Contoh Surat Pribadi

Posted on

Contoh Surat Pribadi – salam bahagia untuk semua. Materi sebelumnya contohsoal.co.id telah memaparkan mengenai materi mengenai Contoh Surat Resmi. Tentunya Kali ini contohsoal.co.id akan membahas dan menjelaskan mengenai Contoh Surat Pribadi secara dari Untuk Guru, Kakak, Resmi, Teman dan Sahabat.

Contoh Surat Pribadi
Contoh Surat Pribadi

Pengertian Surat Pribadi

Surat pribadi ialah salah satu media komunikasi seseorang untuk bertukar pesan melalui jarak jauh, baik berupa kertas dengan media tulisan dan media elektronik seperti handphone, telegram atau faq. Sedangkan penggunaan surat pribadi ialah bebas dalam menggunakan kalimat bahasa yang sesuai dengan karakter penulisnya, tanpa harus menggunakan kalimat bahasa yang formal.

Ciri-ciri Surat Pribadi

Di bawah ini adalah ciri – ciri dari surat pribadi :

  • Format surat bebas dan bersifat umum.
  • Menggunakan bahasa yang relatif umum dan tidak baku, namun tetap dalam konteks kesopanan disaat menyampaikan isi surat.
  • Pesan pembuka pada surat relatih santai dan tidak formal
  • Tidak memeiliki nomor surat
  • Tidak memiliki kop surat (kepala surat)

Fungsi Surat Pribadi

Berikut ini fungsi dari surat pribadi, diantaranya adalah :

  • Mengembangkan dalam berbahasa
  • Bisa menyampaikan suatu gagasan atau ide
  • Bisa menjadi wakil penulis
  • Bisa menyampaikan suatu perasaan

Berikut ada beberapa contoh surat pribadi yang bisa menjadikan reverensi para pembaca saat ingin memberikan surat pribadi.

Surat Pribadi Untuk Kakak

10 November 2009

Untuk Kakakku Tercinta

Harun Rasyid

Di Lampung

Assalammualaikum Wr Wb

Salam hangat untuk kakaku tercinta, apa kabarmu kakak sekarang kini sudah hampir 5 tahun kakak meninggalkan rumah, kami disini sangat merindukan kakak. Terutama ayah dan ibu sangat mengharapkan sekali kakak pulang, ibu selalu menghawatirkan kakak apalagi anak-anak kakak dafa dan arkan mereka selalu menanyakan kakak.

Kini Ayah tengah jatuh sakit sudah 4 bulan ini karna serangan jantung. sekarang ayah di rawat di rumah sakit bumi waras. Kakak rindukah dirimu dengan keluarga disini yang sangat begitu mencintai dan menyayangi kakak. kak dengan segala harapan kami sekeluarga berharap kakak untuk segera dapat berkumpul lagi dengan keluarga disini. Kak tengonklah ayah yang sekarang sedang sakit, mungkin dengan kehadiran kakak menjadi obat bagi kesembuhan ayah.

kakakku yang tercinta, mungkin hanya dengan sebatas surat ini yang dapat menyampaikan pesan kami untuk kakak. Sekian dari adikmu dalam menyampaikan surata ini. Semoga kakak selalu dalam kesehatan dan Rahmat Alloh swt. kakak kami rindu padamu.

Baca Juga :  Lari Jarak Pendek

Wassalamualaikum Wr Wb

Dari adikmu

Abdul fatih

Contoh Surat Pribadi
Contoh Surat Pribadi

Surat Pribadi Untuk Guru

14 Februari 2019

To: Kepada Guruku, Ibu Putri

Di Bandar Lampung

Assalamualaikum Wr Wb

Ibu putri. Ini surat dariku Faris Khan muridmu sewaktu SMA. Ibu bagaimana kabarnya, semoga kabar ibu selalu dalam Rahmat Alloh swt dan dalam keadaan sehat walafiat.

Sebelumnya dengan berhubungan dibuatnya surat ini. Saya ingin menyampaikan bahwasannya Alhamdulillah saya telah di terima di Universitas Gajah Mada dengan nilai terbaik. Tentunya semua ini atas bimbingan dari ibu yang telah banyak berjuang mengajariku dan membimbingku. Shingga dengan bimbingan ibulah saya sampai tahapan ini.

Terimakasih atas pengabdianmu guruku, yang tanpa lelah untuk mengajari murid-muridmu. Semua itu kalian lakukan agar kami bisa menjadi manusia yang pandai dan bisa menggapai cita-cita kami. Hanya dengan doa yang bisa dapat aku lantunkan teruntuk guruku, semoga dengan segala kebaikan ibu kepada kami selam mendidik kami, Alloh selalu menjaga ibu dengan naungan Rohman dan Rohimnya.

Mungkin hanaya dengan surat sini yang dapat aku sampaikan kepada ibu. Atas pencapainku saat ini, dan selalu doakan muridmu ini agar menjadi muridmu yang bisa ibu guru banggakan. Salam santun dariku.

Wassalamualaikum Wr Wb

From: Faris Khan

Di DI Yogyakarta

Surat Pribadi Untuk Teman

17 Sptember 2010

To: Teman kecilku

Andre Kusmayadi

Di Lampung

Hai Andre teman keciku, bagaimana kabarmu sekarang tentunya dalam keadaan baik dan sehatkan. Tak terasa setelah ke pindahanku di Bandung, membuat kita tidak saling jumpa. Aku kangen sama kamu, sekarang kita sudah duduk di bangku SMP. Ia Alhamdulillah aku sekarang sekolah di SMP Negri 3 bandung, ya termasuk sekolah favorit di Bandung hehehe. Ia kamu sekarang masuk SMP mana, jangan lupa kabarin aku ya.

Sebelumnya akau juga ingin menyampaikan ucapan selamat ulang tahun untuk kamu, karnakan besok tepat ulang tahun kamu yang ke 13 tahun. Semoga di usia kamu yang ke 13 tahun ini, kamu selalu dalam keadaan sehat, semakin pinter dan di panjangkan umurnya.

Ia aku juga mau menyampaikan, Liburan sekolah nanti aku ingin datang ke Lampung untuk berkunjung ke rumah nenekku. Jadi kita bisa bertemu dan bermain bersama lagi, ya walau selama masa liburanku disana. Tapi akan aku manfaatkan waktu berliburku untuk bisa berkumpul lagi denganmu.

Baca Juga :  Passing Grade UB

Smapai sini dulu ya surat dariku, jangan lupa aku tunggu surat balasan darimu. sampai jumpa. I miss you best frends.

Wassalammualaikum Wr Wb

From: Oliv Santia Putri

Di Bandung

Surat Pribadi Untuk Sahabat

03 Januari 2008

To: Sahabat

Selamet Riyadi

Di Palembang

Assalammualaikum Wr Wb

Hai sahabat karibku, bagaimana kabarmu sekarang tentunya dalam keadaan baikkan. Oh ia, saya dengar kabar kamu sudah menikah, wah selamat ya atas pernikahanmu. Semoga hubunganmu selalu dalam Rahmat Alloh swt dan segera di berikan momongan, aamiin

Saya rindu padamu, terkadang selalu teringat masa-masa waktu kita masi SMA. Apalagi dengan tingkah konyolmu hehehe, yang selalu menghibur disaat-saat kita bersama. Jam tangan yang kamu berikan padaku selalu ku pakai, karna itulah dimana kamu memberikan jam tangan ini di saat saya sedang ulang tahun yang ke 16 tahun.

Ia aku juga ingin menyampaikan suatu kabar, bahwasannya aku ada rencana ingin datang ke palembang dalam rangka berlibur bersama istri dan anak-anakku selama 1 minggu. Semoga kita bisa bertemu, sekalian melepaskan rasa rindu yang sangat kepadamu. Nanti setelahku berada di palembang akan saya kabarkan kepadamu. Ingat ya, jangan sampai kamu tidak bisa menyempatkan waktu untuk berjumpa dengan sahabat karibmu ini. Mungkin hanya ini yang bisa sampaikan, salam buat keluargamu. sampai bertemu sahabat.

Wassalammualaikum Wr Wb

From: Adi Irawan

Di Jakarta

Demikianlah atas materi kali ini, semoga dapat memberikan pemahaman bagi pembaca. Samapi bertemu kembali di materi selanjutnya.

Jelaskan Pengertian surat pribadi ?

Surat pribadi ialah salah satu media komunikasi seseorang untuk bertukar pesan melalui jarak jauh

Jelaskan fungsi surat pribadi ?

Mengembangkan dalam berbahasa
Bisa menyampaikan suatu gagasan atau ide
Bisa menjadi wakil penulis
Bisa menyampaikan suatu perasaan

Sebutkan ciri-ciri surat ?

Format surat bebas dan bersifat umum.
Menggunakan bahasa yang relatif umum dan tidak baku, namun tetap dalam konteks kesopanan disaat menyampaikan isi surat.
Pesan pembuka pada surat relatih santai dan tidak formal
Tidak memeiliki nomor surat
Tidak memiliki kop surat (kepala surat)

Baca juga artikel lainnya: