Contoh Paragraf

Posted on

ContohSoal.co.id – Paragraf adalah ? nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan, pada pertemuan sebelumnya kitda sudah membahas mengenai eksemplum. Materi pada kali ini akan kita bahas mengenai contoh paragraf deskripsi, dedukti, narasi, argumentasi, eksposisi, persuasi dan induktif beserta pengertiannya. Untuk itu mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Paragraf

Contoh paragraf
Contoh paragraf

Menurut kamus besar bahasa indonesia paragraf ialah merupakan sebuah bagian bab dalam suatu karangan yang biasanya mengandung satu ide pokok dan penulisannya dimulai dengan garis baru.

Dari definisi tersebut bisa kita perjelas bahwa paragraf merupakan bagian dari suatu karangan dan mengandung kalimat utama dan kalimat penjelas.

Pada tiap paragraf hanya mempunyai satu gagasan pokok saja dan sisanya adalah kalimat penjelas atau rincian dari gagasan pokok tersebut.

Syarat-syarat Paragraf

Syarat yang harus kita penuhi. diantaranya;

  1. Kelengkapan. secara unsur dan struktur seperti gagasan utama, kalimat utama, dan kalimat penjelas harus lengkap secara unsur dan struktur seperti gagasan utama, kalimat utama, dan kalimat penjelas
  2. Kesatuan.Barulah dapat dikatakan baik pada sebuah paragraf yang apabila mempunyai satu kesatuan antara gagasan utama dan kalimat penjelas dan saling terhubung satu sama lain secara utuh. Tujuannya adalah agar suatu kalimat tidak nanggung.
  3. Kepaduan. antara kalimat satu dengan yang lainnya saling terangkai secara serasi dan logis. Kata konjungsi biasanya terdapat pada kalimat yang mepunyai unsuir kepaduan didalamnya. Jenis konjugasi ada 2 yaitu anak kalimat dengan induk kalimat contohnya sehingga, tetapi, karena, agar dan sebagainya. Untuk jenis yang kedua adalah antar kalimat contohnya oleh karena itu, namun, disamping, bahkan, jadi, kemudian, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Paragraf Berdasarkan Tujuannya

Jenis Paragraf
Jenis Paragraf

Paragraf deskripsi

  • Pada jjenis ini biasanya terkait dengan suatu gambaran keadaan atau suatu peristiwa dengan memakai kata-kata sehingga pembacanya seolah-olah dapat merasakan, melihat, serta mengalami langsung kejadian tersebut.

Paragraf argumentasi

  • Pada paragraf ini yang yang mana berisikan cara meyakinkan para pembaca hingga pembaca dapat menerima gagasan dari sang penulis.

Paragraf persuasi

  • Jenis pada paragraf  ini yang berisikan bujukan guna mempengaruhi para pembaca supaya mengikuti pendapat dari sang penulis. Paragraf tersebut hampir sama dengan paragraf argumentasi.
Baca Juga :  Meganthropus Paleojavanicus

Paragraf narasi

  • Jenis ini merupakan paragraf yang mengenai sebuah cerita masalah atau suatu kejadian, sehingga para pembaca dapat terhibur atau terharu atas peristiwa yang sedang terjadi tersebut.

Jenis-Jenis Paragraf

Jenis Paragraf
Jenis Paragraf

Contoh-Contoh Paragraf

simak berikut ini:

Contoh Paragraf Deduktif

  • Di jaman yang serba maju pada saat ini Merk smartphone banyak sekali temui seiring bertambahnya perusahaan Teknologi yang berdiri. Begitu banyak mrek smartphone yang terkenal di eranya contohnya Samsung, Apple, Xiaomi dan Oppo. Walaupun banyak perkembangan pada era globalisasi saat ini tidakla baik bila kita hanya menghamburkan uang hanya untuk kepuasan sesaat saja dengan membeli smartphone yang tidak kita butuhkan, belilah sebagai kebutuhan.

Contoh Paragraf Induktif

  • Sekarang zaman ini perkembangan game sangat pesat, kita mengenal game PS 4 seperti GTA, PES, FiFA dan Game yang bisa dimainkan di Smartphone. Bermain permainan semacam itu memang sangat mengasyikkan,grafiknya yang sudah mendekati nyata terlebih bisa Online dengan teman lainnya.
  • Waktu demi waktu tak terasa kita tenggelam dalam permainan tersebut. Berbeda waktu kita SD, mungkin kita hanya mengenal PS 1 dan grafiknya biasa-biasa saja atau permainan di hp yang cuma berukuran paling besar 1MB.

Contoh Paragraf Campuran

  • Dalam kehidupan ini kita tidak bisa hidup tanpa udara. Udara merupakan sumber kehidupan di dunia ini selain air, silahkan kamu coba bagaimana rasanya menahan nafas selama setengah jam, pasti tubuh kita melemah dan mau pingsan.
  • Manfaat udara sangat banyak sekali, karena semua organ tubuh membutuhkannya seperti otak,  jantung, kulit dan lainnya.

Contoh Paragraf Ineratif

  • Sudah hal biasa foto yang terpampang di media sosial seperti facebook, instagram, dan twitter adalah foto anak SD bersama lawan jenisnya. Bahkan tak jarang juga foto mereka yang diupload di sosmed masih menggunakan seragam sekolah dan berada di kelas. Zaman sekarang anak SD semakin bejat saja. Tidak pernah belajar mereka seperti anak jalanan yang tidak mendapat sedikitpun pelajaran atau didikan orang tua di sekolah maupun di rumah.
  • Hal ini kita bisa mengindikasikan bahwa banyak anak seumuran  SD diberbagai daerah kurang mendapatkan perhatian orang tuanya. Orang tua di sekolah maupun orangn tua di rumah. Karena masih membolehklan membawa hp dan keluar dari pengawasan orang tua mereka.”

Contoh Paragraf Narasi

  • Elsa pergi mencari kayu bakar di hutan, Pada suatu pagi yang sangat cerah ia tak sendirian karena ia pergi bersama sang Kakek. Dia berjalan pada suatu hutan yang lebat, ia mendengar suara-suara hewan yang nyaring. Namun ia takut karena itu pengalaman pertamanya untuk mencari kayu bakar di hutan.
Baca Juga :  Manfaat Batu Bara Dalam Kehidupan Sehari - hari

Contoh Paragraf Persuasi

  • Masalah lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja namun kita sebagai masyarakat secara umum juga memiliki tanggung jawab seutuhnya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Kini sudah hampir kita rasakan  bencana melanda dimana mana malah tak sedikit korban yang terkena musibah tersebut Hal itu diakibatkan oleh kerusakan lingkungan seperti banjir, tanah longsor, gempa, dan lain sebagainya. Maka sebab itu marilah kita bersama menjaga lingkungan tetap sehat agar bencana tidak terjadi.

Contoh Paragraf Argumentasi

  • Pada smk 2 Kasih Bunda telah dinobatkan menjadi suatu sekolah terbaik di Indonesia. Banyak siswa berprestasi yang dicetak oleh sekolah ini.
  • Semau itu telah terbukti dan telah melahirkan serta mencetak juara-juara Olimpiade yang bermuara dari sekolah ini. Lebih dari itu, prestasi lain juga membanggakan selain di bidang akademik, ada bidang lain yang juga menunjukkan prestasi seperti olahraga dan kesenian.Prestasi yang cukup membanggakan tersebut tidak terjadi begitu saja, akan tetapi semua itu karena latihan dan kerja keras dewan guru dan juga pihak komite sekolah yang selalu berkomitmen untuk dapat menghasilkan anak didik dengan lulusan unggulan.

Contoh Paragraf Deskripsi

  • Pantai Nusa Penida memiliki tata keindahan alam yang menarik, khususnya bagi wisatawan yang mendambakan suasana nyaman, tenang, jauh dari kebisingan kota. Pohon-pohonnya rindang. Bentangan lautnya luas. Untuk semua pengunjung , pada sekarang ini Pantai Nusa Penida juga menawarkan keindahan ikan laut yang sedang berenang. Agar dapat selalu menjaga ekosistem kini pemerinta daerah Bali akan menata dan mengelola Pantai Nusa Penida sebagai tujuan wisata alternatif.

Demikianlah materi penjelasan pada kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita semua

Artikel Lainnya: