Daur Hidup Lalat

Posted on

Daur Hidup Lalat – Kembali lagi sobat, sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang bagian bagian bunga. Maka kali ini, kembali akan contohsoal.co.id paparkan materi tentang daur hidup lalat secara lengkap di mulai dari Siklus, Metamorfosis, Proses dan Gambar Nah untuk lebih jelasnya sobat bisa simak ulasannya di bawah ini.

Daur Hidup Lalat

Pengertian Lalat

Lalat ialah jenis hewan serangga kecil yang memiliki ke dua sayap di punggungnya Persamaan lalat dengan serangga lain yang paling jelas kelihatannya ialah memiliki sepasang sayap terbang dan sepasang halter yang berasal dari sayap belakang dan sama-sama mengalami metamorfosis di dalam hidupnya.

Kita tahu bahwa lalat merupakan hewan serangga pembawa segala penyakit, dikarnakan lalat suka hinggap di tempat yang kotor lalu kemudian menghinggapi di makanan atau benda.

Tentu apabila makanan dan benda tersebut telah di hinggapi lalat maka akan terkontaminasi oleh kotoran yang memba virus (penyakit) pada lalat. Jadi apabila Anda menjaga kebersihan tentu rumah anda akan terhindar dari segala penyakit yang di bawah lalat.

Proses Daur Hidup Lalat

Lalat merupakan jenis hewan serangga yang daur hidupnya dengan cara bertelur, setelah menetas akan menjadi larva (belatung), lalu setelah itu akan menjadi pupa (kepompong) dan setelah melewati masa menjadi pupa maka ketika keluar barulah menjadi lalat dewasa. Dan inilah yang di sebut juga metamorfosis lalat. Berikut penjelasan secara jelas metamorfosis sempurna pada lalat.

Metamorfosis Pada Lalat

Sebelumnya yang perlu kita ketahuai metamorfosis ialah proses daur hidup lalat. Dimana metamorfosis untuk berkelangsung keturuan makhluk hidup.
Berikut penjelasan secara jelas metamorfosis sempurna pada lalat.

Daur Hidup Lalat
Metamorfosis lalat

Fase Bertelur

Lalat akan melawti masa bertelur apabila lalat jantan dan betina akan melakukan perkawinan. Dari hasil perkawinan itulah maka lalat betina akan memproduksi sperma jantan untuk pembuahan pada lalat betina, setalah proses pembuahan itu barulah menghasilkan telur yang siap untuk menetas. Ketika untuk melepaskan telur dari lalat betina, maka lalat betina akan terlebih dahulu mencari tempat yang cocok untuk menaruh telurnya, di karnakan induk betina akan melepaskan telur secara bersama-sama (berkelompok).

Baca Juga :  Simbiosis Parasitisme

Biasannya induk betina menaruh telurnya di tempat yang kotor seperti Bamgkai, tempat sampah atau kotoran baik kotoran hewan maupun manusia. Di tempat itulah yang nantinya akan menjadi sumber makanan bagi larva.

Fase Larva

Ketika telur lalat sudah menetas maka keluarlah larva yang dalam bahasa latin (siggat). Dimana bentuk larva itu sendiri berwana putih dan sangat menjijikan. Larva akan melalui fase pertumbuhan atau beberapa kali melakukan perubahan pada kulit larva. Sehingga dengan berjalannya masa pertumbuhan larva, larva yang tedinya kecil menjadi larva dewasa besar dan mengeras. Dengan mengerasnya larva di karnakan larva akan melakukan fase selanjutnya, yaitu fase pupa (kepompong). Dimana dengan fase pupa inilah yang tadinya larva aktif menjadi tidak aktif yang dalam bahasa latinnya (inaktif).

Fase Pupa

Ketika Larva mencapai masa atau tahap akhir menjadi larva, barulah larva akan menjadi pupa. Sebelum melakukan masa menjadi maka larva terlebih dahulu mencari tempat persembunyian atau tempat yang lebih aman, agar terhindari dari para pemangka yang ingin memangsanya.

Biasanya Larva mencari tempat yang jauh dari sinar matahari dan mencari tempat yang lebih gelap, dikarnakan ketika menjadi pupa warna bentuk pupa akan lebih kecoklatan. Dan bentuk larva sendiri akan menjadi keras setelah menjadi pupa yang sebelumnya bentuk larva sendiri cenderung lembek.

Larva sendiri akan menjalankan fase dalam waktu tujuh hari atau satu minggu. Dalam masa pupa tubuh akan mengalami masa pertumbuhan dan bentuk, disinilah pupa akan menumbuhkan sayap dalam waktu tiga hari sampai enam hari, lalu yang menjadikan pupa membelah diri dan keluarlah lalat dewasa yang siap terbang.

Fase Lalat

Ketika sudah melalu masa pupa menjadi lalat, barulah lalat bermetamorfosis imago, yaitu lalat dewasa yang keluar dari pupa untuk terbang mencari makan. Lalat biasanya akan tertarik mencari makan organik yang berbau busuk atau berbau tidak sedap.

Lalat sendiri masa hidupnya tidak begitu lama di karnakan masa hidup lalat hanya selama duapuluh satu hari. Dengan waktu yang singkat inilah maka lalat jantan dan dewasa mempersiapkan kelangsungan hidup dengan melakukan perkawinan agar melanjutkan keturunan baginya.

Baca Juga :  Fungsi Nukleus

Lalat betina sendiri sanggup bertelur dengan jumlah yang sangat banyak yaitu mencapai 900 telur selama menjalankan masa hidupnya, tentu dengan jumlah telur yang sangat fantastis. Setalah melakukan peletakan telur barulah lalat betina akan mati.

Demikianlah pembahasan kita kali mengenai daur hidup lalat secara lengkap, contohsoal.co.id sendiri akan terus mengusahakan perkembangan dalam membahas materi yang lebih menarik dan menjadikan artikel yang dapat membantu dan bermanfat bagi sobat semua, sampai jumpa kembali.

Coba jelaskan proses daur hidup lalat ?

Jenis hewan serangga yang daur hidupnya dengan cara bertelur, setelah menetas akan menjadi larva (belatung), lalu setelah itu akan menjadi pupa (kepompong) dan setelah melewati masa menjadi pupa maka ketika keluar barulah menjadi lalat dewasa

Jelaskan bentuk larva sebelum menjadi pupa ?

Bentuk larva itu sendiri berwana putih dan sangat menjijikan

Apa yang dimaksud metamorfosis pada lalat ?

Proses daur hidup lalat Dimana metamorfosis untuk berkelangsung keturuan makhluk hidup pada lalat.

Baca juga artikel di bawah ini: