Destilasi

Posted on

Destilasi – Apa yang dimaksud dengan destilasi ? nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan, pada pertemuan sebelumnya sudah kita bahas mengenai filtrasi. Pada kali kita akan membahas mengenai pengertian destilasi, destilasi uap, destilasi sederhana, bertingkat, azetrop dan vakum, untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Destilasi

contoh destilasi
contoh destilasi

Destilasi ialah merupakan sebuah metode yang gunakan untuk memisahkan zat kimia menurut perbedaan kecepatan ataupun kemudahan menguap maupun volatilitas bahan. Dalam sebuah proses pada penyulingan ini, zat akan bercampur lalu kemudian panaskan agar menguap dan uap itu selanjutnya akan di didihkan lagi ke bentuk cairan. Karena pada suatu zat yang mempunyai titik didih lebih sedikit juga akan menguap terlebih dahulu.

Prinsip Kerja Destilasi

Gambar destilasi
Gambar destilasi

Pada prinsip kerja ini ialah merupakan suatu zat akan menguap pada larutan , Yang tentunya uap larutan tersebut akan mempunyai komponen yang berbeda dari larutan aslinya”. Apabial zat tersebut menguap, Maka akan terjadi proses pemisahan dan berlangsung  secara sempurna. Namun apabila keduanya yang menguap, maka akan terjadi pada sebagiannya saja destilat ataupun produk akan memiliki kaya dapa dari komponen dibandingkan larutan aslinya.

Tujuan Destilasi

Berikutnya adalah tujuan destilasi ialah untuk memurnikan bentuk cair di titik didihnya serta memisahkan cairan terhadap zat padatnya. Maka proses Uap tersebut akan dikeluarkan  dan menjadi uap bebas. Adapun konsentrat yang jatuh juga sebagai destilat serta bagian cair yang tak menguap merupakan residu. Bila yang diinginkan dibagian campuran yang tak teruapkan, berarti proses tersebut disebut menjadi pengentalan dengan evaporasi.

Macam-Macam Destilasi

Pada destilasi juga memiliki macam-macam jenis destilasi, yakni:

Destilasi Sederhana

Pada Jenis destilasi sederhana ini umumnya dengan cara menaikan suhu, sehingga tekanan uapnya ada diluar cairan ataupun tekanan atmosfer ataupun titik didih normal.

Baca Juga :  NH4Cl (Amonium Klorida)

Dibawah ini susunan rangkaian peralatan destilasi biasa:
Keterangan:

Gambar destilasi
Gambar destilasi
  • Tempat air
  • Ada labu distilasi
  • Ada sambungan
  • Alat Termometer
  • Kondensor
  • Adanya aliran yang masuk berupa air dingin
  • Aliran keluar berupa air dingin
  • Labu distilat
  • Ada lubang udara
  • Wadah keluarnya distilat
  • Penangas
  • Ada air penangas
  • Adanya larutan zat
  • Tempat labu distilat.

Destilasi Bertingkat

destilasi-bertingkat
Gambar destilasi

Adapun Fungsi  dari fraksionasi atau  bertingkat ini yakni untuk memisahkan sebuah komponen cair, atau dapat lebih, dari suatu larutan berdasarkan perbedaan titik didihnya. Biasanya jenis destilasi ini digunakan sebagai campuran karena mempunyai perbedaan titik didih yaitu kurang dari 20°C yang bekerja oleh suatu tekanan atmosfer atau dapat juga dengan tekanan rendah.

Destilasi Uap

Gambar destilasi
Gambar destilasi

Biasanya destilasi ini dipakai pada campuran senyawa dengan titik didih 200°C hingga lebih.lalu kemudian akan menguapkan senyawa pada suhu yang mendekati 100°C pada tekanan atmosfer disertai uap ataupun air yang mendidih.
Sifat fundamental pada jenis destilasi ini ialah bisa mendistilasi campuran senyawa yang ada dibawah titih didih setiap senyawa campuran. Di sisi lain, distilasi itu juga dapat digunakan untuk campuran yang tak terlarut kedalam air pada seluruh suhu temperatur, tapi dapat didistilasi dengan air.

Destilasi Vakum

Gambar destilasi
Gambar destilasi

Berikutnya ada destilasi vakum yang umumnya dipakai jika senyawa yang mau didistilasi tak stabil terhadap pengertian dapat terdekomposisi sebelum atau mendekati titik didihnya maupun campuran bertitik didih melebihi 150°C. Jenis destilasi ini digunakan pada  pelarut yang titik didih yang lebih rendah karena pada kondensornya menggunakan  air dingin hal tersebut disebabkan oleh suatu komponen yang menguap tak dapat dikondensasi air.

Destilasi Azetrop

Gambar destilasi
Gambar destilasi

Yang terakhir ada destilasi azetrop yang menguapkan berbentuk zat cair tanpa ada perubahan komposisinya

Penggunaan Destilasi

Pemisahan Minyak Bumi dari Komponen-Komponennya.

Pada Minyak bumi mempunyai kandungan yang senyawa yakni karbon dari rantai C1(metana) hingga rantai paling panjang  C>70 (aspal dan residu).

Pemisahan ini dilakukan dengan metode destilasi fraksional

Pemurnian Minyak Atsiri untuk Parfum

Pada kandungan minyak atsiri mempunyai banyak kegunaan, salah satunya pada industri minyak dan dibutuhkan kemurnian yang tinggi.

Baca Juga :  Satuan Berat - Pengertian, Rumus, Tangga, konversi dan Contoh Soal

Pemurnian Etanol

Etanol umumnya digunakan sebagai minuman keras dan sumber energi.

Etanol dimurnikan dengan destilasi azeotrop sehingga diperoleh etanol dengan kemurnian tinggi (78%) sebagai pembersih luka/antiseptik dan (98%) sebagai bahan bakar industri (Sangat berbahaya sebagai minuman)

 

Demikianlah materi destilasi adalah : pengertian, prinsip, sederhana, bertingkat dan contohnya kali ini semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel Lainnya: