Fungsi Bronkus Pada Sistem Pernapasan Manusia

Posted on

Fungsi Bronkus Pada Sistem pernapasan Manusia – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah membahas materi tentang Fungsi Bronkiolus Maka dipertemusan kali ini akan contohsoal.co.id paparkan materi tentang fungsi bronkus pada sistem pernapasan manusia secara lengkap. Nah untuk lebih jelasnya sobat bisa simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Bronkus

Fungsi Bronkus
Fungsi Bronkus

Apa yang dimaksud dengan Bronkus? yakni suatu percabanga pada batng tenggorokan yang letaknya berada sesudah trakea dan sebelum paru-paru.

Kemudian setelah masuk ke dalam paru, pada bronkus tersebut maka ia akan kembali bercabang lagi menjadi bronkiolus.

Dan pada bronkus yang terletak dikanan mengalami percabangan lagi atas 3 bronkus lobaris, dan pada bronkus berada dikiri ia juga akan bercabang atas 2 bronkus lobaris. Pada bronkus ini berguna dalam membawa udara masuk ke paru-paru.

Struktur Bagian-Bagian Bronkus

Dibawah ini terdapat beberapa divisi bronkus di setiap lobus paru.

Bronkus Lobaris 

Yakni merupakan suatu cabang bronkus yang paling utama, 3 yang berada di paru kanan dan dua di paru kiri. Dan kemudian pada Bronkus lobaris akan bercabang lagi menjadi 

Bronkus Segmental,

Sepuluh terletak diparu-paru sebelah kanan sedangkan delapan disebelah kiri. Lalu pada Bronkus ini bercabang lagi menjadi 

Bronkus Subsegmental.

Yang mana pada jaringan ini disekelilingnya ada jaringan ikat, pembuluh limfatik, darah, dan pembuluh saraf.

Dari percabangan bronkus ini memperoleh brokiolus yang tak memiliki sebuah kartilaggoi pada dindingnya.
Dinding bronkus terdiri dari beberapa lapisan, yaitu :

Lapisan Epitel

Pada epitel yang tersusun bronkus yakni epitel silindris bersilia, dimana pada sel ini nantinya akan memproduksi sebuah cairan yang disebut dengan mukus atau lendir berguna untuk menyaring kotoran serta menjaga alat saluran nafas terhadap benda asing.

Lamina Propia (Jaringan Ikat)

Apa yang dimaksud dengan Lamina Propia yakni merupakan suatu lapisan yang berguna sebagai pondasi sel epitel (tempat menempelnya sel – sel epitel).

Dan pada Lamina propia juga merupakan sebuah lapisan dari jaringan ikat yang terkandung suatu pembuluh darah, saraf dan pembuluh limfa.

Baca Juga :  Otot Lurik

Lapisan otot

Apa itu? Pada lapisan merupakan penyususn bronkus dan terdiri dari otot polos. Pada otot ini mempunyai siafta yakni tak bisa diatur/ involunter atau bekerja dalam keadaan tak sadar.

Adapun fungsi dari Lapisan tersebut yakni guna mengatur lebar pada dinding bronkus, dan mereka juga bisa menjalankan fungsi iniv dengan adanya relaksasi atas otot tersebut.

Lapisan Tulang Rawan

Apa itu Tulang rawan? yakni merupakan suatu tulang yang utama dan merupakan sebuah penyusun dari sebagian besar saluran pernapasan.

Didalam bronkus pada tersusunnya tulang rawan ini menyerupai seperti jala yang tidak teratur. Adapun sifat yang dimiliki terhadap tulang tersebut yakni bersifat lembek/lunak dan fleksibel sehingga mudah bergerak dengan mudah.

Pada Bronkiolus sendir merupakan hasil percabangan dari bronkus dan ia tidak lagi memiliki tulang rawan.

Fungsi Bronkus

Dibawah ini terdapat sedikit penjelasan mengenai beberapa fungsi bronkus yakni sebagai berikut :

1. Dapat memperoleh mukosa/ dahak

Dinding pada bronkus yang dapat menghasilkan dahak ini mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan saluran pernapasan.

Kemudian terhadap Mukosa atau dahak yang dihasilkan oleh dinding bronkus dapat mencegah debu dan partikel yang berbahaya dan dapat mengakibatkan suatu peradangan atau iritasi.

Dan pad Mukosa ini juga dapat mencegah debu agar tidak masuk ke dalam paru-paru.

Sebab apabila terjadi suatu iritasi maka akan mengakibatkan bronkus bisa menghasilkan lebih banyak dahak lagi sehingga tubuh akan berusaha mengeluarkannya dengan cara batuk.

2. Pada Silia di bronkus berfungsi untuk mengeluarkan debu dari paru-paru

Silia tersebut terletak pada dinding bronkus. dan berfungsi guna menghalau dan menyapu keluarnya debu, iritasi, dan mukosa atau dahak yang berlebihan.

Dapat terjadi kerusakan terhadap Silia iniyakni , salah satunya dengan disebakan oleh mengonsumsi rokok.

Sebab dalam hal ini didalam satu isapan rokok akan berpotensi dan merusak bulu-bulu kecil yang halus ini sehingga menyebabkan kotoran tidak dapay dicerna secara normal dan memicu terserangnya penyakit bronkitis.

3. Bronkus membantu paru-paru bernapas lebih cepat ketika kita lelah

Pada saat anda telah selesai melakukan pekerjaan berat dan berolah raga tentunya pada pernapasan anda akan menjadi lebih cepat dan dalam.

Baca Juga :  Fungsi Sentrosom

Maka dalam keadaan lelah dan letih tersebut, sehingga tubuh akan mengeluarkan suatu yang disebut norepinefrin yang menjadikan bronkus beristirahat dan akan lebih memungkinkan banyak udara yang masuk ke paru-paru serta akan lebih banyak oksigen yang dikirimkan ke jaringan yang membutuhkan.

4. Kerap digunakan sebagai konduktur antara atmosfer dan alveoli

Kemudian peranan alveoli terhadap bronkus yakni berguna sebagai tempat berlangsungnya pertukaran karbondioksida yang keluar dari dalam mulut dan oksigen yang akan di alirkan ke seluruh tubuh.

5. Alveolus yang berfungsi untuk dijadikan tempat difusi oksigen berlangsung

Apa itu Alveolus? yakni merupakan suatu cabang yang terdapat pada bronkus dan berbentuk sangat kecil yang masuk ke dalam gelembung paru-paru.

Di alveolus ini juga akan terjadi pertukaran gas karbon dioksida (CO₂) dengan gas oksigen (O₂).

6. Pada Tulang rawan yan terdapat dibronkus sebagai sumber kekuatan ketika bronkus mengambil dan mengenluarkan napas

Dalam berlangsungnya penariakan nafas tersebut maka akan melibatkan tekanan yang dapat mengkibatkan adanya kerusakan terhadap jaringan lunak.

Kemudian dengan mempunyai tulang ini juga yang membuat jaringan ikat memberi dukungan untuk proses fisikserta adanya keruntuhan pada bronkus ketika akan menarik dan membuang napas.

7. Bronkus bertanggungjawab dan memastikan udara mencapai paru-paru dan dibawa ke mulut

Kemudian pada bronkus sendir berfungsi dalam mengatur berapa banyak udara yang dapat diperbolehkan masuk ke paru-paru.

Apa fungsi Bronkus Dalam sistem pernapasan Manusia?

Yakni berfungsi dalam mengatur berapa banyak udara yang dapat diperbolehkan masuk ke paru-paru.

Jaringan Epitel Yang merupakan jaringan penyusun Bronkus disebut?

yakni epitel silindris bersilia

Apa yang diamksud dengan lamina Propia?

Lamina Propia yakni merupakan suatu lapisan yang berguna untuk dijadikan tempat menempelnya selepitel.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai fungsi bronkus pada sistem pernapasan manusia, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :