Contoh Soal Energi Potensial

Posted on

Contoh soal energi Potensial – Materi makalah pembahasan kali ini mengenai contoh soal energi potensial beserta pengertian, rumus dan contohnya, namun dipetemuan sebelumnya kami telah membahas mengenai Reaksi Fotosintesis (Reaksi Kimia dan Reaksi Terang). Baiklah langsung saja mari kita simak bersama ulasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Energi Potensial

Energi potensial

Energi potensial merupakan energi yang dimiliki benda akibat adanya pengaruh tempat atau pengaruh kedudukan dari benda tersebut.Energi potensial disebut juga dengan energi diam sebab benda yang dalam keadaan diam bisa memiliki energi. Maka jika benda itu bergerak, jadi benda itu mengalami perubahan energi potensial yang menjadi energi gerak.

Energi potensial ialah merupakan suatu energi yang memperngaruhi suatu benda karna posisi (ketinggian) benda tersebut yang kecenderungan itu menuju tak terhingga dengan arah dari gaya yang ditimbulkan oleh energi potensial tersebut.

Rumus Energi potensial

Energi potensial ada disebabkan adanya gravitasi bumi. Energi potensial bisa dirumuskan sebagai berikut

Ep = m × g × hKeterangan:

Ep adalah Energi potensial (J)
m adalah massa benda (kg)
g adalah percepatan gravitasi (m/s2)
h adalah tinggi benda dari permukaan tanah (meter)

Apabila membawa benda yang mempunyai massa m yang pada awalnya setinggi yi sampai benda setinggi yf maka benda berpindah sejauh Δr=yf−yi. Maka minimal gaya yang dibutuhkan pada besarnya gaya luar ialah sebesar F=mg. Sehingga besar usaha W.

dapat dinyatakan sebagai berikut.

W =F × Δr
W = mgΔr
W = mgyf – mgyi

Berbicara mengenai energi potensial, hal ini tidak terlepas dari pada pelajaran usaha, maka sebelum kita bahas contoh soal energia potensial di bawah ini, ada baiknya kita pelajari dahulu mengenai contoh soal usaha dan energi.

Contoh Soal Energi Potensial

Contoh Soal Energi Potensial 1
Apabila diketahui massa pada sebuah kelapa 2 kg yang berada diketinggian 10 meter dari permukaan bumi. Jika diketahui gravitasi bumi ditempat itu adalah 10 m/s2, berapakah energi potensial yang dimiliki kelapa pada ketinggian itu?

Baca Juga :  Bilangan Oksidasi dan Contoh Reaksinya

Jawab:

  • EP = m x g x h
  • EP = 2 x 10 x 10
  • EP = 200 Joule

Contoh Soal Energi Potensial 2

Jiak diketahu sebuah benda mempunyai massa 2 kg dan mempunyai energi potensial sebesar 500 Joule pada ketinggian tertentu. Jika gravitasi bumi ditempat itu adalah 10 m/s2, berapakah perkiraan ketinggian benda tersebut dari permukaan bumi?

Jawab

  • EP = m x g x h
  • h = EP /(mxg)
  • h = 500 / (2 x 10)
  • h = 25 meter.

Contoh Soal Energi Potensial 3

Sebuah benda berada pada ketinggian seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Energi potensial

 

Apabila benda tersebut turun sejauh 2 meter pada posisisebelumnya, maka berapakah jumlah energi potensial yang dimiliki benda tersebut sekarang?

Jawab :

  • Ep1/Ep2 = h1/h2
  • 6000/Ep2 = 10/8
  • Ep2 = (6000 x 8)/10
  • Ep2 = 4800 J

Contoh Soal Energi Potensial 4

Apabila pada Potensial suatu benda yang telah diketahui ketinggiannya 5 meter dengan sebesar 6000 J, maka berapakah hasil pada massapercepatan gravitasi bumi (g) ialah 10 m/s2?

Jawab :

Pada hasil nilai dimassa (m) maka benda bisa dihitung dengan memodifikasi persamaan Energi potensial menjadi:

m = Ep/(g.h)

m = 6000/(10.5)

m = 6000/50

m = 120 kg

Contoh Soal Energi Potensial 5

Apabila telah diketahui massa pada bola 2 kg,yang ditaruh di atas almari dengan ketinggian 3 m. Maka berapakah jumlah energi potensial bola tersebut? (percepatan gravitasi bumi = 10 m/s2)

Jawab :

Diketahui :

Rumus :
Ep = m g h

Jawab :

Ep=2kg x 10 m/s2 x 3 m.
Ep =60 joule.

Jadi Energi potensial dari bola adalah 60 joule.

Contoh Soal Energi Potensial 6

Buah kelapa yang masih menggantung dipohon kira-kira massanya 1,5 kg. Jika ketinggian pohon kelapa tersebut 10 meter. Berapa energi potensial buah kelapa tersebut? (g = 10 m/s2)

Jawab :

Diketahui :

Rumus :
Ep = m g h

Jawab :

Ep = 150 joule.

Jadi Energi potensial pada kelapa adalah 150 meter.

Contoh Soal Energi Potensial 7

Pada sebuah semang diketahui mempunyai massa 2 kg yang berada diketinggian 10 meter dari permukaan tanah. Apabilah telah diketahui bahwa gravitasi berjumlah 10 m/s2,maka berapakah energi potensial yang terdapat pada kelapa yang ada diketinggian tersebut?

Diketahui :

m : 2 kg
h : 10 m
g : 10 m/s2

Ditanya EP : ?

Jawab:

EP = m x g x h
EP = 2 x 10 x 10
EP = 200 Joule

Baca Juga :  Contoh Soal Hukum Newton

Jadi EP yang dimiliki oleh kelapa adalah 200 joule.

Contoh Soal Energi Potensial 8

Ada suatu benda mempunyai massa 2 kg dan ia mempunyai energi potensial sebesar 500 Joule pada ketinggian tertentu. Apabila diketahui gravitasi bumi didaerah tersebut bekisar 10 m/s2,maka berapakah perkiraan ketinggian benda itudari permukaan tanah?

Diketahui :

m : 2 kg

EP : 500 j

g : 10 m/s2

Ditanya h : ?

Jawab

EP = m x g x h

h = EP /(mxg)

h = 500 / (2 x 10)

h = 25 meter.

Jadi tinggi benda tersebut adalah 25 meter.

Demikianlah materi pembahasan mengenai contoh soal energi potensial kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel ContohSoal.co.id Lainnya:

Contoh Soal Energi Potensial
5 (100%) 1 vote[s]

Artikel Terkait: