanya kemacetan disuluruh penjuru ibu kota. Mereka menganggap memakai kendaraan pribadi lebih aman dan praktis.

Dari jumlah pengamatan yang mana kini di jakarta terdapat lebih dari 1jt jumlah penduduk, dan disaat bersamaan juga hampir dari sebagian mereka menggunakan jalan umum untuk semua aktifitasnya.Jadi bisa kita bayangkan bukan, dari satu juta penduduk hanya menggunakan jalan yang berukuran 5- 7 meter. tentunya hal tersebut menjadi masalah yang belum terpecahkan hingga kini.

Contoh Paragraf Deduktif Pendidikan Singkat

Contoh Paragraf Deduktif
Contoh Paragraf Deduktif

Homeschooling merupakan pendidikan yang berbasis keluarga. Dalam hal ini, keluarga mempunyai kewenangan yang luas terkait pendidikan seperti apa yang dibutuhkan oleh anak. Keluarga–khususnya orang tua–bisa menentukan apakah anak didik langsung oleh mereka atau oleh guru les yang khusus didatangkan. Orang  tua juga bisa menentukan kurikulum, buku referensi, serta aturan jam belajar yang akan diberlakukan di rumah.

Contoh paragraf Deduktif Tentang Teknologi

Contoh Paragraf Deduktif
Contoh Paragraf Deduktif

Smartphone merupakan suatu alat teknologi dimasa kini yang banyak digemari masyarakat dipenjuru dunia. Alat komunikasi ini lebih  efektif dan efisien dalam kebutuhan manusia sehari-hari. Dahulunya manusia harus kirim mengirim surat lewat pos dan memakan waktu yang lama, sekarang hanya dengan handphone waktunya sangat cepat walaupun jarak diantara keduanya amat jauh.

Hal inilah yang membuat smartphone banyak digunakan oleh semua kalangan , karena hampir sebagian dari penduduk setiap daerah yanh memanfaatkan alat ini guna untuk mempermudah dalam urusan bisnis maupun produktif  selain itu pula dapat kita rasakan tambahan lainnya yakninsebagai alat hitungt atau  kalkulator, GPS, penyimpanan foto, aplikasi, memo, kamera dan sebagainya.

Baca Juga :  Kapak Corong

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kebersihan

Kebersihan merupakan suatu keadaan yang mana lingkungan tersebut terlihat indah dan mempunyai suatu dampak yang positif , menjaga kebersihan  merupakan hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan. Hal tersebut dapt kita awali dengan menjaga lingkungan diri serta kebersihan pakaian yang kita pakai . Mulailah hidup sehat sejak dini dengan selalu sadar akan kebersihan, terapkan serta tegaskan pada keluarga maupun masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sosial Budaya

Indonesia adalah negeri yang sangat majemuk.Ada beragam agama yang di anut didalamnya serta bersuku-suku bangsa dan budaya seperti Madura, Ambon, Jawa, Batak dan sebagainya yang mempunyai ciri keunikan tersendiri. Indonesia merupakan negri terkaya dengan hasil buminya, yang tersohor diseluruh penjuru dunia

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sekolah

sekolah
sekolah

Memiliki pola fikir yang ilmiah dapat diterapkan pada siswa semenjak masih duduk di bangku sekolah dasar. Terasa us Bagaimana langkah-langkahnya? Contohnya saja, siswa diajak untuk melihat dan mencatat jenis dan jumlah tanaman bonsai yang ada di area sekolah.

Ketika sudah beranjak di bangku SMP, ajaklah siswa untuk melakukan penelitian skala kecil dengan membuat eksperimen sederhana.ketika siswa sudah berada di bangku SMA, fokus pengajaran berfikir ilmiah lebih ditujukan pada pengerjaan pelatihan, yang lebih beragam atau pengembangannnya.Maksudnya, supaya dapat berfikir ilmiah dalam belajar, siswa tidak diharuskan lagi menunggu sampai jadi mahasiswa di perguruan tinggi.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kesehatan

Contoh Paragraf Deduktif
Contoh Paragraf Deduktif

Narkoba merupakan obat terlarang yang mematikan, tercatat hampir jutaan orang meninggal akibat mengkomsumsi obat-obatan teresebut . Obata-obatan ini tidaklah baik untuk kesehatan , namun oleh sebagian orang obat ini masih banyak di digunakan untuk kebutuhan yang tidak logis.  Pada jenis narkoba kokain Menurut data, tercatat hampir sekitar 21 persen total pengguna kokain di seluruh dunia menjadi pecandu cukup dengan hanya satu kali mencobanya.

Sekali pakai, kokain akan langsung memicu rasa ketergantungan. Karena, dapat memicu hormon dopamin pada seseorang meningkat tiga kali lipat dari kadar normal — menurut tes terhadap hewan laboratorium.Maka oleh sebab itu hindarilah narkoba karena itu akan mematikanmu secara perlahan

Demikianlah materi contoh pargraf dedukti beserta pengertian, dekduktif pendidikan, kesehatan, lingkungan, lalulintas dan budaya beserta pengertian dan ciri-cirinya kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel Lainnya: