Contoh Teks Berita Beserta Pengertian, Ciri, Jenis, Struktur dan Kaidah

Posted on

Pengertian Teks Berita – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian teks berita, Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini

Pengertian Teks Berita

Contoh Teks Berita
Contoh Teks Berita
Teks Berita adalah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa atau infomasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi. Contoh  berita ini dapat dipraktekan secara lisan yang sering sekali kita dengar dan lihat di televisi, dan secara tulisan yang dapat kit baca di media cetak.

Ciri-ciri Teks Berita

Untuk mengenal jenis teks bahwa teks itu mengandung sebuah teks berita jadi kita harus mengetahui ciri-ciri dari teks berita itu sendiri, ciri-ciri teks berita ini selalu dilibatkan sebagai unsur pembuatan teks berita. Maka jika anda akan membuat sebuah teks berita jangan lupa untuk melibatkan ciri-ciri teks berita.
Ciri-ciri dari teks berita meliputi faktual, aktual, unik dan menarik, berpengaruh bagi masyarakat luas, melibatkan waktu dan awal kejadian, objektif dan memakai bahasa baku, untuk lebih jelasnya adalah sebagai berikut:

1. Faktual

Faktual -Ialah suatu peristiwa yang bersifat nyata, benar-benar terjadi dan tidak terikat oleh waktu, baik kejadian itu terjadi saat ini, atau di masa lalu.
Dalam teks berita harus terdapat unsur terkini, terbaru, terhangat, baru saja atau sedang terjadi. Makna terbaru disini, dapat berartikan fakta terbaru yang ditemukan dari suatu peristiwa lama, atau peristiwa yang baru saja terjadi

2. Aktual

Aktual ialah suatu kejadian yang bersifat nyata dan benar-benar terjadi dan sedang hangat – hangatnya (viral) dan menjadi pembicaraan orang banyak, bersifat ke kinian atau baru.

3. Unik atau menarik 

Adapun teks berita haruslah unik atau berbeda penyampaiannya dengan yang lain dan dikemas dengan kata-kata yang menarik yang dapat menarik perhatian pendengar atau pembacanya.
Unsur menarik maksudany adalah berita harus menimbulkan rasa ingin tahu, dan ketertarikan dari masyarakat untuk menyimak isi berita tersebut. Peristiwa yang menarik dan diminati oleh masyarakat biasanya bersifat menghibur, aneh, memiliki unsur kedekatan, mengandung nilai kemanusiaan, mengandung unsur seks, kriminalitas dan konflik.

4. Berpengaruh bagi masyarakat luas

Teks berita haruslah memberikan pengaruh/dampak terhadap masyarakat sebagai pendengar.

5. Terdapat waktu dan tempat kronologi kejadian

Teks berita biasanya selalu dilengakapi dengan runtutan waktu kapan terjadi dan juga kronologi kejadian atau bagaimana peristiwa yang menjadi berita terjadi.

6. Objektif

Objektif adalah bahwa berita yang disampaikan benar-benar berita sebenarnya tanpa dipengaruhi oleh pandangan atau opini pribadi.

7. Bahasa baku, sederhana, dan komunikatif

Bahasa yang digunakan di dalam teks berita pada umumnya menggunakan bahasa sederhana dan komunikatif. Bahasa baku ialah salah satu dari bermacam-macam bahasa yang cara pengucapan dan penulisannya sesuai dengan kaidah-kaidah standar. Kaidah pada umumnya dapat berupa pedoman ejaan yang disempurnakan (EYD), tata bahasa baku, dan kamus umum.

Struktur teks berita

Struktur teks berita yaitu susunan mengenai cara teks tersebut dibangun/dibuat. Adapun struktur teks berita adalah sebagai berikut:

a. Orientasi Berita, 

Orientasi berita berisi mengenai pembuka dari suatu peristiwa yang diberitakan. Biasanya terdapat penjelasan singkat mengenai berita tersebut.

b. Peristiwa, 

Peristiwa berisi tentang jalannya suatu kejadian dari awal sampai akhir yang didasari pada peristiwa yang terjadi dan dijelaskan berdasarkan fakta dari lapangan.

c. Sumber Berita,

Berisi mengenai sumber didapatnya berita tersebut. Biasanya berita yang diberikan nara sumber dan dituliskan pada media cetak seperti koran, tapi tidak jarang media elektronik juga menyertakan sumber berita terutama di Internet.

Kaidah kebahasaan teks berita

Kaidah kebahasaan yang pakai dalam teks berita ialah sebagai berikut:

1. Verba transitif 

Transitif yakni jenis verba yang dapat diubah ke bentuk pasif.
Contoh : Pejabat Eseleon Kementerian Kalautan dan Perikanan Indonesia menuduh kapal-kapal asal Vietnam telah lebih dari 1.400 kali menabrak kapal-kapal dilokasi dekat dengan anjungan pengeboran minyak yang kontroversial di wilayah laut Indonesia.

2. Verba pewarta

Verba pewarta adalah verba yang mengindikasikan suatu percakapan.
Contoh: Dalam tayangan televisi di Iran, Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi mengatakan bahwa pertemuan di Geneva, Swiss, itu juga membahas sanksi yang telah merusak ekonomi negara yang sangat bergantung pada minyak tersebut.

3. Adverbia atau kata keterangan

Adveria adalah kelas kata yang memberikan keterangan kepada kata lain.

4. Konjungsi temporal

Konjungsi temporal yaitu kata hubung/sambung yang berhubungan dengan waktu.
Contoh : kemudian, setelah, akhirnya.

5. Kalimat langsung

Kalimat langsung ialah sebuah kalimat yang mana hasil kutipan langsung dari pembicaraan seseorang yang sama persis seperti apa yang dikatakannya.

6. Kalimat tidak langsung

Kalimat tidak langsung yaitu kalimat yang melaporkan atau memberitahukan ucapan/perkataan orang lain dalam bentuk kalimat berita.

7. Bahasa yang digunakan:

  • sederhana
  • Menarik
  • Singkat, padat dan jelas
  • Komunikatif
  • Netral atau objektif
Baca Juga :  Contoh Surat Dinas

 

Perbedaan Teks Berita dan Teks Non Berita

Teks berita dari susunan dan strukturnya sangat berbeda dengan teks non berita, untuk mengetahui lebih lengkap tentang perbedaan teks berita dan teks non-berita yakni sebagai berikut:

Teks Berita

  • Faktual dan aktual
  • Dibuat oleh wartawan
  • Susunan piramida terbalik (menjelaskan hal pokok di awal)
  • Bahasa komunikatif
  • Tidak mencantumkan opini pribadi

Teks Non-Berita

  • Faktual
  • Dibuat oleh ahli dalam bidangnya
  • Induktif (hal pokok di akhir)
  • Bahasa sesuai jenis teks
  • Mencantumkan opini pribadi

 

Teknik Membacakan Berita

Teks berita harus didukung oleh penyampaian atau cara membacakan berita yang dapat mendukung peminat pada berita tersebut, Teknik membacakan berita adalah sebagai berikut:

1. Lafal 

Lafal ialah suatu cara pada sekelompok orang dalam mengucapkan bunyi bahasa. Bunyi bahasa Indonesia meliputi Vokal, konsonan, diftone, gabungan konsonan.

2. Tekanan/Nada

Tekanan atau nada ialah tinggi rendahnya lafal pengucapan suatu kata. Dalam hal ini nada bertujuan untuk memberi tekanan khusus pada kata-kata atau kalimat tertentu

3. Intonasi 

Intonasi adalah naik turunnya lagu kalimat. Intonasi berfungsi sebagai pembentuk makna kalimat.

4. Jeda 

  • Jeda adalah perhentian lagu kalimat. Jeda terdiri dari 3 jenis yaitu :
  • Jeda panjang ( . ) titik
  • Jeda sedang ( , ) koma
  • Jeda pendek ( _ ) spasi

5. Volume 

Volume suara adalah takaran perlahan atau kerasnya suara yang dikeluarkan sedangkan Tempo ialah lambat atau cepatnya pembacaan sebuah berita.

Contoh teks berita

Satu bulan telah berlalu, Air Masih Saja Menggenangi Beberapa Lokasi di Manado Banjir bandang yang menerjang Manado telah berlalu hampir sebulan. Tapi tumpukan sampah dan lumpur masih saja terlihat di beberapa wilayah. Bahkan di beberapa ruas jalan dan lorong, air sisa banjir masih terlihat tergenang.
Seperti yang terpantau Senin (10/2/2014), air setinggi 20 sentimeter terlihat di ruas jalan Persimpangan Plaza dan depan Makmur, Kecamatan Wenang.
Salah satu warga, Yudi yang terlihat masih berusaha membersihkan lumpur dari rumah miliknya, mengaku kesal dengan kondisi tersebut.
Menurutnya, pemerintah kota Manado tidak mencari solusi yang tepat untuk mengatasi hal itu. “Air di sini tidak mau surut, tetap tergenang. ketika hujan turun, Air langsung masuk di dalam rumah, karena selokan tersumbat,” ujar Yudi.
Menurut dia, percuma saja mereka membersihkan rumah mereka, karena air bercampur lumpur di jalan masih ada. Selain di persimpangan Plaza, air dan luaah warga keturunan Tionghoa terlihat masih dipenuhi lumpur. Sampah dan lumpur yang telah lama terendap menimbulkan bau yang tidak sedap. Banyak warga yang lewat di daerah tersebut harus menutup hidung mereka.
Sampah juga masih terlihat di simpang tiga Terminal Paal Dua, samping SPBU Paal 2, Tanjung Baru, Ketang Dalam, Tikala dan beberapa lokasi lainnya. Banyaknya sampah yang ditinggalkan banjir bandang yang terjadi pada 15 Januari 2014 lalu memang membuat pemerintah kesulitan. Walau banyak relawan setiap hari turun membantu membersihkan dan mengangkat sampah, tetap saja masih banyak sampah yang belum terangkat.
Telah diperkirakan sampah yang ditinggalkan banjir bandang tersebut mencapai 100.000 kubik. Sedangkan tempat Pembuangan Sampah di Sumompo sudah melebihi kapasitas tampung.

Contoh Teks Berita tentang Kebakaran

Contoh Teks Berita tentang Kebakaran
Contoh Teks Berita tentang Kebakaran

Diduga Lalai Matikan Lilin, Seisi Rumah Hangus Terbakar

Baca Juga :  Kata Majemuk

Kemarin malam tepatnya pada pukul 22.14 WIB telah terjadi sebuah peristiwa tak terduga di wilayah kompleks perumahan Griya Jaya Bekasi. Peristiwa tak terduga tersebut menimpa keluarga Pak Andi di mana rumah milik mereka hangus terbakar dilalap si jago merah. Adapun penyebab terjadinya kebakaran diduga karena sang pemilik rumah menaruh lilin di atas lemari kayu.

Beruntung bagi pemilik rumah karena musibah tersebut tidak meminta korban jiwa. Hal ini sebabkan pada saat terjadi kebakaran Pak Andi sedang menghadiri tahlilan di rumah tetangganya. Sementara itu, sang istri juga tidak ada di rumah karena sedang pulang kampung. Meskipun demikian tidak ada korban jiwa, peristiwa ini tetap saja mengakibatkan kerugian materi hingga 800 juta rupiah.

Contoh Teks Berita tentang Kecelakaan

Contoh Teks Berita tentang Kecelakaan
Contoh Teks Berita tentang Kecelakaan

Rem Blong, Mobil Ferrari Mewah Hantam Pembatas Jalan

Kecelakaan kembali terjadi di ruas tol Cipali tepatnya pada tanggal 4 Maret 2015. Kecelakaan ini dialami oleh sebuah mobil mewah yang dikemudikan oleh seorang anak muda bernama Agus. Kecelakaan tersebuta disebabkan mobil sang pengemudi berkendara dengan kecepatan diatas 120 km/jam.

Pada saat sedang melaju kencang dengan kecepatan tinggi, pengemudi tiba-tiba tidak bisa mengendalikan mobilnya karena rem yang blong. Akibat kecelakaan tersebut, sebuah mobil Ferrari bernomor polisi B 3641 AH itu menabrak pembatas jalan. Namun sang pengemudi dapat segera ditolong dan lekas di bawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan medis.

Demikianlah pembahas mengenai Contoh teks berita kali ini, Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua

Artikel Lainnya;