Contoh Tajuk Rencana

Posted on

Contoh Tajuk Rencana РSetelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Contoh Teks Berita Namun pada perjumpaan kali ini akan kembali contohsoal.co.id sampaikan materi tentang Contoh Tajuk Rencana РPendidikan, Singkat, Fakta dan Opini. Nah untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Tajuk Rencana

Contoh Tajuk Rencana
Contoh Tajuk Rencana

Apa yang dimaksud dengan Tajuk Rencana ? yakni merupakan suatu tulisan yang disusun oleh suatu media massa mengenai suatu kasus peristiwa atau fenomena yang sedang berlangsung atau sedang tumbuh berkembang di tengah masyarakat (suatu peristiwa yang sedang panas-panasnya dibahas di masyarakat).

Selain Tulisan ini berbentuk sebuah opini dari lembaga penerbitan, dengan kata lain merupakan suatu karya bersama, sebab tidak bersifat pribadi sehingga pada suatu tulisan tajuk rencana, tidak boleh mencantumkan nama penulisnya. Selain itu tajuk Rencana juga kerap dikenal dengan sebutan Editorial.

Aspek-aspek Penulisan Tajuk Rencana

Contoh Tajuk Rencana
Contoh Tajuk Rencana

a.Judul

Dalam membuat judul dalam tajuk rencana harus sangat singkat, padat, jelas dan juga menarik.

Sebab dengan judul tajuk rencana yang menarik sehingga akan memberikan kesan yang sangat mudah untuk diingat oleh pembaca tersebut.

Kemudian menentukan sebuah judul, ada baiknya penulisannya tidak terlalu panjang ataupun pendek, dan juga judul harus bisa menerangkan seluruh isi yang akan dimuat dalam tajuk rencana atau editorial.

b.Latar Belakang Masalah

Pada saat akan merangkai isi yang ada di dalam tajuk rencana atau editorial, maka penulis wajib mengetahui banyak atau sepenuhnya dan harus bisa memastikan dalam menentukan latar belakang dan berbagai faktor yang akan menjadi penyebab dari sebuah masalah yang sedang terjadi dan juga semua rumor yang sedang berkembang.

c.Tokoh

Dalam tajuk rencana sering , biasanya terdapat tokoh yang akan dikaitkan dengan masalah maupun peristiwa yang akan terjadi.

d.Masalah

Dalam hal ini penulis harus bisa mengambil masalah yang kerap terjadi yang kemudian diringkas menjadi sebuah topik semenarik mungkin untuk di baca, sehingga nantinya para pembaca akan disuguhkan sebuah informasi yang bisa dipahami dengan baik dan tidak akan menimbulkan banyak kesalahpahaman dalam masyarakat.

e.Peristiwa yang dijabarkan

Dalam suatu peristiwa yang akan dipaparkan di dalam tajuk rencana harus secara runtut,yang maknanya dijabarkan secara kronologis tentang masalah yang menjadi topik pembahasan.

Selain itu penulis harus menerangkan peristiwa dengan sangat jelas. Maka dengan demikian hal tersebut biasanya di akhir paragraf ada sebuah penegasan ulang.

f.Opini penulis

Kemudian selanjutnya opini atau pendapat dari penulis bisa disampaikan dengan cara yang sangat sopan,santun dan tentunya harus enak dibaca.

Selanjutnya biasanya pada sela-sela pembahasan selalu diselipkan sedikit lelucon, akan tetapi harus tetap elegan.

Sehingga dalam tahapan ini penulis akan memberikan berbagai tanggapan tentang rumor /permasalahan yang sedang berlangsung.

Baca Juga :  Permainan Softball

Kemudian penulis juga akan mencoba akan memberikan sebuah pandangan kritis tentang masalah yang akan tersebar dikalangan masyarakat.

g.Saran dan solusi permasalahan

Kemudian bukan hanya memberikan suatu masukan atau kritikan tentang sebuah permasalahan yang sedang terjadi, penulis juga harus dapat menyarankan sebuah solusi atas peristiwa yang sedang berlangsung.

Dimana pada penulis akan memberikan beberapa saran dengan berbenuk suatu solusi yang dianggap bisa membangun.

Kemudian hal yang harus penulis ingat bahwa ia tidak boleh memberikan banyak saran dalam bentuk ejekan atau cemoohan atau bahkan merendahkan pihak yang lainnya.

h.Kesimpulan

Kemudian setelah menerangkan dan memberikan berbagai saran dari apa yang menjadi permasalahan yang sudah terjadi, maka langkah yang berikutnya ialah penulis harus menentukan kesimpulan akan isi dari teks tajuk rencana.

Kemudian kesimpulan yang kerap ditulis harus sesuai dengan isi dari tajuk rencana, sehingga tidak akan menyebabkan suatu karancuan.

Syarat-syarat Sebuah Tajuk Rencana

a. Bahasa Semiformal

Dalam penggunaan tulisan ini juga biasanya bisa dijumpai didalam surat kabar sehingga tidak bisa dikatagorikan sebagai sebuah tulisan yang ilmiah.

Sebab dalam hal ini , yang mana bahasa yang akan dipakai tidak harus bersifat baku dan juga formal.

Penulis juga dapat menggunakan bahasa semiformal yang sudah dinggap sangat akrab pembaca jumpai dalam kehidupan sehari-hari, akan tetapi dengan ejaan ataupun kaidah yang baik dan juga benar.

b. Isi Singkat dan Padat

Kemudian dalam hal ini menegaskan bahwa tajuk rencana bukanlah suatu esai ataupun makalah yang cukup kalian tuliskan perkara dan opini dengan secara singkat.

Selain itu juga hindari suatu pernyataan yang terkesan mengulang-ulang. walupun begitu, selalu pastikan juga masalah, opini, maupun saran akan di sampaikan dengan secara baik dan juga menyeluruh.

c. Pilih Isu yang Relevan

Kemudian pada tajuk rencana juga mempnunyai menrangkan suatu informasi maupun sebuah pandangan terkini tentang topik yang masih hangat di perbincangkan.

Maka dalam penulisannya , harus bisa memastikannua isu yang akan kalian tentukan dan merupakan suatu perkara yang memang cukup dibicarakan oleh masyarakat.

d. Harus Fungsional

Dalam hal ini pada tulisan yang akan dibuat bukanlah hanya untuk sekedar menyelesaikan masalah, akan tetapi dapat digunakan juga untuk mengemukakan suatu gagasan dalam sebuah penyelesaian dari adanya persoalan.

Kemudian selalu pastikan juga mengenai saran atau solusi itu masuk akal dan bisa diaplikasikan agar tajuk rencana yang kalian buat bisa benar-benar fungsional dan juga bisa membantu berbagai masalah yang tengah dihadapi oleh kalangan masyarakat.

Ciri-ciri Tajuk Rencana

Contoh Tajuk Rencana
Contoh Tajuk Rencana

Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri yang dimiliki dari sebuah tajuk rencana, yakni seperti yang ada di bawah ini:

  • -Di dalamnya berisi ulasan masalah secara logis.
  • -Di dalamnya terkandung opini dari sang penulis tersebut.
  • -Bisa mewakili dalam Menyampaikan sebuah saran yang dinilai bisa memberikan sebuah solusi atas topik perkara yang sedang dibahas.

Contoh Tajuk Rencana Tentang Pendidikan

Bullying Anak Sekolah, Salahnya Siapa?

Pada era sekarang ini dimana pergaulan anak sekolah sekarang ini tengah hangat diperbincangan oleh setiap kalangan masyarakat.

Baca Juga :  Pameran Seni Rupa

Dengan banyaknya berbagai video pembullyan yang beredar dikalangan anak sekolah smp/sma. Bahkan yang menjadi pelaku ataupun korbandari adanya kasus pembullyan ini masih merupakan teman sekolahnya sendiri.

Pada umumnya peristiwa ini kerap terjadi dikalangan siswa baru. Dimana yang menjadi pelakunya ialah salah satu siswa seniornya.

Bahkan siswa senior tersebut tidak segan lagi untuk bisa mempermalukan juniornya misalnya seperti memberikan hukuman dengan menyakiti junioenya dengan secara fisik ataupun berbagai tindakan yang bersifat negatif yang lainnya.

Adanya kasus bullying ini sudah sangat kerap terjadi setiap kalangan anak sekolah seolah sudah menjadi sebuah tradisi dikalangan siswa baru.

Bukan hanya itu saja tindakan ini bahkan seolah sudah menjadi suatu budaya yang terjadi dikalangan senior dalam memberikan pelajaran terhadap juniornya walaupun dengan menggunakan cara yang salah. Lantas dalam hal ini, siapa yang bisa disalahkan atas kejadian ini?

Jika kita perhatikan dalam beberapa tahun belakangan ini, biasanya kerap terjadi ketika sekolah sedang menyelenggarakn kegiatan MOS yang dijadikan oleh para senior sebagai sarana pembullyan terhadap juniornya, hal ini terjadi baik masih dalam tingkat SMP, SMA, dan juga bahkan dilingkungan perkuliahan.

Seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya tujuan diadakannya kegiatan MOS supay dapat memperkenalkan suatu keadaan lingkungan sekolah terhadap para siswa baru, dengan cara melatih kekompakan antar siswa yang terlibat di dalam kegiatan tersebut, serta berbagai hal lainnya yang berkaitan dengan hal yang positif.

Akan tetapi seolah semua berubah dan tak jarang kegiatan tersebut disalah gunakan untuk melakukan berbagai hal yang dianggap bersifat negatif serat adanya kekerasan fisik di dalamnya.

Hingga akhirnya kegiatan MOS ini sekarang sudah dihilangkan atau dihapuskan bahkan sudah dirubah sistemnya.

Dimana kegiatan MOS pada saat ini kerap dilakukan oleh berbagai pihak guru dalam memberikan bekal terhadap semua para siswa yang baru yang sudah disesuaikan dengan peraturan Permendikbud Nomor 18 tahun 2016 tentang memperkenalkan Lingkungan Sekolah terhadap setiap para Siswa/siswi Baru.

Namun nyatanya hingga sekarang ini masih terdapat beberapa dari sisa pembullyan yang terjadi dikalangan anak sekolah.

Maka dalam hal ini siapa yang akan bisa disalahkan? Jika tindakan pembullyan kerap berlangsung disetiap leingkungan sekolah maka yang dapat disalahkan ialah pihak dari sekolah tersebut sebab dianggap sudah lalai dalam memberikan pengawasan terhadap kegiatan para siswanya.

Akan tetapi apabila tindakan bullying tersebut dilakukan diluar sekolah maka siapa yang patut disalahkan yakni yang bisa disalahkan ialah seorang pelaku dan juga dari pihak orang tua sebab dianggap telah lalai dalam mendidikik perilaku anak anaknya.

Apa yang dimaksud dengan Tajuk Rencana ?

yakni merupakan suatu tulisan yang disusun oleh suatu media massa mengenai suatu kasus peristiwa atau fenomena yang sedang berlangsung atau sedang tumbuh berkembang di tengah masyarakat (suatu peristiwa yang sedang panas-panasnya dibahas di masyarakat).

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai contoh tajuk rencana, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :