Daur Biogeokimia

Posted on

Daur Biogeokimia – Pada materi atau makalah sebelumnya contohsoal.co.id telah menjelaskan mengenai materi Ekosistem secara jelas tentunya. Maka kali ini contohsoal.co.id akan membahas makalah artikel dan materi mengenai Daur Biogeokimia secara jelas, dimulai dari Pengertian, Macam, Jenis, Fungsi dan Contoh. Berikutlah ulasan materi atau makalahnya.

Daur Biogeokimia
Daur Biogeokimia

Pengertian Daur Beogeokimia

Gambar Beogeokimia
Gambar Beogeokimia

Daur biogeokimia ialah ilmu mengenai suatu hubungan atau ikatan antara lingkungan dengan organisme-organismenya. Kurang lebih ekosistem Korelasi satu bersama lainnya dengan proses kimia, biologi, fisika. Infromasi berikut buangan dari energi, organik, gas dan kimia anorganik melalui definisi ekosistem menggunakan media unsur meteorologi contohnya presipitasi dan angin lantara geologi contohnya air mengalir mengiringi daya pikat dengan penyebab biologi semacam pergerakan hewan.

Daur Biogeokimia juga suatu pertukaran antara komponen biosfer baik hidup dengan tidak hidup secara terus menerus. Dalam ekosistem, pelajaran dalam pertingkat trofik tak hilang. Materi bersifat penyusun unsur-unsur bahan organik yang didaur ulang. Unsur tersebut masuk sebagai zat biotik melalui air, tanah, dan udara. Peran mahluk hidup dan geofisik sebagai yang terlibatkan dalam daur ulang.

Setelah pembahasan pengertian diatas, maka selanjutnya akan kami terangkan mengenai Macam, Jenis, Fungsi dan Contoh dari materi atau makalah Daur Biogeokimia dibawah ini.

Jenis Jenis Daur Biogeokimia

Berikut ada beberapa jenis yang dapat di bagi dalam daur biogeokimia dibawah ini.

  • Jenis daur belerang/sulfur dioksida
  • Jenis daur fosfor
  • Jenis daur nitrogen dioksida
  • Jenis daur karbon dioksida
  • Jenis daur air/hidrogen

Inilah beberapa jenis yang dapat diterangkang, selanjutnya akan menarangkan mengenai macam-macamnya di bawah ini.

Macam Macam Daur Biogeokimia

Berikut ada beberapa macam yang dapat dibagi dalam daur biogeokimia di bawah ini.

Daur Sulfur/Belerang

Daur ini dihasilkan dalam bentuk sulfat anorganik. sulfur dioksida (SO2) yang disusutkan akibat bakteri sebagai sulfida serta tak jarang ada di wujud belerang hidrogen sulfida maupun dioksida. Macam Bakteri melekat di SO2 air, diantara Desulfibrio dan Desulfomaculum yang mereduksi sulfat ke dalam bentuk H2S (hidrogen sulfida). Kemudian hidrogen sulfida di jadikan keuntungan bagi bakteri membebaskan SO2 dari okksigen, belerang diodaksi ke sulfat.

Baca Juga :  Fungsi Sitoskeleton

Siklus Biogeokimia Belerang

Dalam siklus biogeokimia belerang dapat diterangkan pada gambar di bawah ini.

Gambar Siklus Sulfur/Belerang
Gambar Siklus Sulfur/Belerang

Daur Fosfor

Gambar Daur Fosfor
Gambar Daur Fosfor

Fosfor dapat di bagi dua wujud sperti senyawa fosfatanorganik yang ada pada tanah dan air, dan senyawa fosfat organik yang ada pada hewan dan tumbuhan. Fosfat anorganik larut di air tanh dan air laut yang mengendap atau turun ke sindimen laut. Oleh karna itu fosfat dapat tumpah ruah dalam fosil serta batu karang. Fosfat organik dalam tumbuhan serta hewan yang tak hidup terurai dalam pengurai (decomposer).

Daur Nitrogen

Gambar Daur Nitrogen
Gambar Daur Nitrogen

Nitrogen (NO2) didalam bumi merupaka senyewa organik spertiurea, asam nukleat, protein berubah dalam bentuk larutan nitrit, nitratm dan sepertiammonia. Sementara organisme memerlukan NO2 dalam wujud senyawa. Kemudian organisme kualitas tinggi tak mudah memfiksasi NO2 secara bebas. Sedangkan mikroorganisme berfungsi sebagai fiksasi NO2 ke organisme kualitas tinggi pada tumbuhan.

Siklus Biogeokimia Nitrogen

Gambar Siklus Nitrogen
Gambar Siklus Nitrogen

Bagaimana bisa terjadinya senyawa nitrogen ada pada tubuh makhluk hidup, di udara dan tanah dalam wujud larutan. Beikutlah siklus nitrogen pada gambar dibawah ini.

Daur Karbon Dioksida

Gambar Daur Karbon Dioksida
Gambar Daur Karbon Dioksida

Dalam atsmofir terdapat CO2 sebanyak 0,03%. Sementara asal mula C02 di udara yang sumbernya dari respirasi hewan dan manusia, erupsi vulkanik, asap pabrik dan pembakaran batu bara. C02 yang berada diudara dimanfaatkan tumbuhan untuk berfotosintesis sehingga menghasilkan 02 yang dapat dimanfaatkan untuk hewan dan manusia. Kemudian tumbuhan dan hewan yang sudah mati bisa berubah jadi batubara di dalam tanah pada kesempatan yang akan datang. Selanjutnya batubara akan dimanfaatkan lagi oleh manusia untuk bahan bakar dan berguna juga untuk menambah kandungan C02 di udara.

Daur Air atau Hidrogen

Gamabar Daur Air atau Hidrogen
Gamabar Daur Air atau Hidrogen

Hidrogen pada atmosfir kedudukannya dalam bentuk uap air. Air menghasilkan uap air dari penguapan yang dihasilkan dari panasnya cahaya matahari. Tahapan ini dapat di sebut dengan evaporasi, infiltrasi dan air permukaan.

Evaporasi

Air dataran, air laut dan air sungai ketika terjadi penguapan akan berbentuk awan. Kemudian awan itu akan menghasilkan air yang siap turun ke dataran bumi dalam bentuk hujan cair dan hujan salju yang berbentuk es.

Baca Juga :  Otot Jantung

infiltrasi

Air mengalir ke dalam tanah melalui batuan, celah-celah dan pori-pori tanah menuju wajah air tanah. Pergerakan air disebabkan reaksi kapiler atau air bergerak secara horizontal atau vertikal dibawah tanah.

Permukaan Air

Air dipermukaan tanah bergerak bersamaan aliran utama dan danau. Aliran permukaan semakin besar dikarnakan pori-pori tanah yang sedikit.

Fungsi Daur Biogeokimia

Fungsi biogeokimia ini ialah mengembalikan seluruh unsur kimia yang sudah digunakan di bumi dalam bentuk komponen abiotik atau biotik yang secara bersinambungan.

Contoh Siklus Daur Biogeokimia

GamabarContoh Siklus Daur Biogeokimia
GamabarContoh Siklus Daur Biogeokimia

Siklus Sedimen

Contoh siklus sedimen sangat peduli dalam unsur-unsur leeched yang keluar lantaran lapisan batuan dan tanah, melalui pergerakan air di bumi ini.

Siklus Karbon

Contoh siklus karbon ialah merupakan elemen yang diperlukan dan terpenting dalam kehidupan dibumi. Proses terjadinya karbon dikarnakan organisme membusuk di dalam bumi, yang kemudian ke atas permukaan bumi untuk menjadi makanan bottom lapisan.

Siklus Oksigen

Contoh siklus oksigen ini menggambarkan pengiriman oksigen sekitar litosfer, atmosfer dan biosfer. khususnya pelepasan oksigen melalui fotosintesis, dan dalam penggunaan oksigen oleh makhluk hidup di biosfer diambil dari atmosfer.

Siklus Air

Contoh Siklus air ini menggambarkan penghimpunan air di bumi, terutama pada laut, sungai dan danau.

Demikianlah atas pembahasan materi, makalah dan artikel ini, semoga dapat memberikan penjelasan dan manfaat bagi pembaca. Sampai bertemu dipembahsan yang akan datang, terimaksih telah berkunjung di artikel kami.

Jelaskan Pengertian Daur Beogeokimia ?

Daur biogeokimia ialah ilmu mengenai suatu hubungan atau ikatan antara lingkungan dengan organisme-organismenya.

Sebutkan Ada Berapa Jenis Daur Beogeokimia ?

Jenis daur belerang/sulfur dioksida , Jenis daur fosfor, Jenis daur nitrogen dioksida, Jenis daur karbon dioksida dan Jenis daur air/hidrogen

Coba Jelaskan Daur Air atau Hidrogen Dalam Beogeokimia ?

Hidrogen pada atmosfir kedudukannya dalam bentuk uap air. Air menghasilkan uap air dari penguapan yang dihasilkan dari panasnya cahaya matahari.

Baca Juga:

Daur Hidup Kupu-Kupu
Daur Hidup Katak
Daur Hidup Nyamuk