Fungsi Epiglotis

Posted on

Fungsi Epiglotis – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menyampaikan materi tentang Esofagus adalah Maka dipertemuan kali ini akan contohsoal.co.id paparkan materi tentang fungsi epiglotis secara detail, mulai dari pengertian, normal, proses dan gangguannya. Nah untuk lebih jelasnya sobat dapat simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Epiglotis

Apa yang dimaksud dengan Epiglotis? yakni merupakan suatu susunan tulang rawan yang berada di belakang lidah dan di depan laring (kotak suara).

Pada umumnya epiglotis mempunyai konformasi yang menghadap ke atas dengan tujuan supaya udara dapat masuk ke dalam jalur selanjutnya.

Jika proses penelanan makanan berlangsung, maka pada epiglotis akan menghadap kebawah guna menutup jalur kepada kotak suara, dan bertujuan agar dapat melindungi makanan dan minuman masuk ke dalam trakea.

Jika kita membicarakan tentang anatomi tubuh manusia tentunya begitu sangat banyak sekali yang dapat ditemukan bagian yang bisa dikatakan cukup rumit.

Hampir diseluruh jaringan dan bagian dari organ yang ada dalam tubuh manusia selalu berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lainnya.

Oleh karena itulah alasan mengapa terkadang kita kerap mengalami kerusakan pada salah satu bagian tubuh, sehingga akan dapat menjalar atau mempengaruhi bagian tubuh lain.

Dengan berdasarkan fungsinya pada setiap bagian organ dan jaringan yang terdapat didalam tubuh manusia mengemban tugas yang sama.

Pembahasan mengenai fungsi epiglotis yang merupakan salah satu bagian penting dari tubuh manusia. terdapat beberapa fungsi yang bisa dikatakan sangat penting. Beberapa hal tersebut adalah,

Fungsi Epiglotis

Pada Epiglotis mempunyai kegunaan untuk melindungi sistem pernapasan sekaligus memastikan sistem pencernaan dapat berlangsung normal.

Dimana pada Epiglotis akan memastikan terlebih dahulu makanan dan minuman masuk ke dalam kerongkongan untuk dicerna dan bukan masuk ke tenggorokan tempat saluran udara berlangsung.

Dengan cara yakni pada saat kita menelan makanan, maka epiglotis akan menutup tenggorokan.

Namun bukan hanya itu saja, dimana diketahui pada epiglotis mempunyai peranan lainnya yakni sebagai artikulator pada produksi vokal atau suara serta konsonan faring.

Baca Juga :  Pengertian Sel

Epiglotis digolongkan sebagai tulang rawan dan disebut sebagai pintu jebakan yang ada pada tenggorokan manusia.

Epiglois bersifat elastis di mana pada permukaannya ditutupi oleh selaput lendir.

Jadi kesimpulan dari fungsi epiglois yakni merupakan suatu Epiglotis berguna untuk digunakan sebagai penutup secara fleksibel pada tenggorokan yg berfungsi hanya pada saat kita sedang menelan, dan mencegah partikel makanan & cairan masuk ke laring & trakea.

Struktur dan Lokasi

Struktur utama hadir di tenggorokan kita, faring, laring (kotak suara), esofagus (pipa makanan) dan trakea (tenggorokan).

Dimana pada laring melekat, dan akan membuka ke trakea atau tenggorokan. Dengan adanya hal ini sebab didukung oleh satu set dari tiga pasangan, dan tiga kartilago yang tidak berpasangan.

Sebuah tulang berbentuk tapal kuda yang disebut tulang hyoid hadir unggul laring. Hal ini melekat pada mandibula, dan memberikan dukungan kepada laring.

Gangguan Epiglotis

Apa itu Epiglotis yakni merupakan salah satu bagian dari tubuh manusia yang bisa dikatakan cukup rawan dan sensitif.

Bukan merupakan suatu hal yang tidak mungkin apabila terjadi sebuah kerusakan atau gangguan pada epiglotis.

Kemudian untuk gangguan yang kerap terjadi terhadap saluran epiglotis ini sendiri pada umumnya yakni adanya sebuah peradangan.

Misalnya salah satu gangguan pada sistem pernapasan, lalu adanya peradangan yang terjadi pada bagian epiglotis dan menjadi hal yang begitu serius.

Dalam kasus ini disebabkan penyakit dan kondisi laring yang seperti itu dapat mengurangi pasokan udara kedalam paru-paru.

Sesuai dengan namanya sebutan penyakit pada epiglotis ini sendiri dikenal juga sebagai epiglotitis.

Adapun yang dapat menyebakan adanya penyakit ini yakni bisa disebabkan suatu infeksi bakteri atau karena cidera pada bagian tenggorokan.

Gejala epiglotitis

Gejala yang sering ditimbulkan dan menyerang saluran pernapasan merupakan suatu gejala yang umum kerap terjadi pada epiglotitis. Adapun Kelainan klinis yang nampak akan selal di tandai dengan adanya suatu gejala yakni sakit tenggorokan.

Dalam perkembangannya dimana Infeksi akan menyebar dan menyerang kebagian epiglotis lainnya misalnya seperti supraglotis dan menimbulkan suatu pembengkakan sehingga muncul gejala yakni:

Baca Juga :  Daur Hidup Ayam
  • susah menelan
  • Suara serak
  • Sesak napas
  • Demam tinggi
  • Keluar air liur yang berlebihan (drooling)
  • Batuk
  • suara napas kasar
  • sianosis (kebiruan pada warna kulit akibat keterbatasan oksigen dalam darah)

Penanganan Pada Epiglotitis

Apa tindakan yang dapat kita ambil atau dilakukan pada kasus epiglotitis tersebut? yakni dengan cara membuka saluran penapasan yang disebabkan oleh obstruksi atau pembengkakan epiglotis.

Jika tindakan ini tidak segera dilakukan maka akan beresiko terjadinya hipoksia dan keracunan karbon dioksida.

Kemudian selanjutnya setelah jalur napas dinilai telah stabil. Disarankan untuk memberikan obat-obatan yang sangat dibutuhkan, dalam hal ini guna melawan infeksi yang berkembang dan dapat menimbulkan pembengkakan apda epiglotis.

Misalnya dengan obat antibiotik yang dipilih sebagai pembasmi bakteri diepiglotitis.

Kemudian ada beberapa pilihan obat antibiotik lainnya misalnya seperti ampicillin, ceftriaxone, dan chloramphenicol.

Namun pada setiap Jenis obat antibiotik yang diberikan berikut harus disesuaikan terlebih dahulu mengenai dosis minum yang dianjurkan oleh dokter yang memberikan resep obat tersebut.

Namun bukan hanya antibiotik saja , miasalnya dengan memberkan obat seperti kortkosteroid juga sangat dianjurkan dan bertujuan agar dapat mengurangi pembengkakan yang disebabkan suatu proses inflamasi oleh bakteri.

Apa itu Epiglotitis?

yakni merupakan suatu susunan tulang rawan yang berada di belakang lidah dan di depan laring (kotak suara).

Apa penyabab Timbulnya gejala Epiglotitis?

yakni dapat juga disebabkan dengan adanya suatu infeksi bakteri atau cidera pada bagian tenggorokan.

Apa tindakan pertama yang dapat dilakukan pada kasus epiglotitis tersebut

yakni dengan cara membuka saluran penapasan yang disebabkan oleh obstruksi atau pembengkakan epiglotis

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai fungsi epiglotitis, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :