Elektron Valensi

Posted on

Elektron Valensi  – Setelah sebelumnya kita telah membahas materi tentang Konfigurasi Elektron Maka dipertemuan kali ini akan ContohSoal.co.id paparkan materi tentang elektron valensi secara lengkap beserta pengertian, valensi oksigen, rumus dan contoh soalnya. Nah untuk lebih jelasnya yuk, kita simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Elektron Valensi

Elektron Valensi

Apa yang dimaksud dengan Elektron valensi? ialah merupakan suatu elektron dalam atom yang berperan dalam pembentukan ikatan kimia. Dimana didalam unsur golongan utama (IA,IIA,IIIA, hingga VIIIA), elektron valensi yakni merupakan sebuah elektron yang berada pada kulit elektron terluar.

Electron ini sering kita jumpai pada sistem periodic unsur sebagai electron yang mempunyai kedudukan orbital paling luar dalam sebuah atom.

Didalam loga, transisi electron valensi berada pada orbitan dalam. Dengan ada nya electron ini maka dapat menentukan sifat kimia dari suatu unsur dan menentukan unsur atom yang berkaitan dengan unsur lain atau tidak.

Atom yang memiliki Elektron valensi yang terisi penuh maka akan stabil. Namun jika kelebihan satu atau dua electron maka cenderung reaktif, hal ini di karenakan electron dapat melepaskan dengan mudah sehingga membentuk ion positif.

Selanjutnya begitupun sama halnya dengan atom yang kekurangan satu atau dua atom maka bersifat reaktif, karena dengan mudah menarik electron dari atom-atom lain sehingga dapat membentuk ion negative.

Pada Valensii elektron di tingkat energi terluar atom yang dapat berpartisipasi dalam interaksi dengan atom lain. Hal ini disebabkan oleh elektron valensi sangat penting, atom dapat diwakili oleh diagram titik elektron yang menunjukkan hanya elektron valensi mereka.

Agar dapat menjadi tidak aktif atau sangat reaktif maka dengan jumlah elektron valensii dalam atom dapat menjadi sumber penyebabnya. Dalam hal ini atom yang reaktif, maka jumlah elektron valensii juga menentukan apakah mereka cenderung menyerah atau mendapat elektron dalam reaksi kimia.

Baca Juga :  Larutan Penyangga - Pengertian, Sifat, Rumus dan Contoh Soal

Selanjutnya dengan Logam, yang mudah melepaskan elektron, maka ia akan dapat menghantarkan listrik. Non logam, akan menarik elektron, umumnya tidak bisa.

Kemudian pada Metaloid misalnya seperti silikon dan germanium dapat menghantarkan listrik tapi tidak seperti logam. Berbicara electron valensii pasti tidak terlepas dari sistem periodic unsur, berikut ini kita akan membahasnya.

Elektron Valensi dan Sistem Periodik Unsur

Dalam menentukan Sifat dari suatu unsur maka sangat bergantung pada konfigurasi elektronnya, terutama pada jumlah elektron valensinya. Sedangkan untuk unsur dengan jumlah elektron valensii yang sama umumnya mempunyai kemiripan sifat.

Maka oleh sebab itu sistem periodik unsur disusun berdasarkan kenaikan nomor atom dan kemiripan sifat, terdapat hubungan antara konfigurasi elektron atom unsur dan letak unsur dalam sistem periodik, di mana:

  • nomor periode sama dengan jumlah kulit elektron
  • Dengan nomor yang sama yakni satu golongan maka dengan jumlah elektron valensi (kecuali unsur He pada golongan VIIIA dan unsur-unsur golongan transisi)

Materi Elektron Valensi

Berikut ini adalah materi yang berhubungan dengan electron valensii simak penjelasan berikut ini.

Elektron Valensi pada Tabel Periodik

GolonganJumlah elektron Valensi
1Golongan logam Alkali1
2Golongan Logam alkali tanah2
3-12 Golongan Logam trnasisi2( kulit 4s penus)
13 Golongan Boron3
14 Golongan Karbon4
15 Golongan Nitrogen5
16 Golongan Oksigen6
17 Golongan Hologen7
18 golongan Gas mulia8(kecuali helium hanya 2

Perhatikan gambar di atas, gambar di atas adalah sistem periodik kita akan amati Bersama-sama. Jumlah electron valensii dapat di lihat pada table periodik  di setiap garis atau periode jumlah electron balensi tergolong 1-2 dan 13-18 meningkat lebih besar satu dari unsur yang ke berikutnya.

Dalam setiap kolom dan baris elekton valensii memiliki jumlah valensi yang sama. Hal tersebut menjalsakan bahwa unsur yang tergolong memiliki sifat yang sama atau mirip

Contoh Soal Elektron Valensi dan Pembahasan

Cari dan hitunglah pada elektron valensii dari unsur dibawah ini dengan berdasarkan konfigurasi elektronnya!:

a. 11Na

Baca Juga :  Maltosa

b. 13Al

c. 15P

d. 18Ar

e. 19K

Jawaban:

a. 11Na = 2  8 1

elektron valensii Na = 1

b. 13Al = 2  8 3

elektron valensii Al = 3

3. 15P = 2  8  5

elektron valenssi P = 5

4. 18Ar = 2  8  8

elektron valensii Ar = 8

5. 19K = 2  8  8  1

elektron valensii K = 1

Contoh Soal.2

Na (Z=11) → Konfigurasi elektronnys : 1s² 2s² 2p6 3s¹ atau (Ne):3s¹

Kulit Valensinya :3s

Elektron Valensinya=1

CI(Z=17)→ konfigurasi elektronnys 1s² 2s² 2p6 3s² 3p5 atau 3s² 3p5 kulit valensinya 3s 3p jumlah elektron valensinya :2+5=7

Fe(Z=26) golongan transisi

Konfigurasi elektronnya :[Ar] 3d6 4s² kulit valensin Fe:3d dan 4s jumlah  elktron valensi Fe:6+2=8

 

 

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai elektron valensi, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :