Contoh Tanda Terima

Posted on

Contoh Tanda Terima – Pada perjumpaan kali ini akan contohsoal.co.id sampaikan materi pembahasan tentang contoh tanda terima beserta Barang, Dokumen, Uang, Surat dan Pembayaran. Namun diperjumpaan sebelumnya juga telah contohsoal.co.id sampaikan materi pemabahasan tentang Contoh Resensi Nah untuk lebih jelasnya, maka yuk kita simak ulasan selengkapnya sebagai berikut ini.

Apa Itu Tanda Terima?

Contoh Tanda Terima
Contoh Tanda Terima

Apa yang dimaksud dengan Surat tanda terima? yakni merupakan suatu tanda alat bukti yang secara langsung dikirimkan oleh sebuah perusahaan yang mempunyai hubungan terhadap yang menerima barang maupun jasa yang diberikan.

Pada umunya, dalam penyerahan surat ini biasanya selalu disertai dengan suatu produk tertentu dalam suatu jasa ekspedisi. Secara umum, dokumen ini sangat berbeda dengan kwitansi. Lantas, apakah perbedaannya?

Namun pada dokumen ini sangat berbeda dengan kwitansi. lalu , apakah yang menjadi perbedaannya?

Adapun yang membedakannya ialah dalam penyerahan sebuah tanda terima yang mana apabila pada produk tersebut sudah dikirimkan kelokasi yang tertuju.

Dan disamping itu juga, yang mana kwitansi ialah merupakan sebuah tanda bukti yang bersifat sah dalam transaksi pembayaran sudah dilakukan.

Dalam istilah lain, pada suatu surat tanda terima yang sudah diperoleh atau diterima terhadap pihak pembeli hal tersebut berbeda jika dibandingkan dengan kwitansi (sebab harus menunggu tagihan dilunasi terlebih dahulu).

Adapau alasan dalam pemberian jenis surat ini ialah guna memastikan apabila barang atau produk sudah benar diterima dengan secara utuh kepada pihak pembeli.

Sehingga dengan demikian, membuat pihak penjual tidak harus melakukan pemerikasaan ulang terhadap pihak dari jasa ekspedisi mengenai keberadaan atas barang atau produk yang menjadi milik dari konsumennya.

Komponen Surat Tanda Terima

Apabila sobat sekalian bergerak dalam bidan penjualan maupun layanan, Kemudian sobat menjul sebuah produk tersebut pada salah satu pelanggan.

Maka dalam melakukan prosesi pembayarannya sobat harus menyertai sebuah surat tanda terima yang nantinya sebagai salah satu bukti dari transaksi pembayaran atas produk yang sobat tawarkan pada pelanggan.

Namun dalam pembuatan surat tanda terima tersebut, yang harus ada di dalamnya ialah berikut penjelasannya: 

  • Identitas dari perusahaan Sobat , misalnya simbol dari pada Perusahaan, kemudian nama, alamat, Tlp /email 
  • Keterangan Waktu lengkap dengan keterangan Bulan,tanggal dan juga tahun
  • Kemudian jenis dari pada produk atau layanan yang ditawarkan
  • Jumlah dari pada harga dari produk/ layanan yang ditawarkan dengan keterangan meliputi, PPN (apabila diberlakukan), dan juga discount harga (apabila ada)
  • Kemudian penetapan Metode pembayaran yang digunakan oleh terhadap pelanggan, baik secara kredit maupun tunai dan juga melalui proses transfer dan lain sebagainya.

Contoh Tanda Terima

Untuk sobat sekalian yang telah bekerja, baik di dalam suatu perusahaan ataupun di instansi di dalam kursi pemerintahan, maka kemungkina besar sobat sudah memahami lebih jelas dalam enggunakan cara kerja atas surat tanda terima ini .

Sebab dalam penulisan surat inipun terbilang tidak terlalu sulit pasalnya sudah sangat banyak contoh atas surat yang dapat sobat gunakan sebagai bahan referensi.

Nah untuk lebih jelasnya bisa sobat sekalian simak berbagai contoh yang sudah contohsoal.co.id sajikan di bawah ini.

Contoh Tanda Terima Pembayaran

Di bawah ini merupakan sebuah contoh tanda pembayaran.

PT. TRANDING BLOGSITE
SERVICE- SALES – SPAREPART
Jl. Santri soleh No. 123, B.Lampung
Telp022200; Fax. 0222012

SURAT TANDA TERIMA
Nomor : 345/TK/9/2019

Baca Juga :  Contoh Teks Negosiasi - Pengertian, Kaidah, Unsur, Ciri dan Strukturnya

Bahwasannya dari keterangn identitas yang ada di bawah ini, telah menyatakan atas penerimaan uang tunai sejumlah Rp. 24.000.000 (dua puluh empat juta rupiah) dari :

Nama:RIzallul Gaib
NIK:0000123000889
Alamat:Jl. kelapa warna No.6 B.Lampung

Dalam bentuk pembayaran secara lunas untuk 1 (satu) unit Kendaraan bermotor Tipe Honda Sonic 150 R Tahun Pengeluaran 2019.

Sekian atas surat tanda terima ini yang telah dibuat dengan sebaik-baiknya, agar dapat difungsikan dengan sebagaimana mestinya.

B.Lampung , 24 September 2019

Penerima,
Kasir PT. Trading Blosite.

Guntur Saketi

Contoh Tanda Terima Barang

Pada saat sobat melakukan penerimaan atas sebuah barang dari pihak lain, maka sobat semua dapat mengeluarkan dari jenis surat tanda terima ini agar dapat diberikan terhadap orang tersebut.

Sehingga dengan surat tersebut juga sobat semua dapat menerangkan secara detai tentang produk atau barang yang sudah sobat terima.

Kemudian menjelaskan nama orang yang memberikan, dan juga kapan waktu barang tersebut telah diterima.

Agar sobat semua bisa lebih jelas dalam mengnal jenis dari surat ini, maka mari perhatikan contoh surat tanda terima produk berikut ini.

PT. JAYAMAHE
Jl. M.Yunus No. no 2, B.Lampung
Telp.00002323, Email : Jayamahe@
Website : –

SURAT TANDA TERIMA
No. 11/BI/BAB/XI/19

Keterangan bahwa hari ini Senin, 24 September 2019, Saya yang bertanda tangan di bawah ini sudah menerima atas 1 (satu) unit TV Mrek Bomba dari :

Nama:Rizalludin
NIK:00000989098
Jabatan:Hamba Sahaya
Departemen:Elektronick Center PT. Jayamahe

Adapun Tv itu ialah agar dapat difungsikan oleh penerima untuk dijdikan sebagai barang yang saya berikan dengan cuma-cuma dalam rangka gebyar ulang tahun peruhaan.

B. Lamoung, 24 September 2019

Yang Menerima,

Safrizal S.K.D Mpd. S.o.g MC

Contoh Tanda Terima Dokumen

Di bawah ini terdapat sebuah contoh dari surat tanda terima dokumen yang bisa sobat jadikan sebagai acuan dalam penyusunannya, yakni sebagai berikut.

PT. SEHATLAH SELALU
Jl. Mahkota Dewa No. 123 B.Lampung
Telp. 00098989, Email : Padebaekarokita@gmail.com
Website : –

TANDA TERIMA
No. 17/BVSA/OPM/XI/19

Berkaitan dengan dilangsungkannya sebuah proses jual beli rumah yang PT. Sehatlah Selalu langsungkan, maka dengan tangan di bawah ini Menjadi pernyataan bahwa saya telah menerima atas sertifikat hak milik (SHM) rumah dengan seluas 9 rante atas angga murjana yang beralamat di Jl. pangeran antasari. sukmulya No. 123, B. Lampung, dari :

Nama:Safrizal
NIK:0909099
Pekerjaan:Anggota Dewan DPR RI
Alamat:Jl. Kelapa warna 6 No.2 B. Lapung

Maka dengan berkaitan atas penerimaan SHM rumah yang sudah tersebut di atas, jadi bersamaan dengan ini kami juga akan menyerahkan kuitansi pembayaran kepada Safrizal dengan sejumlah uang tunai bernilai Rp. 95.000.000 (sembilan puluh lima juta rupiah).

Sekianlah atas tanda terima ini yang sudah kami buat dengan berdasarkan kondisi yang sebaik-baiknya , agar dapat dipergunakan dengan sebagaimana mestinya.

B.Lampung, 24 September 2019

Penerima,
Direktur PT. Sehat Selalu

DRS. Ir Kh,Prof Sfrizal Sueb Alfatihah

Contoh Tanda Terima Uang

Hampir setiap manusian hidup tentunya membutuhkan yang namanya uang dan akan bermain main dengan yang namanya uang.

Maka oleh sebab itu apabila sobat sekalian telah menerima sejumlah uang apapun dari orang lain, maka hal pertama yang hari dilakukan ialah membuat sebuah surat tanda terima bagi pihak pemberi.

Dalam kasus ini untuk mengantisipasi dan juga sebuah proses pencegahan adanya penyalahgunaan uang atas tersebut. Agar sobat mengerti tentang bagaimana cara membuat sebuah surat tanda terima, maka simak penjelasan yang ada di bawah ini.

PT. Mundur Kena Maju Kena
Jl. M. yunus Gg kelapa warna2 No. 22, B. lampung
Telp. 0090909, Email : –
Website : –

Baca Juga :  Contoh Amplop Lamaran Kerja

TANDA TERIMA
No. 11/IZAL/BSML/XI/19

Keterangan ahwa pada hari ini Senin, 24 September 2019, bersamaan dengan ini kami yang bertanda tangan di bawah ini yang sudah menerima suatu pembayaran dengan berupa uang tunai sejumlah Rp. 45.000.000 (empat puluh lima juta rupiah) sebagai pembayaran atas pembelian Tv dari :

Nama:Safrizal
Jabatan:Presiden PT
Perusahaan:PT. Semoga Berkah
Alamat Perusahaan:Jl. Klp warna No. 123, B. Lampung

Sekianlah dibuatnya surat tanda terima uang ini semoga dapat dipergunakan dengan sebagaimana mestinya.

B. lampung, 24 September 2019

Penerima,
Presiden PT. Maju kena Mundur Kena,

Drs. Ir .Prof H. Safrizal Spd. Mpd. S.o.g. Bpd

Contoh Tanda Terima Berkas

Pada saat sobat menerima suatu berkas yang sangat penting dari orang lain, maka dengan demikian sobat juga harus menggunakan surat tanda terima.

Dimana natinya penggunan terhadap surat tanda terima tersebut musti sobat berikan terhadap orang yang sudah memberikan berkas tersebut.

Nah dibawah ini terdapat sebuah contoh surat tanda terima berkas yang bisa sobat jadikan acuan untuk menyusun surat yang ada bawah ini.

PEMERINTAH KOTA BANDAR LAMPUNG
DINAS KEBUDAYAAN & PENDIDIKAN
SMAN 1 BANDAR LAMPUNG
Jl. Klp Warna 6 No. 123, B. Lampung
Telp. 009098-9898; Fax : 0909-8989
Email : –

TANDA TERIMA
No. : 222/SMAN1/09/19

Bersamaan dengan keterangan ini kami sudah menerima berkas berupa sebuah Ijazah untuk dijadikan persyaratan dalam menerbitkan Ijazah SMA dari siswa :

Nama:Intan Permatasari
NISN:98657436
Kelas:XII IPA – 2 SMA Negeri 1 Medan
Alamat:Jl. Amal No. 123, Medan

Sekianlah keterangan surat tanda terima ini kami yang sudah kami buat dengan yang sebenarnya, denganharapan dapat difungsikan bagi siswa yang terkait agar mengambil kembali Ijazah-nya untuk kemudian hari.

B. Lampung, 24 September 2019

Penerima,
Bpk Kepala pimpinan Kurikulum,

Drs. Ir Prof.H Angga Murjana SH. Spd. Mpd Xcom.

Contoh Surat Tanda Terima Pembayaran DP Rumah

Untuk sahabat sekalian jika merupakan salah satu bagian dalam sautu perusahaan properti ataupun jual beli rumah pastinya sangat familiar mengenai persoalam bayar-membayar dam memberikan sebuah DP baik untuk pembelian properti maupun rumah.

Nah pada saat sahabat sekalian melakukan suatu penyerahan Dp maka sebagai tanda bukti pembayaran , sahabat harus membuat sebuah surat tanda terima. Lantas bagimana cara membuatnya berikut contohnya.

PT  ANGIN RIBUT JAYA MARADUA
Jl. Kelapa Warna No. 5  Pematang wangi, Tanjung senag Bandar Lampung
Telp. 02x xxxx Fax. 02x xxxx Hp. 0812xxx
Website: www.contohsoal.co.id

SURAT TANDA TERIMA
No. 20/KIA/TSP/XI/19

Dengan surat ini yang bertanda tangan berikut ini, bahwasannya sudah menerima secara langsung sejumlah uang sebagai DP Rumah yang berlokasi Perum Ainda Asri, Jl. M.yunus No. 4a Yang diterima oleh PIHAK KEDUA dengan nominal Rp. 40.000.000.

Nama:Safrizal SE
Alamat:Jl. Pangeran No. 456, Bandar Lampug
NIK:00009998899000
Pekerjaan:PLL

Sekian surat tanda terima ini kami susun supaya bisa dipergunakan dengan sebagaimana mestinya.

Bandar lampung, 14 Juni 2019.

Yang Menerima,

Bagus Alfatih

Contoh Surat tanda terima Adalah?

yakni merupakan suatu tanda alat bukti yang secara langsung dikirimkan oleh sebuah perusahaan yang mempunyai hubungan terhadap yang menerima barang maupun jasa yang diberikan. Pada umunya, dalam penyerahan surat ini biasanya selalu disertai dengan suatu produk tertentu dalam suatu jasa ekspedisi. Secara umum, dokumen ini sangat berbeda dengan kwitansi. Lantas, apakah perbedaannya?

Sebutkan Beberapa komponen Penting Yang harus ada di dalam surat Tanda Terima?

-Identitas dari perusahaan Sobat , misalnya simbol dari pada -Perusahaan, kemudian nama, alamat, Tlp /email 
-Keterangan Waktu lengkap dengan keterangan Bulan,tanggal dan juga tahun
-Kemudian jenis dari pada produk atau layanan yang ditawarkan
Jumlah dari pada harga dari produk/ layanan yang ditawarkan dengan keterangan meliputi, PPN (apabila diberlakukan), dan juga discount harga (apabila ada)
-Kemudian penetapan Metode pembayaran yang digunakan oleh terhadap pelanggan, baik secara kredit maupun tunai dan juga melalui proses transfer dan lain sebagainya.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai contoh tanda terima, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :