Contoh Soal Psikotes

Posted on

Contoh Soal Psikotes – Materi kali akan membahas mengenai Contoh soal psikotes matematika, gambar, wartegg, koran, psikopat. Untuk melengkapi pembahasan ini, simak penjelasannya dibawah ini :

Pengertian Psikotes

Contoh Soal Psikotes
Contoh Soal Psikotes

Psikotes merupakan alat atau sarana bagi psikolog untuk dapat memahami secara utuh berbagai aspek psikologi individu agar dapat memberikan gambaran (profil psikogram) setiap individu yang mengikuti tes tersebut.

Dalam psikotes atau tes psikologi ada 3 aspek yang diukur, yaitu: kecerdasan, kepribadian dan juga sikap atau cara kerja.

Aspek kecerdasan digunakan untuk mengetahui kecerdasan secara umum atau kecerdasan secara spesifik seperti kemampuan analisa atau keahlian dalam berhitung.

Aspek kepribadian dipakai untuk membangun tingkat kepercayaan diri, kemampuan beradaptasi dengan lingkungan sekitar, lingkungan baru maupun tugas-tugas baru dan lain sebagainya.

Sedangkan aspek sikap atau cara kerja digunakan untuk mengetahui semangat kerja, motivasi berprestasi, kerja sama dalam tim, kepemimpinan, inisiatif dan lain sebagainya.

Tujuan Psikotes

Adapun Haryo Utomo Suryosumarto merupakan Founder & Managing Director PT. Headhunter Indonesia menurutnya bahwa pada umumnya fisikotes mempunyai tujuan yakni mencari orang dengan karakteristik yang tepat untuk mengisi sebuah posisi di perusahaan.

Yakni seorang karyawan yang diharapkan sanggup untuk menjalankan tugas-tugas yang akan dibebankan kepadanya dengan hasil terbaik.

Karenanya, jika anda tidak pernah berhasil dalam tes psikotes kerja, janganlah bersedih hati dulu. Ungkapan  selanjutnya yakni sebuah istilah gagal dalam psikotes, karena ketika anda dinyatakan gagal itu berarti indikasi kuat bahwa anda kurang cocok dengan pekerjaan yang anda lamar tersebut.

Maka, Anda bisa mencari pekerjaan lain agar anda dapat menemukan pekerjaan yang cocok dengan anda.

Tips Mengerjakan Soal Psikotes

Berikut ini sejumlah tips untuk mengerjakan soal psikotes yang harus kamu lakukan untuk dapat mengerjakannya secara maksimal dan mendapatkan hasil yang terbaik.

  1. Aturlah istirahat kamu dengan cukup sehingga besok paginya bangun dengan keadaan badan yang sudah segar. Penuhi kebutuhan tubuh dengan sarapan pada pagi hari yang cukup dan sudah siap bertarung dalam menghadapi soal psikotes.
  2. Perlu Anda ketahui bahwasannya semakin banyak Anda berlatih soal-soal psikotes, maka semakin mantap pula kamu dalam mengerjakan soal-soal psikotes nantinya, jadi latihlah otak kamu sehingga nanti ketika melihat soal psikotes sudah menjadi hal yang biasa.
  3. Cari teman atau orang yang sudah berpengalaman dibidang menjawab soal psikotes dan bertanyalah untuk menambah pengetahuan mengenai bagaimana cara menjawab soal psikotes dengan benar dan tepat.
  4. Pastikan menulis nama kamu dan jangan sampai kelupaan karena mungkin grogi. Perhatikan waktu yang sudah ditentukan dan aturlah per waktu setiap jawaban yang akan kamu jawab jangan sampai terlalu lama berpikir pada 1 (satu) jawaban. Namun jika masih merasa belum paham, Lanjutkan dulu [pada materi soal yang berikutnya agar nanti mendapat inspirasi baru menjawab pertanyaan yang belum terjawab.
tips sukses psikotes
tips sukses psikotes

 

Contoh Soal Psikotes Dan Jawabannya

1. Contoh Soal Psikotes Kemampuan Verbal

Tes ini mencakup soal tentang sinonim (persamaan kata), antonim (lawan kata), analogi dan kolerasi makna.

Tips mengerjakan tes ini yaitu anda harus memperbanyak perbendaharaan kosakata dan juga maknanya.

Akan tetapi, Bila masalah itu sukar anda kerjakan pada waktu dekat ini. Maka alternatifnya adalah anda harus mempelajari dan menghafalkan sinonim-antonim kata, analogi maupun kolerasi makna, Terutama yang terdapat didalam contoh soal psikotes dalam buku-buku psikotes atau internet, Karena soalnya kadang hanya berkisar pada itu-itu saja.

2. Contoh soal psikotes sinonim (persamaan kata)

Adapun pada soal sinonim ini anda ditugaskan mencari dan memilih arti sinonim yang tepat dari sebuah kata.

#1 BAKU = …

  1. Perkiraan
  2. Standar
  3. Umum
  4. Normal
  5. Asli

Jawaban : 2. Standar

Pembahasan : Arti dari baku yaitu standar/tolak ukur.

#2 INSOMNIA = …

  1. Tidur
  2. Cemas
  3. Sedih
  4. Tidak bisa tidur
  5. Kenyataan

Jawaban : 4. Tidak bisa tidur

Pembahasan : yaitu arti dari kata insomnia yaitu tidak bisa tidur

3. Contoh soal psikotes antonim (lawan kata)

Pada tes antonim ini anda ditugaskan untuk mengartikan arti dari sebuah kata dan mencari lawan dari arti kata tersebut..

#1 BONGSOR = …

  1. Menumpuk
  2. Tertua
  3. Kerdil
  4. Macet
  5. Susut

Jawaban : 3. Kerdil

Pembahasan : Arti kata bongsor adalah tinggi besar. Lawan kata dari tinggi besar adalah kerdil.

#2 SEKULER = …

  1. Ilmiah
  2. Duniawi
  3. Rohaniah
  4. Keagamaan
  5. Tradisionil

Jawaban : 4. Keagamaan

Pembahasan : Makna dari kalimat kata sekuler yakni terpisah dari agama. Lawan katanya adalah keagamaan.

4. Contoh Soal Psikotes Aritmatika (Deret Angka)

Adapun tes ini merupakan terdiri dari deretan angka yang anda harus pahami polanya. Apakah pola tersebut dalam berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, persentase dan pecahan angka.

Baca Juga :  Contoh Teks Eksposisi
soal psikotes
soal psikotes

Tes logika aritmatika ini digunakan untuk mengetahui kemampuan kuantitatif, ketelitian, dan keakuratan anda dalam mengerjakan sesuatu.

Adapun tips untuk mengerjakan tes ini yaitu Anda lihat keseluruhan deret angka lalu baca polanya. Apakah berupa urutan, pengelompokan berurutan ataupun pengelompokan loncat. Jangan hanya terpaku pada 2-3 angka terdepan, karena itu belumlah mewakili.

5. Contoh soal psikotes aritmatika (deret angka)

Contoh Soal Psikotes Aritmatik
Contoh Soal Psikotes Aritmatik

#1 24 20 16 12 = …

  1. 10
  2. 6
  3. 8
  4. 4
  5. 2

Jawaban : 3. 8

Pembahasan : pada setiap angka harus dikurangi 4 dan jawaban yang benar yaitu 12-4 = 8.

#2 3 6 10 20 24 = …

  1. 48
  2. 28
  3. 30
  4. 12
  5. 32

Jawaban : 1. 48

Pembahasan : 3 (3×2=6); 6 (6+4=10); 10 (10×2=20); 20 (20+4=24). Terlihat polanya adalah n1x2 dan n2+4. Jadi, jawaban setelah 24 adalah 24×2=48.

6. Contoh soal psikotes logika matematika

contoh tes psikologi
contoh tes psikologi

*1 Oji merupakan saudara kandung abi, Mempunyai selisih usia 4 tahun lebih tua. Bintan adalah kakak Oji dan berbeda 3 tahun. pertanyaannya Bintan berusia berapa saat ini, Jika pada hari ini abi baru saja hendak merayakan ulang tahun yang ke-21?

Jawaban : Usia Bintan adalah 28 tahun.

Pembahasan :

abi = 21 tahun

Oji = 4 + abi maka Aji = 4 + 21 = 25 tahun\

Bila Bintan = 3 + Maka Oji = 3 + 25 = 28 tahun

*2 Simak keterangan bilangan berikut ini. 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, dan 14. Dari bilangan tersebut, yang tidak dapat dibagi 4 adalah, kecuali …

Jawaban : 4, 8, 12

Pembahasan : yaitu yang tidak dapat dibagi dengan 4 = 5, 6, 7, 9, 10, 11, 13, 14.

 

7. Contoh Soal Psikotes Koran/Krapelin

Soal Psikotes

Contoh soal psikotes kedua adalah tes koran. Tes Koran atau dengan nama lain yakni disebut Tes Pauli. Kenapa dinamakan demikan? Sebab Anda harus mentotal jumlah setiap dua angka (dimulai dari angka 1 sampai 9) Pada suatu kolom mulai dari kolom ujung kiri atas sampai ujung kolom kanan di kertas yang mempunyai ukuran yakni hanya sebesar koran.

Untuk lulus tes ini, Maka Anda harus konsisten dalam menjumlahkan angka-angka tersebut, walaupun angkanya sederhana, Anda harus berusaha agar jumlah angka yang Anda proses sama.

Soal psikotes koran ialah suatu tes yang mana isi dari  jawabannya merupakan struktur atau susunan yang disesuaikan dengan permintaan.

Soal Psikotes

Jumlahkan angka dari bawah ke atas, misalnya 3+1=4 maka ditulis ditengah angka yang dijumlah dengan angka 4. Bila angka yang Anda jumlahkan hasilnya lebih dari 10 maka tuliskan angka belangkanya saja. Misalnya 10, tuliskan angka 0

Tahukan Anda, bahwa yang dinilai dari mengerjakan tes koran/ tes kraepelin bukan tingginya angka yang dijumlah, namun hasil grafik dari mengerjakan tes tersebut. Upayakan Anda meraih pada grafik yang stabil, Yang sedang signifikan atau turun anjlok drastis. Buatlah patokan berapa angka yang Anda harus kerjakan dari bawah ke atas. Dengan Cara seperti itu Anda akan memperoleh grafik yang bagus.
Soal Psikotes

Klasifikasi Hasil Pengerjaan Tes Koran/  Tes Kraepelin
1. Jika didapat dari hasil grafik datar menunjukkan bahwa peserta di dalam bekerja stabil
2. Apabila diperoleh angka dengan hasil grafik naik menunjukkan bahwa peserta didalam bekerja akan menunjukkan peningkatan (dapat berprestasi)
3. Akan tetapi jika yang didapat dari hasil grafik menurun maka itu dapat menunjukkan bahwa dalam kinerja akan membuktikan penurunan pada kinerjanya (peserta mudah lelah, kurang berprestasi, mudah bosan, dan jenuh
4. Jika didapat dari hasil grafik bergelombang menunjukkan bahwa peserta dalam bekerja akan menunjukan ketidak stabilan.

Perlu dingat, waktu yang akan diberikan pada saat mengerjakan tes koran semakin lama semakin cepat. Maka oleh sebab itu Anda harus cakap dalam menggunakan waktu yang sudah diberikan tester. Yakni dengan metode lebih belajar dan berlatih dengan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tes koran/ tes kraepelin setidaknya dapat membantu Anda mepersiapkan diri sebelum tes.

8. Contoh Soal Psikotes Wartegg

bar sebelum kiri.

Nama tes ini tentulah sangat familiar di telinga anda, namun jangan salah sangka, warteg disini bukan singkatan dari Warung Tegal.

Dinamakan tes wartegg dengan “double g” karena memang diambil dari unsur nama penemunya yakni seorang psikolog dari Jerman yang bergelar Ehrig Wartegg.

Adapun pada tes ini terdiri dari 8 kotak yang mempunyai pola yang berbeda-beda. Dari mulai titik sampai dengan garis lengkung.

Adapun cara mengerjakannya adalah anda diharuskan untuk menggambar dengan melanjutkan pola-pola yang sudah ada sesuai dengan kreatifitas anda.

Cara mengerjakannya tidak berdasarkan urutan, terserah anda mau mulai dari nomor berapa saja terlebih dahulu. Jika anda sudah selesai menggambar seluruh kotak, silahkan nomori gambar dari yang pertama kali anda buat sampai dengan yang terakhir kali anda selesaikan.

Selain itu, anda juga akan diminta oleh penguji untuk memilih gambar dengan kriteria gambar tersulit, termudah, yang paling anda sukai dan tidak anda sukai. Pilih satu gambar untuk satu kriteria.

Agar anda bisa sukses dalam tes ini, selain berlatih sebelum waktu psikotes tiba, anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini :

  • Mulailah dengan gambar yang anda rasa mudah.
  • Upayakan agar menjaga kertas soal anda tetap dalam keadaan bersih. Sebab dengan cara anda menggambar dapat dinilai oleh penguji. Bila pada waktu menggambar anda terlalu banyak menghapus sehingga membuat kertas anda kotor, maka anda akan dianggap memiliki cara kerja yang tidak rapih dan lemah dalam perencanaan.
  • Adapau urutan gambar tidak boleh terlalu sesuai urutan ataupun juga terlalu acak. Karena jika terlalu sesuai urutan maka anda akan dinilai sebagai pribadi yang kaku dan konservatif.
Baca Juga :  Contoh Teks Eksposisi

Sedangkan jika terlalu acak maka anda akan dinilai sebaliknya yaitu terlalu kreatif, inovatif dan cenderung melawan aturan yang berlaku.

Jalan keluarnya yakni coba anda pakai kombinasi yang sesuai denagan urutan dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Dengan begitu, maka anda akan dinilai sebagai pribadi yang seimbang oleh psikolog.

  • Apabila anda pria tulen, usahakan jangan mulai dari nomor 5. Karena apabila anda memulai dengan nomor tersebut ada anggapan bahwa, anda memiliki kelainan seksual.
  • yang kedua silahkan gambar sesuatu yang kreatif, tidak biasa dan berbeda dari orang lain. Sebab itu dapat membuktikan tingkat prestasi dan wawasan anda yang luas.

Adapun satu lagi yang perlu anda ketahui tentang tes wartegg yaitu bahwa pada setiap kotak dalam tes ini memiliki nilai yang berbeda-beda. Sebab dari hasil gambar itu, Penguji akan mengetahui karakter yang anda punya. Seperti kemauan, kemampuan menyelesaikan masalah, keuletan, cara beradaptasi dan lain sebagainya.

wartegg tes

Di bawah ini merupakan penjelasan dari tiap-tiap kotak contoh soal psikotes wartegg :

  • Kotak 1 : Gambar titik kecil ditengah kotak : menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan adaptasi, penyesuaian diri terhadap lingkungan.
  • Kotak 2 : Gambar hurus S terbalik yang terletak di sebelah kiri atas : menunjukkan kebebasan dan fleksibiltas perasaan.
  • Kotak 3 : Gambar 3 garis vertikal dari pendek, sedang dan tinggi : menunjukkan kemauan serta ambisi untuk maju dan memperbaiki diri.
  • Kotak 4 : Gambar di sebelah kanan atas yaitu kotak hitam kecil : menunjukkan bagaimana anda mengatasi sebuah kesulitan.
  • Kotak 5 : Gambar huruf T miring di sudut kiri bawah,Membuktikan serta menunjukkan bagaimana prilaku anda dalam  bertindak dalam pemecahan sebuah permasalahan.
  • Kotak 6 : Gambar garis horisontal dan vertikal : menunjukkan bahkan dapat membuktikan bagaimana cara anda berpikir dan menyelesaikan sebuah permasalahan.
  • Kotak 7 : Gambar titik2 melengkung : memperlihatkan perasaan anda, apakah sudah stabil atau masih labil/kekanakan.
  • Kotak 8 : Adapau pada gambar garis yang melengkung, menunjukkan kehidupan sosial anda dengan orang lain.

Di bawah ini adalah beberapa contoh hasil tes wartegg yang bisa anda jadikan sebagai refrensi ketika psikotes nanti.

gambar wartegg tes

psikotest

9. Contoh Soal Psikotes Menggambar Rumah

Tes House Tree Person atau biasa disingkat dengan HTP merupakan salah satu psikotes yang dikembangkan oleh John Buck pada tahun 1948. John mengungkapkan bahwasannya sebuah gambar yang dibuat oleh seseorang bisa mewakili karakter kepribadiannya.

Adapun aalam tes ini, anda diberikan tugas untuk menggambar sebuah rumah, pohon dan manusia dalam satu kesatuan ruang.

soal psikotes gambar

Adapun poin penilaian  rumah ini yakni sebagai berikut :

  • Atap rumah mencerminkan fantasi. Jika atap menjadi poin perhatian anda, maka anda akan dinilai sebagai pribadi yang terlalu memperhatikan fantasi dalam kehidupan anda.
  • Garis dinding mencerminkan ego. Garis dinding yang tebal yang ada pada gambar mencerminkan bahwa anda mempunyai kecemasan yang berlebihan. Tetapi pada garis dan dinding yang terlalu tipis/samar mencerminkan bahwa anda memiliki ego yang lemah.
  • Pintu dan jendela mencerminkan keterbukaan. Makna gambar pintu dan jendela yang tertutup dapat diartiakan bahwa anda mempunyai pribadi yang tertutup dan kurang suka untuk berinteraksi dengan orang lain maupun lingkungan sekitar. Jika anda menggambar sebaliknya, pintu dan jendela yang terbuka, maka anda akan dinilai sebagai pribadi yang terbuka dan suka berinteraksi.
  • Tanah mencerminkan penerimaan. Menggambar tanah yang merupakan fondasi bangunan akan mencerminkan anda sebagai orang yang dapat menerima kenyataan hidup dengan baik.

10. Soal Psikotes Kemampuan Spasial

Pilihlah satu gambar sebagai jawaban yang memiliki pola lanjutan dari gamContoh Soal Psikotes Kerja dan Kunci Jawaban spasial 01

Jawabannnya (d)

Contoh Soal Psikotes Kerja dan Kunci Jawaban spasial 02

Jawabannya (c)

Contoh Soal Psikotes Kerja dan Kunci Jawaban spasial 03

Jawabannya (d)

Contoh Soal Psikotes Kerja dan Kunci Jawaban spasial 04

Jawabannya (c)

Contoh Soal Psikotes Kerja dan Kunci Jawaban spasial 05

Jawabannya (a)

Contoh Soal Psikotes Kerja dan Kunci Jawaban spasial 06

Jawabannya (c)

Contoh Soal Psikotes Kerja dan Kunci Jawaban spasial 07

Jawabannya (c)

Contoh Soal Psikotes Kerja dan Kunci Jawaban spasial 08

Jawabannya (e)

Contoh soal psikotes diatas tidak begitu sulit, akan tetapi didalam pengerjaan soal psikotes dibutuhkan kosentrasi dan sibutuhkan ketenangan yang sangat kuat. Dari pada itu Anda harus siapkan diri secara fisik dan mental.

Dengan beristirahat yang cukup, konsumsi makanan yang sehat, jaga kesehatan dengan cara olahraga teratur, Agar untuk menyiapkan pemahaman materi dengan banyak belajar sebanyak mungkin terhadap materi soal psikotes yang akan dipelajari.

Demikian materi  mengenai contoh soal psikotes  yang didalamnya juga, Terdapat beberapa latihan soal psikotes dan jawabanya, Semoga Artikel ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan serta wawasan untuk kita

Artikel Lainnya: