Ekosistem

Posted on

Ekosistem – Pada penjelasan materi atau makalah sebelumnya contohsoal.co.id telah menjelaskan mengenai materi Intrusi Magma secara jelas tentunya. Maka kali ini contohsoal.co.id akan membahas materi, makalah dan artikel mengenai Ekosistem secara jelas, dimulai dari Pengertian, Alami, Buatan, Penjelasan dan Gambar. Berikutlah ulasan materi atau makalahnya.

Ekosistem
Ekosistem

Pengertian Ekosistem

Ekosistem ialah suatu kesatuan makhluk hidup dan lingkungan yang utuh serta saling mempengaruhi. Setiap komunitas dalam mahluk hidup bersama-sama berkembang dengan lingkungan secara fisik sebagai suatu sistem. Maksudnya lingkungan adalah tempat beradaptasinya mahluk hidup dan serta mahluk hidup akan melakukan sebaliknya kepada lingkungan untuk keperluan hidup.

Ekosistem
Jenis Mahluk Hidup Fauna dan Flora

Ekosistem juga merupakan penggabungan unit biosistem yang saling berhubungan antara mahluk hidup (organisme) dengan lingkungan fisik, sehingga aliran energi ke susunan biotik yang menjadikan peredaran suatu anorganisme dengan organisme. Berarti mengenai faktor ini, matahari adalah sumber energi dalam ekosistem.

Menurut Hipotesis Gaia, tiap-tiap organisme saling berkaitan dengan lingkungan untuk menciptakan sesuatu sistem dalam menjaga kesetabilan bumi sesuai dengan kebutuhan kehidupan. Ekosistem sendiri dapat di bagi menjadi dua yaitu ekosistem alami dan ekosistem buatan.

Setelah sudah membahas mengenai pengertiannya diatas. Maka meteri selanjutnya akan membahas mengenai ekosistem alami dan ekosistem buatan serta dengan penjelasan dan gambarnya, berikut ulasannya dibawah ini.

Ekosistem Alami

Ekosistem Alami
Ekosistem Alami

Penjelasan dari hal ini ialah yang merupakan suatu ekosistem yang dibuat atau terjadi secara alami langsung dari alam, sehingga dengan peroses terjadinya ini dapat menjaga (memberikan) keseimbangan atau kesetabilan alam sekitar. Apabila ini mengalami kerusakan, maka kesetabilan dapat terganggu.

Untuk Ekosisitem alami sendiri dapat di bagi menjadi beberapa macam salah satunya ialah.

Estuari

Estuari
Estuari

Estuari Ialah yang mempertemukan air laut dan air tawar. Untuk ekosistemnya sendiri bisa ditemukan pada hewan jenis kepiting dan jenis tanaman mangrove.

Laut Dalam

Laut
Laut Dalam

Laut dalam Ialah merupakan permukaan yang ada pada kedalaman mencapai 2000 meter lebih didalam permukaan laut. Untuk daerah ini sinar matahari tidak dapat masuk, sehingga diperkirakan memiliki suhu yang sangat dingin. Hewan yang dapat tinggal di daerah kedalamaan seperti ini hanyalah hewan yang berjenis pemakan bangkai atau disebut juga hewan predator.

Trumbu Karang

Trumbu Karang
Trumbu Karang

Terumbu karang ialah yang merupakan permukaan dasar laut yang cetek (dangkal). Singga sinar matahari dapat masuk kepermukaan dasar laut atau terumbu karang. Untuk jenis hewan dan tumbuhan yang berada di terumbu karang ini bisa ditemukan beragam ikan-ikan karang, rumput laut dan hewan-hewan yang beragam jenis lainnya.

Baca Juga :  Populasi

Pantai

Pantai
Pantai

Pantai ialah berada didaerah bibir pantai, makhluk hidup jenis karang dan hewan jenis kepiting bisa ditemukan disini.

Rawa

Rawa
Rawa

Rawa ialah biasanya berada didataran yang rendah, airnya yang menggenang di dataran yang berbentuk cekung dan perairannya yang sangat tenang.

Danau

Danau
Danau

Danau ialah terbentuk dari sedimentasi yang memotong jalur sungai. Danau juga berbentuk cekungan besar yang berisi air.

Sungai

Sungai
Sungai

Sungai ialah merupakan air tawar yang aliran airnya mengalir dari dataran tinggi ke dataran rendah dan akan berhenti setelah pertemuan dengan air laut. Jenis mahluk hidup yang dapat ditemukan seperti ikan gurami, ikan lele, ikan nila dan ikan tawar lainnya.

Hutan Hujan Tropis

Hutan Hujan Tropis
Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis ialah yang memiliki iklim tropis disetiap daerahnya. Sementara hutan hujan tropis banyak ditumbuhi beragam jenis-jenis pohon tinggi dan besar. Untuk hewannya dapat ditemukan beragam jenis hewan seperti badak, burung, kera, harimau dan jenis hewan lainnya. Hutan hujan tropis juga apabilaturun hujan, bisa menghasilkan Curah hujan mencapai 200 sampai 225 centi meter setiap tahunnya.

Hutan Gugur

Hutan Gugur
Hutan Gugur

Hutan gugur ialah memiliki jenis mahluk hidup yang beragam didalamnya, seperti hewan yang berhibernasi selama musim dingin contohnya beruang, hamster dan jenis hewan lainnya. Untuk jenis tumbuhannya sendiri hanya ada beberapa jenis pohon yang tidak rindang, tidak besar dan hanya ada sekitar 10 sampai 20 jenis pohon saja. Daerah hutan gugur sendiri merupakan daerah yang sub tropis atau beriklim dingin.

Setelah pembahasan diatas, selanjutnya akan membahasa mengenai ekosistem buatan dibawah ini.

Ekosistem Buatan

Ekosistem Buatan
Ekosistem Buatan

Penjelasan dari hal ini ialah salah satu cara untuk melestarikan keanekaragaman hayati yang fungsinya merawat dan menjaga jenis hewan supaya tidak ada lagi yang punah di bumi. Ekosistem ini sendiri dibuat oleh tangan manusia, agar bisa menjaga ekosistem alami tetap setabil atau seimbang.

Untuk Ekosisitem buatan sendiri dapat di bagi menjadi beberapa macam salah satunya ialah.

Waduk

Waduk
Waduk

Waduk atau bendungan ialah tempat penampungan air yang besar atau raksasa, waduk juga menjadi tempat yang baru bagi habitat ikan air tawar. Waduk sendiri banyak digunakan di daerah persawahan karna merupakan sebagai penyedian air bagi masyarakat yang bertani. Selain itu fungsi waduk sendiri sebagai penghalang atau pembatas aliran air sungai, sehingga aliran air menjadi lebih inggi sehingga bentuknya seperti danau.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Jari Kaki

Taman Safari

Taman Safari
Taman Safari

Taman safari ialah konservasi atau pemeliharaan fauna dan flora yang melalui ekosistem buatan. Taman safari sendiri sangat berbeda dengan kebun binatang, karna memakai metodenya menggunakan kandang atau tempat yang besar sehingga hewan-hewan meraasa lebih leluasa bergerak atau beraktivitas sehingga hewan tidak merasa terkekang.

Kebun Binatang

Kebun Binatang
Kebun Binatang

Kebun binatang ialah pelestarian mahluk hidup yang memakai alam buatan. Hanya saja kebun binatang tidak seperti taman safari, karna tempat untuk hewannya sangat terbatas dan tidak besar. Sehingga hewan tidak bisa dengan mudah beraktivitas atau bergerak dengan leluasa karna tempat yang sangat terbatas dan tidak besar. Makanya banyak jenis mahluk hidup yang merasa terkekang, bahkan sampai menyebabkan stress dan kematian.

Taman Hutan Raya

Taman Hutan Raya
Taman Hutan Raya

Taman hutan raya ialah sebagai hutan buatan yang dibuat atau dikelola oleh manusia. Tapi masih terjaga kelestarian serta masih memiliki keindahan habitat aslinya.

Suaka Margasatwa

Suaka Margasatwa
Suaka Margasatwa

Suaka marga satwa ialah yang dibuat oleh manusia langsung dari alam, yang fungsinya untuk menjaga beragam jenis mahluk hidup yang memiliki ciri khas atau keunikan disetiap mahluk hidupnya baik itu jenis fauna maupun jenis flora.

Inilah beberapa penjelasan serta contoh dari ekosistem alami maupun ekosistem buatan. Hal yang harus di mengerti dan dipahami dari materi dua ini adalah sama-sama menjaga kelestarian mahluk hidup dan juga menjaga keseimbangan atau kesetabilan pada lingkungan sekitar.

Demikianlah pembahasan materi, makalah dan artikel kali ini, semoga dengan dibahasnya mengenai penjelasan ini dapat memberikan pembelajaran serta pemahaman bagi sahabat semua. Sampai bertemu dipembahsan yang akan datang, terimkasih sudah berkunjung di artikel kami.

Jelaskan Pengertian Ekosistem ?

Ekosistem ialah suatu kesatuan makhluk hidup dan lingkungan yang utuh serta saling mempengaruhi.

Sebutkan Yang Dimaksud Dengan Ekosistem Alami ?

ekosistem ini ialah yang merupakan suatu ekosistem yang dibuat atau terjadi secara alami langsung dari alam

Sebutkan Yang Dimaksud Dengan Ekosistem Buatan ?

ekosistem ini ialah salah satu cara untuk melestarikan keanekaragaman hayati yang fungsinya merawat dan menjaga jenis hewan supaya tidak ada lagi yang punah di bumi.

Baca Juga: