Contoh Teks Eksposisi

Posted on

Contoh Teks Eksposisi – Kali ini kita akan membahas mengenai Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan, Berita, Lingkungan, Kesehatan beserta pengertian, Ciri, Fungsi, Struktur dan kaidah pembahasaannya. Simak berikut ini penjelasannya :

Pengertian Teks Eksposisi

Contoh Teks Eksposisi
Contoh Teks Eksposisi

Teks eksposisi ialah suatu paragraph/karangan yang di dalamnya terdapat berbagai informasi yang mana isi dari paragrap/karangan tersebut ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan, menjabarkan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, padat dan akurat.

Tujuan Teks Eksposisi

  • Bertujuan untuk menerangkan tentang informasi tulisan tertentu supaya dapat menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca, sehingga dengan membaca teks eksposisi ini, maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal tertentu.

Fungsi Teks Eksposisi

Teks Eksposisi ini untuk menyampaikan, menerangkan, mengungkapkan atau juga menguraikan suatu gagasan berupa pokok-pokok pikiran itu mengenai suatu topik yang sifatnya itu non-fiksi dengan dasar argumentasi yang kuat.

Kaidah Kebahasaaan Teks Eksposisi

Unsur kebahasaan yang terdapat pada teks eksposisi ini diantaranya pronomina, konjungsi, dan kata leksikal. Berikut ini pembahasannya:

Pronomina

Kata ganti orang yang dapat digunakan terutama untuk pernyataan pendapat pribadi diungkapkan. Pronomina ini dapat diklasifikasikan menjadi 2 macam:

  1. Pronomina Persona (kata ganti orang) yakni persona tunggal. Contohnya seperti: Anda, Dia, Ia, Aku, Saudara, -nya, Kamu,  -ku, -si, -mu. Dan pesona jamak seperti contohnya: Kami, Kita, Mereka, Kalian, Para, Hadirin.
  2. Pronomina Nonpersona (kata ganti bukan orang) merupakan pronomina penunjuk. Contohnya seperti: Itu, Ini, Sana, Sini. serta pronomina penanya contohnya seperti: Apa, Siapa, Mana.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

  • Gaya informasinya persuasif atau mengajak
  • Penyampaian teksnya secara jelas, lugas dan menggunakan bahasa yang baku/baik dan benar sesuai EYD Bahasa
  • Menjabarkan informasi-informasi pengetahuan
  • Bersifat tidak memihak yang artinya tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembacanya
  • Teks Eksposisi bersifat netral dan objektif
  • Penjelasannya disertai data-data yang akurat dan terpercaya
  • Menyajikan sebuah fakta yang digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi bagi pembaca

Itulah beberapa ciri-ciri yang harus Anda ketahui terkait teks eksposisi tersebut di atas. Beberapa hal tersebut merupakan hal-hal yang mebedakan teks eksposisi dengan jenis teks lainnya. Jika nanti Anda menemukan jenis teks yang memiliki ciri-ciri seperti di atas, iru berarti jeni teks eksposisi.

Struktur Teks Eksposisi

a. Tesis atau Pernyataan Pendapat

Tesis adalah suatu bagian yang mempunyai isi berupa sudut pandang dari penulis terhadap setiap masalah yang akan dibahas topiknya.

Sebuah tesis pasti berdasarkan dari suatu bentuk pernyataan yang nantinya akan diperkuat dengan sebuah argumen.

Bagian ini sangatlah penting untuk menyusun teks eksposisi dan biasanya muncul di awal teks atau kalimat eksposisi walaupun ada kemungkinan kita bisa menjumpainya di bagian akhir sebuah kalimat/paragraph.

b. Argumentasi

Argumentasi ialah suatu bentuk alasan atau bukti yang digunakan dalam mengokohkan atau memperkuat pendapat dalam sebuah tesis, walaupun pada prakteknya argumentasi dapat digunakan untuk menyanggah bahkan menolak sebuah pernyataan.

Argumentasi bisa bersifat pernyataan /berupa data dari hasil penelitian para ahli yang sumbernya dapat dipercaya.

c. Penegasan ulang pendapat

Bagian ini merupakan sebuah isi yang menegaskan kembali dari tesis yang dibicarakan di awal teks eksposisi dan penguat argumentasi yang ditunjang oleh fakta.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Teks eksposisi tidak hanya mempunyai ciri-ciri yang tentu saja berbeda dengan jenis teks lainnya, tetapi teks ini juga terbagi ke dalam beberapa jenis. Di bawah ini jenis – jenis dari teks eksposisi yang harus kamu ketahui dan pelajari.

  • Teks eksposisi definisi

Di dalam teks jenis ini hanya memuat pengertian atau definisi-definisi secara mendalam terkait suatu topik tertentu. Adapun jenis teks eksposisi ini pasti anda sudah sering menemuinya, karena sangat banyak teks-teks yang hanya menjelaskan pengertian dari suatu hal tertentu.

  • Teks eksposisi pengerjaan

Teks jenis ini memuat langkah-langkah atau tata cara melakukan sesuatu pekerjaan secara urut dan sistematis. Langkah-langkah atau tata cara mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dari sesuatu tersebut.

  • Teks eksposisi gambaran

Teks jenis ini memuat tentang berita atau topik tertentu dengan menampilkan gambaran yang singkat namun jelas. Adapun gambaran dalam teks ekposisi yang dibuat harus mewakili maksud dan tujuan dari yang akan disampaikan.

  • Teks eksposisi laporan

Teks jenis ini memuat laporan terkait suatu topik tertentu. Adapun laporan tersebut bisa dari hasil penelitian atau hasil wawancara dengan sumber yang bersangkutan.

  • Teks eksposisi perbandingan

Teks jenis ini berisi suatu topik/pembahasaan tertentu yang dibandingkan dengan topik lain. Tapi, kedua topik/pembahasaan tersebut masih saling memiliki keterkaitan antara yang satu dengan yang lainnya.

  • Teks eksposisi pertentangan

Teks jenis ini berisi suatu topik/pembahasaan tertentu yang dipertentangkan dengan topik lain. Namun, teks yang dipertentangkan itu juga masih saling mempunyai keterkaitan.

Baca Juga :  Contoh Surat Undangan

Itulah jenis-jenis teks eksposisi yang harus kamu ketahui. Dengan mengerti mengenai masalah ini berarti Anda telah mengetahui pembagian dari teks eksposisi. Teks eksposisi bukan hanya sebuah teks tunggal, ia terbagi ke dalam beberapa bagian seperti yang sudah kami jelaskan di atas.

Contoh Teks Eksposisi

Setelah kita mengenal berbagai hal terkait teks eksposisi, yang tidak kalah penting, yaitu contoh teks eksposisi. Pembahasan kali ini pasti tidak akan lengkap apabila tidak memuat contoh dari teks eksposisi. Anda tentu masih bingung apabila tidak melihat secara langsung dari teks eksposisi. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa contoh teks eksposisi untuk memudahkan Anda. Berikut ini contoh teks eksposisi yang baik dan benar.

Contoh teks eksposisi tentang pendidikan

contoh teks eksposisi tentang pendidikan
contoh teks eksposisi tentang pendidikan

Pendidikan karakter

Tesis:

Pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Melalui pendidikan seseorang dapat mengenali jati dirinya sendiri. Jati diri itu pastinya  terbentuk dari karakter yang dimiliki oleh seseorang itu sendiri. Mengikut sertakan perubahan kurikulum pemerintah juga ikut berperan dalam membentuk karakter anak didik. Pemerintah merubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013. Perubahan tersebut mengisyaratkan adanya pendidikan karakter dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Argumentasi:

Pendidikan karakter adalah lebih mengutamakan kemampuan peserta didik secara personal atau pendidikan yang mencoba untuk menggali potensi diri dari seorang individu, dalam hal ini siswa. Pendidikan karakter ini penting akan menggali bakat-bakat tersembunyi yang dimiliki oleh siswa. Setiap siswa tentu saja memiliki bakat, potensi, dan kecerdasan di bidang yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

Siswa ang tidak pandai dalam pelajaran tentu saja bukan berarti ia bodoh, ia pasti memiliki kemampuan di bidang yang lain. Dengan pendidikan berkarakter, cerdas atau tidaknya seorang anak tidak ditentukan berdasarkan pintar atau tidaknya seseorang dalam pelajaran di kelas. Gurupun tidak boleh menyatakan seorang siswa bodoh apabila ia tidak pintar dalam mata pelajaran yang diajarkannya di kelas.

Adapuh pemerintah juga sudah mengupayakan terwujudnya pendidikan karakter ini, yaitu melalui kurikulum pendidikan terbaru, yaitu kurikulum 2013. Dengan kurikulum ini pemerintah berusaha mencari potensi dan menanamkan karakter kepada siswa. Karakter yang menyertakan toleransi terhadap suku, agama, bahasa, kebudayaan, dan adat istiadat lain. Indonesia adalah negara yang mempunyai bermacam-macam kebudayaan, bahasa, kepercayaan, dan adat istiadat. Agar penanaman sikap toleransi harus ditanamkan sejak di bangku sekolah.

Selain itu, pendidikan karakter juga diharapkan mampu membekali siswa di masa yang akan datang terkait dengan masa depannya. Siswa harus mempunyai keahlian dan skill khusus yang harus dimiliki di zaman globalisasi ini.

Penegasan ulang:

Pendidikan karakter merupakan bekal awal peserta didik di masa yang akan datang. Siswa wajib menanamkan sikap toleransi terhadap sesamanya dan memiliki skil atau potensi diri yang bisa dibanggakan sehingga siswa dapat menjadi penerus bangsa yang siap menghadapi kemajuan zaman.

Baca Juga :  Implementasi Adalah : Pengertian Menurut Para Ahli Beserta Unsurnya

Contoh teks eksposisi tentang kesehatan

contoh eksposisi tentang kesehatan
contoh eksposisi tentang kesehatan

Olahraga untuk kesehatan tubuh

Tesis:

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Tubuh akan menjadi segar dan bugar kembali apabila seseorang sering melakukan olahraga. Tapi, ada salah satu hal yang wajib diperhatikan oleh seseorang apabila melakukan olahraga, apakah jantungnya dapat mampu dia ajak berolahraga dalam waktu lama atau tidak. Sebab, kondisi setiap orang itu berbeda-beda ada yang jantungnya lemah ada pula yang kuat karena sudah terlatih dalam hal berolahraga.

Argumentasi:

Olahraga adalah kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan bagi setiap orang. Macam-macam olahraga, yaitu renang, lari, push upshit up, dan masih banyak lagi. Bukan hanya sekedar menyenangkan, olahraga juga merupakan kegiatan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Tubuh dapat menjadi segar dan bugar kembali apabila sudah melaksanakan olahraga. Adapun olahraga juga dapat membuat suasana hati menjadi senang, hal tersebut karena olahraga dapat melepaskan segala beban pikiran yang dirasakan oleh seseorang.

Olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, peningkatan metabolisme di dalam tubuh dapat bermanfaat untuk menjaga tubuh sehingga terhindar dari penyakit kognitif, seperti penurunan sistem kerja otak dan juga kepikunan. Olahragapun sangat dianjurkan untuk penderita tekanan darah tinggi, tekanan darah tinggi tersebut dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Sebisa mungkin penderita tekanan darah tinggi dapat melakukan olahraga yang teratur, hal tersebut akan membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuhnya.

Kesehatan jantung juga akan terjaga apabila seseorang sering melakukan olahraga, namun perhatikan terlebih dahulu mungkinkah jantung Anda kuat untuk menjalankan  olahraga atau tidak, misalkan seseorang yang memiliki penyakit jantung kemungkinan menghindari aktivitas lari dikarenakan tidak akan kuat, renang atau aktivitas olahraga lainnya.

Sedangkan kasus seperti ini banyak terjadi, seseorang melakukan aktivitas olahraga tanpa melihat terlebih dahulu kekuatan dari jantungnya. Hasilnya bukan malah mendapatkan tubuh yang sehat, ia justru akan menambah buruk keadaan jantungnya.

Sering juga kita temui, orang yang sedang berolah raga tiba-tiba pingsan, dan harus dilarikan ke rumah sakit. Hal ini dikarena sebelumnya pasti dia memiliki riwayat penyakit jantung. Dia dapat terkena serangan jantung mendadak bila tubuhnya lemah untuk melakukan aktivitas yang sedikit menguras tenaga. Tentu saja dia dapat jatuh pingsan.

Adapun apabila tubuh kita normal, berolahraga tentu saja akan memiliki banyak sekali manfaat. Sebenarnya olahraga dapat dilakukan oleh setiap orang minimal satu kali dalam seminggu.Karena hal tersebut dapat menjadikan tubuh kita sehat dan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Sebab olahraga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga orang yang sering olahraga tubuhnya akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Tetapi, pastikan terlebih dahulu kondisi sebelum melakukan aktivitas menyehatkan ini.

Apabila tubuh tidak dalam keadaan yang kuat untuk melakukan olahraga, bukan malah mendapatkan kesehatan, tetapi hanya akan menambahkan penyakit pada tubuh.

Penegasan ulang:

Olahraga mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Manfaatnya dapat meningkatkan metabolisme, melancarkan peredaran darah, dan masih banyak lagi. Meskipun memiliki banyak manfaat tak jarang kita jumpai orang yang berolahraga malah berakhir di ranjang rumah sakit. Adapaun hal tersebut karena mereka tidak memahami kondisi fisik tubuhnya sendiri.

Adapun orang yang memiliki penyakit jantung misalnya, ia tidak akan kuat melakukan hal-hal tertentu yang memacu kerja dari jantungnya. Oleh sebab itu, sebelum melakukan olahraga pastikan kondisi Anda normal dan mampu untuk berolahraga yang menguras tenaga.

Demikianlah pembahasan mengenai Contoh teks Eksposisi kali ini, Semoga bisa menjadi sumber Referensi dan  bermanfaat bagi kita semua.

Artikel Lainnya;

Contoh Teks Eksposisi
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait: