Fosfolipid

Posted on

Fosfolipid – Dipertemuan kali ini akan ContohSoal.co.id terangkan materi tentang Fosfolipid beserta pengertian, struktur, fungsi dan macamnya. Namun dipembahasan sebelumnya juga ContohSoal.co.id telah menjabarkan materi tentang Pengertian Sel Nah untuk melengkapi pembahasan kali ini, maka, yuk kita simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Fosfolipid

Fosfolipid

Apa yang dimaksud dengan Fosfolipid? ialah merupakan suatu komponen utama dari semua membran sel, mereka mempengaruhi sejumlah organ dan jaringan, seperti jantung  sel-sel darah dan sistem kekebalan tubuh.

Senyawa umum yang larut dalam air terdiri dari karbon, hidrogen, oksigen dan elemen lainnya seperti fosfor disebut sebagai lipid Mereka termasuk lemak, steroid, prostaglandin, eikosanoid, dll

Fosfolipiid terdiri dari tulang punggung gliserol terikat dengan satu, dua, atau tiga asam lemak. Dimana Mereka bertindak sebagai bahan bakar serta unit struktural dalam membran sel.

Gliserol yakni alkohol trihydric dengan tiga atom karbon, sementara asam lemak memiliki rantai hidrokarbon non-polar panjang dengan gugus karboksilat polar. Rantai hidrokarbon dapat berupa lemak jenuh atau tidak jenuh di alam yang mempengaruhi sifat fisik dan kimia dari lemak.

Lemak tak jenuh memiliki kecenderungan untuk metabolisme dan sebagian besar berasal dari minyak tumbuhan. Mereka ada dalam keadaan cair pada suhu kamar dibandingkan dengan lemak yang padat dalam kondisi normal.

Fungsi Fosfolipid

Beberapa fungsi penting dari fosfolipiid adalah sebagai berikut.

  • Diketahui bahwa terdapat dua fosfolipiid yang sangat penting, yakni Phosphatidylcholine dan Phosphatidylserine ditemukan dalam membran sel tanpa mereka sel tidak dapat berfungsi secara normal.
  • Fosfolipiid juga penting untuk kesehatan otak yang optimal karena mereka ditemukan dalam membran sel sel otak juga membantu untuk berkomunikasi dan mempengaruhi fungsi reseptor.Maka dalam hal ini merupakan suatu bahan makanan yang kaya fosfolipiid seperti kedelai, telur dan jaringan otak hewan yang baik untuk otak yang sehat dan cerdas.
  • Selanjutnya pada Fosfolipid juga merupakan suatu komponen utama dalam membran sel atau plasma.Dimana pada lapisan ganda molekul fosfolipid menentukan transisi mineral, nutrisi, dan obat-obatan yang masuk dan keluar dari sel dan mempengaruhi berbagai fungsi mereka.
  • Definisi dari Fosfolipid sendiri ialah merupakan suatu komponen yang santa penting dari semua membran sel, sebab mereka dapat mempengaruhi sejumlah organ dan jaringan, misalnya seperti jantung, sel-sel darah dan sistem kekebalan tubuh.
  • Kemudian kehadiran Fosfolipid dalam membran sel juga dapat memberikan permeabilitas sel dan fleksibilitas dengan berbagai zat serta kemampuannya untuk bergerak dengan lancar.
  • Kemudian dalam selektivitas zat tertentu dengan berupa membran sel yang disebabkan oleh adanya molekul bagian hidrofobik dan hidrofilik dan pengaturan dalam bilayer. Yang mana pada bilayer ini juga berguna dalam mempertahankan pH normal sel untuk terus berfungsi dengan baik.
  • Fosfolipid juga berguna dalam pengobatan masalah memori yang berhubungan dengan zat kronis karena mereka meningkatkan kemampuan organisme untuk beradaptasi dengan stres kronis.
Baca Juga :  Siklus Hidrologi

Struktur Fosfolipid

  • Apa yang dimaksud dengan Trigliserida ialah merupakan sebuah ester dari gliserol, yang dibentuk oleh asam lemak yang dapat jenuh atau tidak jenuh.
  • Kemudian dari Tiga kelompok hidroksil dari gliserol dapat bereaksi dengan tiga molekul asam lemak untuk membentuk trigilserida.
  • Fosfolipid yang digliserida terdiri dari satu gliserol (1,2,3-propantriol) molekul yang ditandai dengan dua asam lemak pada 1 dan 2 posisi di gliserol melalui ikatan ester.
  • Selanjutnya pada kelompok hidroksil ketiga yakni gliserol terpasang dengan asam fosfat melalui ikatan ester fosfat.
  • Oleh karena itu sifat-sifat kimia dan fisik fosfolipid yang bergantung pada jenis rantai asam lemak dan alkohol amino.
  • Rantai hidrokarbon panjang asam lemak non-polar di alam sedangkan kelompok fosfat adalah ujung polar dengan oksigen bermuatan negatif dan nitrogen bermuatan positif.

Macam-Macam Fosfolipid 

Apa itu Fosfolipid? ialah merupakan suatu konstituen penting dari sel yang menyediakan struktur serta perlindungan ke sel. Kemudian pada Fosfolipid yangpertama yang diidentifikasi sebagai lesitin dari kuning telur.

Sebab ia mempunyai kepala hidrofilik dan ekor hidrofobik, yang berfungsi untuk mengatur dalam bentuk bilayer sehingga membantu sel dalam pertukaran nutrisi penting.

  • Fosfatidil Kolina

Pada jenis ini ialah merupakan salah satu fosfolipid yang sangat melimpah terdapat di membran sel yang menyumbang 50%. Molekul ini kaya kolin dan karenanya kolin yakni elemen sentral di sini.

  • Fosfatidiletanolamin

Selanjutnya pada jenis ini ialahmerupakan sebuah lipid yang paling utama lainnya pada hewan dan tumbuhan yang merupakan fondasi untuk fosfolipid bilayer. Fosfolipid ini adalah komponen utama membran mikroba.

  • Fosfatidilinositol

Kemudian dalam jenis ini juga yakni merupakan konstituen utama dari membran yang membantu untukproses metabolisme di hampir semua makhluk hidup.

Itu sebagian besar ada di jaringan otak. Ini ditemukan di bagian dalam membran sel dan dalam jumlah yang sangat sedikit dibandingkan dengan yang lain.

  • Fosfatidilserin

Sedangkan pada jenis yakni merupakan salah satu anggota yang sangat penting bagi fosfolipid yang terdapat didalam membran sel. Selain fungsi dalam membran sel, juga membantu untuk mengurangi fungsi otak yang buruk dan segala jenis depresi pada orang tua. Mereka terlibat dalam pensinyalan sel dan banyak lagi aktivitas yang terjadi di dalam tubuh.

Baca Juga :  Hormon Giberelin

 

 

 

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai Fosfolipid , semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :

5.0
01