Deutro Melayu

Posted on

Deutro Melayu – Setelah sebelumnya contohsoal telah menerangkan materi tentang Neolitikum Maka dipertemuan kali ini akan contohsoal.co.id sampaikan materi tentang deutro melayu secara lengkap mulai dari pengertian, persebaran, kebudayaan, asal usul dan cirinya. Nah bagi sobat yang ingin mengatuhui lebih jauh lagi mengenai deutro melayu ini, maka sobat bisa simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Deutro Melayu

Deutro Melayu
Deutro Melayu

Apa yang dimaksud dengan Deutero Melayu? yakni merupakan salah satu ras yang datang atau berasal dari Indocina dari bagian utara.

Dengan berdasarkan perkembangannya maka mereka sendirilah mengenalkan serta membawa kebudayaan baru yang berupa perkakas dan senjata besi di Kepulauan Indonesia atau pada Kebudayaan Dongson.

Kearap kali , pada rasa ini dikenal dengan sebutan orang-orang Dongson.
Dan mereka juga mempunyai sebuah Peradaban yang jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan ras Proto Melayu.

Sebab pada kolompok ras ini sudah mampu mengkreasikan beragam macam perkakas yang terbentuk dari perunggu.

Adanya Peradaban ras ini juga ditandai dengan sejuta keterampilan serta keahlian untuk membuat logam dengan sempurna.

Kemudian apabila sobat ingin mengetahui perpindahan yang ada pada ras ini hingga berada dikepulauan Indonesia dapat kita ketahui dengan cara melihat rute penyebaran dimana banyak alat-alat yang ditinggalkan oleh mereka terdapat dibeberapa di kepulauan yang ada di Indonesia, adapun jenis peninggalan yakni berupa seperti kapak persegi panjang.

Untuk dapat mengetahui mengenai adanya Peradaban ini yakni dengan terdapat diMalaka, lalu diSumatera, dan juga Kalimantan, serta Sulawesi, Kepulauan Jawa, Kemudian diNusa Tenggara Timur, dan bahkan dapat dijumpai dinegara Filipina sekalipun.


Kemudian mereka juga mempunyai suatu kemampuan dalam mengolah lahan tanah, keahlian yang mereka miliki dapat dikatakan sempurna pada masanya baik dalam membuat irigasi dalam garapan bidang pertanian yang berhasil mereka ciptakan, dengan cara menebang sertang mebersihkan hutan terlebih dahulu.

Selain bertani, pada ras DeutroMelayu ini juga mempunyai kemapuan dalam bidang pelayaran yang pada saat dinilai jauh lebih berkembang jika dibandingkan dengan keahlian para pendahulunya sebab mereka memang mempunyai insting seorang petualangan serta mereka juga telah banyak mempelajari dan menguasai ilmu perbintangan yang sebelumnya mereka dapat dan pelajari dan ditanamkan dari orang terdahulunya.

Baca Juga :  Otot Jantung


Dan bukan hanya itu saja , mereka melakukan suatu perjalanan dalam perpindahan menggunakan jalur pelayaran laut.

Sehingga ada diantaranya dari sebagian suku atau ras Deutero Melayu ini juga sudah bisa mencapai hingga Kepulauan Jepang, serta ada yang sudah menjelajah sampai ke Madagaskar.


Kemudian sering waktu berkembangannya ras Deutero Melayu ini dimana mereka mulai terus berdatanganke Kepulauan Indonesia ini kian lama kian bertambah banyak.

Dan dari Mereka semua mulai melakukan perpindahan untuk mencari tempat baru dan biasanya mereka akan menggunakan hutan sebagai salah satu tempat tinggal atau tempat hunian yang baru.

Hingga pada akhirnya dengan perkembangan tersebut, membuat ras Proto Melayu dengan Deutero Melayu mulai saling membaur satu sama lain dan selanjutnya menjadi penduduk di Kepulauan Indonesia.

Ciri – Ciri Deutro Melayu

  • Tempat asal meraka dari Indocina Utara dan mulai masuk ke Indonesia diperkirakan sekitar tahun 500 SM.
  • Dan pada Bangsa ini sudah mempunyai keterampilan dalam membuat benda – benda dari bahan dasar logam, misalnya seperti perunggu dan juga besi.
  • Kemudian hasil kebudayaan yang didapat yakni berupa kapak, lalu corong, dan nekara,kemudian bejana perunggu
  • Untuk suku sangat beragam ada yang Suku Melayu, lalu Makassar, dan Jawa, kemudian Sunda,Bugis,Minang, dan merupakan hasil keturunan asli dari bangsa ini.

Perbedaan Bangsa Proto Melayu dan Deutro Melayu

Maka dengan Berdasarkan dari keterangan ciri – ciri di atas, maka dapat kita lihat terdapat suatu perbedaan yang sangat mencolok atas kedua ras ini. Adapun perbedaannya yakni sebagai berikut:

  • Masuknya Bangsa Proto ke Indonesia sekitar tahun 1500 SM, sedangkan pada Deutro Melayu terjadi pada tahun 500 SM.
  • Jalur yang dilalui Bangsa Proto masuk ke Indonesia dengan melalui lajur barat dan juga timur, dan sedangkan pada Deutro melayu hanya jalur barat.
  • Asalmuasal Bangsa Proto yakni dari Yunan(China), Namun sedangkan Bangsa Deutro sendiri berasal dari Dongson yakni (Vietnam).
  • Kebudayaan yang dimiliki oleh deutro melayu lebih maju apabila kita dibandingkan dengan Proto.
  • Kemudia Deutro Melayu sudah mempunyai keahlian dalam membuat alat yang terbuat dari logam,namun sedangkan Proto sendiri tidak.
  • Yang masih termasuk keturnan Bangsa Proto Melayu yakni seperti Suku Batak, dan Dayak, kemudian selanjutnya Toraja, dan sedangkan keturunan dari Deutro Melayu sendiri seperti suku Jawa, dan juga Madura, lalu kemudian Melayu.
Baca Juga :  Retikulum Endoplasma

Asal Usul Deutero Melayu

Selanjutnya mengenai tempat asal dari suku Deuttero Melayu yakni merupakan suatu kelompok atau ras yang berasal dan datang dari Indocina dibagian utara.

Kedatangan mereka keindonesia ini membawa kebudayaan baru dengan berupa seprti perkakas dan juga senjata besi yang tersebar di kepulauan Indonesia, maupun dikebudayaan Dongsong.

Maka cukup tepat terkadang Mereka kerap dijuluki serta disebut dengan orang Dongsong.

Dengan Paradaban yang jauh lebih baik dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan ras proto Melayu.

Dimana mereka sudah bisa dalam membuat sebuah perkakas dari perunggu.

Berkembangnya paradaban mereka dapat ditandai dengan berbagai kemampuan serta keakhilan mereka dalam membuat logam dengan sempurna.

Penyebaran

Bangsa Deuttro Melayu termasuk jenis bangsa Melayu muda. Proses kedatangan Deutro Melayu dilakukan secara bergelombang melalui jalur barat pada tahun 500 SM. 

  • Berasal dari arah barat yaitu daerah Semenanjung Malaka hingga Sumatera, lalu menyebar ke beberapa daerah di Indonesia.
  • Berasal dari arah timur yaitu daerah Semenanjung Malaka hingga Filipina dan Minahasa, lalu menyebar ke beberapa daerah minahasa.

Kebudayaan Deuttro Melayu lebih tinggi dari pada Proto Melayu. Contohnya barang barangnya dibuat menggunakan bahan logam seperti perunggu, kapak sepatu, bejana, nekara dan besi. Kebudayaan Deutro Melayu dapat dinamakan Don Song.

Deutro Melayu memiliki keturunan yang masih hidup sampai sekarang yakni bangsa Batak, Melayu, Jawa, Bugis, dan Minang.

Berasal dari manakah bangsa deutro melayu?

Yakni Berasal dari Indocina dibagian utara.

Dinamakan apakah kebudayaan deutro melayu?

Yakni dinamkan dongson

Sejak tahun berpakah Bangsa Deutro Melayu masuk ke indonesia?

Deutro Melayu masuk ke indonesia pada tahun 500 SM.

Nah itulah materi yang bisa contohsoal.co.id sampaikan mengenai deutro melayu kali ini, semoga artikel ini dapat dijadikan sumber referensi dan tentunya bisa bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :