Ekosistem

Posted on

Contoh Ekosistem – Materi kali akan membahas mengenai ekosistem beserta pengertian, komponen, macam, jenis dan contohnya, tapi sebelum kita ulas lebih panjang lagi, pada materi dipertemuan sebelumnya kita telah membahas mengenai Populasi. Baiklah Mari langsung aja kita simak ulasan dibawah ini:

Pengertian Ekosistem

contoh ekosistem
contoh ekosistem

Yang dimaksud dengan ekosistem ialah merupakan suatu sistem ekologi yang terbentuk dari adanya hubungan timbal balik dan juga tidak terpisahkan dengan makhluk hidup dan lingkungan. Suatu tatanan kesatuan antara unsur lingkungan hidup yang dapat saling mempengaruhi.

Dan istilah lainnya dapat diartikan dengan gabungan dari beberapa unit biosistem maupun sistem lingkungan yang melibatkan hubungan interaksi maupun timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik.

Untuk lebih jelas lagi keseluruhan dari komponen ekosistem ialah matahari yang menjadi sumber utamanya. Pada ekosistem organisme yang terdapat didalam komunitas kemudian berkembang bersama dengan lingkungan fisik suatu sistem.

Komponen Ekosistem

gambar
gambar

Ada dua macam komponen penyusun ekosistem yaitu komponen abiotik dan biotik. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan masing-masing komponen pada ekosistem ini:

Komponen Abiotik

Komponen abiotik yaitu komponen yang terdiri atas bahan-bahan tidak hidup (nonhayati), yang meliputi komponen fisik dan komponen kimia pada suatu ekosistem. Contohnya berupa abiotik dalam ekosistem ini adalah tanah, air, matahari, udara, dan juga energi.

Komponen Biotik

Komponen biotik adalah suatu komponen yang di dalamnya terdiri atas makhluk hidup yang ada pada suatu ekosistem. Terdapat dua pembagian dari komponen biotik dalam suatu ekosistem, yaitu komponen biotik : Organisme Autotrof dan Organisme Heterotrof.

Contoh Ekosistem Alami

gambar
gambar

Ekosistem alami ialah merupakan suatu ekosistem yang terbentuk langsung oleh alam. Pada Ekosistem ini, mempunyai tugas untuk menjaga keseimbangan . Sehingga jika ada satu ekosistem yang rusak, maka keseimbangan lingkungan akan terganggu. Antara lain berikut ini Contoh Ekosistem Alami :

Ekosistem Laut

ialah merupakan suatu bagian dari ekosistem laut yang berada pada kedalaman air hingga lebih dari 2000 meter di bawah permukaan laut. Menurut perkiraan bahwa suhu yang ada di wilayah tersebut sangatlah dingin hal itu diakibatkan oleh tidak masuknya sinar matahari. Adapun jenis hewan yang dapat hidup dipedalaman adalah hewan predator dan hewan pemakan bangkai.

Ekosistem Rawa-Rawa

ialah merupakan suatu contoh ekosistem air alami yang bersifat tenang. yang merupakan daerah perairan dengan genangan air yang terjadi di daratan yang cekung.

Akan tetapi jenis genagan air ini hanya akan ada pada waktu tertentu saja. Bisa dikatakan musiman. Dan biasanya diakibatkan dari hujan atau luapan air sungai atau bisa juga akibat lokasi yang dekat dengan sumber air.

Baca Juga :  Fungsi Kerongkongan Pada Manusia

Ekosistem Pantai

Ekosistem pantai merupakan contoh ekosistem akutik alami yang terletak di kawasan perairan di tepi laut. Pada ekosistem ini dapat Terbentuk oleh akibat dari hasil proses sedimentasi air laut.

Hanya sedikit dari jenis pohon yang bisa tumbuh pada daerah ini. Dan adapun jenis pohon yang bisa hidup serta tumbuh yakni pohon kelapa dan sejenisnya. Hewan yang dapat hidup di tempat ini adalah kepiting, udang dll.

Ekosistem Sungai

pada umunya pengertiannya yaitu segala macam interaksi atau hubungan timbal balik dari suatu makhluk hidup, dan lingkungannya yang meliputi kawasan atau daerah sungai. Ekosistem sungai ini meliputi sepanjang wilayah dan daerah sungai. Yang urutannya terdiri dari hulu sungai, badan sungai, hilir sungai dan bahkan muara sungai.

Ekosistem Estuari

Estuari ialah merupakan suatu contoh ekosistem yang alami dan bermuara diantara air tawar dan air laut. Jenis pohon yang dapat tumbuh ialah pohon magrove.

Sebagai tambahan magrove ini banyak difungsi sebagai ekositem laut yang memiliki manfaat luar biasa terhadap pemeliharan makhluk hidup laut.

Ekosistem Hutan

Ekosistem hutan ialah merupakan jenis ekosistem yang paling penting keberadaannya di muka bumi. Ekosistem ini merupakan suatu hubungan antara sejumlah kumpulan di beberapa populasi. Karena sekelompok populasi tersebut hidup di permukaan tanah, dan berada di kawasan hutan.

Ekosistem Danau

Ekosistem danau ialah jenis ekosistem yang mencakup pada keseluruhan atau lingkup danau dan sekitarnya. Namun pengertian danau itu sendiri ialah merupakan suatu sekungan yang terdapat pada permukaan bumi. Secara garis besarnya dapat disebutkan bahwa ekosistem danau adalah hubungan dari beberapa populasi.

Yang di mana populasi tersebut hidup di suatu sekungan yang berisi air yang ada di permukaan bumi, dan populasi tersebut saling berinteraksi satu sama lain. Baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

Ekosistem Gunung

Ekosiste gunung adalah bagian dari ekosistem alami daratan yang terletak di wilayah pegunungan. Intiinya jenis ekosistem ini jauh di atas permukaan laut. Dan terdapat beragam jenis tumbuhan serta hewan darat yang hidup dan berkembang  didaerah ini.

Ekosistem Air Terjun

Ekosistem jenis ini ialah  merupakan suatu contoh ekosistem alami terdapat didarat yang bersifat lotik dan mengalir dengan cukup deras sebab berada di daerah dengan sudut kemiringan yang sangat curam.

Di kawasan ini banyak ditemukan tanaman lumut dan beberapa jenis tumbuhan hijau yang hidup subur. Suhu udara di daerah ini sangat dingin sebab banyak percikayan air yang menetes ke permukaan tanah.

Baca Juga :  Struktur Akar

Contoh Ekosistem Buatan

gambar
gambar

Buatan ialah merupakan suatu ekosistem yang mana dala pembentukannya ada campur tangan manusia. Ekosistem buatn berfungsi sebagai penjaga ekosistem alami agar tetap seimbang.

Suaka Marga Satwa

Suaka marga satwa ialah bagian dari contoh ekosistem buatan darat yang berfungsi sebagai suatu upaya dalam melindungi berbagai macam flora dan fauna. Suaka marga satwa terbilang unik. Karena didalamnya terdapat ada dua jenis komponen hidup saling beriringan yakni merupakan jenis tumbuhan dan hewan.

Ekosistem buatan darat seperti suaka marga satwa dibuat langsung oleh manusia di alam. Manusia mendesain sedemikian rupa agar interaksi antara hewan dan tumbuhan di dalamnya tetep berlangsung baik.

Taman Hutan Raya

Taman ialah merupakan salah satu cotoh ekosistem buatan agroekosistem yang dimana hampir dari sebagian taman hutan masih terdapat habitat asli namun sebagiannya lagi telah diperbarui dengan lingkungan buatan.

Adapun Ciri dari pada taman hutan ini ialah pada perkembangan atau konservasi berbagai jenis tumbuhan. Karena disini juga terdapat begitu banyak koleksi jenis tumbuhan yang unik dan langka.

Ekosistem Waduk

Waduk ialah merupakan suatu tempat berkumpulnya air atau disebut juga penampungan raksasa yang mana hasil dari turut campur manusia. Selain itu, waduk juga sebagai penghalang aliran air sungai, sehingga aliran menjadi meninggi dan terlihat seperti danau yang besar. Waduk juga biasa di sebut sebagai bendungan. Waduk berfungsi sebagai salah satu penyedia air bagi masyarakat, selain itu waduk juga di pakai sebagai bagian dari system irigasi di sawah. Waduk dapat menjadi ekosistem baru bagi ikan- ikan air tawar

Ekosistem Taman Safari

Taman safari ialah merupakan suatu upaya untuk melestarikan flora dan fauna dengan melalui pembuatan area lingkungan buatan. Namun Berbeda dengan kebun binatang yang setiap spesies berada dalam satu kandang, pada taman safari, beberapa spesies berada dalam satu wilayah besar. Setiap wilayah terpisah oleh pagar tinggi. Lalu setiap pengunjungpun harus memakai mobil apabila ingin berkunjung serta melihat beragam jenis fauna dan flora di dalamnya safari ialah merupakan salah satu cara melestarikan lingkungan dengan metode eksitu . Taman safari memakai metode yang jauh lebih baik daro pada kebun binatang, sehingga hewan tidak merasa terkekang.

 

Demikianlah materi ekosistem beserta pengertian, komponen, macam, jenis dan contohnya kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel ContohSoal.co.id Lainnya: