Diferensiasi Sosial

Posted on

Diferensiasi Sosial – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Kedudukan Pancasila Maka pada pertemuan kali ini akan kembali contohsoal.co.id sampaikan materi tentang Diferensiasi Sosial – Pengertian, Bentuk, Macam, Ciri dan Contoh. Nah untuk lebih jelasnya, langsung aja kita simak ulasan selengkapnya seperti yang ada di bawah ini.

Pengertian Diferensiasi Sosial

Diferensiasi Sosial
Diferensiasi Sosial

Apanyang dimaksud dengan diferensiasi sosial? yakni merupakan suatu perbedaan yang terdapat di dalam masyarakat yang tidak mempunyai perbedaan tingkatan dengan yang lainnya.

Dengan adanya perbedaan sehingga menimbulkan persepsi bahwa diferensiasi sosial ialah merupakan suatu pandangan terhadap persamaan, dan mengenyampingkan perbedaan yang ada.

Contohnya saja dalam diferensiasi sosial dimana terdapat suatu perbedaan terhadap masyarakat Jawa dan mayarakat Papua, sekilas nampak terdapat perbedaan namun di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara perbedaan tersebut tidak berlaku dan dianggap tidak ada, sebab semua orang mempunyai kewajiban dan juga hak yang sama. Dalam hal ini disebabkan karena semuanya merupakan bagian dari Negara Indonesia.

Ciri-ciri Diferensiasi Sosial

Terdapat sejumlah karakteristik yang biasanya kerap digunakan untuk dijadikan sebagai suatu tolak ukur terhadap diferensasi sosial.

Adanya berbagai karakteristik sehingga menjadi salah satu identitas yang sangat khas yang nantinya akan menjadikan suatu kelompok akan terlihat berbeda dengan kelompok lainnya.

Sehingga menyebabkan terbentuknya diferensiasi sosial yang akan membuat individu atau kelompok saling terpisah dan berbeda satu sama lainnya. Nah dibawah ini terdapat beberapa ciri yangv terdapat pada diferensiasi sosialberikut ini penjelasannya :

Ciri-ciri fisik

Pada umumnya karakteristik atau ciri ini berkaitan secara langsung dengan sifat-sifat yang tidak bisa dilihat dengan kasat mata yang ditampilkan oleh ras, misalnya saja sperti dari warna rambut, kulit, bentuk tubuh, warna mata dan bentuknya.

Dari berbagai Ciri ini sehingga mengakibatkan adanya pembentukan dari suatu golongan manusia terhadap suatu golongan tertentu dengan berdasarkan adanya perbedaan

Ciri-ciri budaya

Pada dasarnya karakteristik atau ciri pada sebuah budaya biasanya berkaitan dengan adat istiadat dan juga terhadap suatu kebudayaan yang mengalami perkembangan yang terjadi pada kehidupan masyarakat.

Dimana hampir pada suatu bangsa pasti mempunyai suatu adat istiadat dan kebudayaan yang tidak sama.

Misalnya seperti negara kita yakni Indonesia , dimana di dalamnya terdapat sangat anyak bahkan ratusan sistem suatu adat dan juga sistem budaya, Misalnya seperti masyarakat Sunda, lalu Jawa, Bali, Lombok, Madura, Dayak, Batak, dan lainnya.

Ciri-ciri Sosial

Kemudain pada karakteristik atau ciri Sosial ialah merupakan suatu ciri yang berkaitan dengan adanya berbagai peranan warga masyarakat dalam kehidupan berkelompok.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap masing-masing warga masyarakat mempunyai peran dan juga tugasnya masing-masing yang tentunya tidak sama yang berhubungan dengan suatu profesi pekerjaan atau dalam bermata pencaharian sehari-hari, hal tersebut baik untuk kepentingan individu ataupun kepentingan sosial.

Bentuk Bentuk Diferensiasi Sosial

Di bawah ini dapat dikatagorikan sebagai bentuk ataupun jenis dari social difference, berikut ini penjelasannya :

Baca Juga :  Senam Lantai

Diferensiasi Berdasarkan Ras

Dimana dalam hal ini Ras ialah merupakan salah satu pembentuk social difference.

Nah, apa yang dimaksud dengan ras? Pada dasarnya, ras ialah merupakan salah satu yang ada dalam sebuah kelompok manusia yang sudah didasari dengan adanya karakteristik atau ciri yang digambarkan secara fisik yang sejenis atau bersifat sama.

misalnya saperti sutau ras mongoloid yang mana pada ras ini mempunyai sebuah karakteristik dengan berupa kulitnya yang kuning dan juga coklat, dimana pada ras kaukasoid mempunyai kulit berwarna putih sedangkan pada ras negroid kulitnya berwarna hitam.

Kemudian pada Ras mongoloid secara umum akan mengarah pada fenotipe yang mana hampir sebagian besar merupakan penghuni dari berbagai kawasan Asia Utara, Asia Tenggara, Asia Timur, Madagaskar, India Timur, Eropa Utara, Amerika Utara, Amerika Selatan dan juga Oseania.

Kemudian untuk karakteristik atau ciri yang spesifik yang dimiliki pada ras negroid ialah mempunyai rambut ikal dan tekstur yang kasar, memiliki rongga hidung yang cukup luas dan juga bulat, mempunyai bentuk wajah yang cendrung menonjol persis tepat pada bagian dagunya dan juga memiliki gigi yang kuat dan jug besar.

Diferensiasi Berdasarkan Suku Bangsa

Kemudian bentuk diferensial sosial yang berikutnya ialah Suku bangsa . yakni masih berhubungan dengan tempat asal hingga urusan kebudayaan.

Maka, suku bangsa tersebut bisa artikan sebagai suatu yang diperoleh dari hasil sistem hubungan yang sangat luas.

Misalnya saja negara kita yakni Indonesia yang mana merupakan salah satu negara yang sudah banyak dikenal dengan istilah negeri yang beragam, maka sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa di dalam negara Indonesia terdapat begitu sangat banyak berbagai suku bangsa yang sudah menyebar sampai keseluruh pelosok nusantara.

Misalnya seperti yang ada di daerah pulau Sumatera yang mana terdapat sejumlah berbagai suku bangsa contohnya Mentawai, Aceh Gayo, lalu Batak, Minangkabau, Bengkulu, Medan, Mandaling, Padang, Jambi, Mandaling, Palembang, Melayu Enggano dan Nias.

Selanjutnya beranjak pada pulau Jawa ada sejumlah suku bangsa misalnya Tengger, sunda, Madura, lalu Jawa, Tambur, Banten dan juga Betawi.

Kemudian pada pulau Kalimantan terdapat sejumlah suku bangsa yang diantaranya ialah Dayak, Banjar dan juga Balungin.

Selanjutnya, beranjak kepulau yang ada di Sulawesi yang memiliki berbagai suku bangsa misalnya saja mandar, bugis, Makassar, Luwu, Minahasa, To Seko, Banjar, Toli-Toli, sangir, Toraja, Bolaang Mongodow dan selanjutnya Gorontalo.

Diferensiasi Berdasarkan Klan

Kemudian bentuk dari diferensiasi sosial yang lainnya ialah klan. Yang mana Klan juga bisa diartikan sebagai salah satu kelompok yang mempunyai keterkaitan.

adapun bentuk pada Klan ini dapat juga berbentuk suatu kesatuan genealogis, lalu religio magis dan juga tradisi.

Untuk klan yang kerap dikenal tersebut ialah suatu klan dengan didasarkan terhadap suatu garis keturunan ibu atau multilateral dan juga garis terhadap keturunan ayah atau disebut juga dengan patrilineal.

Di dalam negara Di Indonesia, adanya sebuah garis keturunan dari ibu atau disebut multilateral kerap ditemukan pada masyarakat yang bersuku bangsa Minangkabau.

Sedangkan untuk garis keturunan dari ayah atau disebut dengan patrilineal sangat banyak ditemukan didalam masyarakat suku bangsa Batak.

Baca Juga :  Contoh Surat Niaga

Diferensiasi Berdasarkan Agama

Kemudian salah satu bentuk diferensiasi lainnya ialah berbentuk dalam sebuah keyakinan yang dipeluk atau agama. Maka, pembentukan diferensiasi selanjutnya bisa didasarkan dengan agama, yakni merupakan suatu keyakinan atau sebua kepercayaan yang peluk.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di dalam negara Indonesia terdapat sangat banyak berbagai agama yang banyak dianut oleh berbagai masyarakat yang ada di dalamnya misalnya seperti Islam, Budah, Hindu, Katholik, Kriten dan juga Konghucu.

Namun selain keyakinan yang telah disebutkan diatas terbut , di indonesia juga masih ada sejumlah keyakinan lainnya yang dianut oleh berbagai masyarakatnya misalnya seperti keyakinan Kaharingan, lalu Kejawen dan juga Parmalim.

Diferensiasi Berdasarkan Jenis Kelamin

Dalam katagori ini merupakan salah satu bentuk yang tergolong merupakan salah satu bagian dari pembentukan diferensiasi dalam konteks kehidupan sosial.

Dimana bahwa jenis kelamin ialah suatu identitas yang memang sudah ada sejak lahir sehingga dalam hal ini merupakan salah satu kategori yang terdapat dalam masyarakat yang didasarkan dengan adanya suatu perbedaan jenis kelamin.

Dimana adanya perbedaan tersebut dapat kita lihat dengan berdasarkan setiap organ reproduksi, suara, bentuk tubuh hingga sifat yang dimiliki oleh setiap masyarakat.

Diferensiasi Berdasarkan Profesi

Bentuk dari diferesiansi berikutnya , dalam kehidupan sosial yang mana hal ini juga dibentuk dengan berdasarkan profesi.

Adapun yang dimaknai dengan diferensiasi berdasarkan profesi yakni merupakan suatu pembagian kelompok / masyarakat yang mengacu pada jenis dari setiap pekerjaan ataupun profesi yang disandangnya.adapaun untuk melihat Perbedaan profesi tersebut diketahui juga dapat terlihat dari perilakunya.

Misalnya saja sepert salah seseorang yang mempunyai profesi sebagai seorang tentara yang tentunya akan memiliki suatu perilaku yang berbeda dari seseorang yang berprofesi sebagai seorang pengajar atau guru.

Contoh Diferensiasi Sosial

Di bawah ini terdapat beberapa contoh Diferensiasi sosial, yakni sebagai berikut:

Adanya Penggolongan Sekelompok Masyarakat Berdasarkan Ras

Bisa mempunyai kesempatan untuk menjadi salah satu mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi ternama di dunia, Leesun yang berasal dari Korea yang digolongkan sebagai slah satu bagian dari sebuah ras mongoloid.

Kemudian Di kelasnya, Jerry yang berasal dari negara Amerika Serikat yang juuga digolongkan sebagai salah satu bagian dari ras kaukasoid.

Adanya Penggolongan Sekelompok Masyarakat Berdasarkan Status Sosial.

Mempunyai sebuah kesempatan agar bisa menjadi slah satu murid SMA yang sangat ternama di ibukota, Naomi yang dianggap berasal dari salah satu keluarga dengan perekonomian biasa namun dapat menjadi salah satu teman satu kelasnya Rani yang merupakan berasal dari salah satu keluarga yang menyandang memiliki perekonomian menengah ke atas.

Adanya Penggolongan Sekelompok Masyarakat Berdasarkan Profesi

Bertempat Tinggal di dalam sebuah desa yang sama, dimana Reno yang mempunyai profesi sebagai guru ikut turut serta dalam suatu acara kerja bakti rutinan dengan bersama Aldrian yang mana mempunyai profesi sebagai dokter gigi.

Apa yang dimaksud dengan diferensiasi sosial?

yakni merupakan suatu perbedaan yang terdapat di dalam masyarakat yang tidak mempunyai perbedaan tingkatan dengan yang lainnya.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai Diferensiasi sosial, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :