Contoh Teks Negosiasi – Pengertian, Kaidah, Unsur, Ciri dan Strukturnya

Posted on

Contoh Teks Negosiasi –  Kali ini  materi yang akan dibahas yakni mengenai contoh teks negosiasi beserta pengertian, kaidah, jenis, bentuk, unsur, ciri-ciri dan strukturnya. Untuk lebih jelasnya simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Teks Negosiasi

Contoh Teks Negosiasi
Contoh Teks Negosiasi

Contoh Teks Negosiasi – ialah suatu aktivitas dimana terjadinya tawar menawar antar pihak satu dengan pihak lainnya hingga mendapatkan kesepakatan bersama dari kedua pihak. Agar bisa lebih memahami lagi mengenai contoh teks negosiasi , berikut kami paparkan strukturnya.

Struktur Teks Negosiasi

Dalam sebuat teks negosiasi biasanya terdapat tiga jenis struktur negosiasi yaitu struktur negosiasi umum, struktur negosiasi jual-beli, dan struktur negosiasi pengajuan/permohonan.

Struktur negosiasi umum

hanya terdiri dari tiga unsur yaitu:

• Pembukaan yang berisi ucapan sala.
• Isi yang besisikan maksud.
• Penutup yang besiikan kalimat penutup seperti salam dan cuapan terimakasih.

Negosiasi jual-beli dan pengajuan/permohonan

mempunyai beberapa unsur yang memenuhi standar negosiasi yang layak. Struktur ini dijadikan panduan ketika sesorang ingin melakukan sebuah negosiasi atau membuat teks yang mengandung nilai negosiasi.

• Orientasi

Orientasi merupakan kalimat pembuka berupa ucapan salam dan ucapan terimakasih karena telah diberi kesempatan untuk melakukan negosiasi.

• Permintaan

Permintaan disini berarti penyampain maksud dan keinginan yang ingin dinegosiasi kan. Atau dalam teks negosiasi jual beli, permintaan disini berarti permintaan mengenai suatu hal, barang, jasa yang ingin dibeli.

• Pemenuhan

Pemenuhan disini dilakukan oleh pihak yang dimintai negosiasi atau dalam negosiasi jual beli, pemenuhan disini berarti kesanggupan penjual dalam memenuhi permintaan si pembeli.

• Penawaran

Penawaran merupakan klimaks negosiasi antara pihak kedua atau lebih yang besangkutan melakukan proses negosiasi.

Baca Juga :  Contoh Puisi

• Persetujuan

Ketika selesai melakukan penawaran dan mencapai hasil akhir yang disepakati, baru kemudian melakukan persetujuan bahwa hasil akhir tersebut mutlak merupakan hasil bersama dan tidak ada pihak yang dirugikan.

• Pembelian

Adapun khusus untuk unsur pembelian dilakukan ketika melakukan negosiasi dalam hal jual beli.

• Penutup

Berisi kalimat penutup seperti salam, permintaan maaf dan ucapan terimakasih juga.

Ciri Ciri Teks Negosiasi

Ada 3 ciri-ciri teks negisasi yakni sebagai berikut:

  • Dialog antatar kedua pihak
  • Terjadi dengan lisan maupun tulis
  • Bertujuan untuk membuat kesepakatan bersama dan kedua pihak sama-sama diutungkan satu sama lain.

Kaidah Teks Negosiasi

Contoh Teks Negosiasi
Contoh Teks Negosiasi

Di dalam mengungkapkan atau menulis sebuah kalimat atau teks yang terkandung nilai negosiasi tentunya ada kaidah kebahasaan yang harus diperhatikan. Kaidah ini berguna untuk memperbaiki kalimat yang dipakai agar kalimat yang disampaikan terkesan sopan dan tidak mengundang sentiment orang yang mendengarkan. Berikut ialah bahasa yang harus digunakan dalam kalimat negosiasi:

• Menggunakan bahasa yang sopan dan santun serta suara yang sedikit direndahkan supaya terkesan bersifat rendah diri sehingga tidak memicu emosi pihak lain .

• Terkandung ungkapan yang terkesan membujuk/persuasif. fungsi agar negosiasi yang dilakukan menarik dan mempengaruhi pihak lain.

• Mengandung pasangan tuturan.

• Tidak menimbulkan kerugian kedua pihak atau semua pihak jika negosiasi dilakukan oleh lebih dari 2 pihak pada kesepakatan akhir .

• Bersifat memenuhi aturan dan perintah atau kata lainnya bersifat terikat. Artinya akhir kesepakatan harus lakukan.

• Argumen yang disampaikan bertahap artinya tidak dikeluarkan dalam satu tempo waktu saja.

• Argumen yang disampaikan didasari pada fakta yang dapat membuktikan bahwa argumen tersebut benar dan dapat dipertanggung jawabkan.

• Pihak lain dimintai alasan mengenai sebuah kesepakatan misalnya “mengapa setuju /tidak setuju dengan…..” dan “bagaimana jika…..”.

• Tidak diperkenankan menyela ketika pihak lain menyampaikan argumennya. Maknanya menyerahkan hak sepenuhnya ketika pihak lain menyampaikan argumennya.

Adapun dialog yang dii dalamnya mengandung teks negosiasi biasanya sudah familiar kita dengarkan dalam kehidupan bermasyarakat. Akan tetapi  terkadang kita kurang peka dalam mencari apakah kalimat itu  termasuk ke dalam teks negosiasi.

Agar lebih memudahkan dalam memahami bentuk, ciri serta penggunaan teks negosiasi berikut disajikan beberapa contoh teks negosiasi jual beli yang baik, larangan, bisnis, penyelesaian masalah, negosiasi dialog dalam lingkungan sekolah dan masyarakat.

Contoh Teks Negosiasi dalam Bentuk Narasi

Contoh Teks Negosiasi dalam Bentuk Narasi
Contoh Teks Negosiasi dalam Bentuk Narasi

 

Contoh Teks Negosiasi dalam Bentuk Narasi

Di bawah ini merupakan contoh teks negosiasi dalam bentuk narasi. Negosiasi antara Bu Asri dengan Penjual Sayuran Keliling

Ketika Pagi itu penjual sayuran keliling yang biasa mengelilingi kompleks perumahan dimana bu Asri tinggal datang. Bu Asri yang sudah berlangganan dengan kang sayur kemudian menghampiri dan mulai mencari sayur yang diperlukan. lalu bu Asri mulai memilih sayur dan beberapa lauk pauk yang diinginkan. Ketika hendak menentukan lauk yang akan dipilih antara ikan dengan ayam, bu Asri menanyakan kepada tukang sayur mengenai kualitas kedua jenis lauk mentah tersebut.

Tukang sayu tersebut mengatakan bahwa ikan yang dibawanya. Tapi ayam potong yang dijual oleh tukang sayur itu baru disembelih tengah malam. Karena kualitas kesegaran ikan lebih baik daripada paha ayam maka bu Asri memilih memilih membeli ikan. Namun ia ingat bahwa anak dan suaminya memiliki alergi terhadap makanan laut maka ia putuskan untuk membeli ayam.

Kemudian setelah bu Asri memutuskan membeli ayam dan bercakap-cakap tentang kualitas dan gizi yang terkandung pada kedua jenis lauk itu, bu Asri mulai bertanyan berapa harga yang diberikan oleh tukang sayur itu. harga perkilonya ternyata dibandrol Rp.50.000-, Dan ikan dihargai Rp.45.000-,. Ibu Asri merasa harga tersebut terlalu mahal karena biasanya lebih murah daripada dada ayam dan kondisi ayam yang disembelih semalam membuat kualitasnya menurun.

Adapun untuk harga ikan yang segar dipatok dengan harga dibawah harga ayam tersebut. Maka, bu Asri menawar paha ayam dengan harga Rp.35.000-, per kilogramnya. Tukang sayur itu tidak memberikannya dengan dalih karena ia tidak memperoleh laba jika ia menjual ayamnya dengan harga yang ditawar bu Asri. lalu tukang sayur itu  memberikan harga yang murah yakni Rp.45.000-,. Namun bu Asri masih merasa jika harga yang sudah diturunkan pun masih mahal jika dibandingkan dengan ikan.

Bu Asri kemudian menaikkan tawarannya menjadi Rp.40.000-,. Si tukang sayur menyetujui penawaran kedua bu Asri karena dia merasa pada hargasudah termasuk modal dan laba. Disisi lain bu Asri juga merasa harga tersebutlah yang relevan karena tingkat kualitas ayam yang melewati beberapa jam setelah penyembelihan. Setelah menyepakati harga, bu Asri membayar seluruh sayur dan ayam yang dibelinya.

Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya
Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya

 

Contoh Teks Negosiasi Beserta Strukturnya

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi beserta strukturnya. Disuatu pagi dihalaman parkir sekolah, seorang security sekolah menegur Bram karena melakukan pelanggaran.

(Pembukaan)

Security : Selamat pagi nak Bram

Bram : Iya pak, selamat pagi

(Isi)

Security : Bram sudah mengetahuikan aturan sekolah yang mengharuskan mengenakan Helm dan memakai kendaraan yang mempunyai kaca spion lengkap?

Adi : Iya pak, maaf saya tidak mengenakan Helm dan kaca spion pada kendaraan motor saya tidak lengkap dikarena ini adalah motor kakak saya dan motor yang biasa saya pakai dipinjamnya beserta helm saya untuk urusan mendadak tadi pagi buta. Jadi, saya terpaksa memakai motor kepunyaannya.

Security : Sebab melanggar salah satu aturan sekolah ini maka kamu harus saya bawa ke ruang BK/BP dan menjelaskan kejadiannya disana.

Bram : Tetapi pak saya hari ini ada ujian matematika pagi dan ujian IPA setelah itu. Bagaimana kalau kita damai saja pak. Lagipula saya hanya melakukan pelanggarana sekali saja.

Security : Tidak bisa nak Bram, ini sudah merupakan ketentuan sekolah. Kamu dapat memberikan alasanmu nanti saat pelajaran selesai. Jika kamu tetap tidak mau maka, sekolah akan mengirimkan surat panggilan orang tua.

(Penutup)

Bram : Baiklah pak, nanti setelah ujian Ipa selesai saya akan melapor ke ruang BK/BP. Permisi pak, terimakasih.

Security : Iya sama-sama nak Bram.

Contoh Teks Negosiasi 3 Orang Jual Beli

Contoh Teks Negosiasi 3 Orang Jual Beli
Contoh Teks Negosiasi 3 Orang Jual Beli

 

Contoh Teks Negosiasi 3 Orang Jual Beli

Di bawah ini merupakan contoh teks negosiasi 3 orang jual beli. Pada suatu tempat yaitu pasar tradisional kala itu seorang penjual jengkol menjajakan dagangannya.

Pembeli : Bu jengkol dagangannya tinggal tiga tangkai ya?

Penjual : Iya bu, baru saja tadi pagi habis diborong langganan.

Pembeli : Kalau begitu saya ambil semua ya bu, kebetulan saya akan memasak untuk tamu dari luar kota. Berapa total harga jengkolnya bu?

Penjual : Saya biasa menjual satu ikat jengkol dengan harga Rp.15.000-, jadi dikalikan tiga, totalnya Rp.45.000-,

Pembeli 1 : Apa tidak bisa dikurangi ya bu harganya. Saya tawar Rp.10.000-, per ikat karena penghabisan.

Penjual : Maaf bu, tidak bisa, saya beri harga Rp40.000-, saja semuanya.

Pembeli 2 : Bu kalau begitu biar saya saja yang membeli jengkol nya dengan harga Rp.15.000-, per ikatnya. Saya ingin dua ikat.

Penjual : Maaf bu, jengkol ini tidak saya jual untuk ibu karena ibu ini telah menawar kepada saya terlebih dahulu.

Pembeli 2 : Saya tidak akan menawar dengan  harga yang ibu ajukan.

Penjual : Mohon maaf bu, tapi aturan tawar menawar slalu mengutamakan penawaran yang pertama.

Pembeli 1 : Baiklah bu kalau begitu, saya terima harga Rp.40.000, yang ibu berikan saya ambil semua ya.

Penjual : Terimakasih ya bu.

Pembeli 2 : Sama-sama.

Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik

Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik
Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik

 

Contoh Teks Negosiasi Pemecahan Konflik

Berikut ini adalah contoh teks negosiasi pemecahan konflik.

Tetangga baru pak Bedu yaitu pak Budi memiliki usaha bengkel las didepan rumahnya. namu permasalahannya yakni karena pak Bedu mempunyai bayi yang butuh istirahat pada siang hari. Suara bengkel pak Budi menganggu tidur bayinya pak Bedu.

Bedu : Selamat siang pak Budi, saya ingin menyinggung masalah suara bengkel bapak yang mengganggu tidur siang anak saya.

Budi : Iya pak Bedu, saya minta maaf karena pada usaha ini telah merusak kenyamanan bapak. Saya akan mengecilkan suara mesin saya dengan membeli mesin las terbaru . Kebetulan juga mesin ini sudah saatnya diganti karena sudah tidak bagus lagi. Saya ada sedikit saran , Agar bapak dapat memindahkan bayi bapak ketempat yang agak jauh dari sumber suara.

Bedu : Iya pak, saya juga minta maaf karena telah menegur bapak seperti ini. baik pak nanti saya akan pindahkan anak saya ke kamar belakang. Terimaksih pak sudah memahami keadaan saya.

Budi : Sama-sama pak.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh teks negosiasi kali ini, Semoga Artikel ini bisa menambah wawasan serta pengetahuan dan pastinya bermanfaat untuk kita semua

Artikel Lainnya;