Fungsi Diafragma

Posted on

Fungsi Difragma – Dipembahasan kali ini akan contohsoal.co.id sampaikan materi tentang fungsi difragma secara lengkap, mulai dari pengertian, gambar, cara kerja dan bentuknya .

Namun dipertemuan sebelumnya juga contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Fungsi Laring Baiklah untuk melengkapi pembahasan materi kita kali ini, maka, simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Fungsi Diafragma

Fungsi Diafragma

Diafragma atau Thoracic diaphragm merupakan otot yang berada pada bagian dasar internal skeletal antara rongga dada dengan perut yang mempunyai fungsi dalam sistem alat pernapasan.

Pada ketika terjadi kontraksi terhadap difragma, maka volum pada dada akan meningkat, lalu kemudian pada paru paru akan diisi oleh angin/udara.

Namun berbeda halnya jika,pada saat diafragma sedang dalam keadaan relaks, maka volume paru-paru mengecil dan menghembuskan udara.

Adapun pengertian lain tentang diafragma ialah merupakan suatu jaringan otot yang sangat penting dan memberikan batasan antara rongga dada dengan rongga perut.

Pada umumnya apabila kita sedang memperbincangkan mengenai pembahasan diafragma , pasti yang terlintas dalam fikiran kita yakni mengenai thoraks atau biasa dikenal dengan sebutan rongga dada. Namun pada umumnya didalam tubuh manusia bukan hanya terdapat satu diafragma melainkan ada beberapa diafragma, misalnya diafragma urogenital, panggul kemudian diafragma mata.

Struktur Diafragma

Diafragma merupakan sekat otot berserat yang memiliki bentuk seperti kubah.

Dan pada bagian atasnya mempunyai bentuk cembung yang terletak dibagian rongganya dan membentuk cekung pada alas bawah rongga perut.

Dalam Penyusunan diafragma yakni terdiri dari sebuah otot yang disebut otot rangkan/lurik.

Kemudian sebuah saraf yang dapat mengarahkan suatu pergerakan yang dilakukan oleh diafragma ialah sebuah saraf yang disebut dengan frenikus.

Fungsi Diafragma

Diafragma memiliki beberapa lubang yang berfungsi sebagai tempat lewatnya organ penting dari bagian dada ke bagian perut. Tiga lubang utama yang ada pada diafragma, diantaranya yaitu:

  • Lubang Aortic, yaitu lubang diafragma yang dilewati oleh Aorta.
  • Lubang Esophageal, yakni merupakan sebuah lubang diafragma kerapa dilalui dengan esofagus.
  • Lubang Caval, yaitu lubang diafragma yang dilewati oleh vena kava inferior.
Baca Juga :  Jaringan Gabus

Fungsi Diafragma

Fungsi utama diafragma yakni merupakan suatu susunan dari sebuah alat pernapasan, pada bagian ini diafragma mempunyai peranan dalam menjaga dan menstabilkan keluar dan masuknya angin atau udara baik dari luar maupun dari dalam tubuh dengan perantara kontraksi dan relaksasinya.Selain itu ada fungsi lain yang dimiliki diafragma, diantaranya:

  • Fungsi non-pernapasan, diantaranya seperti untuk membantu mengeluarkan muntah, feses, urin serta dalam aktifitas lainnya yang masih memerlukan adanya seuatu tekanan pada rongga perut.
  • Fungsi difrgama yakni bisa mengatur suatu zat atau cairan yang dialiri dari asam lambung menuju keesofagus dan kerongkongan.
  • Kontraksi diafragma secara tiba-tiba bisa menyebabkan fenomena yang disebut dengan cegukan. Fenomena ini merupakan hasil dari sebuah pita yang dapat menghasilkan bunyi atau suaru tertutup disebabkan oleh terlalu banyak angin atau udara yang masuk kedalam paru paru.

Cara Kerja Diafragma

Pada saat berlangsungnya suatu proses menarik nafas atau dengan sebutan lainnya inspirasi , maka terjadi sebuah reaksi pada saat adanya kontraksi terhadap diafragma sehingga ia bergerak lalu menuju kebawah.

Kemudian sebuah reaksi konstraksi yang dialami oleh diafragmadapat menyebabkan terjadinya suatu perkembangan atau perluasan terhadap paru paru, yang sesuai dengan volume udara yang masuk.

Kontraksi dari diafragma membuat rongga dada menjadi lebih luas dengan demikian da[at mempelncar proses inshalasi.

Selanjutnya, setelah selesainya proses pertukaran oksigen terhadap sebuah karbon CO2 yang dilakukan dengan sistem sirkulasi dalam tubuh.

Maka diafragma akan berelaksasi sehingga pada rongga dada akan dapat memperkecil atau mempersempit, maka dari keahlian elastis yang dimilikinya, maka dengan sendirinya akan terjadi pengempisan terhadap paru-paru, lalu kemudian agin akan dihempaskan kearah luar dari dalam tubuh yang akan dibantu oleh otot yang terdapat pad rongga dada.

Demikianlah materi pembahasan kali ini yakni mengenai difragma, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :