Contoh Teks Observasi – Pengertian, Ciri, Struktur, Fungsi, dan Tujuan

Posted on

Contoh Teks Observasi – Pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai Contoh teks Observasi beserta fungsi, ciri, tujuan dan Kaidahnya. Simak berikut ini penjelasannya

Pengertian Teks Observasi

teks observasi
teks observasi

Contoh Teks Observasi – ialah merupakan suatu teks yang memberikan hasil pengamatan atas objek yang sedang diamati/diobservasi.

Teks observasi juga bisa disetarakan dengan teks pendeskripsian atau bahkan teks klasifikasi karena dalam melakukan pengamatan atas objek yang sedang diteliti, tentunya penulisan teks pengamatan tersebut juga meliputi deskripsi dan klasifikasi atas objek yang sedang diteliti.

Teks laporan dari observasi ini ialah merupakan suatu konsep/kerangka penelitian tertentu sehingga objek atau bahkan cara menyampaikan hasil observasi ini bisa berbeda-beda.

Poin penting dalam teks laporan hasil observasi ini ialah konten yang berisi penjelasan, penjabaran, pendeskripsian serinci dan sebanyak mungkin atas objek yang sedang diobservasi.

Lalu apa yang bisa dijadikan objek observasi?

Objek pada laporan observasi dasarnya dapat berisikan apa saja,berpacu pada tema dan konsep penelitiannya seperti misalnya observasi sosial, lingkungan, tempat-tempat tertentu, binatang, ekosistem tertentu, material atau zat-zat , penyakit atau arsip-arsip tertentu, kasus tertentu dan masih banyak lagi.

Singkat kata, apapun hal yang bisa dan berkenaan dengan kehidupan manusia bisa diangkat menjadi objek penelitian yang secara otomatis akan menjadi objek yang akan diobservasi.

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Adapun hal yang membedakan contoh teks observasi dengan teks jenis lainnya ialah sebagai berikut:

  • Pertama harus bisa objektif. Hal disini ditekankan bahwa teks observasi ini bebas dari pengaruh-pengaruh tertentu yang tentu saja bisa mempengaruhi isi laporan. Agar lebih faham mengenai  penjelasan ini, nanti bisa melihat contoh teks hasil observasi beserta strukturnya.
  • Kedua harus faktual. Untuk mengartikan faktual ini memang cukup sederhana saja. Artinya, apa yang dituliskan haruslah sesuai dengan kenyataan di lapangan.
  • Ketiga sistematik. Dalam hal ini ditekankan bahwa urutan dan tata aturan perwajahan laporan sudah seharusnya menuruti kaidah yang ada.Keempat harus ada objeknya. Terdapat beragam objek yang dapat dijadikan bahan observasi seperti hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Ketika mengulas tentang contoh teks observasi maka sebaiknya harus diketahui terlebih dahulu tujuan teks observasi itu sendiri. Adapun beberapa tujuannya adalah sebagai berikut:

  • Menemukan cara maupun teknik yang baru dan belum pernah digunakan sebelumnya.
  • Mengambil keputusan yang lebih efektif dengan adanya observasi.
  • Mencari tahu perkembangan pada masalah tertentu.
  • Mengawasi dan juga memperbaiki.

Kaidah Teks Observasi

1. Bersifat global dan universal
2. Merupakan hasil penelitian terkini
3. Menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar
4. Objek yang dibicarakan atau yang menjadi pembahasan adalah objek tunggal
5. Tidak ada penutup dari pengarang

Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi

1) Memberitahukan atau menjelaskan tanggung jawab tugas dan kegiatan pengamatan
2) Memberitahukan atau menerangkan tahap pembentukan kebijaksanaan, keputusan atau pemecahan masalah dalam pengamatan.
3) Merupakan sumber informasi dan
4) Merupakan bahan untuk pendokumentasian.

Baca Juga :  Penyimpangan Primer

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Struktur teks ini merupakan hasil observasi yang mempunyai sifat fleksibel sebab struktur ini nantinya akan berkenaan dengan format penulisan laporan (setiap instansi dan institusi memiliki standar, gaya, bentuk, atau sistematika ini tentunya tidak sama hasil yang dihasilkan dari  jenis penelitian yang akan dilakukan.

Akan tetapi, pada dasarnya setiap teks laporan hasil observasi selalu memiliki 3 struktur dasar seperti ini:

1. Pembuka

yakni merupakan salah satu bagian dari laporan yang berisi gambaran umum atas objek yang diobservasi.

2. Isi

Pada bagian ini masih dapat dibagi mejadi beberapa sub bagian berdasarkan keperluan dan jenis data yang diperoleh.

Bisa dikatakan beberapa sub bagian dalam jenis ini merupakan klasifikasi atas data yang dilaporkan dan berisi identifikasi sekaligus deskripsi atas tiap-tiap klasifikasi atas data yang diperoleh melalui observasi.

Jadi singkatnya, bagian isi ini merupakan bagian yang mengeksplorasi dan menarasikan data yang diperoleh melalui proses observasi

3. Penutup

Pada bagian ini kebanyakan menjadi sebuah kesimpulan sementara dari narasi yang telah disusun pada bagian isi.

Ada juga sumber referensi lain yang menyatakan bahwa laporan hasil observasi bisa distrukturkan menjadi 2 bagian seperti ini:

1. Pernyataan Umum

Pernyataan umum ialah merupakan kata penyambut atau pengantar atas objek yang sedang diobservasi.

2. Aspek

Aspek ialah merupakan penerangan atau deskripsi yang lebih rinci atas objek yang diobservasi.

Contoh teks hasil laporan tentang tumbuhan

  • Pernyataan umum

Mawar ialah salah satu jenis tumbuhan hias yang digemari oelh kalangan wanita. Mawar memilki lebih dari 100 spesies. Bunga mawar memiliki batang yang berduri serta bentuk daun yang menyirip dengan panjang kurang lebih 7 cm. Warna bunga mawar terdapat macam-macam yakni, mawar hitam, mawar putih, mawar merah, mawar merah mudah dan juga mawar biru. Biasanya bunga mawar dapat hidup di darah yang sejuk.

  • Teks yang dilaporkan

Dalam membudiyakan bunga mawar bisa dilakukan dengan cara menanam biji mawar, stek batang. Dalam merawat bunga mawar banyak ragamnya, dengan menyirami pada pagi dan sore hari, membasmi rumput yang liar di sekitar bunga mawar, dan memberikan pupuk 3 bulan sekali dengan takaran yang sesuai. Jika terdapat batang atau dedaunan pada pohon yang menegering maka sebaiknya di potong karena untuk merangsang pertumbuhan tunas bunga yang baru.

Disirami secara rutin agar membuat bunga mawar menjadi lebih segar. Selain sebagai tanaman hias, ternyata tumbuhan ini mempunyai manfaat yang banyak yaitu sebagai anti bakteri, anti viral, anti depresan, anti peradangan dan memiliki vtamin C. Dan bisa dipergunakan sebagai produk kecantikan seperti parfum, sabun, dan lain sebagainya. Selain it mawar juga digunkana untuk teh, jelly da lain sebagainya.

  • Penutup

Kesimpulan yang dapat kitaambil yaitu selain bunga mawar dimanfaatkan untuk tanaman hias ternyata bunga mawar dapat digunkan untuk bahan-bahan yang dapat kita gunkan sehari-hari seperti parfum, sabun, sampo, makanan dan lai sebagainaya.

Contoh teks hasil laporan observasi tentang alam

  • Pernyatan umum

Kita tidak akan bisa menghindari yang namanya bencana alam. Bencana alam akan datang sewaktu-waktu tanpa permisi. Dalam ilmiahnya bencana alam terjadi karena ulah manusia sendiri. Seperti banjir, gempa, angin topan, dan lain sebgainya

  • Teks yang dilaporkan

Banjir ternyata muncul karena manusia membuang samaph sembarang di sungai, bahkan disetiap harinya manusia mwngonsumsi makanan dan mebuang bungkusnya dengan berat 2 kg perorang. Bahkan jika itu sapah yang mudah dihancurkan tidak masalah, namun pada kenyataanya lebih banyak sampah yang tidak mudah diurai. Jika diurai memerlukan waktu yang lama untuk menguraikannya.

Gempa terjadi ketika manusia melakukan aktivitas bumi seperti mengebor, mengebom laut untuk diambil kapurnya atau hal lain sebagainya, sehingga terjadi ketidak seimbangan ekosisitem dan mengakibatkan efek-efek samping dikemudian hari, gempa terjadi karena pergeseran tanah pada kedalaman laut sehingga menyalur pada wilayah yang dekat dengan pusat tersebut.

  • Penutup

Maka dari itu sebaiknya, kitaharus menyadari bahwa semua yang terjadikarena tingkah laku kita di bumi. Untuk mencegahnya dengan tidak membuang sampah sembarangan, memilah sampah organik dan oanrganik. Memnafaatkan sampah yang sulit diuraikan dan untuk gempa sebaiknya jika mengebor atau mengebomm sebaiknya lakukan hal yang dapat mengatasi hal tersebut tanpa mengebor maupun mengebom, sehingga diciptakannya alat-alat yang ramah lingkungan.

Contoh teks hasil laporan observasi tentang hewan

  • Pernyataan umum

Kelinci merupkan salah satu hewan yang dapat dijadikan peliharaan, banyak sekali spesies kelinci seperti kelinci anggora, kelinci bulu karpet dan lain sebagainya. Kelinci ternyata sangat berbeda dengan kucing. Walaupun mempunyai kesamaan yakni sebagai hewan peliharaan namun ternyata dalam menanganinya haruslah berbeda.

  • Hasil yang dilaporkan

Kelinci tidak dapat bersuara, walaupun dalam keadaan apapun kelinci hanya bisa diam. Walaupun dalam kondisi lapar mereka tetap saja diam berbeda dengan kucing, jika kucing ia akan mengeluarkan suara “meong,meong” hingga ia mendapatkan makanan dari majikannya. Makanya kelinci jika diberi makan, mengapa langsung habis? Karena kondisi rasa lapar kelinci tidak bisa dipastikan sehingga ketika majikan memberikan makan walaupun itu secara teratur namun kelinci masih kurang untuk jatah makanannya.

Kelinci jika hamil maka secara tidak langsung, ia mencari sesuatu tempat untuk melahirkan. Jika didaerah majikannya bertanah maka ia akan mencari tanah yang mudah digali, sehingga jika anda memilki kelinci yang tiba-tiba menggali maka pertanda ia akan melahirkan dengan waktu yang dekat, dan pertanda kedua ia mencabuti bulu-bulunya untuk persiapan ketika ia melahirkan.

Kelinci jika tidur harus ditempat yang lembab dan terhindar dari sinar matahari, kelinci ternyata lebih suka tempat yang dingin. Karena suhu badannya yang hangat sehingga ia mencari tempat tidur yang dapat menyeimbangi situasi badannya.

  • Penutup

Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa kelinci makan banyak disebabkan karena jika lapar ia tidak pernah bersuara, sehinga majikan seenaknya memberkan ia makan kapanpun sebisanya, dan kelinci memilki rasa keibuan.

Demikianlah makalah materi mengenai Contoh Teks Observasi beserta pengertian,Ciri-ciri, Struktur, Tujuan dan Kaidahnya. Semoga penjelasan ini bisa menambah wawasan kita dan dapat bermanfaat bagi kita semua